PROFIL

PROFIL, terdiri dari :

1. Visi dan Misi
2. Sejarah Singkat
3. Sarana dan Prasarana
4. Struktur Organisasi
5. Kepala Sekolah
6. Kemitraan
7. Program Kerja
8. Kondisi Sekolah
9. Komite Sekolah
10. Prestasi


Visi dan Misi

Visi :
UMAT, Unggul Mandiri Akhlakul Karimah Terdidik dan Terlatih

Misi :
  1. Menciptakan suasana yang kondusif untuk mengembangkan potensi siswa melalui penekanan pada penguasaan kompetensi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta Bahasa Inggris.
  2. Meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan alat untuk mempelajari pengetahuan yang lebih luas.
  3. Meningkatkan frekuensi dan  kualitas kegiatan siswa yang lebih menekankan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keimanan dan ketakwaan yang menunjang proses belajar mengajar dan menumbuhkembangkan disiplin pribadi siswa.
  4. Menumbuhkembangkan nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dan mengintegrasikannya dalam kehidupan
  5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah, Lembaga Swadaya Masyarakat, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
Tujuan :
  • Tahun 2008 siswa memiliki kompetensi penguasaan konsep untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar sehingga mampu berkompetisi ditingkat nasional dan tahun 2012 mampu berkompetisi di tingkat internasional
  • Tahun 2008 siswa mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas
  • Tahun 2008 siswa mampu membangun kebiasaan yang aktif untuk mencari informasi menggunakan teknologi informasi.
  • Tahun 2008 sekolah memiliki sarana dan prasarana penunjang PBM yang lengkap.
  • Tahun 2008 sekolah memiliki guru dan tenaga pendukung yang handal untuk mendukung seluruh manajemen sekolah.
  • Sekolah memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh warga sekolah, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
  • Siswa memiliki, mengaplikasikan dan meningkatkan nilai-nilai ketuhanan serta nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dalam kehidupannya.


Sejarah Singkat

Pada awal berdirinya, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karangampel yang masih berafiliasi dengan SMPN 1 Karangampel dengan alamat Jl. Dampoe Awang No. 47 Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Sekolah ini pertama kali menerima murid baru pada tahun pelajaran 1990 / 1991 dengan jumlah rombongan belajar 3 kelas, dan masing-masing kelas berjumlah 48 siswa.

Pada tahun 1992 SMPN 2 Karangampel pindah lokasi ke desa Kedokanbunder Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu untuk menempati gedung baru.SMPN 2 Karangampel menempati gedung baru dengan 2 tingkatan kelas, yaitu kelas 1 dengan rombel 3 kelas dan kelas 2 dengan jumlah rombel 3 kelas.

Pengelolaan kelas afiliasi SMPN 2 Karangampel dipimpin oleh Bapak Drs. Sukmana ( Alm) dan dibantu oleh beberapa orang guru dari SMPN 1 Karangampel seperti Dra. Sudiyah, Eni Sukaeni, Johar Arifin           ( Alm), serta guru-guru honorer dan seorang STAF TU Bpk. Sandika pada waktu itu masih honorer.

Kepala Sekolah pertama SMPN 2 Karangampel berturut-turut sebagai berikut :

1. Rd. Mohamad Ilham ( Filial SMPN 1 Krangampel ) 1990 - 1992
2. Nani Durjani 1993 - 1994 ( Kepala SMPN 2 Karangampel ) pertama ( Alm )
3. Mamat Rochimat 1995 - 1997 ( Alm )
4. Drs. H. Pipin Priatna 1998 - 1999 ( Alm )
5. Drs. Nana Rodiyana  2000 - 2002
6. Drs. Sumarto RS 2003 - 2005
7. Suwardi, S.Pd 2006 -2008
8. Bambang Sutarno, M.Pd 2009 - 2010
9. H. Mohamad Hatta, M.Pd 2011 - 2013
10. Nurismo, M.Pd 2013 - 2016
11. H. Madakir, S.Pd.,M.Si 2016 - April 2023

12. H. Triswanto, S.Pd.,M.M 18 April 2023 - sekarang

Sejak desa Kedokanbunder jadi kecamatan maka yang dulu namanya SMPN 2 Karangampel berubah nama menjadi SMPN 1 Kedokanbunder.Waktu itu kepala sekolahnya dipimpin oleh Bpk Drs. Sumarto RS.


STRUKTUR ORGANISASI






Komite Sekolah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula.
Tautan di bawah ini disajikan tentang apa itu Komite Sekolah, bagaimana proses pembentukan pengurus Komite Sekolah, bagaimana mengelola Komite Sekolah, mengapa Komite Sekolah perlu direvitalisasi. Tulisan ini diperoleh dari berbagai sumber. diantaranya dari Depdiknas, dan Drs. Suparlan, M.Ed. dari Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Program Kerja

Program Unggulan

   1. Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN)
   2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
   3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
   4. Mengembangkan Budaya daerah
   5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
   6. Meningkatkan Daya serap Ke SMA / SMK

Program Pengembangan Sarana Prioritas

   1. Membangun Kantor Guru, Staff bertingkat
   2. Membangun lapangan serbaguna
   3. Membangun tempat parkir guru
   4. Pembangunan Kantin Siswa
   5. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olah Raga
   6. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
   7. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
   8. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab Komputer
   9. Renovasi kelas
  10. Renovasi Tampilan Depan Skolah/Gerbang Sekolah
  11. Renovasi Koridor

SARANA PRASARANA




1 komentar: