Jumat, 14 November 2014

Menunggu Gebrakan Pendidikan

KOMPAS.com - Setelah menunggu lama, publik tetap saja tidak menemukan satu pernyataan yang kuat tentang gebrakan yang akan dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk mendongkrak kualitas pendidikan. Padahal, gebrakan banyak menteri lain luar biasa.
Revolusi mental yang digagas Presiden Joko Widodo sesungguhnya adalah sebuah gerakan ke dalam, yaitu perbaikan sikap diri sebagai individu, dan perbaikan evaluasi diri sistem yang sudah rusak karena korup, tidak adil, dan malah bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional. Satu-satunya individu yang sekaligus mewakili sistem pendidikan nasional sekarang adalah Anies. Sungguh mengherankan mengapa Anies malah ragu bertindak?
Jika Anies ragu-ragu, arah pendidikan nasional ke depan akan semakin runyam dan tidak jelas. Padahal, posisi Anies sangatlah strategis dalam mengaktualisasikan revolusi mental yang digagas Presiden Jokowi.
Persoalan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia, apabila kita petakan, sudah jelas merujuk pada lima pokok persoalan yang sering dikaji para praktisi, akademisi, dan pemerhati pendidikan. Lima tema itu adalah ujian nasional, Kurikulum 2013, lunturnya nilai-nilai keragaman dalam pendidikan, kekerasan dalam pendidikan, dan korupsi pendidikan.
Apabila mau melakukan revolusi mental, sebagai awal, Anies bisa memilih salah satu dari lima prioritas persoalan ini.
Ujian nasional
Ujian nasional (UN) jelas sebuah kebijakan yang akan berat disentuh Anies sebab di sana ada Jusuf Kalla sebagai penggagas UN. Namun, persoalan ini sebenarnya jelas ditilik dari sudut pandang moral. Sebuah kebijakan yang telah terbukti tidak meningkatkan kualitas pendidikan nasional tidak pantas untuk dilanjutkan.
Masalahnya adalah kita sering mencampurkan pilihan politis dengan pilihan moral. Jika Anies memilih pilihan politis, artinya dia akan tunduk kepada Jusuf Kalla sebagai penggagas UN. Ini berarti membiarkan bangsa ini semakin terpuruk kualitas pendidikannya, bahkan di tingkat internasional. Jika berani mengambil pilihan moral, ia akan segera menghentikan ujian nasional sebagai syarat kelulusan, melakukan moratorium UN (bukankah sebelum menjadi menteri, Anies juga menyuarakan moratorium UN?) dan untuk sementara, menyerahkan penilaian kelulusan kepada guru dan sekolah.
Untuk proses seleksi ke perguruan tinggi, Anies perlu kerja sama dengan perguruan tinggi agar dihasilkan sistem seleksi yang sifatnya meritokratis, adil, independen, dan terbuka bagi semua. Sistem seleksi jalur undangan yang sering jadi sumber manipulasi nilai perlu dihentikan, digantikan dengan seleksi jalur mandiri yang sungguh independen dan tidak diskriminatif pada penyandang disabilitas.
Kurikulum 2013
Banyak kajian tentang Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa kurikulum ini tidak pantas diteruskan. Bagaimana solusinya? Apakah upaya berbiaya triliunan rupiah tersebut akan dibiarkan sia-sia?
Pilihan politis atas hal ini tidak mudah. Namun, pilihan moral bisa menjadi alternatifnya. Adalah semakin mencederai keadilan dan melanggar prinsip moral apabila kita tahu sebuah program yang jelas-jelas buruk tetap kita biayai dengan biaya negara. Sudah hilang uang banyak, hasil pun tidak ada.
Solusi praktisnya adalah kembali saja dulu ke KTSP 2006, yang sudah ada buku yang tersedia. Untuk itu, Anies hanya perlu membatalkan berbagai macam peraturan yang mengatur Kurikulum 2013 serta mengevaluasinya untuk mencari yang perlu dihilangkan dan yang perlu dilanjutkan. Konsep pedagogis, landasan filosofis, dan sistem penilaian yang tidak relevan bisa dihilangkan, sedangkan kebutuhan pelatihan guru diteruskan.
Lunturnya nilai-nilai keragaman dan kebangsaan semakin nyata kita saksikan bahwa sekolah-sekolah negeri yang mestinya menyemai benih-benih keragaman kini mengutamakan kultur agama mayoritas. Kecenderungan intoleransi antaragama meningkat dan ironisnya ini justru disemai dalam lembaga pendidikan.
Di Jakarta, ada siswa dari kelompok agama tertentu yang tak boleh merayakan hari besar agama di lingkungan sekolah. Yang lebih memprihatinkan adalah mulai masuknya kelompok radikal teroris yang menunggangi paham agama untuk merekrut anak-anak sekolah sebagai pelaku teror, pembuat bom.
Situasi ini semakin menjadi-jadi dengan munculnya politisasi yang menyegregasi beragam kebijakan sekolah. Para guru yang memiliki afiliasi politik tertentu berusaha menanamkan paham-pahamnya dalam praktik pendidikan di sekolah. Jika sekolah sudah disesaki dengan para politisi yang mau menanamkan ideologinya, fungsi pendidikan sebagai proses pembentukan watak hilang karena yang terjadi adalah indoktrinasi dan matinya berpikir kritis.
Matinya kemampuan berpikir kritis akan membuat para siswa mudah dimobilisasi untuk melakukan tindak kekerasan, bahkan atas nama agama.
Lunturnya nilai-nilai keragaman ini hanya bisa dihentikan dengan cara bersinergi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri. Politisasi pendidikan yang melahirkan kebijakan pendidikan yang diskriminatif terjadi karena otonomi daerah sehingga banyak peraturan daerah pendidikan yang melanggar nilai-nilai Pancasila.
Di antaranya fokus pada pengembangan keagamaan sempit dan mengutamakan ritual dan simbol. Ini yang perlu diselesaikan dengan membangun kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama sehingga tidak ada peraturan dari Kementerian Agama yang bertentangan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apalagi bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.
Lunturnya keragaman ini, apabila tak diselesaikan, akan menjadikan pendidikan sebagai tempat berebut pengaruh dan kuasa dalam memperjuangkan ideologi sektarian politisi dan teroris yang memanfaatkan kelemahan kebijakan pendidikan.
Kekerasan
Kekerasan dalam pendidikan sudah berada pada tingkat darurat. Banyak siswa meninggal karena kegiatan sekolah yang tidak terpantau dengan baik. Perundungan (bullying) dalam lembaga pendidikan dan tawuran pelajar sampai sekarang tidak pernah kita garap serius. Akibatnya, akan selalu muncul korban jiwa sia-sia. Zero tolerance terhadap kekerasan harus menjadi fokus pengembangan kebijakan dalam pendidikan.
Korupsi dalam lembaga pendidikan jelas melukai keadilan publik. Uang anggaran negara yang semestinya dipergunakan sekolah untuk melayani dan menyediakan pendidikan bermutu hilang dicuri para koruptor.
Laporan ICW tentang korupsi pendidikan selama sepuluh tahun, yang jumlah kerugiannya tidak mencapai Rp 1 triliun bukanlah representasi dari gurita korupsi yang menghancurkan pendidikan kita.
Sekadar gambaran, Dinas Pendidikan DKI, setelah dalam delapan bulan mengevaluasi program pendidikan di DKI, akhirnya mengembalikan uang negara Rp 2,4 triliun karena berbagai program pendidikan yang ada dianggap tidak relevan. Bahkan setelah diselidiki, pada beberapa sekolah swasta di Jakarta indikasi korupsi itu sangat jelas terjadi secara terstruktur, sistematis, dan masif. Beberapa sekolah dipaksa mengembalikan uang ke negara yang besarnya ratusan juta sampai miliaran rupiah.
Dana pendidikan memang paling menarik bagi para koruptor untuk mencurinya karena di sana tersedia banyak sekali ruang bebas untuk menjarah anggaran negara. Tentu, hal seperti ini tak dilakukan sendirian, tetapi ada semacam sistem yang terstruktur dan sistematis, mulai dari proses seleksi kepala sekolah, pengawas, dan kepala dinas. Revolusi mental harus menghancurkan sistem pendidikan yang korup seperti ini.
Jelas bahwa tantangan pendidikan tidak mudah. Namun, ini semua tergantung dari Anies dalam menempatkan dirinya sendiri. Apakah ia akan lebih memilih sebagai politisi atau individu yang memiliki pilihan moral sekaligus menjadi representasi kekuatan perubahan dalam pendidikan.
Jika ia lebih memilih dirinya sebagai politisi, gebrakan pendidikan tidak akan terlahir dalam pemerintah Jokowi ini, dan ini berarti Jokowi telah salah memilih Mendikbud.
Namun, apabila pertimbangan Presiden Jokowi memilih Anies adalah karena Anies memiliki kredibilitas moral, dan dengan demikian, pilihan-pilihan morallah yang diharapkan keluar dari sosok Anies sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, mestinya Anies tidak perlu ragu mengambil keputusan dan segera melakukan gebrakan pendidikan.
Doni Koesoema
Pemerhati Pendidikan

Anies Baswedan: Yang Harus Direvolusi Mental Pendidiknya, Bukan Anak-anak

JAKARTA, KOMPAS.com —Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan mengaku akan menurunkan konsep revolusi mental dalam dunia pendidikan di Indonesia. Namun, revolusi mental itu bukan difokuskan kepada anak-anak, melainkan para pendidik.
"Yang harus direvolusi mental adalah pendidiknya. Bukan anak yang menjadi fokus, melainkan gurunya. Saya melihat dalam konteks pendidikan, jangan lihat anak-anak kita sebagai botol yang harus diisi sehingga harus diisi materi sebanyak-banyaknya," kata Anies dalam wawancara dengan Kompas dan Kompas.com di Jakarta, Selasa (11/11/2014).
Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga menilai, proses belajar anak-anak tidak bisa disamakan dengan berlari sprint. Dia menganalogikan proses belajar mereka seperti berlari maraton yang stabil dan berkelanjutan.
"Jangan sampai anak jadi lelah dalam proses belajar dan merasa bersekolah itu sebagai sesuatu yang membebani, belajar untuk sesuatu yang tak menyenangkan. Belajar harus menyenangkan dan membahagiakan," kata penggagas gerakan Indonesia Mengajar itu.
Selain guru, Anies juga menilai perlunya jajaran birokrat di kementeriannya untuk mendapat pencerahan revolusi mental. Struktur birokrasi yang gemuk, kerja yang tidak efektif, serta program tanpa berorientasi hasil akan menjadi materi evaluasi yang akan dilakukan Anies di internal kementeriannya.
"Saya perhatikan, mereka melaporkan apa yang sudah dikerjakan. Hasilnya apa? Biasanya karena penyerapan, maka laporannya pun sebatas apa yang sudah dikerjakan. Saya berharap setelah ini orang akan berpikir dua kali atas apa yang dikerjakannya di kementerian," kata Anies.
Pembenahan cara pandang di kementerian, menurut Anies, adalah salah satu pekerjaan rumah yang cukup berat. Menurut dia, semua aparat di kementerian harus sadar akan tugasnya untuk membentuk masa depan bangsa Indonesia.

Senin, 27 Oktober 2014

Belajar MTK, Bhs. Inggris dan IPA secara Online melalui Quipper School

Layanan pendidikan jarak jauh kini semakin banyak ditemukan di dunia maya/internet, salah satunya adalah melalui Quipper School. Layanan online ini menyangkut pelajaran yang ada baik di tingkat SMP maupun SMA. Untuk tingkatan SMP baru ada pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris untuk kelas VII dan VII, sedangkan untuk SMA ada pelajaran IPA, IPS, bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Indonesia untuk kelas X dan XII. Pembelajaran online ini sangat membantu para siswa dalam mengadapi Ujian Nasional. Jadi diharapkan para siswa bisa berpartisipasi aktif untuk menjadi anggota quipper school ini.
Bagi siswa yang berminat bisa berkunjung ke : https://www.quipperschool.com

Ujian Nasional Online Siswa SMP

Ujian Nasional bagi siswa khususnya SMP akan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi, maka pihak Pemerintah akan melaksanakan Ujian Nasional secara online.
Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut pihak Puspendik.org melaksanakan uji coba dengan program mini tes melalui aplikasi Ujian Nasional Online. Untuk mencobanya Anda perlu daftar dulu dengan mengisi user name, password dan email.

untuk mencobanya silahkan klik di link berikut : http://minites.puspendik.org/

Rabu, 22 Oktober 2014

Video dan Slide - Contoh Media Untuk Proses Mengamati Pada Pembelajaran Prakarya




Keberadaan media sangat dibutuhkan dalam proses pembejaran kurikulum 2013. Rangkaian kegiatan harus meliputi kegiatan 5M, yaitu : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi/Data, Menganalisis dan Mengkomunikasikan. Semuanya harus diawali dengan kegiatan yang berupa mengamati.

Proses mengamati bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Bisa dengan membaca pada buku, majalah dan literatur lainnya, bisa melihat langsung kegiatan di lokasi praktek, bisa menyaksikan paparan di televisi, radio dan sejenisnya, dan bisa juga menyaksikan tayangan video atau slide dari proyektor. Pengamatan melalui media ini akan sangat membantu dan memudahkan guru memberikan gambaran yang jelas dan mudah ditangkap oleh siswa.

Kali ini sebagai langkah awal, untuk membantu para guru yang baru saja akan memulai mengajarkan mapel prakarya untuk kelas 7 maupun kelas 8, berikut kami tampilkan beberapa media yang bisa di download untuk dipergunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran. Monggo, semoga bisa sedikit memberikan jalan dan bermanfaat.




Download Perangkat Pembelajaran Prakarya - Model RPP Terbaru Mapel Prakarya Lengkap dengan Contoh Penilaian





Menanggapi masukan dan permintaan dari rekan, sahabat dan teman-teman sesama guru prakarya yang mempunyai kesulitan tentang cara pembuatan RPP yang paling update dan terstruktur untuk mata pelajaran baru Prakarya, kali ini kami berusaha uploadkan materi yang dimaksud.

RPP adalah hal yang paling sulit untuk dibuat - terutama bagi guru pada sekolah yang baru saja akan melaksanakan kurtilas (kurikulum 2013) pada tahun 2014 ini. Hal ini karena memang materi yang sama sekali baru, kemudian aturan dan format serta lampirannya baru.
Di pasaran (maksudnya file lama yang telah ada di sekolah) rata-rata masih menggunakan pola / format lama yang belum teratur / sistematis ( masih menggunakan permen 81A Tahun 2013 )

Untuk RPP yang memiliki alur yang sistematis, pakem dan bagus adalah Model RPP Terbaru - Edisi Revisi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan permen No. 58 Tahun 2014. Untuk masing-masing mata pelajaran sudah diterbitkan Model RPP edisi revisi. Demikian juga untuk mapel prakarya sudah ada RPP yang merupakan RPP Model yang dianggap standar dan dinilai bagus sebagai rujukan untuk pembuatan RPP dalam mapel Prakarya.

Kali ini akan kami uploadkan Model RPP Prakarya Kelas VII - Pengolahan dalam bentuk LINK yang bisa di-download oleh para pemburu RPP Prakarya SMP. Semoga bisa membantu untuk gambaran mengembangkan pada RPP untuk aspek lainnya.
Monggo, berikut ini LINK-nya silahkan klik saja :

Download Prota dan Promes Mapel Prakarya - Untuk Tahun 2014, 2 Aspek dalam 1 Semester



Tahun ajaran 2014-2015 yang menggunakan kurikulum 2013 banyak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2013 sekolah piloting project sukses melaksanakan Kurtilas sebagai kelinci percobaan, sukses sebagai badan uji coba, dimana banyak kendala dan hambatan yang justru menjadi bahan masukan untuk perbaikan pada tahun berikutnya.

Mapel Prakarya khususnya mengalami perubahan pada tatanan pelaksanaan. Materi pembelajaran dan buku pegangan siswa dan guru juga dirubah. Terkait dengan itu penyampaian materi prakarya yang terbagi dalam 4 aspek juga mengalami perubahan pada penempatan dan pembagian waktu pelaksanaannya. Semula 1 aspek di selesaikan dalam 1 semester dan wajib 2 aspek dalam 1 tahun pelajaran, untuk tahun 2014 ini berubah menjadi 2 aspek dalam 1 semester, dan dilanjutkan pada semester 2 pada 2 aspek yang sama. Artinya 1 aspek disampaikan dalam 2 semester atau dengan kata lain 1 semester diberikan materi 1/2 -nya dari seluruh KD pada 1 aspek. Hal terlihat dengan materi pada buku prakarya yang dibuat tiap semester dengan muatan yang berisi 1/2 -nya dibanding tahun 2013 yang lalu.

Terkait dengan itu perlu dibuat Prota dan Promes yang mengacu pada buku pegangan dan silabus. Wajar jika kemudian banyak teman guru (terutama yang baru akan melaksanakan K-13) menjadi bingung dan gagap untuk membuat perangkat pembelajaran - diantaranya Prota dan Promes, seperti yang disampaikan Pak Ngudi dan Pak Satria dalam laman ini.
Oleh karena itu kami berusaha hadir dan memberikan sedikit gambaran, contoh dan mungkin jalan keluar untuk membantu meringankan dalam membuat perangkat yang dimaksud. Kali ini kami sampaikan contoh Prota dan Promes contoh buatan kami, semoga bisa membantu - monggo silahkan .....