Rabu, 12 Oktober 2016

TEKNIK MENGAJAR GURU MODEREN YANG PALING DI SUKAI OLEH SISWA MASA KINI

Berikut ini tentang teknik terbaru mengajar yang paling di sukai murid pada masa kini, tehknik guru moderen yang membuat siswa betah belajar dan senang mengikuti pelajaran .
Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas pula mengkomparasikan instrument pengajaran dengan wawasan yang dimilikinya. Bagi mereka yang memang memiliki passion dalam dunia mengajar, tentu akan cerdik untuk selalu mencari teknik terbaik yang bisa di aplikasikan kepada para muridnya yang berbeda di setiap harinya.
Bagi anda para guru dimanapun anda berada, berikut ini merupakan salah satu teknik yang dapat di terapkan kepada para murid dalam teknik pembelajaran di kelas.
Reasoning & Argumentation
Menjabarkan alasan dari suatu materi yang dianggap sulit agar siswa semakin paham. Dengan menerapkan langkah ini, akan membuat murid paham secara menyeluruh dari materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Pentng sekali untuk menggunakan reasoning argumentation dalam menjelaskan materi-materi sulit, karena apabila materi sulit tak di jabarkan secara mendalam dengan berbagai alasan dan argumentasi valid di lapangan, membuat siswa menganggap anda omong besar yang hanya anda ketahui sendiri.
Picture & Group Technology
Di jaman modern yang serba digital saat ini, tentu pembelajaran yang masih menggunakan cara kuno, hanya sekedar khotbah satu arah akan sangat mubadzir tenaga, bagi guru itu sendiri. Mungkin niat kebaikan tanpa tulus ikhlas ingin mencerdaskan anak bangsa melalui khotbah satu arah tersebut tidaklah salah, namun penting untuk memahami karakter anak yang mengikuti perkembangan zaman. Ya Mengajar menggunakan bantuan media gambar atau tulisan merupakan salah satu ikhtiar seorang guru berinovasi dalam pembelajaran. Maka sangat dianjurkan bagi para guru, atau bahkan dosen segaligus melek tekhnologi, atau jika tidak bisa mintalah bantuan pada rekan anda yang sedikit paham pada tekhnologi untuk menyiapkan materi.
Body Language
Dengan memanfaatkan body language yang tepat dan ekspresif sangat bermanfaat dalam memahamkan siswa terhadap materi yang disampaikan. Dengan menggunakan body language yang pas dan tepat bahkan sedikit atraktif, memudahkan siswa dalam mengembangkan imajinasinya terhadap apa yang dijelasakan oleh guru di depan. Selain itu dengan memanfaatkan body language, berfungsi dalam menarik perhatian para siswa/ siswi. Menggunakan gerakan-gerakan tubuh supaya penyampaian lebih jelas, menarik perhatian siswa serta mudah untuk diingat.
Teaching Motivating
Model ini merupakan model yang dikembangkan oleh jhon M. Keller, dari Florida State University pada tahun 1983-1987. Model ini pun memiliki empat strategi pokok di dalamnya untuk memotivasi pembelajaran yaitu; Attention yang berkaitan dengan pemeliharaan terhadap minat, keingintahuan, dan juga perhatian.
Analogy & Case Study
Mengenal Teknik Mengajar Guru Masa KiniMengajar dengan memberikan contoh studi kasus berdasarkan hal-hal yang ada di sekitar. Dengna melakukan analogi dan study kasus secara tepat, siswa akan mudah untuk membayangkan kegunaan materi yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Hindari penggunaan analogy ataupun case study yang asing bagi siswa. Karena hal itu malah justru semakin membingungkan para siswa menerima materi.

PENGUMUMAN TERBARU PROGRAM GURU PEMBELAJAR UNTUK GURU YANG SUDAH MAUPUN BELUM MENGIKUTI GP 2016


Berdasarkan informasi dari http://www.infokemendikbud.com dapat kami informasikan perihal guru pembelajar sebagai berikut
1. Bahwa untuk pelaksanaan kegiatan GP Tahun 2016, telah terjadi pemangkasan jumlah peserta, merujuk pada arahan Menkeu Sri Mulyani, bahwa negara sedang dalam keadaan "sakit" (minim anggaran)
2. Oleh karena itu, tidak semua GP dapat mengikuti kegiatan GP di tahun 2016 ini. (Hanya sekitar 25% dari jmlah seharusnya)
 
3. Untuk.mengetahui, apakah Bapak/Ibu mengikuti kegiatan. GP tahun ini, baik TM, D, maupun DK, silakan Bapak/Ibu login ke akun GPO masing2. Apabila di sana ada undangan untuk mengikuti diklat, berarti Bapak/Ibu terdftar sebagai peserta GP 2016. atau bisa menghubungi dinas pendidikan masing-masing.
4. Yang harus dilakukan setelah Bapak/Ibu terdaftar, adalah klik "terima undangan" kemudian "cetak undangan" (Undangan yang dicetak bisa disampaikan ke Dinas untuk mendapatkan ijin/surat tugas)
5. Yang akan dipelajari pada GP 2016, baik TM, D, maupun DK adalah 2 modul (KK) sekalipun nilai Bapak/Ibu yang merah lebih dari 2.
6.Bagi Bapak/Ibu yg sdh trdftar/diundang untuk mengikuti GP 2016, tetapi tdk masuk ke sistem dalam arti tdk mau mengikuti.kegiatan dengan alasan apapun, konsekuensinya, akan diwajibkan mengikuti.pelatihan sejenis dengan biaya mandiri.
7. Bahwa UKG 2016 merupakan Tes Akhir dari kegiatan GP. Jadi, peserta UKG 2016 adalah Bapak/Ibu yang mengikuti GP 2016 baik TM, D maupun DK. Jadi, tidak semua guru.akan mengikuti UKG. IN, NS, dan guru yang tidak diundang mengikuti GP tidak menjadi peserta UKG.
8. Yang diujikan dalam UKG adalah modul / KK yang dipelajari dalam GP. Jadi, hanya 2 modul.Setiap modul 30 soal.
9. Guru yg sudah selesai mengikuti GP dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat.
10. GP yang tahun ini tdk.diundang, akan mengikuti kegiatan GP dan UKG tahun depan.

Jumat, 30 September 2016

Guru Pembelajar Indonesia

UPDATE 20 September 2016

Jadwal Hari Perdana Guru Pembelajar Moda Daring 2016

1. BoE, 4 September 2016
2. LP3TK-KPTK, 7 September 2016
3. IPA, 8 September 2016
4. TKPLB, 8 September 2016.
5. BBL, 8 September 2016
6. PenjasBK, 10 September 2016
7. Pertanian, 14 September 2016
8. BMTI, 14 September 2016
9. Seni Budaya, 14 September 2016
10. Bispar, 19 September 2016
11. IPS, 26 September 2016
12. Bahasa, 26 September 2016
13. MTK, 3 Oktober 2016

Rabu, 21 September 2016

UJI PUBLIK KE-2 NASKAH AKADEMIK MAPEL TIK TERBARUKAN

Menindaklanjuti hasil Rekomendasi Tim TIK tentang Opsi Kebijakan Terhadap Kurikulum TIK Pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Hotel Holiday Inn Express, Kemayoran, Jakarta yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2016 maka Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) telah selesai melakukan Kajian Akademis Mata Pelajaran TIK sebagai tahap awal untuk dapat menjadi landasan sekaligus masukan bagi Balitbang dan Puskurbuk dalam mengembangkan Mata Pelajaran TIK Terbarukan.
Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan telah mentahbiskan bahwa mata pelajaran TIK/KKPI telah dihapuskan dari struktur kurikulum nasional. Untuk mengantisipasi gejolak dan meredamkan serta menyalurkan guru TIK/KKPI yang telah ada maka dikeluarkanlah Permendikbud 68 Tahun 2014 dan Permendikbud 45 Tahun 2015 tentang Peran Guru TIK/KKPI dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Dalam PP 74 tentang Guru hanya mengenal nomengklatur Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran dan Guru Bimbingan Konseling maka permendikbud 68 dan permendikbud 45 bisa dikatakan hanya sementara karena tidak dikenal nomenklatur Guru Bimbingan TIK. Permendikbud tersebut tidak bisa berjalan di hampir semua daerah karena tidak memiliki struktur kurikulum sebab bukan mata pelajaran dan sifatnya yang optional/pilihan kebijakan masing-masing sekolah.
Disisi lain, di banyak negara di dunia, computer science telah menjadi trend dan bahkan telah menjadi basic skill atau salah satu kemampuan dasar dalam persaingan di abad 21. Computer science tidak untuk menciptakan ahli-ahli programer akan tetapi untuk melatih peserta didik dalam berfikir komputasi.
Sudah saatnya TIK dimasukkan kembali sebagai mata pelajaran wajib dari jenjang SD/MI hingga SMA/MA/SMK sebagai salah satu kemampuan dasar bagi peserta didik untuk Indonesia yang lebih baik. Kemandirian di bidang ekonomi, teknologi dan informasi serta demi ketahanan dan keamanan nasional merupakan pertimbangan utamanya.
Salah satu langkah nyata maka dilakukanlah kajian akademis dan menghasilkan Naskah Akademik Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran TIK Terbarukan. Hasil kajian ini memberikan gambaran tentang muatan naskah standar isi dan kurikulum sebagai masukan bagi perumus kebijakan pendidikan lebih lanjut.
AGTIFINDO menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para pimpinan di DPP AGTIFINDO serta anggota dan para simpatisan,  pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Direktorat di lingkungan Kemdikbud, guru TIK, praktisi pendidikan, serta Partner kami KOGTIK, GEG Leader Community serta Intel Educator Visionaries. Berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari semua pihak, naskah akademik ini dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.
Naskah Akademik Mata Pelajaran TIK yang terlampir berikut ini, sekaligus sebagai bentuk Uji Publik terhadap Naskah Akademik tersebut. Kami membuka peluang masukan baik tertulis maupun diskusi lebih dalam mengenai Naskah Akademik tersebut termasuk Kompetensi Dasar mata pelajaran TIK Terbarukan.
Demikian Naskah Akademik ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kearah peningkatan mutu pendidikan dan kemandirian serta ketahanan nasional dibidang ekonomi, teknologi dan informasi kami ucapkan terima kasih.

http://bit.ly/UJIPUBLIK_KE2_NASKAHTIK
DPP AGTIFINDO

Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring

Sebuah akun latihan guru pembelajar daring yang pernah digunakan oleh para Instruktur Nasional saat diklat IN beberapa waktu yang lalu. Akun guru pembelajar ini bisa dipakai oleh rekan rekan guru yang ingin melihat atau tahu bagaimana sih proses pembelajaran Moda Daring ataupun kombinasi itu.

Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring

Guru Pembelajar Moda Daring
Akun ini sebelumnya sudah pernah dibagikan di grup Guru Pembelajar GP oleh beberapa alumnus IN GP Daring yang sudah selesai melaksanakan diklat IN.

Oke berikut akun akun GP yang bisa diakses untuk sekedar mengintip atau melihat lihat.

1. username = cpeserta016pertanian  password =  kelasc

Bapak ibu bisa login, dengan mengubah 016 menjadi 001 sampai 040 dengan password yang sama.

2. username = a.peserta4  password = tkplb  (angka bisa diubah 1 s/d 40)
User nomor 2 di atas untuk guru TK pas banget.

3. username = dpeserta10 password = kelasd

Loginnya di alamat konten.elearning.id  yaa bukan di sim guru pembelejar atau lms guru pembelajar

Ingat akun ini dibagi buat lihat lihat saja. Jangan di ganggu atau diutak atik.

Download 10 Modul Kepala Sekolah Pembelajar

Kepala Sekolah Pembelajar juga akan menjalani pelatihan layaknya guru pembelajar yang bisa dilakukan secara tatap muka, daring, kombinasi dan mandiri.

Modul Kepala Sekolah Pembelajar
Modul Kepala Sekolah Pembelajar dikembangkan berdasarkan standar kompetensi kepala sekolah, yang menggambarkan level kompetensi, sebagai berikut:


Silakan unduh sesuai link di bawah ini

  1. Pengelolaan Peserta Didik         https://goo.gl/mD1ZZh
  2. Pengelolaan Administrasi Sekolah      https://goo.gl/dJNAIw
  3. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan    https://goo.gl/qy7ypN
  4. Rencana Kerja Sekolah       https://goo.gl/Fc2gMD
  5. Pengembangan Sekolah      https://goo.gl/5kvryJ
  6. Pengelolaan Kurikulum      https://goo.gl/ASCwnb
  7. Peningkatan Kualitas Pembelajaran     https://goo.gl/9GRdFV
  8. Pengelolaan Sarana Prasarana      https://goo.gl/j1FqdV
  9. Kewirausahaan       https://goo.gl/CNYOTE
  10. Supervisi Akademik   https://goo.gl/fYcRIz

Senin, 19 September 2016

Cara Koreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) Dengan Kamera Smartphone


Video ini menggunakan aplikasi Android yang bernama ZipGrade. Dengan menggukan aplikasi ini maka Kamera smartphone Anda bisa mengoreksi Lembar jawban Komputer (LJK) yang sudah disediakan formatnya. Aplikasi ini sangat membantu rekan guru dalam hal mengoreksi jawaban siswa. Tentunya mengurangi Human Error (Salah koreksi). Jadi cukup ZipGrade + Kamera = Hasil Koreksi. Simple dan mudah.

Guru sering membuat tes kepada siswa dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui keterberhasilan belajar siswa. Guru sebagai seorang manusia, sering salah mengoreksi hasil tes siswa. Sehingga siswa sering protes kepada Guru karena nilainya kurang atau lebih. Proses koreksi juga memakan waktu yang lama dan butuh konsentrasi tinggi. Sehingga muncul dalam benak "Ada gak yah, software yang bisa koreksi hasil tes siswa dengan cepat dan tepat ?"

Beberapa Saya temukan software yang bagus, namun software tersebut membutuhkan alat Scanner yang harganya luar biasa mahal. Tanpa sengaja saya menemukan aplikasi ZipGrade ini. Ternyata hanya menggunakan Kamera Smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak beli lagi) dapat mengoreksi layaknya scanner yang mahal tersebut, yang penting kamera Anda bagus.
Anda bisa mendownloadnya di Play Store Android ataupun di Apps Store Iphone.


ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu :
1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta)
2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta)
3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta)

Ketiga tipe ini dipilih sesuai dengan kondisi yang dipakai disekolah. LJK ini bisa didownload di laman https://www.zipgrade.com/forms/. Ada disediakan yang bertentuk file PDF. Ada juga yang berbentuk gambar PNG. Gambar PNG ini bisa Anda Edit. Saya mengedit yang 20 soal agar dalam 1 lembar kertas muat 4 LJK. Jadi bisa hemat kertas. Yang 50 dan 100 soal sudah pas 1 lembar kertas, tidak bisa di edit lagi. Silahan Cetak sendiri. Untuk memperbanyak boleh difotokopi. Jadi lebih hemat jika dibandingkan pakai LJK yang biasanya, karena LJK itu biaya cetaknya mahal.

Setelah LJK dijawab siswa, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja. Cukup arahkan kamera smartphone Anda ke lembar jawabannya. Nanti hasilnya akan di tampilkan di layar Smartphone Anda. Setelah selesai mengoreksi, hasil koreksi dapat di eksport menjadi PDF atau CSV File. Jika ingin melihat hasilnya cukup eksport ke PDF saja. Tapi jika ingin melakukan analisis tes, Anda bisa mengeksportnya ke CSV file, nanti file tersebut bisa di buka di aplikasi pengolah Angka Komputer seperti Microsoft Office Excel.
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video berikut ini.

Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan Guru yang Saya muliakan. Sekian dan terima kasih.

Sumber:  http://www.plimbi.com