Senin, 25 Januari 2016

Tokoh Penemu Google



Penemu Google adalah Larry Page dan Sergey Brin. Sejarah penemuan Google berawal dari pertemuan dua orang tersebut, Larry Page yang merupakan seorang alumni dari Universitas Michigan dan juga Mahasiswa Ph.D di Universitas Stanford yang saat itu tengah menikmati kunjungan akhir pekannya yang kemudian bertemu dengan Sergey Brin yang kebetulan mengantar Larry Page keliling. Dalam pertemuannya kedua orang ini, Larry Page dan Sergey Brin sering terlibat dalam diskusi panjang dikarenakan mereka memiliki pandangan atau pendapat yang berbeda sehingga sering berdebat.

Namun, dari perbedaan itulah kemudian pemikiran keduanya justru menghasilkan suatu solusi atau pendekatan yang unik dalam menyelesaikan sebuah masalah yang menjadi tantangan terbesar dalam dunia internet.yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif. Kemudian Pada bulan Januari 1996, Larry page dan Sergey Brin mulai melakukan kolaborasi dalam mewujudkan impian mereka dengan pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Kemudian Setahun setelahnya kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi dari mesin pencari buatan mereka BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari ini langsung menyebar ke penjuru kampus. Larry Page dan Sergey Brin terus menerus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya kemudian juga mulai mencari investor untuk mendanai dan  mengembangkan kecanggihan teknologi yang kemudian di kenal sebagai Google.

Larry Page dan Sergey Brin kemudian mendapatkan kucuran dana dari teman kampus mereka, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri dari Sun Microsystems. ''Kami bertemu dengan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto,'' ujar Sergey. ''Kami memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama. Lalu, dia hanya berkata, 'Mengapa tidak aku tulis cek untuk kalian?'' Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Hingga saat ini Google menjadi perusahaan internet raksasa di dunia. Produknya semakin banyak. Mulai dari Search engine, Periklanan, Android (gadget) dan masih banyak produk lain. Larry Page dan Sergey Brin memegang 16 persen saham perusahaan. Larry Page dan Sergey Brin sebagai penemu Google menjadi Milyarder atas penemuan mereka. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat tahun 2007, Forbes melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menempati urutan #5 dengan kekayaan $18,5 miliar masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar