Jumat, 09 Agustus 2024

Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

 

1. Di bawah ini pengertian Informatika yang paling tepat adalah  ....

A. Informatika merupakan bidang  ilmu <#> yang berkaitan dengan pemanfaatan  komputer <#> dalam kehidupan sehari- hari

B. Informatika merupakan bidang  ilmu <#> mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut

C. Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari seluk beluk komputer <#> baik hardware maupun software

D. semua pernyataan benar

2. Komputasi merupakan ilmu yang berkaitan dengan ....

A. pemodelan  matematika <#>

B. pemanfaatan komputer dalam masalah- masalah sains

C. penghitungan menggunakan komputer

D. pemodelan matematika dan pemanfaatan komputer dalam memecahkan masalah sains

3. Computational thinking merupakan landasan berfikir untuk belajar informatika. Berpikir komputational sebagai suatu kerangka dan proses berpikir mencakup beberapa hal- hal berikut ini, kecuali ....

A. perangkat keras

B. perangkat lunak

C. malfungsi perangkat lunak dan keras

D. menalar mengenai sistem dan persoalan

4. Alasan yang mendukung bahwa informatika telah menjadi salah satu disiplin  ilmu <#> yang tersendiri adalah ....

A. informatika membawa seseorang ke dalam suatu cara berfikir yang unik dan berbeda dari bidang  ilmu <#> lainnya

B. ide - ide dan konsep informatika sudah berusia lebih dari 20 tahun dan terpakai sampai sekarang

C. setiap prinsip inti diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu

D. semua pernyataan benar

5. Manusia saat ini dapat disebut hidup di era digital atau era industry 4.0 karena aktivitas manusia ....

A. bergantung pada mesin

B. sebagian besar memanfaatkan  komputer <#>

C. memanfaatkan mesin berbasis  komputer <#> dan internet

D. bergantung pada dunia maya

6. Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0 atau society 5.0 dalam kehidupannya karena ....

A. hidup berjauhan dengan orang lain secara sosial

B. sebagian besar memanfaatkan komputer dan internet dalam dunia maya

C. hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber dalam kegiatannya secara daring dalam memanfaatan teknologi komputer dan internet

D. sangat bergantung pada dunia siber dalam menjalankan kehidupannya sehari- hari

7. Belajar informatika sangat penting menghadapi situasi di masa mendatang. Hal ini dikarenakan ....

A. peran teknologi yang akan menggantikan peran manusia dalam segala bidang

B. adanya pekerjaan baru berbasis teknologi yang mungkin ada di masa mendatang, namun sekarang belum ada

C. pencipta teknologi yang semakin dibutuhkan di masa mendatang

D. semua jawaban benar

8. Kegunaan pelajaran informatika bagi generasi mendatang adalah ....

A. kemudahan dalam menggunakan  komputer <#>

B. menyelesaikan pekerjaan dengan teknologi

C. mengetahui cara membuat aplikasi teknologi untuk memudahkan aktivitas

D. jawaban A, B dan C benar

9. Dilihat dari ruang lingkupnya, Informatika dan TIK memiliki perbedaan. Pernyataan yang tepat adalah ....

A. Informatika merupakan salah satu bagian dari  ilmu <#> TIK

B. TIK merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika

C. TIK lebih mempelajari ke dalam teknologi terapan kehidupan sehari- hari, sedangkan informatika merujuk pada kekhususan  ilmu <#> teknologi tertentu

D. TIK lebih berhubungan ke dalam terapan ilmu komunikasi dan informasi  manusia dan lingkungannya sementara informatika berhubungan ke dalam pemecahan masalah teknologi sehari- hari

10. Di bawah ini yang merupakan cakupan dari informatika adalah ....

A. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer <#>, Jaringan  Komputer <#> dan Internet, Analisis Data

C. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman <#>

D. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman <#>,  Dampak Sosial informatika, dan Praktika Lintas Bidang

11. Belajar informatika tidak harus memanfatkan  komputer <#>. Hal ini dikarenakan tujuan penting dari belajar informatika adalah ....

A. memahami cara kerja komputer dan sistem digital berbasis komputer

B. menyelesaikan masalah- masalah menggunakan coding- coding tertentu

C. mengetahui sistem yang bekerja dalam sebuah terapan alat

D. melaksanakan kegiatan yang tepat guna berkaitan dengan teknologi

12. Proses memahami cara kerja  komputer <#> dan sistem digital berbasis komputer dapat dilakukan dengan ....

A. permainan

B. simulasi

C. permainan dan simulasi

D. permainan, simulasi, dan kegiatan tanpa komputer

13. Problem solving merupakan suatu upaya untuk mengatasi suatu keadaan atau situasi yang harus diselesaikan. Hal ini sangat penting dikarenakan ....

A. masalah yang dihadapi akan selalu sama setiap masa

B. masalah yang dihadapi akan semakin rumit seiring berjalannya waktu

C. masalah yang dihadapi sebanding dengan kemampuan teknologi yang dimiliki

D. masalah yang dihadapi harus segera diselesaikan dengan terbatasnya waktu

14. Dalam era Industri 4.0, hampir semua bidang kehidupan manusia didukung dengan sistem berbasis  komputer <#>. Ciri khas informatika dalam membantu mempelajari  ilmu <#> lain yang dibutuhkan adalah ....

A. kreatif

B. karakter mandiri

C. berpikir sistematis dan terstruktur

D. berdaya luas

15. Games merupakan salah satu hal yang menarik dalam dunia  computer <#>. Dalam Informatika, game sederhana dapat dibuat menggunakan Bahasa pemrograman <#> visual. Bermain games memiliki sisi positif dan negatif. Salah satu sisi positif adalah ....

A. belajar bahasa asing melalui games

B. melatih keterampilan dalam strategi

C. belajar berkompetisi secara sehat

D. semua jawaban benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar