Kamis, 03 September 2015

Pendataan Ulang PNS Hingga Akhir Tahun



JAKARTA - Setiap instansi pemerintah wajib memutakhirkan data pegawai secara berkala dan menyampaikannya kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Hal itu dilakukan untuk menjamin keterpaduan dan akurasi data dalam sistem informasi aparatur sipil negara (ASN). Ketentuan itu dipayungi Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik (e-PUPNS) Tahun 2015.

"Adapun e-PUPNS dibuat supaya bisa mendapatkan data PNS yang riil dan  akurat baik di tingkat nasional maupun DKI Jakarta," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Agus Suradika saat menyampaikan laporan dalam rangka launching e-PUPNS di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta, Rabu (2/9).

Agus menyatakan, sosialisasi diberikan kepada para SKPD/UKPD berkaitan dengan e-PUPNS. Sosialisasi ini dilakukan Pemprov DKI bersama dengan BKN.

Agus menjelaskan, pelaksanaan e-PUPNS dilakukan mulai 1 September 2015 hingga 31 Desember 2015. "Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pilot project akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menyelesaikannya sebelum Desember," ucapnya.

Ia menyatakan, saat ini pegawai pada Pemprov DKI berjumlah 68.856 orang. "PNS sebanyak 67.387 orang dan CPNS sebanyak 1.469 orang," ungkap Agus. (gil/jpnn)

Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Mendaftar Quipper School untuk Siswa

Untuk mengetahui langkah-langkah dalam mendaftar di Quipper School silahkan simak tutorial berikut ini  :

    1. Langkah pertama Cara mendaftar Quipper School untuk siswa


    Buka website Quipper School di tab browsermu silahkan daftar melalui link Quipper Schoolwww.quipperschool.com

    2. Langkah kedua Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

    Jika sudah terbuka seperti gambar dibawah, kemudian pilih " Portal Siswa "

    Cara daftar quipper school

    3. Langkah ketiga Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

    Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran,
     Pada tahap ini ada 2 alternatif yang bisa anda gunakan untuk mendaftar Quipper School yaitu bisa mendaftar langsung dengan akun facebook kamu dengan mengkilik "Daftar dengan Facebook" (pastinya anda sudah login terlebih dahulu dengan akun facebook anda), alternatif kedua jika anda tidak ingin mendaftar dengan akun facebook anda bisa mendaftar langsung dengan mengisi form pendaftarn dengan mengklik "Daftar dengan Akun Quipper School LEARN",
     Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya ! 


    4. Langkah keempat Cara mendaftar Quipper School untuk siswa


    Selanjutnya akan muncul form pendaftaran yang harus anda isi,

    Pada  tahap pengisian form hal yang harus diperhatikan adalah:
    1. "Nama Depan" : diisi dengan nama pertama kamu,
    2.  "Nama Belakang": diisi dengan nama kedua (misalkan nama kamu Budi Santoso, jadi nama depan diisi dengan Budi sedangkan nama belakang diisi dengan Santoso), selanjutnya 
    3. "Nama Pengguna" : diisi dengan nama unik yang gampang kamu ingat bisa menggunkan nama panggilan atau nama kreen yang sesuai dengan keinginan kamu, Selanjutnya 
    4. "Kata Sandi": diisi dengan password yang mudah kamu ingat, bisa menggunakan angka atau kombinasi dengan angka dan huruf, selanjutnya 
    5. "Tulis Ulang Kata Sandi" : diisi sama dengan kata sandi yang kamu buat diatas.

    Cara daftar quipper school

     5. Langkah kelima Cara mendaftar Quipper School untuk siswa

    Setelah mengisi form pendaftaran tinggal mengisi kode kelas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru kalian yang terdiri dari 7 karakter kombinasi antara huruf dan angka.

    Cara daftar quipper school

     Selamat kamu sudah selesai melakukan pendaftaran, tinggal mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu guru kalian, selamat belajar semoga tutorial ini bermanfaat untuk adik-adik.

    Jika kamu sudah selesai mendaftar saatnya untuk mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru kalian, jika kamu belum mengetahui caranya silahkan dibuka petunjuk tentang Cara mengerjakan tugas Quipper School 

    Cara Mendaftar Quipper School untuk Guru

    Jika Bapak/Ibu Guru belum mendaftar di Quipper School, silahkan disimak langkah-langkah  Cara mendaftar Quipper School khususnya untuk guru:
    1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka www.quipperschool.com di tab browser anda atau dengan mengklik disini
    2. Jika sudah terbuka klik "Portal Guru"
      Cara Mudah Mendaftar Quipperschool
    3. Langkah selanjutnya klik "Daftar Sekarang"
      Cara Daftar Quiperschool
    4. Selanjutnya anda klik "Mulai"
      Cara Daftar Quiperschool
    5. Selanjutnya, pada tahap ini ada 2 alternatif yang bisa anda gunakan untuk mendaftar diQuipper School, bisa mendaftar dengan akun facebook yang anda miliki, tapi jika anda tidak ingin mendaftar dengan akun facebook silahkan klik "Lewati langkah ini", lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas !
      Cara Daftar Quiperschool
    6. Selanjutnya, isikan formulir pendaftaran yang sudah disediakan di Quipper School.

      Pada tahap ini yang harus anda perhatikan adalah :

      • Nama : pilih "Bapak" (jika anda berjenis kelamin laki-laki), masukkan nama depan ( nama depan anda misal nama anda "Muhammad Ali" nama depan anda isi dengan "Muhammad" sedangkan nama belakang anda isi dengan "Ali".
      • Masukkan email : anda tinggal memasukkan email yang bapak/ibu miliki, jika anda belum mempunyai email silahkan anda buat email terlebih dahulu bisa membuat di yahoo atau gmail
      • Konfirmasi email : Masukkan kembali email yang anda tulis diatas
      • Kata sandi : masukkan kata sandi yang anda gunkan, kata sandi atau biasa disebut password atau kata kunci, buatlah sesuai keinginan dan gampang untuk diingat, misalkan "123456" atau bisa dalam bentuk kombinasi huruf dan angka contoh "muhammad1985".
      • Nomor telpon : Masukkan nomor telpon/ponsel anda (HP)
      • Nomor ambasador : Silahkan anda isi dengan T3P6HM7
      • Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar dibawah ini !

    7. Selanjutnya,
      Tahap ini yang harus diperhatikan :
      • Nama sekolah : Isi nama sekolah bapak/ibu guru tempat anda mengajar
      • Jabatan : Jabatan anda di sekolah, misal anda sebagai guru tulis "Guru"
      • Bidang Studi : Bidang studi yang anda ajarkan di sekolah tersebut
      • Jenis Sekolah : Pilih jenis sekolah, seperti SD, SMP, dan SMA, pilih lainnya jika tidak ada pilihan. 
      • Kemudian klik "Lanjut".
    8. Selanjutnya, klik "Sign me up"
    9. Selanjutnya, pada tahap ini anda akan di munculkan akun facebook dari para cs Quipper School, silahkan anda pilih salah satu saja, kegunaannya adalah cs Quipper School ini bisa anda hubungi lewat akun facebook mereka jika anda kesulitan dalam mengoperasikanQuipper School ini, jika sudah kemudian klik "Selesai".
    10. Selanutnya, ini tahap akhir anda sudah selesai mendaftar tinggal anda membuat kelas, klik saja "Mulai" untuk membuat kelas baru, jika anda belum mengetahui cara membuat kelas silahkan dibaca apetunjuk tentang cara membuat kelas di Quipper School.
    11. Selamat anda sudah selesai mendaftar, selamat belajar.
    Demikian tutorial tentang Cara Mendaftar Quipper School untuk Guru, semoga bisa bemanfaat untuk Bapak/Ibu Guru di sekolah dan bisa memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Pembelajaran dengan metode E-learning dapat meningkatkan kualitas mengajar bagi guru, dan pastinya dapat menarik minat belajar siswa dalam belajar, dengan metode pembelajaran E-learning dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga pendidikan di Indonesia bertambah maju dan berkembang. 

    Kriteria untuk Menjadi Guru Profesional


    Guru profesional adalah suatu tolak ukur untuk mengetahui komptensi dan kemampuan seorang guru, menjadi guru yang profesional bukanlah pekara yang gampang yang bisa didapatkan dengan cara instant selain harus menguasai materi peajaran yang akan disampaikan kepada siswa, seorang guru yang profesional juga harus mengerti tentang bagaimana menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik, selain itu juga pengalaman mengajar sangat dibutuhkan jika anda ingin menjadi guru yang profesional, untuk mendapatkan pengalaman mengajar tentunya anda harus melewati sebuah proses, hal ini yang tidak bisa anda dapatkan di bangku pendidikan, karena pengalaman adalah sosok guru yang secara tidak langsung namun memiliki keutamaan tersendiri melibihi sebuah pendidikan formal. 

    Pengertian guru profesional menurut para ahli adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individual atau klasikal, di sekolah atau di luar sekolah.

    Guru adalah semua orang yang mempunyai wewenang serta mempunyai tanggung jawab untuk membimbing serta membina murid. Latar belakang pendidikan bagi guru dari guru lainnya tidak selalu sama dengan pengalaman pendidikan yang dimasuki dalam jangka waktu tertentu. Adanya perbedaan latar belakang pendidikan bisa mempengaruhi aktivitas seorang guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Namun, karena tidak sedikit guru yang diperlukan di madrasah maka latar belakang pendidikan seringkali tidak begitu dipedulikan.

    guru-profesional

    Berikut kriteria yang harus dimiliki oleh seorang guru jika ingin menjadi guru yang profesional :

    1. Selalu Punya Energi Untuk Siswanya

    Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama

    2. Punya Tujuan Jelas Untuk Pelajaran

    Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas


    3. Punya Keterampilan Manajemen Kelas Yang Baik

    Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas


    4. Punya Harapan Yang Tinggi Pada Siswanya

    Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka


    5. Pengetahuan Tentang Kurikulum

    Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu


    6. Pengetahuan Tentang Subyek Yang Di Ajarkan

    Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif


    7. Selalu Memberikan Yang Terbaik Untuk Anak-Anak Dalam Proses Pengajaran

    Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa

    Sekian dulu artikel tentang Kriteria untuk menjadi guru profesional semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat untuk pembaca.

    Sekolah Sebagai Tempat yang Menyenangkan


    Sekolah Sebagai Tempat yang Menyenangkan - Lingkungan sekolah sebagai tempat peserta didik mempersiapkan masa depan diri, keluarga dan bangsa mestinya menjadi pilihan yang membanggakan. Semua komponen fisik sekolah, baik halaman, gedung, ruang kelas, dan sarana/prasarana lainnya dibenahi dan ditata rapi. Perangkat tekhnologi yang tersedia mempermudah semua peserta didik mengakses pengetahuan yang di butuhkan. Penyediaan program ekstrakurikuler yang beragam dan sesuai dengan bakat serta selera peserta didik juga merupakan solusi terhadap persoalan yang menjadikan sekolah sebagai tempat yang mengasyikkan. 


    Jika dalam menekuni kegiatan ekstrakurikuler peserta didik lupa waktu, dalam belajarpun sudah kecanduan; maka sekolah sebagai lingkungan belajar, bermain dan berkompetisi mengembangkan potensi secara optimal sudah terwujud . Para peserta didik akan bergembira berlama-lama di sekolah, enggan untuk pulang, berat hati berpisah dengan rekan-rekan dan para gurunya. Jika pulang ingin rasanya esok hari segera menjelang. Bukan sebaliknya, matahari sudah tinggi mere ka masih terlena mau melanjutkan tidurnya. 

    Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan komitmen mutu dan semangat kebersamaan. Pendidik, tenaga kependidikan, dan stacholder bersatu padu sebagai penata dan pengelola taman yang artistik. Semua pihak bersinergi dalam harmoni yang menyenangkan. Harmonisasi pelayanan fisikal ini mesti menjadi visi lembaga. Harmonisasi pelayanan ini merupakan wujud pelayanan prima yang disajikan dalam menu pavorit pengembangan lingkungan wiyata. Dengan demikian sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan bukanlah suatu yang tidak bisa di realisasikan 

    Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan


    Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan merupakan dambaan bagi seorang guru atau tenaga pendidik, dengan menciptakan suasana  belajar yang menyenangkan maka akan melahirkan semangat belajar dari para siswa dan pastinya akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik, kata menyenangkan biasanya timbul disaat anak-anak (peserta didik) bermain, bermain merupakan kegiatan mengasyikkan dan menyenangkan bagi siswa, jadi guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses belajar lebih menyenangkan seperti bermain sehingga sekolah tidak dianggap sebagai tempat yang membosankan namun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa.

    Seperti yang telah dijelaskan pula dari Quantum Learning sendiri bahwa belajar itu haruslah mengasyikkan dan berlangsung dalam suasana gembira  sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan baik. Rasa senang dalam belajar adalah masalah suasana hati. Ini diperoleh melalui perlakuan guru dan orang tua melalui dorongan dan motivasi mereka. Sebenarnya yang diperlukan oleh siswa dalam belajar adalah rasa percaya diri.

    Jangan lupa baca : Membuat suasana belajar yang menyenangkan

    Oleh karena itu, tugas orang tua dan guru  tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Dari pengalaman hidup, kita menemukan begitu banyak anak yang ragu-ragu atas apa yang mereka pelajari sehingga mereka perlu didorong dan diberi semangat lewat bahasa cinta dan perlakuan adil bagi mereka. Langkah inovatif yang dapat dilakukan adalah bagaimana eksistensi dinding-dinding kelas yang pada dasarnya benda mati tersebut menjadi bermakna dan berbicara terhadap siswa pada khusunya dan bagi seluruh warga sekolah pada umumnya.

    Yang menjadi pertanyaan adalah

    “Bagaimana menciptakan dinding-dinding sekolah dan ruang-ruang kelas yang mati ini menjadi lebih hidup, menjadi bermakna, dan pada akhirnya dapat menggairahkan nafsu belajar siswa”.

    Jawaban dari pertanyaan diatas adalah tidak lain adalah diperlukan suatu langkah kreatif seorang guru. Hal ini tentunya merupakan suatu langkah inovatif yang pada kenyataannya akan berbeda dengan kondisi realita dan mayoritas yang ada dilapangan saat ini. Pada kebanyakan orang dan pada kebanyakan guru bisa saja kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang mengada-ada. Namun justru disinilah letak nilai inovatif itu sendiri muncul, sebab kegiatan yang bersifat inovatifakan dirasakan hal yang asing oleh orang lain, sebab hal semacam itu sebelumnya jarang atau bahkan mungkin belum ada.

    Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar orang dewasa dan anak-anak pada hakikatnya sama, yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun). Seorang guru idealnya kreatif mendesain lingkungan belajar agar tercipta suasana yang menyenangkan atau dalam istilah Gordon Dryden disebut orkestra lingkungan belajar.


    Lalu apa yang perlu disiapkan?

    1. Desain ruang kelas, desainlah ruang kelas dengan hal-hal yang bisa membuat suasana hati ceria, agar siswa merasa lebih senang untuk belajar.
    2. Bila perlu ciptakan suasana kelas yang mirip pesta, ada balon, lampion, dan hiasan-hiasan dinding.
    3. Siapkan musik pengiring ketika presentasi atau ketika siswa mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya yang telah diremcanakan. Akan lebih baik jika memakai musik klasik yang direkomendasikan oleh Dr Lazanov (Mozart, Vivaldi, Bethoven).
    4. Seluruh atmosfer kelas harus benar-benar bersahabat, tidak ada tekanan, apalagi ancaman.
    Stocwell (seorang pelatih pendidikan terkemuka di Eropa) menjelaskana bahwa poster berwarna di dinding yang didesain dengan baik sangatlah penting karena merangsang  periferal otak. Kehadirannya yang konstan diruang kelas menyampaikan isinya di memori otak walaupun tidak didasari oleh anak. Stocwell juga menjelaskan tentang psikologi warna. Merah adalah warna peringatan, biru melambangkan kesejukan, kuning warna kecerdasan, hijau dan coklat mempunyai efek menentramkan, hangat dan ramah. Poster yang baik dapat membuat kesan di memori jangka panjang, menciptakan gambaran memori yang dapat dipanggil kembali jika dibutuhkan, walaupun tidak pernah dipelajari secara sadar.

    Penerapan Joyfull Learning

    Joyfull Learning dapat dilakukan dengan memotivasi tumbuhnya harga diri yang positif kepada anak dan meberikan lingkungan dan kondisi yang tepat untuk semua anak. Dengan kata lain, semua anak merasakan bahwa :
    1.    Kondisi mereka sekecil apapun dihargai
    2.    Mereka merasa aman (fisik dan psikis) dalam lingkungan belajar
    3.    Gagasan mereka dihargai (Stufflebeam, 1965)

    Dengan kata lain anak harus dihargai apa danya. Mereka harus merasa aman, bisa mengekspresikan pendapatnya, dan sukses dalam belajarnya.

    Kerangka inilah yang membantu anak-anak menikmati belajar dan guru bisa memperkuat rasa senang ini melalui penciptaan kelas yang lebih “menyenangkan”.

    Oleh karena itu, guru diharapkan  untuk tidak membatasi argumen siswa, karena dengan mendengarkan argumen siswa, mereka merasa lebih diperharikan dan merasa nyaman berada dikelas. Selain itu penataan kelas juga membuat siswa merasa nyaman dan senang berasa dikelas.
    Dave Meier menyatakan bahwa belajar menyenangkan  (joyfull learning) adalah sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman , nilai yang membahagiakan pada diri siswa, membuat siswa tertarik untuk belajar merupakan sebuah tantangan bagi guru, karena membuat siswa tertarik untuk belajar tidak semudah menjelaskan teori yang ada dibuku.

    Jangan lupa baca : Bagaimana membuat siswa tertarik untuk belajar ?

    Sebelum dikenakan pada tujuan pembelajaran joyfull learning lebih dulu mengetahui tujuan pendidikan  nasional sesuai undang-undang no.02 untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif menegembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

    Siswa akan terdoromg untuk terus belajar jika pembelajaran diselenggarakan secara nyaman dan menyenangkan , sehingga siswa terlibat secara fisik dan psikis. Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan keceerdasan siswa. Guru juga perlu memberikan penghargaan bagi sisiwa yang berpartipasi. Penghargaan dapat bersifat material dan penghargaan, nilai, penghargaan applaus.

    Sedangkan tujuan dari pembelajaran yang menyenangkan sendiri adalah menggugah sepenuhnya kemampuan belajar dari pelajar, membuat belajar menyenangkan dan memuaskan bagi mereka, dan memberikan sumbangan sepenuhnya pada kebahagian, kecerdasan, kompetensi, dan keberhasilan mereka sebagai manusia.

    Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan


    Konsep PAIKEM dalam Pemebelajaran - Apa itu PAIKEM? PAIKEM adalah singkatan dariPembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jadi kelima  konsep ini yang harus ada dalam sebuah metode pembelajaran, agar pembelajaran yang dihasilkan  oleh guru memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat kompeten, jika seorang guru mampu menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran maka dapat dipastikan hasil yang akan didapatkan dari proses pembelajaran akan maksimal dan sesuai dengan yang sudah direncanakan, kelima konsep ini bersinergi menjadi satu kesatuan yang utuh yang saling membutuhkan sehingga menghasilkan sebuah metode pembelajaran yang sangat komplit dan tentunya menghasilkan pembelajaran yang maksimal dan optimal dari segi target dan waktu.




    Berikut penjelasan tentang kelima konsep tersebut :

    1. Pembelajaran Aktif

    Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, kegiatan aktif ini seharusnya tidaklah hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama adalah keterlibatan mental/intelektual, khususnya keterlibatan intelektual-emosional.

    Contoh dari keterlibatan mental adalah mendengarkan ceramah, berdiskusi, melakukan pengamatan, memecahkan masalah, dan sebagainya. Keterlibatan emosional dapat beebentuk penghayatan terhadap perasaan, nilai, sikap, menguatnya motivasi, dan sebagainya dalam pembangunan ranah afektif. Demikian pula halnya keterlibatan fisik dalam berbagai perbuatan langsung dengan balikannya yang spesifik dan segera dalam upaya pembentukkan/pengembangan ranah psikomotorik.

    Terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam upaya mengoptimalkan keaktifan murid dalam belajar, baik dipandang dari pihak pembelajar, maupun dari pihak pengelola proses pembelajaran. Prinsip-prinsip itulah yang harus diperhatikan dalam menerapkan CBSA, yaitu: (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 9-10):
    1.     Penumbuhan motivasi, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik;
    2.     Pemantapan latar dari materi yang akan dipelajari, khususnya pemberian apersepsi/kaitan;
    3.     Megupayakan keterarahan kepada suatu fokus;
    4.     Belajar sambil bekerja, sambil bermain, ataupun kegiatan lainnya;
    5.     Penyesuaian dengan perbedaan individual;
    6.     Peluang untuk bekerjasama dengan berbagai pola interaksi;
    7.     Peluang untuk menemukan sendiri informasi/konsep;
    8.     Penumbuhan kepekaan mencari masalah dan memcahkannya;
    9.     Mengupayakan keterpaduan, baik asimilasi maupun akomodasi kognitif.
    Unutk mewujudkan prinsip-prinsip belajar diatas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, antara lain (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 10):
    1. Mengupayakan variasi kegiatan dan suasana belajar dengan penggunaan berbagai strategi pembelajaran;
    2. Menumbuhkan prakarsa siswa untuk aktif dan kreatif dalm kegiatan pembelajaran;
    3. Mengembangkan berbagai pola interaksi dalam pembelajaran, baik antara guru dan siswa maupun antar siswa;
    4. Menggunakan berbagai sumber belajar, baik yang dirancang/by design (buku pelajaran, media pembelajaran, model kerangka manusia, dll) maupun yang dimanfaatkan/by utilization (tumbuhan, hewan. Lingkungan, pasar, dll);
    5. Pemantauan yang intensif dan diikuti dengan pemberian balikan yang spesifik juga segera.

    2. Pembelajaran Inovatif

    Pembelajaran inovatif dapat dilakukan dengan cara mengadaptasi model-model pembelajaran menyenangkan yang bisa membuat siswa terbebas dari kejenuhan-kejenuhan pemnbelajaran. Guru mencoba untuk menanamkan pemikiran “Learning is fun” kepada para peserta didiknya.

    3. Pembelajaran Kreatif

    Pembelajaran kreatif menekankan pada pengembangan kreatifitas, baik pengembangan kemampuan imajinasi dan daya cipta (mengarang, membuat keerajinan tangan, mempraktekkan kesenian, dll) maupun pengembangan kemampuan berpikir kreatif.
    Kreativitas merupakan tahap paling tinggi dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif pada diri siswa. Guru sebagai fasilitator pun,

    4. Pembelajaran Efektif

    Aspek efektifitas pembelajaran merupakan kriteria penting dalam setiap pembelajaran. Pembelajaran yang efktif adalah pembelajaran yang mendidik, yang secara
    serentak dapat memenuhi dua sisi penting dari tujuan pendidikan di sekolah, yakni:
    1. Memiliki/menguasai ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni (IPTEKS), dan
    2. Membangun diri pribadi sebagai pemanggung eksistensi manusia.
    Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bagsa, betujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif mensiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

    5. Pembelajaran Menyenangkan

    Pembelajaran menyenagkan merupakan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga memberikan suasana penuh keceriaan, menyenagkan, san yang paling utama, tidak membosankan, kepada peserta didik. Pembelajaran yang menyenangkan, harus didukung oleh keamanan lingkungan, relevansi bahan ajar, serta jaminan bahwa secara emosional akan memberikan dampak positif.

    Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan per n selingan yang menyenangkan bagi murid, yang dapat disertai dengan pemberian hadiah bagi murid yang tidak pernah membuat kesalahan.

    Berikut adalah beberapa cotoh pembelajaran menyenangkan (Dadan Djuanda, 2006, dalam Konsorsium……., 2006: 161-171):
    1. Bisik Berantai,
    2. Lihat dan Katakan,
    3. Operasi Hitungan dengan Kartu,
    4. Permainan Monopoli Pembelajaran.

    Menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran tidak semudah menjelaskan sebuah teori, butuh usaha dan kerja keras jika kita ingin menerapkan konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran. Semoga artikel ini bisa memberikan kita pandangan tentang konsep PAIKEM dan mampu menyuguhkan pembelajaran yang berkualitas dan kompeten kepada peserta didik kita dan tentunya dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa-siswi di sekolah dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya.