Kamis, 22 November 2012

Kurikulum 2013: Penjurusan di SMA Akan Diubah



sistem penjurusan sma akan diubah
Penggodokan kurikulum 2013 yang kini tengah dilakukan pemerintah dan akan mulai berlaku untuk tahun pelajaran 2013/2014 kini memasuki babak akhir. Rencananya kurikulum baru 2013 ini akan dipaparkan di depan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Boediono, pada hari Selasa, 13 November 2012. 
Selain wacana pengurangan jumlah mata pelajaran pada kurikulum 2013, Kemdikbud kembali melontarkan wacana baru terkait kurikulum baru 2013. Wacana yang dimaksud adalah tentang sistem penjurusan di sekolah menengah Atas (SMA). Selama ini kita mengenal ada tiga penjurusan di SMA, yaitu jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Kedepan sistem penjurusan ini akan diubah. 
Melalui Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, Kemdikbud menyatakan bahwa ada dua opsi yang mengemuka terkait dengan penjurusan di tingkat SMA. 
"Ada dua opsi. Pertama, tidak ada penjurusan. Kedua tetap ada penjurusan tapi tidak seperti sekarang metodenya," kata Musliar  (Kompas.com, Senin 12/11/2012).
Musliar menyatakan, jika tetap ada penjurusan pun, siswa-siswa yang memilih  jurusan IPA tetap harus mempelajari mata pelajaran yang selama ini hanya ada di jurusan IPS, seperti sosiologi, ekonomi, dan geografi/antropologi. Demikian juga sebaliknya dengan siswa-siswa yang memilih jurusan IPS, mereka harus belajar biologi, kimia, dan fisika.
Agak membingungkan! Jika anak IPA harus belajar mata pelajaran jurusan IPS dan sebaliknya, bukankah itu artinya tidak ada penjurusan?! 
Kami sendiri lebih setuju jika penjurusan IPA-IPS-Bahasa di SMA dihilangkan saja. Penjurusan yang selama ini berlaku telah menimbulkan persepsi yang sangat keliru di dunia pendidikan. Ada anggapan bahwa jurusan IPA untuk anak-anak yang pandai. Sedangkan jurusan IPS untuk anak-anak yang bodoh atau kurang pandai. Selain itu ada anggapan bahwa jurusan IPA harus mikir (berpikir) sedangkan jurusan IPS bersifat hapalan. Sebuah kekeliruan yang sangat fatal!!

Ujian Nasional (UN) Tahun 2013, Jumlah Paket Soal 20 Paket!


Paket soal UN 2013 20 paket

Paket Soal Ujian Nasional 2013 Adalah 20

Ini berita terbaru seputar Ujian Nasional (UN). Mulai tahun 2013, pemerintah akan menambah jumlah paket soal UN dari 5 buah menjadi 20 buah! Penambahan jumlah paket soal ini merupakan cara pemerintah untuk menekan angka kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Maklum walaupun selama ini jumlah paket soal sudah cukup banyak, yakni 5, tetapi kebocoran masih terjadi di sejumlah daerah, katanya. Selain itu tingkat kepercayaan masyarakat atas kemurnian hasil UN masih rendah. Masyarakat masih kurang percaya bahwa hasil UN selama ini tanpa kecurangan. Diharapkan dengan ditambahnya jumlah paket soal menjadi 20 buah, kredibilitas UN di mata masyarakat pun akan meningkat.

Sosialisasi Kisi-kisi Soal UN 2013 Bulan Oktober

Pemerintah akan mengsosialisasikan kisi-kisi soal UN 2013 pada bulan Oktober 2012. Juga pemerintah, melalui Mendikbud, telah menggulirkan wacana UN tanpa pengawas di ruang ujian. Dengan jumlah soal ujian 20 paket, menurut pemerintah,  tidak mungkin siswa saling contek sehingga pengawasan di ruang ujian menjadi tak perlu.

Integrasi Hasil UN SMA Dengan Seleksi Masuk PT

Untuk tingkat SMA, UN akan diintegrasikan dengan seleksi masuk ke perguruan tinggi (PT). Ini berarti, mulai tahun 2013 lulusan SMA yang hendak mendaftarkan diri ke PT tidak perlu mengikuti tes. Seleksi masuk PT akan menggunanakan hasil UN seperti lulusan SD ke SMP atau lulusan SMP ke SMA. Gagasan sempat menimbulkan pro dan kontra mengingat banyak orang yang menganggap hasil Ujian Nasional tidak murni. Jika kebijakan ini diterapkan maka siswa yang kurang cerdas tapi hasil UN-nya bagus akan dengan mudah bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Kurikulum 2013 SD: Pramuka Akan Menjadi Mata Pelajaran Wajib



pada kurikulum 2013 SD pramuka akan menjadi mata pelajaran wajib
Pada Kurikulum 2013 sekolah dasar (SD), pemerintah akan menambahkan Pramuka sebagai mata pelajaran  wajib. Hal ini terungkap dalam draf perubahan kurikulum yang dipaparkan ke Wakil Presiden RI, Boediono, Selasa (13/11/2012).
"Khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran wajib yang harus ada di mata pelajaran, dan itu diatur dalam undang-undang," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada pers di Kantor Wapres di Jakarta, kemarin.
Dengan masuknya pramuka sebagai mata pelajaran wajib di sekolah dasar (SD) maka kini ada tujuh mata pelajaran wajib untuk tingkat SD di kurikulum 2013. Sebelumnya pemerintah menyatakan bahwa Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni budaya, dan Penjaskes adalah enam mata pelajaran wajib di kurikulum 2013 SD.

Selama ini pramuka hanya merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) yang tidak wajib dikuti semua siswa. Alasan pemerintah memasukkan pramuka sebagai salah satu mata pelajaran wajib kelihatnnya berdasar pada tujuan pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) yang lebih menekankan pada pembentukan sikap (character building). 
Mengenai mata pelajaran IPA dan IPS, kedua mata pelajaran ini akan diintegrasikan kedalam mata pelajaran lain. Mata pelajaran IPA akan masuk dalam materi pembahasan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Sedangkan mata pelajaran IPS diintegrasikan sebagai materi pembahasan PPKn.
Kurikulum 2013 diharapkan bisa mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014, tapi sebelumnya akan diuji publik sekitar Desember 2012.

"Masyarakat bisa memberikan masukan atas setiap elemen kurikulum mulai dari standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses hingga standar evaluasi. Adanya uji publik ini diharapkan kurikulum yang terbentuk telah menampung aspirasi masyarakat," ungkap Mohammad Nuh.

Alasan Mengapa Pramuka Jadi Ekskul Wajib di Kurikulum 2013



pramuka jadi ekskul wajib
Pada kurikulum 2013, kegiatan ekstrakurikuler Praja Muda Karana, atau biasa akrab disebut Pramuka, akan menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan, Pramuka bukan menjadi mata pelajaran wajib, melainkan tetap menjadi kegiatan ekstrakurikuler.
“Komposisi proses pembelajaran kan ada intrakurikuler dan ekstrakurikuler,” katanya kepada wartawan usai penandatangan Nota Kesepahaman dengan Dewan Mesjid Indonesia di Gedung A Kemdikbud, Selasa (20/11).
Menteri Nuh mengatakan, setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan dalam menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. “Pertama, dasar legalitasnya jelas. Ada undang-undangnya,” ujarnya. Undang-undang yang dimaksud adalah UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Alasan kedua, Pramuka mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian. "Dari sisi organisasinya juga sudah proven. Jadi, kami sarankan ekstra yang satu ini wajib di semua level, terutama untuk siswa SD/ MI," ucapnya.
Rencana ini masih akan dimatangkan dengan melibatkan pihak lain. Mendikbud menuturkan, akan ada segitiga yang akan terlibat dalam pematangan konsep Pramuka menjadi ekskul wajib, yaitu segitiga antara Kemdikbud, Kemenpora, dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka.
Beberapa hal yang akan dilakukan untuk mendukung Pramuka sebagai ekskul wajib di kurikulum 2013 antara lain melakukan penataran untuk guru-guru pengajar Pramuka. Bahkan rencananya, guru pengajar Pramuka bisa mendapat kredit poin dan bisa masuk dalam penghitungan jam mengajar profesi guru. Selain itu juga akan dilakukan revitalisasi organisasi di tiap sekolah, serta dukungan pendanaan dari Kemdikbud. (DM)

Draf Struktur Kurikulum 2013 SD


draf struktur kurikulum 2013 SD
Inilah bentuk kurikulum baru 2013 yang akan diberlakukan pada anak-anak tingkat sekolah dasar (SD):

Enam Mata Pelajaran Berbasis Tematik

Mata pelajaran untuk anak SD yang semula berjumlah 10 mata pelajaran dipadatkan menjadi enam mata pelajaran, yaitu:
  1. Agama, 
  2. PPKn, 
  3. Matematika, 
  4. Bahasa Indonesia, 
  5. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 
  6. Seni Budaya 
Sementara empat mata pelajaran yang dulu berdiri sendiri, yaitu:
  1. IPA, 
  2. IPS, 
  3. Muatan lokal, dan 
  4. Pengembangan diri.
Diintegrasikan dengan enam mata pelajaran lainnya.
"Memang sewajarnya seperti itu. IPA dan IPS dijadikan penggerak dan masuk dalam materi bahasan semua mata pelajaran. Begitu pula dengan mulok dan pengembangan diri itu kaitannya nanti dengan seni budaya," ujar Mendikbud, Mohammad Nuh.
Dengan pemadatan mata pelajaran dan pembelajaran berbasis tema ini, anak-anak juga tidak akan lagi kerepotan membawa buku yang banyak dalam tasnya. Nuh mengungkapkan dengan pendekatan tematik ini, anak-anak hanya perlu membawa paling tidak dua atau tiga buku sesuai dengan tema yang dipilih pada minggu tersebut.

Belajar di Sekolah Lebih Lama

Berkurangnya mata pelajaran dalam kurikulum ini justru membuat durasi belajar anak di sekolah bertambah. Mohammad Nuh menjelaskan bahwa metode baru ini mengharuskan anak-anak untuk ikut aktif dalam pembelajaran dan mengobservasi setiap tema yang menjadi bahasan.
"Pola ini tentu tidak bisa dilakukan dengan durasi belajar sebelumnya. Untuk itu ditambah sebanyak empat jam pelajaran per minggu," kata Nuh.
Dengan demikian, untuk kelas I-III yang awalnya belajar selama 26-28 jam dalam seminggu bertambah menjadi 30-32 jam seminggu. Sementara pada kelas IV-VI yang semula belajar selama 32 jam per minggu di sekolah bertambah menjadi 36 jam per minggu.
"Penambahan jam belajar ini masih sesuai karena dibandingkan negara lain, Indonesia terbilang masih singkat durasinya untuk anak usia 7-9 tahun," ungkap Nuh.

Pramuka Jadi Skskul Wajib

Bahasa Inggris yang sebelumnya sempat disebut-sebut akan dihilangkan memang tidak tercantum dalam salah satu mata pelajaran yang ada. Ternyata untuk tingkat SD ini, Bahasa Inggris masuk dalam kegiatan ekstra kurikuler bersama dengan Palang Merah Remaja (PMR), UKS, dan Pramuka.
"Pramuka ini akan jadi ekskul wajib untuk berbagai jenjang tidak hanya di SD. Nanti akan dibicarakan juga dengan Kemenpora," kata Mendikbud.

Kurikulum 2013 SMP Hanya 10 Mata Pelajaran


Di Kurikulum 2013 SMP hanya 10 Mata Pelajaran

Di Kurikulum 2013, jumlah mata pelajaran untuk tingkat SMP  hanya 10 mata pelajaran. Ke 10 mata pelajaran tersebut adalah:

  1. Agama, 
  2. PPKn, 
  3. Matematika,
  4. Bahasa Indonesia, 
  5. Seni Budaya, 
  6. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 
  7. IPA,
  8. IPS, 
  9. Bahasa Inggris, dan 
  10. Prakarya.
Dengan demikian ada beberapa mata pelajaran yang sebelumnya diajarkan di sekolah tingkat SMP yang nantinya tidak lagi menjadi mata pelajaran tersendiri.
Pelajaran yang tidak lagi diajarkan secara tersendiri dan akan diintegrasikan kedalam materi pelajaran lain adalah misalnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Mohammad Nuh.

Wow...! Apakah ini masuk akal? Menurut kami tidak. Paling tidak untuk kondisi sekarang ini. Tidak sedikit guru-guru mata pelajaran di SMP yang belum menguasai betul perangkat TIK. Kedua, masih banyak sekolah yang kekurangan dalam hal kepemilikan perangkat TIK. Ketiga, guru-guru TIK jadi apa? Bagaimana dengan nasib guru yang sertifikasi TIK ? Tapi, ya terserah pemerintah saja..!

Jumat, 16 November 2012

Software Pendidikan


Softwere pendidikan dikhususkan untuk dunia pendidikan termasuk didalamnya software mate-matika, kimia, elektronika, elektrik, juga bahasa program dan lain-lainnya yang berkaitan dengan pendidikan
  1. Simulator Mikroprosesor assembler
  2. Membuat Skema Rangkaian Elektronik dan PCB Layout
  3. Mengelola Koleksi E-Book dengan Calibre
  4. ABC Kid Genius 3.0
  5. MathType.6.7a
  6. ClassRoom GradeBook
  7. MartView
  8. Microsoft Biology Foundation 2.0 Beta 1
  9. Create Game with Scratch 1.4
  10. Beberapa software programer gratis
  11. Penulisan Kanji Hiragana and Katakana
  12. Kamus Bahasa Jepang
  13. Simulasi Untuk Belajar Fisika
  14. Software Simulasi Kereta Api
  15. Software Membuat Kuis
  16. Microsoft Mathematics 4.0
  17. Software Simulasi logic Sircuit, software untuk membuat rangkaian logic
  18. Quad-Lock Unit Converter 5.4
  19. Tools Untuk Optimasi Script PHP
  20. tinySpell 1.9.31
  21. WorldWide Telescope 2.2
  22. ELCAD 7.2
  23. Rekentest – Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika
  24. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite v4.5
  25. Animals for Kids 2.1
  26. ELearning Software
  27. Chinese Toolbox FREE 9.1.2
  28. TS School 2010.0.0
  29. Gogle Translate Desktop
  30. Chem DigiT; Kalkulator Kimia
  31. Electronics dan Mechanics 10
  32. Portable Balabolka 1.32.0.463 (Text to Speech)
  33. Electrical Calculations Software (Software Perhitungan Listrik)
  34. TinyPiano v0.8e
  35. ChemToolBox 1.0.1; Software Kimia
  36. 3D Graphing Calculator – An Amazing Kalkulator Gratis untuk Windows
  37. WordWeb – Program Kamus Gratis untuk Anak atau Dewasa
  38. Memulai dengan C / C + +
  39. Convert Center 1.1 Software untuk mengkonversi ukuran
  40. Paradox : Bahasa program untuk database
  41. Belajar Refleksi Melalui Komputer
  42. PCB Artist Layout Software 1.2.4 : Sebuah software untuk mendisain PCB Elektronik
  43. Celestia Portable : Software mempelajari tentang tatasurya
  44. Holy Quran Software 1.0
  45. Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia
  46. Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
  47. Beberapa Software Mate-matika
  48. BoneLab 1.0.3.4 : Software mempelajari tentang rangka manusia
  49. PCB Disain Software : Software untuk membuat disain PCB
  50. Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik
  51. Menghitung Besar Resistor
  52. Software Mate-matika
  53. TransTool versi 6 + Crack Transtool
  54. Belajar Linux
  55. Bermain Piano Di komputer
  56. Kamus Inggris Indonesia
  57. Software Matematika Untuk Anak SD
  58. Software Penghitung Satuan
  59. Kamus Jawa Indonesia
  60. Aksara Jawa
  61. Software Melatih Mengetik Cepat
  62. Cara Menginstall Windows Xp
  63. Aksara Batak
  64. Alkitab Elektronik
  65. Pengingat Waktu Sholat
  66. Software Mengetik dengan 1o Jari

Software Jaringan


Bagi yang ingin menggunakan software Jaringan yang ada disini, diharapkan sedikit banyak anda mengetahui tentang jaringan terutama fungsi dan setting IP adress atau pengalamatan serta setting host dan remote, karena bila anda hanya mencoba-coba tanpa mengetahui sedikitpun tentang jaringan maka aplikasi yang anda gunakan bukan hanya tidak bermanfaat bagi anda, tapi dapat membuat sistem anda menjadi tidak berfungsi.
  1. IP Adress Calculatror
  2. Bandwith Manager Untuk Warnet Free
  3. DynasoftSurfShop Biling Warnet Gratis
  4. FileZilla 3.6.1 FTP, Software remote hosting, mengupload artikel ke hosting
  5. Windows Easy Transfer untuk mentransfer dari Windows XP ke Windows 7
  6. Remote Administrator Control Client 3.5
  7. Software Network Monitoring Gratis
  8. Cafe Server 4.0
  9. Bandwidth Controller Personal 1.14
  10. Accounting & Billing Software
  11. Dial-Up Software SG TCP Optimizer 3.0.5
  12. LAN Search Pro – Free Pencari file pada jaringan Lan
  13. EDL CyberCafe; sekuriti kemanan jaringan khusus untuk warnet, agar orang lain tidak dapat membuka Pc tanpa mengetahui paswordnya
  14. Membatasi internet atau Limit Kecepatan Transfer Download dan Upload
  15. MySpeed PC Lite 3.0e Build 1523
  16. Meremote Komputer Melalui Poncell dengan Bluetooth
  17. Portable NetStumbler 0.4.0 Build 554: Mendeteksi Wireless Local Area Networks (WLANs)
  18. IP Sniffer 1.98.1.5: Protokol analisa untuk memonitor lalu lintas jaringan
  19. Join to Domain 1.0.5
  20. SiteCafe 2.5.38; Software Biling Warnet Free
  21. Connection Manager Lite 1.0; software koneksi modem hp
  22. Bandwidth Management and Firewall 1.2.0
  23. 2hotspot WiFi Hotspot Software 1.4.0.11
  24. Menganalisa Kecepatan Broadband
  25. Paket Sniffer Gratis
  26. Portable eToolz 3.4.4 kumpulan dari instrumen jaringan seperti NS-Lookup, Ping, traceroute dan Whois.
  27. GetByMail 3.0.1.15 : Meremote komputer melalui email
  28. SimpleDesktop 2.15 : Software Remote Desktop
  29. Remote Control and Monitoring Komputer
  30. Portable NetSetMan 2.6.3 : Software untuk mengatur jaringan
  31. NeoRouter Network Explorer Portable 0.9.6.1048 : Software untuk mencari komputer yang terhubung dengan jaringan
  32. Aplikasi Ponsel Penyadap Telepon dan SMS
  33. Bandwith Monitoring : Software untuk memonitor pemakaian Bandwith
  34. Software Chating LAN : Software chating untuk pengguna jaringan LAN
  35. Bandwidth Controller
  36. Software Untuk Mengirim Dan Menerima SMS Gratis
  37. Voice Over IP – VOIP : Software untuk menelepon ke HP melalui komputer
  38. Microsoft Silverlight, Aplikasi Client-Side Baru
  39. Melihat IP Adress Website yang kita Browsing
  40. Mengontrol Komputer Melalui Handpone
  41. Melihat Komputer Client
  42. Anti Netcut : Software untuk membuat koneksi internet tidak terputus
  43. MOG Billing Warnet System Gratis
  44. Windows Live Writer : Software untuk mengirim artikel ke website

Video Tutorial


  1. Video Tutorian Meremote Komputer melalui Handphone
  2. Video Tutorial Membuat Hosting Sendiri
  3. Video Tutorial Belajar 3D Studio Max
  4. Video Tutorial Install Debian5 Dan info Mengenai Server
  5. Video Tutorial Belajar animasi masking flash
  6. Video Tutorial Menggunakan Adobe Flash
  7. Video Tutorial Microsoft Power Point 2007
  8. Video Tutorial Microsoft Excel 2007
  9. Video Tutorial Microsoft Word 2007
  10. Perbaikan Motherboard Laptop
  11. Video Tutorial Hacking Warnet
  12. Perbaikan Komponen Motherboard
  13. Video Tutorial Install Linux
  14. Video Tutorial Mensetting Mozilla Firefox
  15. Video Tutorial Corel Draw
  16. Video Tutorial Upgrade Win. Xp ke Win. 7
  17. Panduan Lengkap Pemeliharaan Komputer
  18. Video Totorial Pengkabelan Jaringan Komputer
  19. Video Tutorial Merakit Komputer
  20. Video Tutorial Membuat Antena OMni
  21. Video Tutorial Adobe Photoshop  

Kamis, 15 November 2012

Background Blog Menjadi Petir

Background blog seakan gitu-gitu aja ya gan. Cuman warna ama image yang bisa dipasang, eh tapi bisa nggak ya bila dipasang efek petir di blog. Jawabnya :: pasti bisa .. soale mudah kok .. kalian tinggal liat aja tutorial dibawah ini -->>
1. Masuk ke Blogger dengan ID dan Pass kalian
2. Klik Rancangan
3. Klik Tambah Gadget
4. Di dalam itu ntar ada menu Tambah Halaman HTML / Javascript .. klik aja
5. Letakkan kode dibawah di konten kosong itu dan save aja

Contohnya klik bawah ini gan

Blogger Yang Baek, Meninggalkan Jejak Berupa Komentar
 
Sumber: http://1001tawa.blogspot.com

OTAK ATIK BLOG : CARA MEMBUAT TAMPILAN RECENT POST BERJALAN


Banyak cara untuk membuat blog kita lebih praktis dan menarik, diantaranya adalah dengan membuat tampilan Recent Post (Post Terbaru) bergambar dan berjalan. Hal ini dapat juga untuk mempermudah pengunjung lebih banyak membaca artikel yang kita tampilkan di blog.
Tutorial untuk membuat recent post berjalan sangatlah sederhana dan mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Login ke akun blogger sobat
2. Klik Rancangan / Tata Letak
3. Klik Tambah Gadget / Add Gadget
4. Pilih HTML/Javascript
5. Copy dan Masukkan kode / script di bawah ini :


  1. <script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js" type="text/javascript">
    </script>
    <style media="screen" type="text/css">
    <!--
    #spylist {
    overflow:hidden;
    margin-top:5px;
    padding:0px 0px;
    height:350px;
    }
    #spylist ul{
    width:220px;
    overflow:hidden;
    list-style-type: none;
    padding: 0px 0px;
    margin:0px 0px;
    }
    #spylist li {
    width:208px;
    padding: 5px 5px;
    margin:0px 0px 5px 0px;
    list-style-type:none;
    float:none;
    height:70px;
    overflow: hidden;
    background:#fff url(http://i879.photobucket.com/albums/ab351/bloggerblogimage/blogger/post.jpg) repeat-x;
    border:1px solid #ddd;
    }
    #spylist li a {
    text-decoration:none;
    color:#4B545B;
    font-size:11px;
    height:18px;
    overflow:hidden;
    margin:0px 0px;
    padding:0px 0px 2px 0px;
    }
    #spylist li img {
    float:left;
    margin-right:5px;
    background:#EFEFEF;
    border:0;
    }
    .spydate{
    overflow:hidden;
    font-size:10px;
    color:#0284C2;
    padding:2px 0px;
    margin:1px 0px 0px 0px;
    height:15px;
    font-family:Tahoma,Arial,verdana, sans-serif;
    }
    .spycomment{
    overflow:hidden;
    font-family:Tahoma,Arial,verdana, sans-serif;
    font-size:10px;
    color:#262B2F;
    padding:0px 0px;
    margin:0px 0px;
    }
    -->
    </style>
    <script language="JavaScript">
    imgr = new Array();
    imgr[0] = "http://i43.tinypic.com/orpg0m.jpg";
    imgr[1] = "http://i43.tinypic.com/orpg0m.jpg";
    imgr[2] = "http://i43.tinypic.com/orpg0m.jpg";
    imgr[3] = "http://i43.tinypic.com/orpg0m.jpg";
    imgr[4] = "http://i43.tinypic.com/orpg0m.jpg";
    showRandomImg = true;
    boxwidth = 255;
    cellspacing = 6;
    borderColor = "#232c35";
    bgTD = "#000000";
    thumbwidth = 70;
    thumbheight = 70;
    fntsize = 12;
    acolor = "#666";
    aBold = true;
    icon = " ";
    text = "comments";
    showPostDate = true;
    summaryPost = 40;
    summaryFontsize = 10;
    summaryColor = "#666";
    icon2 = " ";
    numposts = 20;
    home_page = "http://websmpn1kedokan.blogspot.com/";
    limitspy=4
    intervalspy=4000
    </script>
    <div id="spylist">
    <script src="http://infonetmu.googlecode.com/files/recentpostthumbslideshow.js" type="text/javascript">
    </script></div>
  2. Simpan
Note :
  • Url yang berwarna merah ganti dengan Url sobat (http://...........)
  • Angka yang berwarna biru jumlah post yang ingin di tampilkan
6. Setelah selesai, jangan lupa klik simpan.

Nah demikain cara membuat recent post berjalan pada blog, semoga bermanfaat! 
 
Sumber :  http://surikin.blogspot.com

Cara Membuat Teks Berjalan di Tab dan Navbar Atas


Pada kali ini akan saya membagi-bagikan tips untuk mempercantik dan memperindah blog para rekan-rekan pemula tentang cara membuat teks di Tab dan Navbar atas itu berjalan. Mungkin diantara kalian belum ada yang tahu dimana letak Tab dan Navbar Atas, kalau belum tahu lihat contoh gambar dibawah ini:





Nah kalau sudah tahu sekarang kita mulai yuk :
1. Login dan buka Account Blogger anda Klik Tata Letak dan Edit HTML, lihat contoh gambar dibawah :



2. Beri tanda Chek pada Expand Template Widget

             
3. Copy Paste kode Java Script dibawah ini :
<script language='JavaScript'> var txt=&quot;. . : : Selamat Datang di Blog Web SMPN 1 Kedokanbunder, Terima Kasih Atas Kunjungannya , Jangan Lupa Beri Komentar: : . .&quot;; var kecepatan=80;var segarkan=null;function bergerak() { document.title=txt; txt=txt.substring(1,txt.length)+txt.charAt(0); segarkan=setTimeout(&quot;bergerak()&quot;,kecepatan);}bergerak(); </script>
4. Cari Kode  <b:skin><![CDATA[/* lalu letakan kode tersebut diatasnya,  seperti pada gambar di bawah ini :



5. Klik Pratinjau untuk melihat apakah anda memasukannya dengan benar, apabila sudah benar dan teks yang berjalan sudah sesuai dengan yang kita inginkan klik Simpan Template di kanan bawah. . Untuk menyesuaikan teks yang diinginkan ganti huruf yang berwarna merah, sedangkan untuk mengatur kecepatan ganti teks yang berwarna biru.
Nah gampang sekali bukan mengikuti tutorial dari saya? Jangan lupa komentarnya...
Semoga bermanfaat bagi kita semua, kita berjumpa pada tips berikutnya,


Disadur dari  http://www.masbugie.com/

Rabu, 14 November 2012

Cara Mengetahui Data NISN Siswa SD SMP SMA dan SMK

Cara Mengetahui Data NISN Siswa Nasional - Setiap Siswa/i SD, SMP, SMA dan SMK pasti memiliki Nomor Induk Siswa Nasional yang disingkat dengan NISN. Cara mengetahui Data NISN sangatlah mudah dan gampang karena data NISN setiap siswa sudah dapat diketahui secara online.

Data NISN dikelola oleh Pusat Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan Nasional bagian Data Pokok pendidikan (Dapodik). Salah satu fungsi Dopodik adalah memberikan pelayanan secara komputerisasi online guna mengolah nomor induk siswa secara merata untuk seluruh NISN di Indonesia.

Melalui data online NISN ini, maka ada dua hal yang dapat kita ketahui yaitu :
  1. Nama siswa/i melalui Nomor Induk Siswa Nasional. Hal ini berguna jika kita ingin mengetahui nama siswa/i tapi hanya NISN yang kita ketahui.
  2. NISN Siswa/i melalui nama. Hal ini berguna jika kita ingin mengetahui NISN siswa/i namun hanya nama kita ketahui.
Nah, untuk itu Kami Blog PIB akan membagi informasi bagaimana cara mengetahui NISN bagi anda para pengunjung setia kami, berikut caranya :

Langkah pertama :
Kunjungi http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data
anda akan melihat tampilan dibawah ini :
  1. Mengetahui Nama Siswa/i berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional - NISN
 - Masukan NISN siswa tersebut pada kotak
- Klik Cari

2. Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional berdasarkan Nama siswa/i

- Masukan Nama, Tempat Tanggal lahir, dan Tanggal Lahir
- Klik Cari

Demikianlah informasi Cara mengetahui NISN Siswa online, semoga bermanfaat bagi para pengunjung setia Blog PIB. Sekian dan terimakasih

PENETAPAN ANGKA KREDIT GURU YANG BARU BERLAKU MULAI TAHUN 2013


Berdasarkan Permendiknas No 35 Tahun 2010 tentang PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL GURU
DAN ANGKA KREDITNYA yang berisikan Petunjuk Teknis. Petunjuk teknis ini mengatur hal-hal yang berkenaan dengan pengangkatan, penugasan dan pengaturan tugas guru, penilaian dan penetapan angka kredit, kenaikan pangkat dan jabatan, pembebasan sementara, serta pengangkatan kembali dan pemberhentian dari jabatan fungsional guru.

Petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi guru, pengelola pendidikan, tim penilai, dan pihak lain yang berkepentingan dalam melaksanakan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Ruang lingkup petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya meliputi tugas utama guru, pembagian tugas guru, pengangkatan,penilaian dan penetapan angka kredit, kenaikan pangkat/jabatan, pembebasan sementara, pengangkatan kembali, dan pemberhentian dari jabatan guru sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional
Guru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara, Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.


untuk lengkapnya  

SUMBER: http://smp2sampang.wordpress.com/2011/04/27/penetapan-angka-kredit-guru-yang-baru-berlaku-mulai-tahun-2013/

STRUKTUR KEPENGURUSAN OSIS SMP N 1 KEDOKANBUNDER TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013

STRUKTUR KEPENGURUSAN OSIS SMP N 1 KEDOKANBUNDER
TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013

Ketua OSIS : Fajri Nofit C.A
Wakil Ketua OSIS 1 : Deyani

Sekretaris 1 : Ayuni
Sekretaris 2 : Ika

Bendahara 1 : Cisi Riyanti
Bendahara 2 : Uki Wibowo

Sie. Ketaqwaan Terhadap Tuhan YME
Ketua : Choerul Satrio
Wakil : Nuriman
Anggota : Sri Surniti  - Sofa Mentari Putri  - Vira Anita

Sie. Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Ketua : Heri Kiswanto
Wakil : Moh. Fikri
Anggota : Nia Afiani - Nunik W.  - Farhan

Sie. Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
Ketua : Penti Sri Rahayu
Wakil : Abdul Hadi
Anggota : Nia Karlina   -  Melinda Febriani


Sie. Keterampilan dan Kewirausahaan
Ketua : Tariman
Wakil : Susilawati
Anggota : Wahyu Iskandar   - Diana Ningrum  - Naeri

Sie. Berorganisasi Pendidikan politik dan kepemimpinan
Ketua : Taufiik Savalas
Wakil : Lutfi
Anggota : Untung Imadudin  - Ayu Nurwulan  - Ariful Amin

Sie. Apresiasi dan Kreasi Seni
Ketua : Taswinto
Wakil : Sinta
Anggota : Fafuara Mangu Danu  - Riski Haryo  - Fitriyanti

Sie. Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
Ketua : Adam Satrio Mukti
Wakil : Renaldi santoso
Anggota : Akhamad fais Idris  - Kurniawati


Sie. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
Ketua : Kurniawan
Wakil : Akid
Anggota : Roni  - Atika    - Yandi

ANGGARAN RUMAH TANGGA OSIS



ANGGARAN RUMAH TANGGA ( ART )
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )
SMP NEGERI 1 KEDOKANBUNDER
Jln Nyi MRA. Kawunganten No. 09 Kedokanbunder, Indramayu – Jawa Barat
Tilp , (0234)487643  Kode Post.45283

BAB I
PENGERTIAN
Pasal 1
Yang dimaksud dengan :
1. Pembinaan adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, pengawasan, penilaian, pengembangan dan pemberian berbagai bentuk bantuan yang dilakukan oleh Pembina OSIS atau    Sekolah.
2. Siswa adalah peserta didik yang mengikuti pendidikan di sekolah dalam lingkungan pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah.
3. Kesiswaan adalah keberadaan peserta didik atau siswa sebagai insan pribadi, insan pendidikan dan sebagai insan pembangunan nasional sesuai nilai – nilai luhur Pancasila.
4. Sekolah adalah Sekolah Lanjutan Pertama dalam lingkungan pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Pembina OSIS adalah guru yang ditugaskan oleh kepala sekolah untuk membina kegiatan OSIS.
6. Organisasi Kesiswaan adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah disingkat dengan OSIS di sekolah yang bersangkutan.
7. Latihan Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam usaha untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan para Pembina OSIS, Perwakilan Kelas dan Pengurus OSIS dalam melaksanakan tugas – tugas kepemimpinan agar lebih berhasil menggerakan kemauan dan kemampuan sesame siswa dan atau orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok dalam usaha bersama mencapai tujuan yang ditetapkan.
8. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah, yang dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah, dengan tujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
9. Wawasan Wiyatamandala adalah suatu pandangan yang menetapkan keberadaan sekolah sebagai lingkungan pendidikan, pengembangan tugas pendidikan di tenagh lingkungan masyarakat tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar dalam rangka terwujudnya tujuan Pendidikan Nasional.


BAB II
MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN
Pasal 2
1. Maksud pembinaan kesiswaan adalah mengusahakan agar siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila.
2. Pembinaan kesiswaan dilakasanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Pasal 3
3. Tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai Wiyatamandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional, menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah, meningkatkan apresiasi dan penghayatan seni, menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara, meneruskan dan mengembangkan jiwa, semangat serta nilai – nilai 45, serta meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani.

Pasal 4
Sasaran pembinaan kesiswaan adalah seluruh siswa kelas I, II, dan III


BAB III
MATERI DAN JALUR PEMBINAAN KESISWAAN
Pasal 5
Materi Pembinaan Kesiswaan mencakup:
a. Pembinaan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa.
b. Pembinaan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
c. Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara.
d. Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur.
e. Pembinaan Berorganisasi, Pendidikan Politik, dan Kepemimpinan.
f. Pembinaan Ketrampilan dan Kewiraswastaan.
g. Pembinaan Kesegaran Jasmani dan daya Kreasi.
h. Pembinaan Persepsi, Apresiasi, dan Kreasi Seni.
Pasal 6
Jalur Pembinaan Kesiswaan adalah :
a. Organisasi Kesiswaan.
b. Latihan Kepemimpinan.
c. Kegiatan Ekstrakurikuler.
d. Kegiatan Pemantapan Wawasan Wiyatamandala.


BAB IV
ORGANISASI KESISWAAN
Pasal 7
1. Sekolah membentuk Organisasi Kesiswaan yang berupa Organisasi Siswa Intra Sekolah disingkat OSIS.
2. OSIS merupakan satu – satunya wadah organisasi di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan
3. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada diluar sekolah.
4. OSIS merupakan wadah organisasi sekolah, oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS dari sekolah dan keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah.

Pasal 8
1. Perangkat OSIS terdiri dari Pembina OSIS, Perwakilan Kelas dan Pengurus OSIS.
2. Pembina OSIS terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru.
3. Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah karena jabatannya, bertindak selaku Ketua dan Wakil Ketua.
4. Guru – guru secara bergantian setiap tahun pelajaran menjadi anggota Pembina OSIS.
5. Susunan Kepengurusan dan Jumlah keanggotaan Pembina OSIS disesuaikan dengan keadaan dan keperluan sekolah.
6. Kelas terdiri dari wakil – wakil kelas, setiap kelas diwakili oleh 2 ( dua ) orang siswa.
7. Pengurus OSIS terdiri dari :
a. Seorang Ketua dan dua orang Wakil ketua.
b. Seorang sekretaris dan dua orang Wakil sekretaris.
c. Seorang Bendahara dan seorang wakil Bendahara.
d. Sembilan Orang Ketua Seksi, yaitu ;
1. Ketua Seksi Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Ketua Seksi Kehidupan Berbangasa dan Bernegara.
3. Ketua Seksi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara.
4. Ketua Seksi Kepribadian dan Berbudi pekerti Luhur.
5. Ketua Seksi Organisasi, Pendidikan Politik, dan Kepemimpinan.
6. Ketua Seksi Ketrampilan dan Kewiraswastaan.
7. Ketua Seksi Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi Seni .
8. Ketua Seksi Persepsi, Apresiasi, dan Kreasi Seni.
9. Ketua Seksi Keamanan dan Perindangan.
8. Setiap Ketua Seksi dapat mengangkat beberapa anggota seksi, untuk membawahi sub seksi kegiatan.

Pasal 9
1. Pembina OSIS bertanggung jawab atas seluruh pengolahan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.
2. Perwakilan Kelas bertugas memilih Pengurus OSIS, mengajukan usul – usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggung jawaban Pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
3. Perwakilan Kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS.
4. Pengurus OSIS bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada Rapat Perwakilan Kelas pada akhir masa jabatannya.
5. Pengurus OSIS bertanggung jawab langsung kepada Perwakilan kelas dan Pembina OSIS.
6. Pengurus OSIS mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.


BAB V
LATIHAN KEPEMIMPINAN
Pasal 10
(1) Latihan Kepemimpinan meliputi :
a. Latihan Kepemimpinan bagi Pembina OSIS;
b. Latihan Kepemimpinan bagi Pengurus OSIS;
c. Latihan Kepemimpinan bagi Perwakilan Kelas;
d. Latihan Kepemimpinan bagi Anggota OSIS.
(2) Tujuan latihan Kepemimpinan adalah :
a. Latihan kepemimpinan bagi Pembina OSIS, latihan kepemimpinan bagi Perwakilan Kelas,
latihan kepemimpinan bagi Pengurus OSIS, untuk :
1. Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan;
2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab;
3. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan OSIS.
b. Latihan Kepemimpinan bagi Anggota OSIS, untuk :
1. Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan;
2. Menumbuhkan, meningkatkan mementapkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda penerus perjuangan bangsa;
3. Memberi tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku siswa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing, kepribadian, budi pekerti luhur, sopan santun dan
disiplin.
Pasal 11
(1). Struktur program latihan kepemimpinan, disusun sebagai berikut :
a. Program Dasar adalah sekelompok mata sajian latihan yang memberikan dasar-dasar pengetahuan yang berkaitan dengan kebijaksanaan pendidikan dasar dan menengah serta
dasar-dasar kebijaksanaan pembinaan kesiswaan sebagai kesiapan untuk mengikuti program inti.
b. Program inti adalah sekelompok pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan baik secara teori maupun praktek yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan bagi Pembina OSIS, Perwakilan Kelas, Pengurus OSIS dan Anggota OSIS.
c. Program penunjang, yaitu sekelompok pengetahuan yang berperan untuk memperluas
wawasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan;
d. Studi lapangan, yaitu kegiatan praktek untuk lebih memperdalam hal-hal yang berkaitan dengan program inti dan seluruh program latihan.
(2). Materi latihan disusun ke dalam kurikulum latihan kepemimpinan dan garis-garis program latihan kepemimpinan;
(3). Perjanjian materi latihan dalam suatu latihan kepemimpinan dilaksanakan melalui metode :
ceramah. Tanya jawab, diskusi, penugasan, penulisan dan laporan kertas kerja, praktek lapangan dan bentuk-bentuk lain yang relevan.
(4). Sertifikat diberikan kepada Pembina OSIS terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Guru.

Pasal 12
Pengembangan latihan kepemimpinan dilaksanakan dengan jalan mengembangkan struktur, materi, metode, sarana dan prasarana, penilaian, tenaga pengajar sewrta pengelolaan latihan.




BAB VI
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Pasal 13
Kegiatan Ekstrakurikuler dilakukan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah, di sekolah atau di luar sekolah, secara berkala atau hanya pada waktu-waktu tertentu.
Pasal 14
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :
a. Pembinaan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Seksi : Kerohanian Islam
Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;
Memperingati hari-hari besar agama;
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
Mengadakan kegiatan lomba yang bersifat keagamaan;
Menyelenggarakan kegiatan seni yang bernafaskan keagamaan.
b. Pembinaan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Seksi : Upacara; dan Pendidikan
Melaksanakan upacara bendera pada setiap hari Senin, serta hari-hari besar Nasional;
Melaksanakan Bakti Sosial/Masyarakat;
Mengadakan lomba Karya Tulis;
Menghayati dan mampu menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
c. Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara.
Seksi : Karya Wisata, Pramuka, Karate , Silat, Tatib dan PLH
Melaksanakan tata tertib sekolah;
Melaksanakan baris-berbaris;
Mempelajari dan menghayati sejarah perjuangan bangsa;
Melaksanakan wisata siswa, pecinta alam dan kelestarian alam lingkungan;
Mempelajari dan menghayati semangat perjuangan para pahlawan bangsa (napak tilas).
d. Pembinaan Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur.
Seksi : Sosial, dan PMR
Melaksanakan pengamalan Pancasila;
Melaksanakan tata krama pergaulan;
Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran rela berkorban dengan jalan melaksanakan perbuatan amal untuk meringankan beban dan penderitaan orang lain;
Meningkatkan sikap hormat siswa terhadap orang tua, guru dan sesama siswa di lingkungan masyarakat.
e. Pembinaan Berorganisasi Pendidikan Politik dan Kepemimpinan.
Seksi : Organisasi, LDKS, dan Mading.
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugas dan
fungsi masing-masing;
Membentuk kelompok belajar berdasarkan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan;
Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
Mengadakan forum diskusi ilmiah.
f. Pembinaan Keterampilan dan Kewiraswastaan.
Seksi : Koperasi Sekolah, Pameran Hasil Karya dan Seni.
Meningkatkan keterampilan dalam menciptakan suatu barang lebih berguna;
Meningkatkan keterampilan di bidang tehnik, elektronik, pertanian dan peternakan;
Meningkatkan usaha-usaha keterampilan tangan;
Meningkatkan usaha koperasi sekolah dan unit produksi;
Meningkatkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah;
Melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN)/ Pengalaman Kerja Lapangan (PKL).
g. Pembinaan Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi.
Seksi : Olah Raga dan UKS
Meningkatkan kesadaran hidup sehat di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat /lingkungan;
Melaksanakan usaha kesehatan sekolah;
Menyelenggarakan kantin sehat;
Meningkatkan kesehatan mental;
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, obat terlarang, minuman keras dan merokok;
Melaksanakan Senam Pagi Indonesia, Senam Kesegaran Jasmani dan Olahraga lainnya;
Menyelenggarakan lomba berbagai macam olahraga;
Mengembangkan motto “rekreasi yang kreatif”
h. Pembinaan Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni.
Seksi : Kesenian.
Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang seni suara, seni tari, seni kerajinan, drama/sastra, musik dan fotografi;
Menyelenggarakan sanggar berbagai macam seni;
Meningkatkan daya cipta seni;
Mementaskan, memamerkan berbagai cabang seni, baik karya siswa/ sekolah maupun karya seniman luar.
i. Pembinaan Keamanan dan Perindangan
Seksi : 5 K
Melaksanakan ketertiban dan kedisiplinan siswa.
Melaksanakan Kebersihan lingkungan sekolah
Melaksanakan kegiatan Jum’at bersihdi sekolah.
Melaksanakan kegiatan penghijauan di sekolah.
Melaksanakan pemeliharaan keindahan sekolah;
Kegiatan tersebut pada ayat (1) di atas dapat ditambah dan dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah.

BAB VII
PENANGGUNG JAWAB
Pasal 15
Tanggung jawab pembinaan kesiswaan di sekolah dilakukan oleh Kepala Sekolah, kegiatan sehari-hari dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah atau guru yang ditunjuk.
BAB VIII
BIAYA
Pasal 17
Biaya pelaksanaan Keputusan ini dibedakan kepada :
a. Dana Penunjang Pendidikan (DPP) atau yang relevan;
b. Sumber Dana lain yang sesuai untuk itu.
BAB IX
PENUTUP
Pasal 18
Hal-hal yang belum tercantum pada ART ini akan diatur lebih lanjut oleh Pembina OSIS, Perwakilan