Semakin banyak pengetahuan dan
pengalaman siswa tentang topik yang dibacanya, semakin mudah siswa
memahami teks tersebut masih ingat pada bahasan klik baca
praktek membaca pemahaman dengan media big book
yang kita bahas beberapa hari yang lalu, pada bahasan kali ini kita
akan bahas strategi-strategi dalam membaca pemahaman yang baik pada
program literasi sekolah kita coba pada kelas rendah, kelas 1, 2 dan 3
Sekolah Dasar.
|
Gambar yang bisa digunakan dikelas rendah |
Strategi Membaca Pemahaman
1. Mengaktifkan Pengetahuan
Contoh – contoh pertanyaan :
Siapa yang ada di gambar ini, laki-laki atau perempuan?
Siapa kira – kira namanya?
|
kelas rendah |
2.Menghubungkan
Teks dengan dirinya sendiri.
Apakah kamu pernah membantu Ibu di rumah?
(2) Teks dengan dunia anak
Apakah kamu pernah melihat bunga yang berbeda?
(3) Teks dengan Teks lain
Apakah kamu pernah membaca buku tentang menyiram bunga/tanaman?
3. Menduga
Siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya. Siswa berpikir melebihi apa yang tertulis dalam teks.
Mengapa Nina suka membantu Ibu dirumah?
|
contoh gambar yang bisa digunakan dikelas rendah |
4. Memprediksi
Menuntut siswa untuk memprediksi tentang apa yang akan terjadi dan
mengkonfirmasi prediksi tersebut dalam aktifitas membaca yang
dilakukannya?
Apa yang akan terjadi kemudian?
Bagaimana cerita selanjutnya?
5. Mempertanyakan
Siswa mengajukan pertanyaan – pertanyaan di seputar teks itu agar tetap
membaca, menuntun siswa pada bacaan, mengklarifikasi kebingungan dan
membuat pemahaman awal.
Mengapa Nina senang membantu Ibu?
6. Menyimpulkan
Strategi ini dapat melalui kegiatan memparafrasakan ide dalam bentuk pernyataan yang ringkas.
Apa kegemaran Nina?
Kegiatan apa yang dilakukan Nina untuk menolong Ibu?
dll
7. Memvisualisasikan
Penggambaran dapat dilakukan melalui gambar – gambar dengan kata-kata verbal bergantung pada tujuan.
Bisakah kalian gambarkan tentang Nina?
|
Contoh memvisualisasikan |
Segalanya berawal dari kita sebagai guru dalam mengelola cara mengajar
yang baik, agar anak didik kita merasa nyaman dan suasana belajar yang
menyenangkan lahir dengan kondisi tersebut maka proses transfer ilmu
pengetahuan akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.