Bagi yang telah mendapat undangan menjadi peserta kelas moda daring
admin ucapkan selamat, karena anda nantinya tinggal menunggu jadwal
kegiatan saja dan mulai belajar melalui perangkat anda dan untuk
sementara bisa melupakan sejenak info info yang beredar mengenai guru
pembelajar. Nah bagi yang belum mungkin perlu mengetahu secara detil
mengenai alur Alur yang harus dilakukan para guru pembelajar setelah
registrasi akun untuk masuk LMS elearning, yakni cetak undangan. Bagi
yang belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah Guru Pembelajar
Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring) dalam situs LMS elearning.id.
Untuk mencetak undangan online guru pembelajar moda daring anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah
Berdasarkan alur penampakkan cetak undangan online diatas, maka pertama
kali bapak ibu silahkan menuju browser internet lalu pada tab browser
ketik link http://lms.elearning.id/ . pada laman selanjutnya gunakan
akun guru pembelajar yang telah terdaftar. KLik "lihat Undangan", lalu
terima undangan, lalu cetak undangan :). Semoga dipahami
Info Terbaru Situs LMS.Elearning.ID
Bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu
sesi dan materi profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup.
1. Pengantar
Pada bagian pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
a. Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan berita dari pengampu/mentor untuk peserta
b. Forum Umum, merupakan forum umum yang terbuka selama pembelajaran
daring berlangsung. Tujuan forum ini adalah untuk mewadahi aktivitas
diskusi, berbagi pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala
selama kegiatan berlangsung. Forum ini adalah forum milik peserta, bagi
dan untuk peserta.
c. Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang digunakan dalam modul daring
d. Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring
e. Tips dan Trik Pengampu, berisi Tips dan Trik dalam mengelola
pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu meliputi penggunaan
fasilitas Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio,
dan Umpan balik (smiley face)
f. Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam
sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan
sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh karena itu,
sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk memberikan
kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas
pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar pengampu dengan
peserta.
g. Frequently Asked Questions (FAQs).
h. Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini dapat digunakan untuk
mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama
mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta harapan yang ingin dicapai
melalui pembelajaran ini.
i. E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi
sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru
Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan
dokumen peserta pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan
untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan
target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian
diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika
diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi
pribadi. E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan,
jawaban atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau
observasi pengampu, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat
peserta.
2. Sesi Pendahuluan
Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring diawali dengan sesi
pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini
bertujuan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai ruang lingkup
modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara
penggunaan modul, penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar Daring dan
alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring pada modul Selama
proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan
terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta. Berikut ini
adalah aktivitas yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi
Pendahuluan:
a. Pengampu bersama-sama peserta melalui forum umum akan menyepakati
jadwal pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil kesepakatan jadwal
akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.
b. Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melakukan perkenalan
dengan peserta dan menyampaikan informasi-informasi penting terkait
dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.
c. Pengampu mengarahkan peserta untuk mengerjakan instrumen kemampuan
awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan
Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul meliputi Target
Kompetensi, Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan
Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.
d. Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan
peserta mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan motivasi kepada
peserta yang masih belum melakukan aktivitas yang terdapat pada Sesi
Pendahuluan.
e. Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan peserta akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.
3. Sesi Inti
Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1
JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti
pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti adalah sesi 2 materi
pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa materi profesional sesuai dengan
kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.
Pada setiap sesi, akan disediakan forum dan blog untuk mempresentasikan
berbagai temuan, hikmah dan kendala yang dihadapi oleh peserta, serta
solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga dapat
memperoleh pelajaran melalui berbagi pengalaman dengan peserta lainnya.
Selama mempelajari modul ini, peserta harus menyelesaikan seluruh tugas
(baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang
menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil akhir
kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru
Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, seperti
foto-foto kegiatan.
4. Sesi Penutup
Sesi penutup merupakan akhir dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada
Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan
melaluiweb conference, pemberian umpan balik, kesimpulan dari materi
Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian
diri peserta terhadap pencapaian kompetensi dan evaluasi peserta
terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.
Sumber : guru-id