Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar - Ibu dan bapak guru akan dapat mengerjakan Post Test setelah menyelesaikan seluruh Aktivitas, baik Materi, Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.
Beberapa catatan saat mengerjakan Post Test, yaitu :
- Ibu dan bapak dapat mengerjakan soal secara acak, namun wajib dijawab semuanya.
- Setelah selesai menjawab semua soal, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan penilaian atau rekomendasi.
Dan
berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik
Perencanaan Pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan
bapak dalam menjawab Post Test.
Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2
1. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...
Jawab : Merupakan pemahaman praktis.
2.
Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah
pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding
by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari
jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih
membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan
seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya
diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
Jawab : Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”
3.
Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk
evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya
asesmen ini adalah...
Jawab : Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
4.
Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya
ia akan meminta murid menuangkan pemahamannya terkait dampak
globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak Markus memberikan kebebasan pada
murid untuk memilih media kampanye selama pesan kampaye dapat
tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek yang tepat
untuk mengukur asesmen tersebut antara lain...
Jawab : Sistematika kampanye, kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media.
5. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan...
Jawab : tujuan pembelajaran yang ditetapkan
6. Pernyataan berikut yang salah tentang modul ajar adalah...
Jawab : Modul ajar setara dengan RPP.
7.
Bu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang
tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar
ia mendapat hal-hal berikut:
- Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
- Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
- Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah...
Jawab : Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring.
8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali...
Jawab : Menggantikan peran guru dalam mengajar.
9.
Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari
Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki
telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam
modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi
aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon
genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert
tergolong...
Jawab : Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
Selanjutnya, Ibu dan Bapak akan mempelajari materi berikutnya yaitu Materi Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran.
Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar