Sabtu, 14 Januari 2023

10 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, RI Masuk?


 Jakarta* -

Ada 10 negara dengan *gaji guru* tertinggi di dunia, bagaimana jika dibandingkan dengan Indonesia? Jasa guru merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah negara demi mencerdaskan para penduduknya.

Gaji guru akan dipengaruhi dari beberapa faktor seperti pengalaman, lokasi, sekolah swasta ata pemerintah, tingkat pendidikan, kualifikasi tambahan, dan lain-lain.

Gaji guru di Indonesia sendiri setiap individunya memiliki berbeda-beda juga. Namun, mirisnya gaji guru honorer di Indonesia dinilai jauh dari kata layak.

Tetapi, tidak semua negara kurang menghargai guru mereka. Ada juga beberapa negara yang memberikan gaji yang tinggi untuk para guru di negaranya. Lalu, negara mana saja dengan gaji guru tertinggi di dunia?


      Negara dengan Gaji Guru Tertinggi

Dilansir dari laman naibuzz (2/3/2022) berikut adalah daftar negara dengan gaji guru tertinggi:

*1 Swiss*

Gaji rata-rata guru: US$ 110.000 per tahun atau setara Rp 1,57 miliar (kurs Rp14.300). Swiss adalah negara dengan gaji guru tertinggi di urutan pertama. Swis dinilai memiliki peringkat tinggi dalam kualitas pendidikan, khususnya dalam matematika tingkat lanjut.

*2 Luksemburg*

Gaji guru rata-rata: US$ 100.000 per tahun atau setara Rp 1,43 miliar Luksemburg memang dikenal memiliki kualitas pendidikan yang baik. Dilansir After School Africa (2/3/2022), bahwa setiap orang dengan usia 4-16 tahun dis ana harus bersekolah dan belajar berbicara dalam tiga bahasa yakni, Luksemburg, Jerman, dan Prancis. Adanya penekanan pada pendidikan disana, maka tidak heran kalau guru di sana mendapatkan gaji yang tinggi.

*3 Kanada*

Gaji rata-rata guru: US$ 74.000 per tahun atau setara Rp 1 miliar lebih. Di Kanada sekitar 5,4% dari PDB negara dihabiskan untuk biaya pendidikan, dengan menginvestasikan biaya untuk setiap pendidikan
tersier siswa (sekolah menengah, perguruan tinggi, dan tingkat lanjut). Guru dibayar dengan kayak disini, yakni dengan gaji guru rata-rata naik menjadi sekitar US$ 56.500 atau setara Rp 805 juta lebih setelah 15
tahun pengalaman.

*4 Jerman*

Gaji rata-rata guru: US$ 70.000 per tahun atau setara Rp 1 miliar. Jerman masuk dalam daftar negara dengan gaji tertinggi di dunia selanjutnya. Sistem pendidikan di Jerman terbilang kompetitif. Ada
sedikit atau tidak ada biaya kuliah yang dibebankan di sebagian besar sekolah di Jerman, akan ditentukan oleh tes siswa untuk membuktikan kualifikasi mereka.

*5 Australia*

*Gaji rata-rata guru*: US$ 70.000 per tahun atau setara Rp 1 miliar. Gaji guru Australia penuh waktu dan berpengalaman dibayar dengan gaji rata-rata AU$ 98.000 atau setara Rp 1 miliar lebih per tahun (kurs AU$ 10.441). Sedangkan, gaji awal bagi guru yang belum berpengalaman sekitar AU$ 60.000 atau setara Rp 624 juta.

*6 Belanda*

Gaji rata-rata guru: US$ 67.000 per tahun atau setara Rp 958 juta. Sistem pendidikan di Belanda jauh lebih berorientasi pada siswa, yakni dengan dengan tergantung pada kebutuhan, latar belakang, dan pilihan
karir setiap individu. Sistem pendidikan di belanda juga pernah menduduki peringkat 9 terbaik di dunia pada tahun 2008.

*7 Amerika Serikat*

Gaji rata-rata guru: US$ 60.000 per tahun atau setara Rp 858 juta Guru yang berlokasi di New York bisa mendapat gaji yang lebih tinggi yakni US$ 80.000 atau setara Rp 1,1 miliar per tahun. Sedangkan, yang
berlokasi di South Dakota berpenghasilan lebih rendah yaitu dengan gaji U$ 42.450 atau setara Rp 607 juta.

*8 Irlandia*

Gaji rata-rata guru: US$ 53.000 per tahun atau setara Rp 757 juta. Pendidikan di Irlandia sendiri mewajibkan siswanya mulai dari usia 6-16
tahun. Penyelenggaraan pendidikan dasar di setiap sekolah di Irlandia akan disesuaikan dengan otoritas agama yang dianut dan dibiayai oleh negara.

*9. Denmark*

Gaji rata-rata guru: US$ 52.500 per tahun atau setara Rp 750 juta. Setelah beberapa tahun pengalaman, seorang guru Denmark setiap tahun dapat memperoleh penghasilan gaji yang bisa lebih tinggi lagi dari gaji rata-rata di atas.

*10. Austria*

Gaji rata-rata guru: US$ 50.000 per tahun atau setara Rp 715 juta Kira-kira seorang guru di Austria memiliki gaji rata-rata US$ 50.000 per tahun. Seorang guru kerja berpengalaman Austria dapat menghasilkan gaji lebih tinggi pula, hingga di atas rata-rata per tahun.

Nah, itu tadi daftar negara negara dengan gaji guru tertinggi di dunia.
Semoga menambah pengetahuan detikers semua!

Sumber : https://finance.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar