UPDATE 20 September 2016
Jadwal Hari Perdana Guru Pembelajar Moda Daring 2016
1. BoE, 4 September 2016
2. LP3TK-KPTK, 7 September 2016
3. IPA, 8 September 2016
4. TKPLB, 8 September 2016.
5. BBL, 8 September 2016
6. PenjasBK, 10 September 2016
7. Pertanian, 14 September 2016
8. BMTI, 14 September 2016
9. Seni Budaya, 14 September 2016
10. Bispar, 19 September 2016
11. IPS, 26 September 2016
12. Bahasa, 26 September 2016
13. MTK, 3 Oktober 2016
Jumat, 30 September 2016
Rabu, 21 September 2016
UJI PUBLIK KE-2 NASKAH AKADEMIK MAPEL TIK TERBARUKAN
Menindaklanjuti hasil Rekomendasi Tim
TIK tentang Opsi Kebijakan Terhadap Kurikulum TIK Pada Pendidikan Dasar
dan Menengah di Hotel Holiday Inn Express, Kemayoran, Jakarta yang
diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2016 maka Asosiasi Guru
Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) telah selesai melakukan Kajian
Akademis Mata Pelajaran TIK sebagai tahap awal untuk dapat menjadi
landasan sekaligus masukan bagi Balitbang dan Puskurbuk dalam
mengembangkan Mata Pelajaran TIK Terbarukan.
Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar
Nasional Pendidikan telah mentahbiskan bahwa mata pelajaran TIK/KKPI
telah dihapuskan dari struktur kurikulum nasional. Untuk mengantisipasi
gejolak dan meredamkan serta menyalurkan guru TIK/KKPI yang telah ada
maka dikeluarkanlah Permendikbud 68 Tahun 2014 dan Permendikbud 45 Tahun
2015 tentang Peran Guru TIK/KKPI dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Dalam PP 74 tentang Guru hanya mengenal nomengklatur Guru Kelas, Guru
Mata Pelajaran dan Guru Bimbingan Konseling maka permendikbud 68 dan
permendikbud 45 bisa dikatakan hanya sementara karena tidak dikenal
nomenklatur Guru Bimbingan TIK. Permendikbud tersebut tidak bisa
berjalan di hampir semua daerah karena tidak memiliki struktur kurikulum
sebab bukan mata pelajaran dan sifatnya yang optional/pilihan kebijakan
masing-masing sekolah.
Disisi lain, di banyak negara di dunia, computer science telah menjadi trend dan bahkan telah menjadi basic skill atau salah satu kemampuan dasar dalam persaingan di abad 21. Computer science tidak untuk menciptakan ahli-ahli programer akan tetapi untuk melatih peserta didik dalam berfikir komputasi.
Sudah saatnya TIK dimasukkan kembali sebagai mata pelajaran wajib dari
jenjang SD/MI hingga SMA/MA/SMK sebagai salah satu kemampuan dasar bagi
peserta didik untuk Indonesia yang lebih baik. Kemandirian di bidang
ekonomi, teknologi dan informasi serta demi ketahanan dan keamanan
nasional merupakan pertimbangan utamanya.
Salah satu langkah nyata maka dilakukanlah kajian akademis dan
menghasilkan Naskah Akademik Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran TIK
Terbarukan. Hasil kajian ini memberikan gambaran tentang muatan naskah
standar isi dan kurikulum sebagai masukan bagi perumus kebijakan
pendidikan lebih lanjut.
AGTIFINDO menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para
pimpinan di DPP AGTIFINDO serta anggota dan para simpatisan, pakar yang
berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Direktorat di lingkungan
Kemdikbud, guru TIK, praktisi pendidikan, serta Partner kami KOGTIK, GEG
Leader Community serta Intel Educator Visionaries. Berkat bantuan dan
kerja sama yang baik dari semua pihak, naskah akademik ini dapat
diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.
Naskah Akademik Mata Pelajaran TIK yang terlampir berikut ini, sekaligus
sebagai bentuk Uji Publik terhadap Naskah Akademik tersebut. Kami
membuka peluang masukan baik tertulis maupun diskusi lebih dalam
mengenai Naskah Akademik tersebut termasuk Kompetensi Dasar mata
pelajaran TIK Terbarukan.
Demikian Naskah Akademik ini kami sampaikan, atas perhatian dan
kerjasamanya kearah peningkatan mutu pendidikan dan kemandirian serta
ketahanan nasional dibidang ekonomi, teknologi dan informasi kami
ucapkan terima kasih.
http://bit.ly/UJIPUBLIK_KE2_NASKAHTIK
DPP AGTIFINDO
Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring
Sebuah akun latihan guru pembelajar daring yang pernah digunakan oleh
para Instruktur Nasional saat diklat IN beberapa waktu yang lalu. Akun
guru pembelajar ini bisa dipakai oleh rekan rekan guru yang ingin
melihat atau tahu bagaimana sih proses pembelajaran Moda Daring ataupun
kombinasi itu.
Akun ini sebelumnya sudah pernah dibagikan di grup Guru Pembelajar GP
oleh beberapa alumnus IN GP Daring yang sudah selesai melaksanakan
diklat IN.
Oke berikut akun akun GP yang bisa diakses untuk sekedar mengintip atau melihat lihat.
1. username = cpeserta016pertanian password = kelasc
Bapak ibu bisa login, dengan mengubah 016 menjadi 001 sampai 040 dengan password yang sama.
2. username = a.peserta4 password = tkplb (angka bisa diubah 1 s/d 40)
User nomor 2 di atas untuk guru TK pas banget.
3. username = dpeserta10 password = kelasd
Loginnya di alamat konten.elearning.id yaa bukan di sim guru pembelejar atau lms guru pembelajar
Ingat akun ini dibagi buat lihat lihat saja. Jangan di ganggu atau diutak atik.
Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring
|
Oke berikut akun akun GP yang bisa diakses untuk sekedar mengintip atau melihat lihat.
1. username = cpeserta016pertanian password = kelasc
Bapak ibu bisa login, dengan mengubah 016 menjadi 001 sampai 040 dengan password yang sama.
2. username = a.peserta4 password = tkplb (angka bisa diubah 1 s/d 40)
User nomor 2 di atas untuk guru TK pas banget.
3. username = dpeserta10 password = kelasd
Loginnya di alamat konten.elearning.id yaa bukan di sim guru pembelejar atau lms guru pembelajar
Ingat akun ini dibagi buat lihat lihat saja. Jangan di ganggu atau diutak atik.
Download 10 Modul Kepala Sekolah Pembelajar
Kepala Sekolah Pembelajar juga akan menjalani
pelatihan layaknya guru pembelajar yang bisa dilakukan secara tatap
muka, daring, kombinasi dan mandiri.
Modul Kepala Sekolah Pembelajar dikembangkan berdasarkan standar
kompetensi kepala sekolah, yang menggambarkan level kompetensi, sebagai
berikut:
Silakan unduh sesuai link di bawah ini
Modul Kepala Sekolah Pembelajar |
Silakan unduh sesuai link di bawah ini
- Pengelolaan Peserta Didik https://goo.gl/mD1ZZh
- Pengelolaan Administrasi Sekolah https://goo.gl/dJNAIw
- Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan https://goo.gl/qy7ypN
- Rencana Kerja Sekolah https://goo.gl/Fc2gMD
- Pengembangan Sekolah https://goo.gl/5kvryJ
- Pengelolaan Kurikulum https://goo.gl/ASCwnb
- Peningkatan Kualitas Pembelajaran https://goo.gl/9GRdFV
- Pengelolaan Sarana Prasarana https://goo.gl/j1FqdV
- Kewirausahaan https://goo.gl/CNYOTE
- Supervisi Akademik https://goo.gl/fYcRIz
Senin, 19 September 2016
Cara Koreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) Dengan Kamera Smartphone
Video ini menggunakan aplikasi Android
yang bernama ZipGrade. Dengan menggukan aplikasi ini maka Kamera
smartphone Anda bisa mengoreksi Lembar jawban Komputer (LJK) yang sudah
disediakan formatnya. Aplikasi ini sangat membantu rekan guru dalam hal
mengoreksi jawaban siswa. Tentunya mengurangi Human Error (Salah
koreksi). Jadi cukup ZipGrade + Kamera = Hasil Koreksi. Simple dan
mudah.
Guru sering membuat tes kepada siswa
dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui keterberhasilan belajar
siswa. Guru sebagai seorang manusia, sering salah mengoreksi hasil tes
siswa. Sehingga siswa sering protes kepada Guru karena nilainya kurang
atau lebih. Proses koreksi juga memakan waktu yang lama dan butuh
konsentrasi tinggi. Sehingga muncul dalam benak "Ada gak yah, software
yang bisa koreksi hasil tes siswa dengan cepat dan tepat ?"
Beberapa Saya temukan software yang
bagus, namun software tersebut membutuhkan alat Scanner yang harganya
luar biasa mahal. Tanpa sengaja saya menemukan aplikasi ZipGrade ini.
Ternyata hanya menggunakan Kamera Smartphone yang notabenenya guru sudah
punya (alias tidak beli lagi) dapat mengoreksi layaknya scanner yang
mahal tersebut, yang penting kamera Anda bagus.
Anda bisa mendownloadnya di Play Store Android ataupun di Apps Store Iphone.
Anda bisa mendownloadnya di Play Store Android ataupun di Apps Store Iphone.
1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta)
2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta)
3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta)
Ketiga tipe ini dipilih sesuai dengan kondisi yang dipakai disekolah. LJK ini bisa didownload di laman https://www.zipgrade.com/forms/.
Ada disediakan yang bertentuk file PDF. Ada juga yang berbentuk gambar
PNG. Gambar PNG ini bisa Anda Edit. Saya mengedit yang 20 soal agar
dalam 1 lembar kertas muat 4 LJK. Jadi bisa hemat kertas. Yang 50 dan
100 soal sudah pas 1 lembar kertas, tidak bisa di edit lagi. Silahan
Cetak sendiri. Untuk memperbanyak boleh difotokopi. Jadi lebih hemat
jika dibandingkan pakai LJK yang biasanya, karena LJK itu biaya cetaknya
mahal.
Setelah LJK dijawab siswa, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja.
Cukup arahkan kamera smartphone Anda ke lembar jawabannya. Nanti
hasilnya akan di tampilkan di layar Smartphone Anda. Setelah selesai
mengoreksi, hasil koreksi dapat di eksport menjadi PDF atau CSV File.
Jika ingin melihat hasilnya cukup eksport ke PDF saja. Tapi jika ingin
melakukan analisis tes, Anda bisa mengeksportnya ke CSV file, nanti file
tersebut bisa di buka di aplikasi pengolah Angka Komputer seperti
Microsoft Office Excel.
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video berikut ini.
Sumber: http://www.plimbi.com
Jumat, 16 September 2016
IKON-IKON GURU PEMBELAJAR MODA DARING YANG WAJIB DIKETAHUI
Pada
moda dalam jaringan (daring) guru pembelajar ada beberapa ikon yang
penting untuk diketahui oleh para peserta agar mempermudah proses dalam
kegiatan pembelajaran daring. Oleh karena itu pada posting kali ini akan
admin bagikan tampilan, nama, serta penjelasan masing-masing fungsi
ikon yang akan ditemui oleh para peserta guru pembelajar di web lms
learning id. Selai itu admin juga membagikan Tabel Ikon-ikon status dan
media. Selengkapnya Berikut adalah Ikon-Ikon Guru Pembelajar Moda Daring
Yang Perlu Diketahui yang perlu diketahui oleh para peserta guru
pembelajar. Semoga bermanfaat.
- Lesson: Kegiatan Pembelajaran
- Page: Halaman pengantar/ petunjuk sebelum memulai sesi
- book: Membaca bahan bacaan penguatan pemahaman dan Instruksi
- Quiz: mengerjakan soal soal yang telah disediakan
- Web Conference: Melakukan komunikasi langsung baik secara audio maupun secara video (memungkinkan untuk presentasi) secara tatap muka melalui internet
- Chatting: Melakukan komunikasi dua arah
- Forum: melakukan diskusi untuk setiap sesi dan kursus
- Blog: Melakukan refleksi dari sesi yang telah diikuti
- folder: Berisi dokumen yang dapat diunduh
- File: file dokumen yang dapat diunduh
- smiley face: mengisi kuesioner
- feedback: memberikan pertanyaan kepada peserta terkait dengan survey atau berfikir reflektif
- keterlaksanaan otomatis: akan tercentang bila telah melakukan kegiatan didalamnya
- Centang: mengisi kuesioner
- message: mengirim dan menerima pesan antar user GP daring
- portfolio: tempat mengunggah file lk yang sudah dikerjakan
Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari guru-id
MENDIKBUD RESMI UMUMKAN MATA PELAJARAN BARU YANG DITAMBAHKAN DALAM PELAJARAN FORMAL
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya sedang menggodok rencana memasukan Gerakan Pramuka ke dalam jam pelajaran formal. Semula Pramuka hadir sebagai kegiatan tambahan di luar jam sekolah.
"Kami godok mulai dari naskah akademik, kurikulumnya, termasuk bagaimana
nanti percontohan dari Pramuka masuk kokurikuler (jam pelajaran
formal)," kata Muhadjir usai melantik Pengurus Majelis Pembimbing dan
Pimpinan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti di Jakarta, Kamis
(15/9).
Menurut dia, Gerakan Pramuka memiliki kedudukan strategis untuk
memperkuat pendidikan karakter bagi anak bangsa. Pramuka mengajarkan
kecakapan kepanduan dan kecakapan hidup. Kecakapan kepanduan, kata dia,
membuat anak mampu untuk percaya diri, mandiri, fleksibel dan tahan
banting dengan berbagai tantangan.
Sementara kecakapan hidup dari Pramuka dapat menjadi modal ketrampilan
generasi untuk mengembangkan diri di tengah masyarakat. Masuknya
pendidikan berbasis karakter sesuai Pramuka, lanjut dia, melengkapi
materi pendidikan saat ini yang banyak berorientasi pada pengetahuan.
"Satu hal yang terpenting dalam pendidikan adalah menjadikan anak didik
memiliki sikap atau karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa," kata dia.
Di era globalisasi, kata dia, terdapat banyak tantangan bagi bangsa
seperti gempuran budaya Barat dan kemajuan teknologi yang pesat. Dua hal
ini memiliki kelebihan tapi sekaligus ada unsur negatifnya bagi anak.
Untuk menekan dampak negatif tersebut diperlukan bentang pertahanan anak
yaitu karakter baik yang kuat.
Kegiatan dari Gerakan Pramuka tersebut ditanamkan dari pendidikan
tingkat dasar hingga perguruan tinggi. "Kegiatan Pramuka dapat membentuk
kepribadian dan watak berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta Tanah Air
dan memiliki kecakapan hidup, serta memiliki budi pekerti luhur dan
berkepribadian bangsa Indonesia," kata dia.
Dengan masuknya Pramuka ke jam ajar formal, kata dia, maka kegiatan
kepanduan tersebut akan wajib diikuti oleh peserta didik. Sejauh ini,
Gerakan Pramuka sekadar menjadi kegiatan ekstrakurikuler sehingga
peserta didik boleh memilih atau tidak kegiatan kepanduan.
Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari republika
Langganan:
Postingan (Atom)