Jumat, 09 Agustus 2024

Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Bab 2 Berpikir Komputasional

 

1. Di bawah ini pengertian dari berpikir komputational yang tepat adalah ....

  berpikir seperti komputer

b.      pemberian perintah ke sistem komputer

c.       penggunaan berbagai macam teknik dan pendekatan untuk membantu menyelsaikan suatu masalah

d.      penggunaan sintaks tertentu dalam menyelesaikan masalah

2. Salah satu alasan kita harus berpikir secara komputasional adalah ....

a. untuk membantu kita dalam memprogram

b. membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang rumit dengan mudah

c. membantu kita berpikir layaknya sebuah komputer

d. meringankan beban kerja kita dalam segala hal

3. Berikut ini yang tidak termasuk dalam teknik berpikir komputational adalah ....

a. dekomposisi

b. koding

c. pengenalan pola

d. abstraksi

4. Berikut ini salah satu contoh dari berpikir komputational adalah ....

    a. merencanakan rute jalan saat akan bertemu dengan teman

b. berjalan ke arah yang tidak menentu saat akan bertemu dengan teman

c. meminta bantuan saudara untuk merencanakan bertemu dengan teman

d. menyuruh teman menjemput kita di rumah kita saat akan bertemu

5. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh dari berpikir komputasional adalah ....

a. merencanakan apa yang harus dilakukan dan kemana langkah yang tepat

b. untuk menyelesaikan level permainan video game

c. merencanakan tentang bagaimana mengalahkan musuh dalam sebuah permainan video game

    menyelesaikan permainan video game dengan tidak sengaja

d.mengenali musuh- musuh dalam video game dan aspek kelemahan mereka

6. Dalam berpikir komputasional, kita harus menyelesaikan masalah yang kompleks dengan langkah yang mudah. Masalah kompleks dalam berpikir

a. komputasional diartikan sebagai ....

b. sebuah masalah yang awalnya sulit untuk diselesaikan

c. sebuah masalah yang awalnya sulit untuk dimengerti

d. sebuah masalah yang awalnya tidak mudah untuk diselesaikan atau untuk dimengerti

    sebuah masalah yang dipandang tidak akan dapat diselesaikan dengan mudah

7. Teknik berpikir komputasional dimana teknik pemecahan masalahnya dengan cara memecah masalah- masalah menjadi bagian- bagian yang kecil adalah ....

a. dekomposisi

b. abstraksi

c. algoritma

d. pengenalan pola

8. Salah satu alasan yang mendasari dilakukannya dekomposisi dalam menyelesaikan suatu masalah adalah ....

a. membuat masalah lebih sulit untuk dipecahkan

b. mengatasi masalah dengan cara - cara yang mudah

c. mengubah masalah yang ada

d. mencari pemecahan dengan sumber yang baru

9. Di bawah ini yang termasuk contoh dari dekomposisi dalam sebuah bengkel sepeda adalah ....

a. melihat seorang teknisi memperbaiki sepeda

b. mencari kesamaan pada berbagai sepeda yang berbeda jenisnya

c. mencari tahu sistem kerja dari bagian- bagian sepeda (sparepart) penyusun sepeda

d. mencari tahu nama- nama bagian sepeda

10. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang pemecahan masalah dengan dekomposisi adalah ....

a. dekomposisi tidak terlalu efektif dalam pemecahan masalah yang kompleks

 

 

b. dekomposisi sering kita lakukan dalam keseharian meskipun tanpa disadari

c. dekomposisi kadang dilakukan karena kita tidak membutuhkannya

d. dekomposisi tidak perlu diterapkan dalam menyelesaikan masalah

11. Pernyataan berikut ini yang tidak berkaitan dengan penyelesaian masalah dengan dekomposisi adalah ....

a. dekomposisi merupakan berpikir tentang bagaimana masalah dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil

b. dekomposisi dapat membantu kita dalam memecahkan sebagian masalah

c. dekomposisi akan membantu menyelesaikan masalah kompleks dengan lebih mudah

d. dekomposisi kemungkinan akan menambahkan lebih banyak masalah sehingga menjadi lebih kompleks

12. Contoh cara memecahkan masalah dengan dekomposisi dalam dunia kepolisian adalah ....

a. menebak siapa yang telah memecahkan kejahatan dari melihat pola yang telah terjadi sebelumnya

b. memecahkan masalah kejahatan yang kompleks dengan menganalisis kapan kejahatan itu dilakukan dan apakah ada saksinya

c. melihat berbagai kemungkinan dari macam- macam kejahatan yang berbeda

d. melihat lebih jauh kejahatan yang terjadi dari sudut pandang yang tidak biasa

13. Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalahnya dengan cara memisahkan dan menyaring ide-ide dan detail-detail spesifik yang tidak diperlukan untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang diperlukan adalah ....

a. dekomposisi

b. abstraksi

c. algoritma

d. pengenalan pola

 

14. Dalam sebuah abstraksi, model adalah ....

a. representasi dari sebuah masalah

b. program komputer

c. lembar kerja

d. dokumen

15. Berikut ini yang termasuk dalam karakteristik umum pada Teknik abstraksi adalah ....

a. kapal ini memiliki mesinl

b. beberapa kapal memiliki layar

c. kapal ini berwarna biru

d. kapal ini harganya mahal

16. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh dari bentuk karakteristik umum adalah ....

a. kucing berlari dengan cepat

b. kucing memiliki mata yang indah

c. kucing ini berjenis Anggora

d. kucing memiliki telinga yang tajam

17. Saat kita menggambarkan seekor anjing, karakteristik yang dapat kita abaikan adalah ....

a. anjing berlari dengan cepat

b. anjing memiliki kuku

c. anjing memiliki hidung

d. anjing memiliki telinga

18. Saat kita menggambarkan sebuah mobil, maka karakter yang dibutuhkan adalah ....

a. pemilik mobil

b. penjual mobil

c. apakah mobil memiliki rodat

d. besar pajak tahunan mobil yang dibayar

19. Rumah memiliki dinding, pintu dan orang-orang tinggal di dalamnya. Ciri- ciri rumah yang perlu kita gambarkan sesuai data di atas adalah ....

a. satu

b. dua

c. tiga

d. empat

20. Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalahnya dengan cara mengurutkan instruksi logis adalah ....

a. dekomposisi

b. abstraksi

c. algoritma

d. pengenalan

21. Pemecahan masalah dengan algoritma digunakan untuk ....

a. merencanakan solusi dalam memecahkan masalah

b. sebagai sebuah platform dari solusi program

c. untuk menguji sebuah solusi dari masalah

d. untuk memecahkan masalah dengan cara yang berbeda

22. Teknik algoritma direpresentasikan dengan ....

a. diagram alur

b. kode-semu

c. diagram alur dan kode-semu

d. simbol

23. Diagram alur dalam algoritma dinyatakan sebagai ....

a. sebuah diagram yang mewakili satu set instruksi

b. bahasa tingkat tinggi yang memiliki sintaksis tertentu

c. sebuah cara untuk menjelaskan satu set instruksi yang tidak menggunakan sintaks tertentu

d.  sebuah diagram yang memudahkan dalam memahami instruksi yang rumit

24. Simbol yang benar dalam instruksi proses pada diagram alur adalah ....

a. persegi panjang

b. jajaran genjang

c. persegi

d. segitiga

25. Simbol yang tepat digunakan untuk input dalam diagram alur adalah ....

a. jajaran genjang

b. segitiga

c. persegi panjang

d. persegi

26. Simbol yang benar untuk output dalam diagram alur adalah ....

a. jajaran genjang

b. segitiga

c. persegi panjang

d. persegi

27. Penghubung yang merupakan link setiap instruksi dalam diagram alur adalah ....

a. sebuah garis

b. garis ganda

c. sebuah panah

d. garis lengkung

 

28. Simbol yang tepat untuk sebuah keputusan dalam diagram alur adalah ....

a. persegi

b. belah ketupat

c. persegi panjang

d. segitiga

29. Dalam algoritma kita mengenal tentang kode semu (pseucode). Kode semu diartikan sebagai ....

a. bahasa tingkat tinggi yang memiliki sintaksis tertentu

b. sebuah cara untuk menjelaskan satu set instruksi yang tidak menggunakan sintaks tertentu

c. sebuah diagram yang mewakili satu set instruksi

d. sebuah diagram yang memudahkan dalam memahami instruksi yang rumit

30. Teknik berpikir komputasional dimana pemecahan masalah yang kompleks dengan cara menemukan persamaan dan pola secara efisien adalah ....

a. dekomposisi

b. abstraksi

c. algoritma

d. pengenalan pola

31. Salah satu alasan yang mendasari pemecahan masalah dengan pengenalan pola adalah ....

a. pengenalan pola membuat permasalahan yang kompleks menjadi mudah untuk diselesaikan

b. pengenalan pola membuat masalah menjadi semakin rumit

c. pengenalan pola merupakan salah satu teknik yang paling efektif dari pemecahan masalah

d. pernyataan A, B dan C salah

32. Contoh berikut ini yang memuat tentang suatu pola adalah ....

a. semua mobil memiliki roda

b. mobil saya berwarna merah

c. smartphone teman saya memiliki fitur fastest charging

d. rumah kakak saya memiliki taman

33. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam suatu pola adalah ....

a. sebagian besar mobil memiliki fitur ABS

b. beberapa jam tangan bertipe digital

c. jam ini memiliki penanda waktu sholat

d. beberapa jam tangan analog memiliki fitur tanggal

34. Kemungkinan yang terjadi jika kita tidak mencari pola dalam menyelesaikan masalah adalah ....

a. adanya penyelesaian masalah yang tidak efisien

b. kita tidak akan menyelesaikan masalah dengan benar

c. kita mungkin membuat solusi yang salah atau tidak efisien

d. kita akan membuat jalur penyelesaian yang baru

35. Dalam berpikir komputasional, komputer paling mungkin digunakan ....

a. selama dekomposisi

b. pada saat mengakhiri kegiatan memprogram komputer

c. saat menulis algoritma

d. saat melakukan abstraksi

Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

 

1. Di bawah ini pengertian Informatika yang paling tepat adalah  ....

A. Informatika merupakan bidang  ilmu <#> yang berkaitan dengan pemanfaatan  komputer <#> dalam kehidupan sehari- hari

B. Informatika merupakan bidang  ilmu <#> mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut

C. Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari seluk beluk komputer <#> baik hardware maupun software

D. semua pernyataan benar

2. Komputasi merupakan ilmu yang berkaitan dengan ....

A. pemodelan  matematika <#>

B. pemanfaatan komputer dalam masalah- masalah sains

C. penghitungan menggunakan komputer

D. pemodelan matematika dan pemanfaatan komputer dalam memecahkan masalah sains

3. Computational thinking merupakan landasan berfikir untuk belajar informatika. Berpikir komputational sebagai suatu kerangka dan proses berpikir mencakup beberapa hal- hal berikut ini, kecuali ....

A. perangkat keras

B. perangkat lunak

C. malfungsi perangkat lunak dan keras

D. menalar mengenai sistem dan persoalan

4. Alasan yang mendukung bahwa informatika telah menjadi salah satu disiplin  ilmu <#> yang tersendiri adalah ....

A. informatika membawa seseorang ke dalam suatu cara berfikir yang unik dan berbeda dari bidang  ilmu <#> lainnya

B. ide - ide dan konsep informatika sudah berusia lebih dari 20 tahun dan terpakai sampai sekarang

C. setiap prinsip inti diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu

D. semua pernyataan benar

5. Manusia saat ini dapat disebut hidup di era digital atau era industry 4.0 karena aktivitas manusia ....

A. bergantung pada mesin

B. sebagian besar memanfaatkan  komputer <#>

C. memanfaatkan mesin berbasis  komputer <#> dan internet

D. bergantung pada dunia maya

6. Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0 atau society 5.0 dalam kehidupannya karena ....

A. hidup berjauhan dengan orang lain secara sosial

B. sebagian besar memanfaatkan komputer dan internet dalam dunia maya

C. hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber dalam kegiatannya secara daring dalam memanfaatan teknologi komputer dan internet

D. sangat bergantung pada dunia siber dalam menjalankan kehidupannya sehari- hari

7. Belajar informatika sangat penting menghadapi situasi di masa mendatang. Hal ini dikarenakan ....

A. peran teknologi yang akan menggantikan peran manusia dalam segala bidang

B. adanya pekerjaan baru berbasis teknologi yang mungkin ada di masa mendatang, namun sekarang belum ada

C. pencipta teknologi yang semakin dibutuhkan di masa mendatang

D. semua jawaban benar

8. Kegunaan pelajaran informatika bagi generasi mendatang adalah ....

A. kemudahan dalam menggunakan  komputer <#>

B. menyelesaikan pekerjaan dengan teknologi

C. mengetahui cara membuat aplikasi teknologi untuk memudahkan aktivitas

D. jawaban A, B dan C benar

9. Dilihat dari ruang lingkupnya, Informatika dan TIK memiliki perbedaan. Pernyataan yang tepat adalah ....

A. Informatika merupakan salah satu bagian dari  ilmu <#> TIK

B. TIK merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika

C. TIK lebih mempelajari ke dalam teknologi terapan kehidupan sehari- hari, sedangkan informatika merujuk pada kekhususan  ilmu <#> teknologi tertentu

D. TIK lebih berhubungan ke dalam terapan ilmu komunikasi dan informasi  manusia dan lingkungannya sementara informatika berhubungan ke dalam pemecahan masalah teknologi sehari- hari

10. Di bawah ini yang merupakan cakupan dari informatika adalah ....

A. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer <#>, Jaringan  Komputer <#> dan Internet, Analisis Data

C. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman <#>

D. Berpikir komputational, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman <#>,  Dampak Sosial informatika, dan Praktika Lintas Bidang

11. Belajar informatika tidak harus memanfatkan  komputer <#>. Hal ini dikarenakan tujuan penting dari belajar informatika adalah ....

A. memahami cara kerja komputer dan sistem digital berbasis komputer

B. menyelesaikan masalah- masalah menggunakan coding- coding tertentu

C. mengetahui sistem yang bekerja dalam sebuah terapan alat

D. melaksanakan kegiatan yang tepat guna berkaitan dengan teknologi

12. Proses memahami cara kerja  komputer <#> dan sistem digital berbasis komputer dapat dilakukan dengan ....

A. permainan

B. simulasi

C. permainan dan simulasi

D. permainan, simulasi, dan kegiatan tanpa komputer

13. Problem solving merupakan suatu upaya untuk mengatasi suatu keadaan atau situasi yang harus diselesaikan. Hal ini sangat penting dikarenakan ....

A. masalah yang dihadapi akan selalu sama setiap masa

B. masalah yang dihadapi akan semakin rumit seiring berjalannya waktu

C. masalah yang dihadapi sebanding dengan kemampuan teknologi yang dimiliki

D. masalah yang dihadapi harus segera diselesaikan dengan terbatasnya waktu

14. Dalam era Industri 4.0, hampir semua bidang kehidupan manusia didukung dengan sistem berbasis  komputer <#>. Ciri khas informatika dalam membantu mempelajari  ilmu <#> lain yang dibutuhkan adalah ....

A. kreatif

B. karakter mandiri

C. berpikir sistematis dan terstruktur

D. berdaya luas

15. Games merupakan salah satu hal yang menarik dalam dunia  computer <#>. Dalam Informatika, game sederhana dapat dibuat menggunakan Bahasa pemrograman <#> visual. Bermain games memiliki sisi positif dan negatif. Salah satu sisi positif adalah ....

A. belajar bahasa asing melalui games

B. melatih keterampilan dalam strategi

C. belajar berkompetisi secara sehat

D. semua jawaban benar

Kamis, 04 Juli 2024

perangkat Ajar dari kurikulum merdeka secara lengkap untuk semua mata pelajaran untuk kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs,

 A. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas VII SMP/MTs

*Download Perangkat Ajar Kelas VII SMP/MTs Semua Pelajaran Th 2023/2024:*

 1. #--- Perangkat Ajar --# : *PAI & BP* <https://
    www.gurumapel.com/2023/04/perangkat-ajar-kelas-7-pai-smp.html>
 2. #--- Perangkat Ajar --# : *Pendidikan Pancasila (PPKn)* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-ppkn-kelas-7-smp.html>
 3. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Indonesia* <https://
    www.gurumapel.com/2017/03/perangkat-ajar-b-indonesia-kelas-7.html>
 4. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Inggris* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-b-inggris-kelas-7-smp.html>
 5. #--- Perangkat Ajar --# : *Matematika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-matematika-kelas-7-smp.html>
 6. #--- Perangkat Ajar* *--# : *I P A* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-ipa-smp-kelas-7.html>
 7. #--- Perangkat Ajar --# : *I P S* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-ips-kelas-7-smp.html>
 8. #--- Perangkat Ajar --# : *Seni Budaya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-seni-budaya-kls-7-smp.html>
 9. #--- Perangkat Ajar --# : *PJOK* <https://www.gurumapel.com/2023/05/
    perangkat-ajar-pjok-kelas-7-smp.html>
10. #--- Perangkat Ajar --# : *Informatika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-informatika-kelas-7.html>
11. #--- Perangkat Ajar --# : *Prakarya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-prakarya-kelas-7-smp.html>



      B. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas VIII SMP/MTs

*Download Perangkat Ajar Kelas VIII SMP/MTs Semua Pelajaran Th 2023/2024:*

 1. #--- Perangkat Ajar --# : *PAI & BP <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-pai-bp-kelas-8-smp-mts.html>*
 2. #--- Perangkat Ajar --# : *Pendidikan Pancasila (PPKn) <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-ppkn-kelas-8-smp-mts.html>*
 3. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Indonesia* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-b-indonesia-kelas-8.html>
 4. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Inggris* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-b-inggris-kelas-8-smp.html>
 5. #--- Perangkat Ajar --# : *Matematika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-matematika-kelas-8-smp.html>
 6. #--- Perangkat Ajar --# : *I P A* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-ipa-kelas-8-smpmts.html>
 7. #--- Perangkat Ajar --# : *I P S* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-ips-kelas-8-smp-mts.html>
 8. #--- Perangkat Ajar --# : *Seni Budaya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-seni-budaya-kelas-8.html>
 9. #--- Perangkat Ajar --# : *PJOK* <https://www.gurumapel.com/2023/07/
    perangkat-ajar-pjok-kelas-8.html>
10. #--- Perangkat Ajar --# : *Informatika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-informatika-kelas-8.html>
11. #--- Perangkat Ajar --# : *Prakarya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-prakarya-kelas-8.html>



      C. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas IX SMP/MTs

*Download Perangkat Ajar Kelas IX SMP/MTs Semua Pelajaran Th 2023/2024:*

 1. #--- Perangkat Ajar --# : *PAI & BP* <https://
    www.gurumapel.com/2023/05/perangkat-ajar-pai-kelas-9-smp-mts.html>
 2. #--- Perangkat Ajar --# : *Pendidikan Pancasila (PPKn)* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-ppkn-kelas-9.html>
 3. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Indonesia* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-bahasa-indonesia-kelas-9.html>
 4. #--- Perangkat Ajar --# : *B. Inggris* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-bahasa-inggris-kelas-9.html>
 5. #--- Perangkat Ajar --# : *Matematika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-matematika-kelas-9.html>
 6. #--- Perangkat Ajar --# : *I P A* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-ipa-kelas-9-smpmts.html>
 7. #--- Perangkat Ajar --# : *I P S* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-ips-kelas-9-smp-mts.html>
 8. #--- Perangkat Ajar --# : *Seni Budaya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-seni-budaya-kelas-9.html>
 9. #--- Perangkat Ajar --# : *PJOK* <https://www.gurumapel.com/2023/07/
    perangkat-ajar-pjok-kelas-9-smpmts.html>
10. #--- Perangkat Ajar --# : *Informatika* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-informatika-kelas-9.html>
11. #--- Perangkat Ajar --# : *Prakarya* <https://
    www.gurumapel.com/2023/07/perangkat-ajar-prakarya-kelas-9.html>

 

sumber: https://www.gurumapel.com/2023/04/perangkat-ajar-smp-kurikulum-merdeka.html

Rabu, 03 Juli 2024

Permendikbukristek No. 12 Tahun 2024 Kurikulum Merdeka Berlaku Secara Nasional

 Permendikbukristek No. 12 Tahun 2024 Kurikulum Pada PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah artinya Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional.

Ada 3 pertimbangan untuk menetapkan Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang kurikulum merdeka berlaku secara nasional:

  • membangun manusia merdeka yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, serta berkarakter Pancasila, pendidikan diarahkan untuk memberdayakan dan membangun kemandirian peserta didik dengan tetap mengakui hak dan kewenangan pendidik;
  • mewujudkan pendidikan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, diperlukan kurikulum yang mampu beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan global, serta keragaman sosial dan budaya;
  • berdasarkan ketentuan Pasal 37 ayat (1) PP No. 57 Tahun 2021 SNP diubah dengan PP No. 4 Tahun 2022  Perubahan atas PP No. 57 Tahun 2021 tentang SNP, menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan berwenang untuk menetapkan kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum pada PAUD, jenjang Dikdas, dan jenjang Dikmen;

Istilah di Permendikbud No. 12 Tahun 2024 Kurikulum Merdeka

Permendikbud No. 12 Tahun 2024 Pemberlakuan Kurikulum Merdeka secara Nasional menjelaskan beberapa istilah, antara lain:

  • Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
    tertentu.
  • Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberi fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.
  • Peserta Didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
  • Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
  • Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  • Intrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar sesuai jadwal dan beban belajar pada struktur Kurikulum.
  • Kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler dalam rangka pengembangan karakter dan kompetensi Peserta Didik.
  • Ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian Peserta Didik secara optimal yang dilakukan dengan bimbingan dan pengawasan Satuan Pendidikan.
  • Capaian Pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai Peserta Didik di akhir setiap fase.
  • Fase adalah tahapan perkembangan belajar Peserta Didik.
  • Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik.

Permen Yang dicabut

Beberapa peraturan terkait kurikulum 2013 dicabut setelah Permendikbud No. 12 2024 tentang Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Nasional adalah

Naskah Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 Kurikulum Merdeka

Jumat, 01 Maret 2024

Bakal Jadi Kurikulum Nasional, Kurikulum Merdeka Wajib Diterapkan pada 2026

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menjadikan Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Nasional lewat Permendikbudristek Kurikulum Merdeka. Setelah Permendikbudristek itu terbit, sekolah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka diberi waktu dua tahun untuk mempelajari dan menerapkannya.

“Regulasi ini akan memberi kepastian bagi semua pihak tentang arah kebijakan Kurikulum Nasional. Setelah Permendikbudristek ini terbit, sekitar 20 persen satuan pendidikan yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka akan memiliki waktu 2 tahun untuk mempelajari dan kemudian menerapkannya,” kata Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo dalam siaran pers, Selasa (27/2/2024).

Pria yang kerap disapa Nino itu menjelaskan, yang paling penting dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah tujuan akhirnya. Di mana, kata dia, pergantian kurikulum hanya cara untuk mencapai tujuan yang semua pihak inginkan bersama, yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran bagi semua murid.

“Kurikulum Merdeka dirancang untuk memberi fleksibilitas bagi pendidik dan satuan pendidikan untuk menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik agar menjadi pemelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila,” jelas Anindito.

Sementara itu, Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek Zulfikri menegaskan, kurikulum tersebut merupakan milik semua pihak. Dia menyampikan, pada hakikatnya pendidikan bersifat inklusif, hadir untuk semua anak. Dunia pendidikan terbuka menerima peserta didik dengan segala kondisi.

“Peran pendidik menjadikan peserta didik yang mempunyai kekurangan untuk mampu mencari dan menemukan kekuatan di balik kekurangannya. Seorang guru sejati, ikhlas menerima peserta didik apa adanya,” jelas Zulfikri.

Dia menerangkan, proses pengembangan yang berkelanjutan dan partisipatif merupakan upaya pemerintah untuk memastikan kebijakan yang diluncurkan tepat guna bagi pendidikan, termasuk kurikulum. Rancangan Permendikbudristek tentang Kurikulum Merdeka disusun guna memastikan kualitas dan menjaga keberlanjutan transformasi pendidikan di Indonesia.

“Serta menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional. Pada substansinya, naskah ini mengatur terkait tujuan dan prinsip, kerangka dasar dan struktur kurikulum, serta hal-hal terkait implementasi Kurikulum Merdeka,” terang dia.

Ketika peraturan itu ditetapkan, satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah dapat melaksanakan Kurikulum 2013 sampai dengan paling lama tahun ajaran 2025/2026. Artinya, pemerintah memberikan waktu bagi satuan pendidikan untuk bertransisi.

Selain itu, satuan pendidikan diberikan keleluasaan menerapkan Kurikulum Merdeka secara bertahap mulai dari kelas 1, 4, 7, dan 10 atau untuk seluruh kelas.

sumber:  https://news.republika.co.id/berita/s9ibm6330/bakal-jadi-kurikulum-nasional-kurikulum-merdeka-wajib-diterapkan-pada-2026-part1