Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman siswa tentang topik yang dibacanya, semakin mudah siswa memahami teks tersebut masih ingat pada bahasan klik baca praktek membaca pemahaman dengan media big book yang kita bahas beberapa hari yang lalu, pada bahasan kali ini kita akan bahas strategi-strategi dalam membaca pemahaman yang baik pada program literasi sekolah kita coba pada kelas rendah, kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar.
Gambar yang bisa digunakan dikelas rendah |
Strategi Membaca Pemahaman
1. Mengaktifkan Pengetahuan
Contoh – contoh pertanyaan :
Siapa yang ada di gambar ini, laki-laki atau perempuan?
Siapa kira – kira namanya?
kelas rendah |
Teks dengan dirinya sendiri.
Apakah kamu pernah membantu Ibu di rumah?
(2) Teks dengan dunia anak
Apakah kamu pernah melihat bunga yang berbeda?
(3) Teks dengan Teks lain
Apakah kamu pernah membaca buku tentang menyiram bunga/tanaman?
3. Menduga
Siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya. Siswa berpikir melebihi apa yang tertulis dalam teks.
Mengapa Nina suka membantu Ibu dirumah?
contoh gambar yang bisa digunakan dikelas rendah |
Menuntut siswa untuk memprediksi tentang apa yang akan terjadi dan mengkonfirmasi prediksi tersebut dalam aktifitas membaca yang dilakukannya?
Apa yang akan terjadi kemudian?
Bagaimana cerita selanjutnya?
5. Mempertanyakan
Siswa mengajukan pertanyaan – pertanyaan di seputar teks itu agar tetap membaca, menuntun siswa pada bacaan, mengklarifikasi kebingungan dan membuat pemahaman awal.
Mengapa Nina senang membantu Ibu?
6. Menyimpulkan
Strategi ini dapat melalui kegiatan memparafrasakan ide dalam bentuk pernyataan yang ringkas.
Apa kegemaran Nina?
Kegiatan apa yang dilakukan Nina untuk menolong Ibu?
dll
7. Memvisualisasikan
Penggambaran dapat dilakukan melalui gambar – gambar dengan kata-kata verbal bergantung pada tujuan.
Bisakah kalian gambarkan tentang Nina?
Contoh memvisualisasikan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar