Kamis, 01 Juni 2017

KEUTAMAAN AKHLAQUL KARIMAH


Bismillahirrahmaniraahim...
Assalamu’alaikumWarohmatullaahi Wabarokaatuhu
Prioritas dari seluruh risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW adalahuntuk memperbaiki akhlak manusia. Akhlak manusia perlu diperbaiki dandisempurnakan karenaakhlak manusia tidak sama. Ada yang tinggi dan ada yangrendah, ada yang mulia dan adayang hina.Sifat dan watak kepribadiannyapunberbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.Ada yang bersifat penyayang danada yang kejam. Ada yang kasar dan ada yang lemahlembut.Namun dari sekianbanyak sifat dan watak manusia dapat dikumpulkan menjadiempat :


1.Thabi’at Rubbiyah
 Yakni tabiat ketuhanan, suatutabiat yang cendrung kearah perbuatan yang sesuaidengan kehendak dan kerelaanTuhan, sehingga selalu ingin berbuat baik, sertamendapatkan ridho dari AllahSWT.

2.Thabi’at Bahimiyah
 Yakni tabiat binatang ternakyang hanya mementingkan nafsu makan, minum, tidurdan sebagainya. Manusia yangbertabiat bahimiyah ini tidak lagi menghiraukanurusan agama dan ibadah ataupunilmu pengetahuan. Seluruh waktunya hanyalahdihabiskan untuk mencari hartakekayaan untuk kepuasan nafsunya. Bahkan hartalahyang menjadi ukuransegala-segalanya

.3.Thabi’at Syaithoniyah
 Yakni tabiat syetan yangselalu ingin menggoda dan menjerumuskan orang lainkepada kesesatan dan kemungkaran.

4.Thabi’at Sabu’iyah
 Yakni tabiat binatang buas yang mempunyai kecendrungan kearah perbuatan-perbuatan melanggar dan merampashak orang lain, ingin memangsa, mendzolimi dansebagainya.Maka ajaran akhlakulkarimah akan membimbing manusia sebaik-baiknya supayamemiliki jiwa yang bersihdan mental yang kuat, sehingga dapat menempatkan diri sebagaimakhluk yang muliakarena dapat mengendalikan dirinya dari tabiat yang kurang baik.
1)      A’uudzu billaahi minasysyaithaanir rajiim , Bismillahirrahmaniraahim! ,
1.      “ Wa innaka la ‘alaa khuluqin ‘azhiim “ , “ Dan sesungguhnyaengkau ( Muhammad ) mempunyai akhlak yang mulia. “ ( Al Qalam , 68 : 4 ) , “
2.      Dan hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah ) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati ( tidaksombong ) dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka , mereka mengucapkankata-kata ( yang mengandung ) keselamatan “ ( Al Forqan , 25 : 63 ) ( TAWADHU’) ,
3.      “ Maka janganlah kamu  mengatakan ( memuji) diri kamu suci(bersih) , Dialah yang lebih mengetahui orang yang bertaqwa. “ ( An Najm , 53 :32 ) ( Terus menerus memperbaiki diri dan amalnya dan mensucikan hati)
2)      “ Bahwasanya aku ( Muhammad ) diutus Allah untuk menyempurnakankeluhuran Akhlak ( Budi Pekerti ) “ ( H.R. Ahmad ) ( bagi hamba Allah yangberiman dan berusaha untuk terus bertaqwa dan mengembangkannya maka salah satuusahanya adalah terus memperbaiki dan mengembangkan kwalitas akhlaqnya untukmenuju kepada Akhlaq yang dimiliki Rasulullah saw. )
3)      Ketika Siti Aisyah ra ditanya tentang Akhlak Rasulullah Saw, maka ia menjawab , “ Akhlak-nya adalah Al Qur’an “ ( Abu Dawud & Muslim )
4)      “ Siapakah diantara mereka hamba-hamba Allah ini yang lebihdicintai  oleh Allah ? “ Rasulullah menjawab, “ Yaitu orang yang palingbaik akhlak-nya “ (HR.Tabrani )
5)      “ Siapakah diantara orang mukmin yang paling sempurnaimannya ? “ Rasulullah menjawab : “ yaitu orang yang paling baikakhlak - nya “  (HR.Tabrani )
Apakah sesuatu yang lebih baik yang diberikan kepadamanusia ?  , Rasulullah menjawab , yaitu “ akhlak yang baik “ ( H.R. IbnuHibban )
6)      Kemuliaan seorang mukmin itu adalah agamanya , hargadirinya itu adalah akalnya , dan perhitungannya ( nanti di hari kiamat ) ituadalah akhlak- nya.   ( HR. Hakim )
7)      Dari Abdullah bin Amir : Aku pernah mendengar Rasulullahbersabda , “ Maukah kalian kuberitahu tentang orang yang paling kucintai danpaling dekat duduknya dengan aku nanti di hari kiamat ? “ Diulanginya perkataanitu dua kali tiga kali. Mereka menjawab : “ Baiklah ya Rasulullah  ,Beliau bersabda , “ Yaitu orang yang paling baik akhlak –nya”  ( HR.Ahmad )
8)      “ Tidak ada sesuatu yang paling berat timbangannyatentang orang mukmin nanti dihari kiamat , selain akhlak yangbaik. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang perbuatannya keji dan rendah, dan sesungguhnya orang yang berakhlak luhur itu akan sampai ke derajat orangyang puasa dan sholat “ (HR.Ahmad )
9)      ( Mu’min - muslim yang benar sholat dan Puasanya tentunya baik danbenar juga akhlaqnya , insyaallah atau orang yang memiliki/pengamal akhlaq yangbaik dia juga memiliki /pengamal sholat dan puasa yang benar , masyaalllah ! /jika bisa seperti ini , Allahu Akbar ! / pen. )
10)  ” Sesungguhnya seorang mukmin dengan akhlak-nya yang baikakan dapat mencapai derajat orang yang berdiri ( sembahyang ) dimalam hari danpuasa di siang hari  ( HR. Abu Daud )
Beberapa Sikap Akhlaq Yang Baik.
1.Amanah.                                              
2. Sidqu. ( benar/jujur)             
3. Wafa’ . ( menepati janji)                    
4.Adil.                                         
5. Ifafah. ( memelihara kesucian diri )
6. Haya’. ( malu)                        
7. Arief / Bijaksana.
8. Syajayah. ( berani karena benar)   
9. Sehat dan Kuat (Al-Quwwah.)                 
10. Sabar , Lemah – lembut , Kasih-sayang.
11. Hemat.
12. Ikhlas.
13. Pemaaf.
14. Khusyuk.
15. Syakha’. ( murah hati )
16. Berilmu.
17. Tawaddu’. ( rendah hati )
18. Syukur Nikmat.
19. Tawakal Allah.
20.Zuhud. ( tidak diperbudak dunia / harta )
21. Dll
 “ Dan hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang itu(ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendahhati  (tidak sombong) dan apabila orang-orang jahilmenyapa mereka , mereka mengucapkan kata-kata ( yang mengandung) keselamatan “ ( Al Forqan ,  25 : 63-65 ) , 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar