5.1
Mengantarkan Murid Selamat dan Bahagia
Dalam materi Mengantarkan Murid Selamat dan Bahagia ini ada 3 poin penting yang
kita pelajari yaitu selamat dan bahagia, Sistem Among dan Merdeka Belajar Abad
21.
5.1.1 Selamat dan Bahagia
Pendidikan seharusnya dapat mengantarkan peserta didik untuk keselamatan dan kebahagiaan hidupnya. Pendidik tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, tetapi mendorong murid untuk menemukan pemahaman bermakna yang relevan dengan kehidupannya.
5.1.2
Sistem Among
Sistem Among yang diciptakan Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarsa Sung Tuladha,
Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani.
Ing Ngarsa Sung Tuladha, berarti sebagai pendidik harus bisa menjadi teladan
yang baik terkait sikap dan budi pekertinya sehari-hari terhadap peserta didik.
Ing Madya mangun Karsa, berarti sebagai pendidik harus bisa membangun semangat kepada peserta didik untuk giat belajar dan berbuat kebaikan.
Tut Wuri Handayani, berarti sebagai pendidik harus bisa memberikan dorongan kepada peserta didik untuk belajar hal-hal yang bermanfaat.
5.1.3 Merdeka Belajar Abad 21
Kompetensi yang diharapkan di abad 21 menjadi kompetensi yang perlu dimiliki murid untuk menghadapi tantanga-tantangan ke depan. Untuk mencapai itu, pendidikan yang memerdekakan peserta didik menjadi salah satu cara, murid merdeka dalam belajar, menggali keingintahuannya dengan bimbingan guru. Pendidik harus memahami bagaimana murid merdeka belajar untuk mencapai kompetensi abad 21.
5.2 Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik Murid
Untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik, kita harus memahami
bagaimana cara membimbing murid, bagaimana peran keluarga, sekolah dan
masyarakat. Mari kita bahas lagi!
5.2.1 Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Guru membimbing dan mendampingi murid dalam proses belajarnya. Bukan hanya
sekedar meningkatkan kecerdasan berpikirnya, melainkan juga secara tidak
langsung berperan memperbaiki bangsa. Pendidik harus memahami bagaimana
perannya dalam memperbaiki bangsanya.
5.2.2 Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Kita sepakat bahwa pendidikan bukan hanya tanggungjawab guru di sekolah. Perlu
kerjasama dan kolaborasi antara keluarga, sekolah dan masyarakat untuk
mewujudkan lingkungan pembelajaran yang optimal dan kondusif bagi peserta
didik.
5.2 Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik Murid
Untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang baik, kita harus memahami
bagaimana cara membimbing murid, bagaimana peran keluarga, sekolah dan
masyarakat. Mari kita bahas lagi!
5.2.1 Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Guru membimbing dan mendampingi murid dalam proses belajarnya. Bukan hanya
sekedar meningkatkan kecerdasan berpikirnya, melainkan juga secara tidak
langsung berperan memperbaiki bangsa. Pendidik harus memahami bagaimana
perannya dalam memperbaiki bangsanya.
5.2.2 Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Kita sepakat bahwa pendidikan bukan hanya tanggungjawab guru di sekolah. Perlu
kerjasama dan kolaborasi antara keluarga, sekolah dan masyarakat untuk
mewujudkan lingkungan pembelajaran yang optimal dan kondusif bagi peserta
didik.
Demikian pembahasan mengenai aksi nyata Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar pada Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar