Minggu, 31 Januari 2016

TUKIN UNTUK GURU BERADA PADA GRADE 6 - 9 ( JABATAN FUNGSIONAL )


Remunerasi PNS memang akan banyak memberikan kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil di Indonesia. Apalagi dengan adanya informasi mengenai telah ditandatanganinya Perpres Tunjangan Kinerja (Remunerasi) PNS 2015 oleh Presiden Jokowi. 

Dengan terbitnya perpres ini terhadap 27 Kementrian dan lembaga negara akan mendapatkan tunjangan prestasi kerja selain dari gaji pokok sebagai PNS.

Salah satu tunjangan yang didapatkan PNS adalah tunjangan berbasis kinerja. Tunjangan kinerja, saat ini sudah diberikan terhadap beberapa kementerian/lembaga yang telah melaksanakan reformasi birokrasi dan mendapatkan remunerasi di tahun 2014-2015 ini. 

Apalagi ditambah dengan adanya dan juga telah disyahkannya UU ASN, para PNS sepertinya akan semakin banyak mendapatkan tunjangan kerja pula.

Tunjangan ini merupakan imbalan kerja di luar gaji yang dapat diwujudkan berupa honorarium, tunjangan tetap, insentif, bonus atas prestasi, pesangon, atau pensiun. Sedangkan PNS di daerah berlaku ketentuan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang tertuang dalam SK Gubernur. 

Berikut informasi terbaru dan terupdate tentang kenaikan gaji PNS dan Juga Gaji Ke 13 para pegawai negeri sipil di tahun 2015-2016 ini. ( Baca Di : Gaji Ke 13 Dan Gaji ke 14 PNS 2016 )

Kementrian Yang Mendapatkan Remunerasi PNS

Pemerintah telah mengeluarkan dan juga mengalokasikan dana sebesar Rp 2,55 Triliun untuk dana pada Remunerasi PNS 2013-2014 ini.

Berikut beberapa daftar kementrian lembaga K/L yang mendapatkan remunerasi tahun 2015-2016 ini yaitu :
1. Kemendagri.
2. Kementerian ESDM.
3. Kementerian Kehutanan.
4. Kementerian Kelautan dan Perikanan.
5. Kementerian Kesehatan.
6. Kementerian Komunikasi dan Informasi.
7. Kementerian Lingkungan Hidup.
8. Kementerian Luar Negeri.
9. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
10.Kementerian Pekerjaan Umum.
11.Kementerian PDT.
12.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
13.Kementerian Perdagangan.
14.Kementerian Perhubungan.
15.Kementerian Sosial.
16.Kemenakertrans.
17.Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.
18.Badan Intelijen Negara.
19.Badan Koordinasi Keamanan Laut.
20.Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika.
21.BNP2TKI.
22.Badan Pengawas Tenaga Nuklir.
23.Badan SAR Nasional.
24.Badan Standarisasi Nasional.
25.Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
26.Setjen Dewan Ketahanan Nasional.
27.Setjen Ombudsman.


Dikutip detikFinance dari beberapa data di Kementerian PAN dan RB berikut besaran tunjangan kinerja bagi PNS berdasarkan grade dan jabatannya.
Eselon I : Grade 15-17 : Rp 19.360.000
Eselon II : Grade 13-14 : Rp 7.529.000
Eselon III : Grade 10-12 : Rp 4.819.000
Eselon IV : Grade 5-9 : Rp 2.915.000
Jabatan Fungsional : Grade 6-9 : Rp 2.585.000
Jabatan Fungsional Umum : Grade 1-5 : Rp 1.730.000

Tunjangan Kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016



Sabtu, 30 Januari 2016

SURAT EDARAN KEMDIKBUD TENTANG PAKAIAN KERJA PEGAWAI TERTANGGAL 26 JANUARI 2016

Surat Edaran Kemdikbud tentang Pakaian Kerja Pegawai Tertanggal 26 Januari 2016.  Kemdikbud telah mengeluarkan surat edaran Nomor 1051/A.A6/SE/2016 mengenai Pakain Kerja Pegawai dilingkungan Kemdikbud.  Surat edaran ini ditujukan kepada Kepala UPT Kemdikbud Seluruh Indonesia.

1. Hari Senin dan Kamis, Pakaian atasan warna putih lengan panjang dan bawahan warna hitam/biru        dongker (warna gelap)
2. Hari Rabu dan Jum’at, Pakaian Batik
3. Hari Selasa Minggu I dan III, Pakaian tradisional Indonesia (Atasan Tertutup/Sopan)
4. Hari Selasa Minggu II dan IV, Bebas rapih (tidak menggunakan bahan jeans, bukan kaos, T-Shirt        dan tidak diperkenankan menggunakan sepatu kets, sandal
5. Upacara Bendera yang menggunakan baju Korpri, bawahan menggunakan celana/rok warna biru         dongker dan diwajibkan memakai peci, lencana Tut Wuri Handayani
6. Setiap pegawai diwajibkan menggunakan tanda pengenal sesuai Permendikbud Nomor 65 tahun         2015 tentang tanda pengenal pegawai di lingkungan Kementereian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setiap pegawai diwajibkan menggunakan tanda pengenal sesuai Permendikbud no 56 tahun 2015 mengenai tanda pengenal pegawai di lingkungan kemdikbud.

Melalui edaran tersebut, diharapkan semua pegawai dilingkungan Kemdikbud baik pusat dan daerah harap melaksanakan aturan ini.

Dalam rangka peningkatan keteraturan, ketertiban dan integritas dan juga kerapian berpakaian pegawai Kemdikbud diperlukan pengaturan mengenai Pakaian Kerja Pegawai.
Dan berhubungan dengan hal tersebut, maka pakaian seragam kerja dilingkungan Kemdikbud diatur sebagai berikut ini:



(Sumber : http://infokepegawaian.blogspot.co.id )

Senin, 25 Januari 2016

Animator Indonesia Ini Memiliki Prestasi Yang Tak Kalah Mendunia


Animasi menyajikan berbagai hal yang tidak kita ketahui, berbagai orang yang tidak menyukai animasi bisa berubah seketika ketika melihat bagaimana proses/pembuatan sebuah animasi. salah satunya yaitu animasi film, film animasi memperlihatkan bagaimana sebuah karakter yang didesain oleh seseorang dapat bergerak dengan halus dan terlihat nyata yang hanya diberi beberapa efek dan disertai juga dengan jalan cerita yang menarik, sedih, dan berkesan. Film animasi dijamin akan selalu dikenang oleh penggemarnya hingga beberapa tahun setelahnya.

Beberapa orang berangapan bahwa membuat suatu film animasi merupakan hal yang mudah, namun jika dilihat dengan seksama proses pembuatan animasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengambilan cerita, pembuatan latar, desain tokoh, dan membuat storyborad agar film animasi tersebut terlihat menyatu.

Akan tetapi, apakah anda sudah tahu siapa saja sosok animator yang berada dibalik film animasi tersebut? Jika kamu mengira kepala-kepala brilian tersebut hanya berasal dari Amerika atau Jepang saja, kamu salah besar. Beberapa animator Indonesia ternyata juga turut berjasa dalam pembuatan film animasi terkenal. Siapa sajakah para animator tersebut berikut jawabannya :


Animator Indonesia Ini Memiliki Prestasi Yang Tak Kalah Mendunia

1. Rini Sugianto


Rini Sugianto adalah salah satu sosok animator Indonesia yang sudah berhasil menembus hingga level dunia. Bagaimana tidak, ia terlibat langsung dalam pembuatan beberapa film animasi seperti “The Adventures of Tintin” dan “The Avengers”. Tidak hanya itu saja, ia juga terlibat dalam pembuatan animasi film “The Hobbit: The Desolation of Smaug” dan “Teenage Mutant Ninja Turtle”. Sebagai animator, ia bertugas untuk menghidupkan karakter utama dalam film dengan jenis photorealistic. Tujuannya adalah agar karakter yang diciptakan bisa terlihat nyata. Rini mengatakan bahwa rencananya ia akan mengerjakan beberapa proyek film superhero lagi, namun untuk detailnya ia masih belum bisa menceritakannya.

2. Griselda Sastrawinata




Griselda adalah sosok yang hobi menggambar, dan siapa sangka ternyata hobinya itulah yang kini membuatnya mendunia. Wanita ini pindah ke AS sejak kelas 2 SMA dan menamatkan sekolahnya di sana sebelum kemudian melanjutkan di Art Center College of Design di Pasadena, AS. Saat ini, Griselda bekerja di salah satu studio film animasi besar yakni Dreamwork. Selain itu, ia juga berprofesi sebagai pengajar di almamater kampusnya untuk ilmu komunikasi visual. Selama ia bekerja di Dreamwork, ia ternyata ikut terlibat dalam pembuatan film animasi terkenal Shrek, Kungfu Panda, dan Monster Aliens Inc.

3. Andre Surya


Andre Surya mengenyam pendidikan jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Ia kemudian berhasil bekerja di perusahaan Lucasfilm di Singapore yang juga merupakan perusahaan yang didirikan oleh George Lucas, sutradara film Star Wars. Ia ikut andil dalam pembuatan film Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, Iron Man 2, serta Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Setelah sukses 10 tahun berkecimpung dalam pembuatan animasi skala global, kini ia kembali ke Indonesia untuk mengembangkan perusahaannya sendiri, Enspire Studio.

4. Christiawan Lie



Christiawan Lie lulus dari ITB kemudian berhasil mendapatkan beasiswa full bright di jurusan Sequential Art atau komik di Savannah College of Art and Design. Ia selanjutnya berhasil ikut terlibat dalam pembuatan film animasi Transformers 3, GI Joe, Spiderman 4, Starwars dan Lord of the Rings. Ia juga memiliki kemampuan hebat dalam menggambar. Buktinya, karyanya kemudian dipilih dalam pembuatan GI Joe Sigma 6. Kini ia mendirikan Caravan Studio di Indonesia dengan tujuan untuk mengembangkan dunia animasi di Indonesia.

5. Marsha Chikita


Marsha Chikita adalah putri dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque. Ia memulai karirnya sebagai seorang animator sejak magang di perusahaan Las’ Copaque Production. Karena kerja kerasnya dan kemampuanya, Kiki akhirnya diterima sebagai pegawai tetap di perusahaan tersebut. Ia juga terlibat langsung dalam pembuatan film animasi terkenal asal Malaysia, Upin Ipin. Kini, Marsha Chikita telah kembali di Indonesia untuk mendirikan perusahaan animasi khas Indonesia. Bersama lima orang rekannya, Marsha membuat perusahaan animasi independen bernama Monso House.

6. Michael Reynold Tagore


Jika kamu terkagum-kagum dengan detail mulus di film The Hobbit, The Avenger atau Iron Man 3, maka itu semua berkat tangan dingin Michael Reynold Tagore. Pria asal Surabaya ini menjadi salah satu orang yang dipercaya untuk membuat kostum-kostum Iron Man. Dalam pembuatan film animasi komputer Happy Feet 2, Reynold bekerja membuat tampilan salju dan background datarannya. Sedangkan untuk film The Hobbit, ia bertugas memperhalus gambar komputer agar baik penonton ataupun pembuatnya tidak bisa membedakan mana yang asli manusia dan mana yang manipulasi komputer. Nah, deretan nama-nama tersebut membuktikan bahwa orang Indonesia juga mampu berprestasi dan berkecimpung di dunia internasional. Makanya, kalau kamu ingin seperti mereka, terus berjuang dan berusaha keras, ya!

Mengenal Marsha Chikita Fawzi, Animator Muda di Balik Popularitas 'Upin Ipin'


Jakarta - Siapa yang tidak kenal Upin dan Ipin? Dua bocah kembar yang mencuri perhatian karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan. Siapa yang menyangka, di balik serial animasi yang disukai banyak anak kecil itu ada sentuhan tangan animator muda asal Indonesia. Ya, di antara sekian banyak animator yang terlibat langsung dalam proses pembuatan 'Upin Ipin', salah satunya adalah seorang wanita asal Indonesia, Marsha Chikita Fawzi.

Pada awalnya, wanita yang akrab disapa Chiki ini hanya bekerja paruh waktu di sebuah rumah produksi asal Malaysia demi memenuhi persyaratan nilai akademisnya. Berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan produksi animasi pernah dilakukan secara serabutan dengan tenggat waktu yang lumayan singkat.

"Waktu itu aku tugasnya buat desain interior, latar belakang adegan, dan properti lainnya. Pokoknya semua harus dikerjakan dengan detail," cerita putri pasangan musisi Ikang Fawzi dan Marissa Haque ini saat berbincang dengan Wolipop di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (9/1/2015).

Selama bekerja di rumah produksi tersebut, ia banyak belajar tentang seluk-beluk pembuatan animasi dengan mencoba berbagai macam jenis pekerjaan. Mulai dari memberikan cahaya pada gambar, mengatur komposisi gambar, menggerakkan gambar, hingga mempelajari karakteristik suatu tokoh.

Menurutnya, setiap tokoh mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu, wanita kelahiran 28 Januari 1989 ini selalu menyempatkan diri pergi ke taman bermain untuk mengobservasi tingkah laku anak kecil saat mereka berjalan, berlari, berbicara, tertawa dan berbagai macam ekspresi lainnya. Hal ini dilakukannya sebagai bahan referensi agar bisa menciptakan tokoh yang terkesan lebih hidup.

Tiga tahun lebih bekerja sebagai animator, berbagai pengalaman berkesan pernah dialaminya. "Dari kantor ke rumah jaraknya cukup jauh. Lagipula aku kerjanya sampai malam, jadi kadang nggak sempat pulang. Seringnya tidur di kolong meja kerja, mandinya di musholla. Begitu terus setiap hari, aku pikir I have no life," tambahnya.

Atas dasar inilah wanita yang pernah bercita-cita menjadi pelukis dan pemahat ini memutuskan untuk kembali ke Indonesia di tahun 2012. Dirinya tidak lantas kembali dengan tangan kosong, namun membawa berbagai macam ide segar untuk kemajuan animasi Indonesia dengan membentuk Monso House, perusahaan animasi independen yang dibuat bersama lima orang rekannya.

Perusahaan kecil yang sudah berdiri sejak dua tahun lalu ini cukup aktif dalam berkarya. Salah satu proyek besar yang akan digarap dalam waktu dekat ini adalah film animasi yang berjudul Goceks, mengisahkan anak-anak kecil yang bermain bola di jalanan. Meski baru sampai pada tahap pra produksi, namun segala persiapan sudah mulai dilakukan termasuk bekerjasama dengan penerbit buku ternama.

"Jujur aja menurut aku industri animasi Indonesia ini kurang banget eksistensinya. Jadi aku dan teman-teman yang lain berharap kita bisa membangkitkan kembali dunia animasi Indonesia melalui film yang kita buat dan menyampaikan pesan-pesan moral pada anak kecil," paparnya.

Selain itu, wanita lulusan Multimedia University Malaysia ini juga mempunyai pekerjaan sampingan yang memang sesuai dengan darah seni yang didapat dari sang ayah. Dirinya seringkali diminta untuk membuat mural, lukisan yang digambar di dinding. Pekerjaan ini biasa dilakukannya di akhir pekan agar tidak mengganggu waktu kerjanya.

"Mural ini biasanya aku kerjain sendirian, dari pagi sampai malam. Memang sih capek, tapi aku senang bikinnya. Bisa eksplorasi kreativitas dan ketemu orang-orang baru juga," ringkas wanita yang akan merilis album musik solonya Juli mendatang.

Tukang Ngarit Penemu Teknologi 4G LTE


Setelah era teknologi 3G, kini perkembangan dunia teknologi bergeser ke level yang lebih tinggi yaitu teknologi 4G LTE.  Mari kita mengenal apa itu 4G LTE.

4G adalah istilah bahasa Inggris, Fourth-Generation Technology yang di pakai untuk mengacu pada standar ke empat generasi telepon seluler. Sistem ini memakai jaringan pita ultra yang di pakai pada perlengkapan elektronik seperti ponsel dan laptop (USB modem).

3GPP LTE (Long Term Evolution) adalah standar komunikasi untuk mengakses data nirkabel yang berbasis GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan LTE tidak cocok dengan generasi 2G atau 3G, sehingga perlu di operasikan melalui jaringan spektrum nirkabel yang terpisah.

Untuk pemasaran nya, biasa kita menyebutnya sebagai 4G LTE yang berarti standar komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE atau UMTS/HSPA yang di akses melalui perangkat ponsel atau alat mobile lainnya. Itulah sekilas tentang teknologi 4G LTE.

Tapi tahukah Anda,  penemu teknologi ini ternyata dulunya seorang tukang ngarit atau pencari rumput asli orang Indonesia. Penasaran? Mari mengenal lebih jauh tentang sosok si tukang ngarit penemu teknologi 4G LTE ini.

Mengenal Profesor Khoirul Anwar

Profesor Khoirul Anwar, dia lah sang penemu teknologi 4G LTE berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Usianya baru menginjak 37 tahun, namun gelar profesor sudah mampu di raihnya. Pria kelahiran Kediri anak dari  pasangan almarhum Sudjianto dan Siti Patmi ini termasuk warga berprestasi di Jepang.

Sejak kecil Khoirul memang sudah menyukai dunia sains. Buku tentang tokoh ilmuwan seperti Albert Einstein, Michael Faraday sampai tuntas di baca.

Pada tahun 1990 saat ayahnya meninggal dunia, cita-citanya yang tinggi sempat terhalang oleh masalah ekonomi keluarganya. Berkat tekad yang kuat akhirnya sang profesor muda ini mampu menyelasaikan program studinya.

Lulus dari Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Elektro tahun 2000 melalui predikat cumlaude. Pada tahun 2000 mendapat beasiswa dari Panasonic untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST). Lulus S2 pada tahun 2005 dan menyabet gelar doktor  pada tahun 2008.



Lahirnya Teknologi Komunikasi 4G LTE

Menurut pak profesor ini, sistem yang di rancangnya mampu menghemat energi hingga 5dB atau sekitar 100 kali lebih dari sebelumnya. Dengan mengurangi daya transmisi maka akan meningkatkan kecepatan data yang terkirim.

Awal terciptanya teknologi ini terinspirasi dari film kartun Dragon Ballz yang telah menjadi film kartun favoritnya sejak lama.

“Saat Goku (tokoh Dragon Ball) melesatkan Spirit Ball (jurus terdahsyat Goku), semua energi mahluk hidup terserap, sehingga tercipta power yang luar biasa” cerita Khoirul saat mengenang cerita Dragon Ball yang pernah di tonton nya.

Dari cerita itu, tercipta suatu konsep formula matematika untuk di teliti.

Spirit Ball di ibaratkan sebuah turbo equalizer yang menghimpun energi dari blok transmisi yang ter-delay untuk menghilangkan distorsi data akibat interferensi gelombang.

Metode jurus Dragon Ball ini terbukti ampuh untuk memecahkan masalah telekomunikasi nirkabel yang bisa diterapkan di segala sistem telekomunikasi seperti GSM dan CDMA.

Sistem ini juga sangat cocok di terapkan pada 4G LTE yang membutuhkan kinerja tinggi dengan kompleksitas yang rendah.

Kini hasil penemuan dari bekas tukang pencari rumput ini, berhasil menyabet gelar Best Paper kategori Young Science pada Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) pada tahun 2010 di Taiwan.

Produk 4G tersebut kini telah ia patenkan, dan hasil royalti pertamanya  dia persembahkan untuk ibunya di Kediri.

Prof. Dr. Khoirul Anwar saat ini bekerja sebagai Dosen Peneliti di laboratorium Information Theory and Signal Processing, Japan Advance Institute of Science and Technology di Jepang.

Indonesia kini boleh berbangga. Salah satu penelitinya berhasil menorehkan namanya di kancah teknologi internasional.

Meski memiliki prestasi yang luar biasa di Jepang, Khoirul sangat rindu untuk kembali ke Indonesia suatu saat nanti. Sang profesor ingin membagi ilmunya kepada generasi muda bangsa ini.

Tokoh Penemu Android



Penemu Android adalah Andy Rubin, yang merupakan pendiri Android Inc. Ia dijuluki sebagai “Bapak Android” si Robot Hijau yang fenomenal. Dari minatnya inilah setelah lulus kuliah ia kemudian secara tidak sengaja bertemu dengan Bill Caswell yang merupakan karyawan Apple yang kemudian mengajaknya bergabung, di Apple ia kemudian mengembangkan program WebTV, yang merupakan kolaborasi antara layanan Televisi dengan internet. Setelah itu tak lama kemudian pindah ke Microsoft dikarenakan Microsoft yang telah mengakuisisi Program WebTV.

Pada Tahun 1999, Andy Rubin memutuskan untuk keluar dari Artemis Research ( yang artinya keluar juga dari Microsoft ), lalu Andy Rubin membuka sebuah toko di Palo Alto, California. Andy Rubin menyebut toko miliknya sebagai laboratorium, dan disitu dia memiliki ide untuk membangun perusahaan dengan nama Danger Inc, Andy Rubin mendapatkan kesuksesan dengan perusahaan Danger Inc, dengan sebuah perangkat yang diberi nama Sidekick yang pada mulanya perangkat ini diberi nama Danger HipTop. Namun kesuksesan itu tidak terlalu berlangsung lama dan kemudian pada tahun 2004 Andy Rubin memutuskan untuk meninggalkan Danger Inc, lalu pada tahun 2008 Danger Inc dibeli oleh Microsoft dengan harga yang sangat besar, menurut info Microsoft membeli Danger Inc senilai 500 Juta Dollar.


Awal mula penemuan Android oleh Andy Rubin

Ketika tahun 2002 pada saat Andy Rubin memberikan kuliah, Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google juga hadir dalam kuliah itu dan setelah kuliah yang diberikan Andy Rubin selesai, Larry Page menemui Andy Rubin untuk melihat lebih dekat perangkat sidekick tersebut. Akhirnya Andy Rubin mendapatkan ide sederhanya dan ia mendirikan Android Inc yang berfokus untik menyediakan platform mobile yang handal dan open source sehingga bisa mendorong invoasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan. dan pada Juli 2005, Perusahaan Andorid Inc pun di beli oleh Raksasa Google dan Andy Rubin pun ikut bergabung ke Google.

Bersama Google, Android diberikan kekuatan yang ekstra dan hingga saat ini sistem operasi Android memiliki berbagai inovasi yang membuat Android menjadi sistem operasi yang berjaya mengalahkan Apple yang memiliki sistem operasi iOS. dan merupakan OS yang paling mendominasi dan paling banyak digunakan diberbagai perangkat smartphone di dunia. Android berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. 

Tokoh Penemu Facebook


Penemu Facebook adalah Mark Zuckerberg yang merupakan seorang mahasiswa dari Universitas Harvard. Jumlah pengguna Facebook adalah yang terbesar di dunia. Pada akhir tahun 2013 tercatat sebesar 1.19 Milyar pengguna aktif.

Saat jadi mahasiswa di Kampus Harvard, Mark Zukerberg sempat membangun website facemash.com di tanggal 28 Oktober 2003. Dengan cara ilegal ia mengambil photo rekan sekelas di Harvard serta menghadirkannya di website kepunyaannya berdampingan dengan photo binatang. Mark Zukerberg sempat juga lakukan peretasan jaringan computer Harvard dengan mengambil data pribadi penghuni asrama di Harvard setelah itu di publish ke situsnya. Lantaran hal semacam ini kemudian website facemash mendadak populer. Kemudian, Zuckerberg dihukum lantaran sudah menembus keamanan jaringan milik Harvard, tidak mematuhi hak cipta, serta tidak mematuhi privacy individu, serta terancam di drop-out. Tetapi, pada akhirnya hukuman itu dibatalkan oleh pihak universitas.



Dengan timbulnya masalah ini Mark Zuckerberg kemudian menerima tawaran 3 orang mahasiswa di Harvard University yakni Cameron Winklevoss, Divya Narendra serta Tyler Winklevoss. Mereka kemudian membuat proyek yang mereka idamkan yaitu website sosial spesial untuk mahasiswa Harvard, tetapi dengan cara perlahan-lahan serta tak di ketahui oleh ketiga rekannya nyatanya Mark Zuckerberg tengah meningkatkan website pribadinya. Mark Zuckerberg kerap terkait intensif dengan Aaron J. Greenspan yang pada mulanya membangun website sosial dilingkungan Harvard, namun pada akhirnya oleh pihak universitas tutup situsnya lantaran pelanggaran privacy. Mark Zuckerberg juga berupaya meminta Aaron J. Greenspan untuk mendampinginya dalam merampungkan proyek pribadinya yang dirahasiakan tetapi Aaron J. Greenspan menampik untuk menolong Mark, lantaran menurut Aaron, Mark Zuckerberg dikira tak profesional serta tak meyakinkannya dalam seluruhnya bagian. 

Pada awal 2004, Mark Zuckerberg mulai membangun website yang betul-betul menjadi cikal bakal Facebook yang kita kenal saat ini, ia di inspirasi oleh suatu artikel di The Harvard Crimson. Mark mulai bekerja pada proyek barunya sesudah ia kembali ke kampus pada Januari, Lalu Mark Zuckerberg kemudian meluncurkan " The Facebook " website beta thefacebook. com pada 4 Februari 2004. The Facebook sebenarnya di luncurkan sebagai buku tahunan on-line untuk beberapa staf serta mahasiswa dari Harvard. Sebenarnya dia membangun website itu dikamarnya untuk suatu pekerjaan kuliah. Proyek situsnya di bangun di suatu asrama di Harvard. Dalam meningkatkan website ini Mark Zuckerberg, dibantu oleh rekan sekamarnya serta sesama kuliah di Kampus Harvard, rekannya yaitu Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Chris Hughes serta Andrew McCollum. Dalam sehari, kian lebih dua belas ribu mahasiswa sudah mendaftar ke website Mark, pada akhir bulan pertama kian lebih 1/2 dari seluruhnya mahasiswa yang belajar di Harvard sudah mempunyai halaman sendiri di situsnya. 

Enam hari sesudah website The Facebook di luncurkan, Trio Harvard Connection, yaitu Cameron Winklevoss, Divya Narendra, serta Tyler Winklevoss menuduh Mark Zukerberg berniat lupa dalam menyelesaikain proyek yang dikerjakan oleh Zukerberg yakni membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, disaat Mark Zukerberg memakai inspirasi Trio Harvard Connection untuk membangun website The Facebook. Trio Harvard Connection mengeluh pada Harvard Crimson, serta menulis surat berita yang kemudian mengawali penyelidikan masalah ini. Trio Harvard Connection itu mengajukan tuntutan hukum pada Mark Zuckerberg ke pengadilan. Sepanjang 4 tahun di pengadilan pada akhirnya masalah ini diselesaikan dengan cara tertutup di mana The Facebook bersedia membayar sejumlah uang kepada Trio Harvard Connection dan memberikan sebagian sahamnya pada Trio Harvard Connection. 

Anggota pada website ini awalannya cuma beberapa mahasiswa Harvard College saja, tetapi pada Maret 2004, Facebook lalu memperluas diri ke Universitas-universitas yang lain. Pada Juni 2004, Facebook kemudian memindahkan perusahaannya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini pertama kali mendapatkan investasi pada Juni dari pendiri pendamping PayPal, yakni Peter Thiel. Pada 2005 perusahaan ini menghapus kata "The" yang kemudian menjadi " Facebook " dimana telah membeli domain facebook.com dengan nilai $200.000. Mark Zuckerberg jadi pusat perhatian sesudah Mark menampik tawaran dari Yahoo untuk mengakuisisi Facebook sejumlah $ 1 miliar. Mark Zuckerberg lebih menentukan penawaran dari Microsoft dengan nilai kontrak $ 240 juta dolar. Microsoft berikan 1, 6% saham di Facebook yang pada akhirnya menambah penawarannya menjadi $ 15 milyar.

 Kemudian dari tahun ke tahun facebook terus menerus berkembang dan penggunanya semakin hari semakin banyak yang tersebar di seluruh dunia. Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri atau penemu facebook kemudian menjadi seorang Milyarder muda dari jejaring sosial yang dimilikinya. Pada akhir tahun 2013 facebook memiliki pengguna aktif sebesar 1.19 Milyar dengan rata-rata pengguna akhir perharinya sekitar setengah milyar yang tersebar diseluruh dunia. Dibandig dengan jejaring sosial lain, facebook memiliki banyak keunggulan seperti fitur game, chat, video call, dan masih banyak lagi. Pendapatan facebook yang utama dari sektor periklanan. Mark Zuckerberg berhasil menjadi sosok seorang pemuda yang sukses berkat ketenaran Facebook