Jumat, 04 September 2015

BAB V PENUTUP

BAB V
PENUTUP


5.1 Saran – saran
Keputusan untuk menggunakan TIK dalam menunjang aktivitas di sekolah harus didasarkan pada pertimbangan kemanfaatan dan bukan karena tidak mau dianggap ketinggalan. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang disarankan UNESCO (2004), yakni (i) penggunaan komputer untuk tujuan perluasan akses, (ii) penyediaan bantuan teknis, (iii) penetapan tujuan yang efektif dalam penggunaan TIK di sekolah, (iv) memahami peran baru guru di kelas, (v) menyediakan kesempatan pengembangan profesional secara kontinyu, (vi) melatih guru dengan tingkat keterampilan yang berbeda, (vii) memberikan insentif kepada guru yang menggunakan TIK, dan (viii) mengupayakan kesinambungan pembiayaan.
Sejalan dengan uraian di atas, di bawah ini dijelaskan beberapa aspek yang juga perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan TIK di sekolah.
1.       Keterampilan TIK
Untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan TIK di sekolah, kepala sekolah harus menunjuk penanggung jawab/koordinator TIK yang memiliki keterampilan TIK yang memadai
2.       Buku Panduan TIK
Tujuan dari buku panduan ini adalah untuk memberi informasi kepada staf tentang prosodur penggunaan TIK. Buku pandauan ini menjadi bukti bahwa penanggung jawab TIK telah mencoba mengembangkan kebijakan, prosedur dan sistem yang relevan. Idealnya, buku panduan tersebut tidak lebih dari 20 halaman, dengan spasi ganda dan dengan daftar isi.
3.       Sekuriti Perangkat Keras dan Lunak
Perangkat TIK membutuhkan investasi yang cukup mahal sehingga perlu dijamin keamanannya, baik dari segi kerusakan maupun pencurian. Untuk itu, perlu ada tindakan pengamanan yang dilakukan pihak manajemen sekolah

4.       Pajangan Bermanfaat
Banyak ruangan komputer yang dihiasi dengan poster dengan pertimbangan supaya tampaknya menarik tanpa memperhitungkan kemanfaatannya.
Pemasangan poster dimaksudkan untuk memberi manfaat dan lebih memudahkan peranan manajemen TIK. Contoh poster yang dimaksud adalah:
a.    Aturan prilaku
b.    Instruksi singkat, seperti “simpan pekerjaan Anda setiap 10 menit”;
c.    Petunjuk software;

5.       Pemeliharaan dan rutinitas
Isu pemeliharaan dan rutinitas penting untuk menjaga perangkat tetap awet. Setiap individu yang sering berinteraksi dengan perangkat-perangkat TIK di sekolah perlu mengetahui dan menerapkan mekanisme pemeliharaan dan rutinitas. Untuk itu,  sekolah sebaiknya melakukan pelatihan atau sekurangkurangnyasosialisasi baik kepada guru maupun staf administrasi
6.       Faktor manajemen yang mempengaruhi prestasi dalam TIK
Faktor-faktor ini sangat ditentukan oleh penanggung jawab TIK yang ditugaskan oleh manajemen sekolah. Faktor-faktor yang dimaksud adalah bahwa penanggung jawab TIK harus:
a.         mempunyai gagasan yang jelas tentang posisi TIK dalam kurikulum, dan mampu mengkomunikasikannya kepada yang lainnya;
b.        Mempunyai pendekatan yang jelas dalam upaya meningkatkan prestasi;cukup fleksibel untuk memberi kesempatan kepada yang lainnya untuk menyumbangkan gagasannya;
c.         memiliki harapan yang tinggi terhadap siswa dan staf;
d.  menjadi ahli dalam mata pelajaran tersebut, yang berarti bahwa mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang TIK.
7.       Mengelola rekaman pekerjaan yang telah dilakukan siswa
TIK dapat membantu pengarsipan rekaman untuk tujuan penilaian. Rekaman siswa dapat disimpan dalam bentuk diari, di mana siswa merekam kegiatan TIK yang dia telah lakukan setiap harinya
8.       Manajemen Infrastruktur
Manajemen infrastruktur adalah hal penting untuk menjamin kesuksesan pengadaan, pemasangan, dan pemanfaatan infrastruktur. Aturan perlu dibuat untuk selanjutnya dijadikan sebagai panduan yang dapat menuntun untuk:
a.    menyusun agenda yang memuat apa yang seharusnya terjadi, jadwal, dan siapa yang bertanggung jawab;
b.    senantiasa menginformasikan kepada setiap individu yang terkait – khususnya ketika terjadi kesalahan;
c.     mengawasi pengeluaran – tapi juga menemukan sefleksibel bagaimana kendala anggaran tersebut;
d.    tidak lupa memasukkan anggaran-anggaran tersembunyi, seperti biaya angkutan.
e.    Tetap menyediakan anggaran untuk tujuan biaya tak terduga;

9.       Manajemen Keuangan
Keuangan dalam bidang TIK juga penting dikelola dengan baik karena biaya pemeliharaan dan operasionalnya cukup mahal. Bagian ini memuat strategi penghematan biaya sehingga investasi yang ada membuahkan hasil yang maksimal. Menggunakan peralatan yang lebih tua: Peralatan yang lebih tua tapi masih berfungsi sebaiknya masih tetap digunakan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diketahui dalam hal pendistribusian sumberdaya yang ada dan apa yang harus dilakukan dengan peralatan tersebut.

Untuk tujuan pembelajaran TI, peralatan yang dipasang sebaiknya yang paling mutakhir, supaya dapat digunakan semaksimal mungkin, baik dari segi intensitas maupun tujuannya

10.   Praktek yang baik dalam tugas administrasi
Praktek yang baik dalam tugas administrasi haruslah menjadi salah satu indikator penting dalam mewujudkan manajemen sekolah yang efektif. Beberapa konsep yang perlu diketahui dalam kaitan ini adalah sebagai berikut:
-          Pengetikan data harus dilakukan dengan cermat tapi tetap memperhitungkan kecepatan, dan tingkat akurasi yang tinggi, sehingga tidak terjadi kesalahan yang berarti.
-          Dokumen diarsipkan dengan baik untuk menjaga jangan sampai hilang;
-          Transfer data efisien;
-          Template sebaiknya disiapkan; Untuk tugas tertentu, proses otomasi perlu dijalankan;
-          Dokumen-dokumen yang berkaitan sebaiknya dikoneksikan satu sama lain dengan membuat link.
-          Fasilitas mail-merge sebaiknya difungsikan, khususnya untuk tugas-tugas administrasi.

11.   Pengelolaan Pengunaan Internet
Penggunaan internet dalam berbagai macam koneksi membutuhkan biaya yang cukup bervariasi berdasarkan provider yang dilanggan. Penggunaan internet pada lembaga tentu akan berpengaruh juga pada biaya manajemen. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:

-          Mengelola penggunaan komputer yang terkoneksi dengan internet. Koneksi internet hanya kepada satu unit komputer akan terasa sangat mahal dibandingkan dengan kalau dibagi kepada beberapa unit komputer.
-          Mempertimbangkan penggunaan teknologi yang sesuai untuk mengkoneksikan sekolah dengan internet.
-          Menjamin adanya nilai tambah yang diberikan yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan;
-          Mengontrol penggunaan fasilitas internet, seperti email dan website, supaya tidak menimbulkan biaya tambahan, baik oleh staf maupun siswa. Perlu diketahui bahwa sejumlah situs membebankan biaya untuk bisa diakses. Bila menggunakan sistem dial-up, lama koneksi dengan internet perlu dikontrol supaya tidak melewati batas kemampuan keuangan sekolah yang dialokasikan untuk koneksi internet ini.
-          Mencegah siswa dari penggunaan chat dan email yang tidak penting.

5.2 Kesimpulan
Pengelolaan pembelajaran berbasis TIK terdiri dari :
        Perencanan pembelajaran meliputi :
a.    penyediaan fasilitas jaringan komunikasi data,
b.    pangkalan data,
c.     media pembelajaran dan akses publik oleh sekolah
Sedangkan guru perlu :
a.       menentukan materi yang dapat disampaikan dengan media TIK;
b.      menetapkan kegiatan tatap muka dan kegiatan online;
c.       menetapkan alat pembelajaran TIK; sumber belajar meliputi buku-buku elektronik, alamat situs web, materi presentasi, materi multimedia;
d.      menetapkan metode penilaian tes atau non tes.
Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan dalam kegiatan tatap muka melalui :
a.       tahapan penjelasan proses belajar;
b.      tahap eksplorasi sumber-sumber belajar;
c.       tahap kolaborasi berbagai sumber belajar untuk memperoleh pemahaman yang utuh;
d.      tahap refleksi mengambil kesimpulan dari topik yang sedang dipelajari,

dan kegiatan online melalui pelatihan soal CBT ( Computer Based Test ) yang merupakan kegiatan menjawab soal UN secara online baik melalui situs-situs penyedia soal-soal UN online seperti http://www.quipperschool.comhttp://www.atun-kemdikbud.go.id, http://www.puspendik.org  dan softwere offline yang dibuat oleh Tim CBT sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar