Jumat, 08 November 2024

Full Gambaran Isi Kurikulum Baru di Indonesia Menurut Prof. Abdul Muti, Bagaimana Isinya? Simak Tuntas di Melintas!

 


Guru bisa bereksplorasi dan berimprovisasi dalam menyampaikan materi, sehingga pengetahuan dan pengalaman siswa berkembang, tambah Muti.

Hal ini yang disebut dengan Deeplearning. Ini bukan kurikulum baru, saya mengenal kurikulum ini waktu saya belajar di Australia tahun 1995, tutur Muti.

Dalam Deeplearning memuat kontekstualisasi pembelajaran yang tersusun dari 3 aspek penting berikut.

Pertama, Mindfull

Pembelajaran ini bertujuan mendorong kesadaran pelaku belajar (siswa) untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Siswa harus memiliki kesadaran untuk belajar dan peka dengan apa yang terjadi. Hal ini mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Hal yang nampak adalah siswa kritis dalam bertanya dan berpartisi aktif dalam pembelajaran.

 

Kedua, Meaningfull

Pembelajaran ini menekankan siswa untuk tahu tujuan dari mempelajari suatu hal di sekolah.

Siswa tahu mengapa dirinya belajar tentang suatu materi dan untuk apa dirinya belajar materi tersebut.

Hal ini membuat siswa paham akan kegunaan dari mempelajari suatu materi dan manfaat apa yang diambil dari materi tersebut.

Tentu materi yang diajarkan oleh guru sangat bermanfaat bagi bekal kehidupan siswa.

Ketiga, Joyfull

Istilah joyfull saat ini dikenal dengan fun learning. Namun, pembelajaran joyfull lebih fokus  pada menemukan sesuatu yang baru.

Jika fun learning dihiasi dengan pembelajaran asyik dan lucu, sementara joyfull learning lebih menitikberatkan siswa tidak tertekan saat belajar.

Saat siswa enjoy mengikuti pembelajaran, siswa akan menemukan hal-hal yang baru dari proses belajarnya.Hal ini mendorong siswa dapat memahami tujuan dan manfaat dari mempelajari sesuatu

 sumber :https://www.melintas.id/pendidikan/345287108/full-gambaran-isi-kurikulum-baru-di-indonesia-menurut-prof-abdul-muti-bagaimana-isinya-simak-tuntas-di-melintas?page=2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar