Selasa, 20 Mei 2014

Download Instrumen Supervisi Pembelajaran Kurikulum 2013

Guru Pembaharu” adalah salah satu blog yang sering saya kunjungi. Di sana  kita akan menjumpai berbagai informasi tentang pendidikan yang aktual. Dalam tulisan terbarunya [21-10-2013], blog yang dikelola oleh rekan sejawat saya ini menyajikan tulisan tentang Supervisi Pembelajaran Kurikulum 2013, lengkap dilampiri dengan file Model Instrumen Supervisi Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam format MS-Office Excell, yang memudahkan kita untuk mengolah hasilnya.
Instrumen Supervisi Pembelajaran Kurikulum 2013 ini tampak telah meramu dimensi  dan aspek  pembelajaran yang dikehendaki dalam Kurikulum 2013, didesain untuk mengungkap data tentang keterampilan guru dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang sejalan dengan prinsip–prinisip pembelajaran sebagaimana diisyaratkan dalam Permendikbud No. 65/2013 tentang Standar Proses
Instrumen ini bisa dimanfaatkan para pengawas sekolah atau kepala sekolah di tempat tugasnya masing-masing, dalam upaya mendorong dan membantu guru untuk mengembangkan proses pembelajarannya melalui kegiatan Supervisi Akademik.
Begitu juga,  guru–guru yang terbiasa (atau ingin membiasakan) merefleksi praktik pembelajarannya sendiri atau berkolaborasi dalam kegiatan peer supervision (Cooperative Professional Development) dapat memanfaatkan instrumen ini untuk mengukur dan melihat seberapa baik praktik pembelajaran yang telah dilakukannya, dikaitkan dengan implementasi Kurikulum 2013.
Anda ingin mengunduh file tersebut? Silahkan klik tautan dari sumber aslinya di bawah ini:

1 komentar: