Sabtu, 03 September 2016

Aplikasi Guru Pembelajar Daring Kemdikbud

Aplikasi Guru Pembelajar Daring. Portal halaman aplikasi website Guru Pembelajar Daring GP daring adalah http://gurupembelajar.kemdikbud.go.id/ . GP daring ini merupakan milik atau dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemdikbud), tentu saja.. karena berdomain kemdikbud.go.id. Pada halaman utama aplikasi GP daring ini dapat diperoleh beberapa informasi diantaranya:

link website aplikasi guru pembelajar daring
tampilan website guru pembelajar

1. Aplikasi Guru Pembelajar Daring ditujukan untuk Guru dan Kepala Sekolah. Disini belum ada keterangan tentang Tenaga Kependidikan Tenaga Administrasi Sekolah, harapan saya si juga biar ada dong.. hehe.

2. Guru Pemberlajar sepanjang hayat yang terus menerus berkonstribusi pada masyarakat dan lingkungannya

3. Aplikasi GPDaring maksudnya atau merupakan singkatan dari Guru Pembelajat moda Dalam Jaringan. Daring merupakan akronimnya  dalam Jaringan.

4. Aplikasi ini terkait dengan Uji Kompetansi Guru (UKG) tahun 2015. Dengan website ini diharapkan untuk meningkatkan kompetensi guru.

5. Aplikasi Guru Pembelajar Daring dibuat oleh seorang guru berprestasi, dan juga dibuat dalam bentuk aplikasi android .apk yang bisa didownload secara geratis di Google Play.
tampilan aplikasi guru pembelajar apk

6. Dengan GP daring ini guru-guru dibawah naungan Kemdikbud bisa saling bertukar ilmu pengetahuan, informasi, maupun pengalaman.

7. GP daring juga mempunyai komitmen anti korupsi
gambar ilustrasi tentang komitmen anti korupsi

8. GP daring untuk mendayagunakan TIK.  Untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, Mendikbud berharap banyak muncul solusi-solusi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

 Selanjutnya bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan fasilitas ini. Buku petunjuk atau manual penggunaan aplikasi guru pembelajar juga sudah lengkap tentang manual admin, manual pengampu dan mentor, manual peserta, aplikasi android guru pembelajar, modul dasar TIK dan V-cube Seminar Audience 2016. VCUBE adalah perusahaan telokomunikasi asal jepang yang fokus tentang layanan konfrensi web. Panduan vcube seminar, menjelaskan tentang alat-alat dan fungsinya untuk mengadakan konferensi website, seperti webcam dan lainnya. Semua panduan ini dapat anda download pada halaman http://konten.elearning.id/mod/forum/discuss.php?d=1707
panduan lengkap aplikasi guru pembelajar daring

Username dan Password Guru Pembelajar Daring

Untuk bisa mengkases aplikasi guru pembelajar daring tentunya kita harus login terlebih dahulu, namun disini tidak terdapat menu pendaftaran atau registrasi. Kemungkitan username dan password sudah disediakan dengan database yang telah dimiliki Kemdikbud, saat tulisan ini ditulis belum ada yang mengshare tentang username dan password. Berikut ini tampilan login guru aplikasi website guru pembelajar moda daring.
form login aplikasi guru pembelajar daring
Namun disana terdapat menu login as guest atau login sebagai tamu atau pengunjung. Dengan ini kita bisa login dan membuka aplikasi tersebut, namun tentu saja fiturnya tidak selengkap apabila kita telah mempunyai username.

buku modul aplikasi gp daring ukg
update 11/7/2016


Modul Guru Pembelajar Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Sebagai bahan materi pembelajaran dalam Aplikasi Guru Pembelajar Daring maupun tatap muka, memuat materi UKG kelas Tinggi


Demikianlah postingan di blog ini tentang Aplikasi Guru Pembelajar Moda Dalam Jaringan (Daring). Semoga aplikasi ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sekian, terima kasih

UPDATE Postingan tentang aplikasi, yang kebetulan viral di jejaring sosial
update postingan 28-8-2016

Beberapa hal (awal) yangg perlu dipahami terkait dengan "Program Guru Pembelajar"

1. Istilah Guru Pembelajar (GP) adalah sebutan utk kita sbg guru yg kemudian disebut sbg peserta.
Mengapa kita disebut sbg Guru Pembelajar? Karena pd prinsipnya pengembangan keprofesian harus berawal dr guru sendiri bukan dr luar guru/dinas.

2. Istilah Daring, kepanjangan dr Dalam Jaringan, sbg pengganti istilah online, jadi Daring = Online.

3. Istilah lain yaitu Luring= Luar Jaringan, sebagai pengganti istilah offline, jdi Luring = Off line.
Istilah lain adalah Surel, yaitu Surat Elektronik, sbg pengganti email. Jdi Surel = Email
Mhn utk mensosialisasikan istilah Daring, Luring, dan Surel sbg pengganti Online, Offline dan Email.


4. Setiap GP harus menyelesaikan modul yg setara dg 60 JP, 1 JP = 1 x 60 menit, yg dpt diselasaikn sekitar 1,5 bulan. 60 JP setara dg nilai 1 dlm Angka Kredit.


5. Ada 10 kompetensi yang harus dikuasai guru. Kompetensi yg "warna merah" yg hrs diselesaikan oleh guru utk "diklik" maka akan muncul modul yg hrs dikerjakan...
 

 6. Ketentuan 10 kompetensi yg "warna merah" adalah :
8-10 : mengikuti full Tatap Muka
6-7 : mengikuti Kombinasi, Daring dn Tatap Muka
3-5 : mengikuti Daring
0-2 : sbg pendamping
 

7. Star awal pelaksanaan Program GP dimulai, ketika P4TK sdh "selesai" dlm menyiapkan Guru Pengampu/IN/Mentor, (sekitar awal/akhir Agustus 2016).
Demikian info awal utk dipahami bersama. Trima kasih.


INFO PENTING......
Jumlah Modul di bawah KCM (Kriteria Capaian Minimal) 8 s.d 10 (Tatap Muka), 6 s.d 7 (Daring Kombinasi), 3 s.d 5 (Daring), 0 s.d 2 (Calon Instruktur)
Ket :  berdasarkan kuota tiap wilayah
KETERANGAN ISI MODUL:
1. KK-A : tentang Karakteristik Peserta Didik
2. ĶK-B : tentang Dasar Pembelajaran yang Mendidik
3. KK-C : tentang Pengembangan Kurikulum
4. KK-D : tentang Pembelajaran yang Mendidik
5. KK-E : tentang TIK Dalam Pembelajaran
6. KK-F : tentang Potensi Peserta Didik
7. KK-G : tentang Komunikasi yang Efektif
8. KK-H : tentang Penilaian Pembelajaran
9. KK-I : tentang Manfaat Penilaian: Dalam Pembelajaran
10. KK-J : tentang Refleksi Pembelajaran
 

PASSWORD DAN USERNAME GURU PEMBELAJAR
Bagi Guru-Guru buruan Registrasi Guru Pembelajar sebagai kelanjutan hasil UKG 2015...gunakan Nomor Peserta UKG 2015 sebagai User Saat Registrasi dan Paswordnya Tanggal lahir...setelah itu dibuatkan Akun Resmi GP dengan User 2015......@guruku.id dan paswor khusus setelah Registrasi..

Link Registrasi Peserta Guru Pembelajar http://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi


UPDATE
LINK DOWNLOAD MATERI @SINGGASANA HOTEL MAKASAR.
https://drive.google.com/drive/folders/0B4eZK1XIrjQibjIxS2Q5TUJmcGs



Sumber Source:
http://www.gurusd.net/2016/07/modul-guru-pembelajar-kelas-tinggi.html
http://konten.elearning.id/ 
www.facebokk.com 
https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=10205191705350693&id=1787358126&refid=8&_ft_=qid.6325514254150613219%3Amf_story_key.-3777132857865815215

Tidak ada komentar:

Posting Komentar