Jumat, 30 September 2016

Guru Pembelajar Indonesia

UPDATE 20 September 2016

Jadwal Hari Perdana Guru Pembelajar Moda Daring 2016

1. BoE, 4 September 2016
2. LP3TK-KPTK, 7 September 2016
3. IPA, 8 September 2016
4. TKPLB, 8 September 2016.
5. BBL, 8 September 2016
6. PenjasBK, 10 September 2016
7. Pertanian, 14 September 2016
8. BMTI, 14 September 2016
9. Seni Budaya, 14 September 2016
10. Bispar, 19 September 2016
11. IPS, 26 September 2016
12. Bahasa, 26 September 2016
13. MTK, 3 Oktober 2016

Rabu, 21 September 2016

UJI PUBLIK KE-2 NASKAH AKADEMIK MAPEL TIK TERBARUKAN

Menindaklanjuti hasil Rekomendasi Tim TIK tentang Opsi Kebijakan Terhadap Kurikulum TIK Pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Hotel Holiday Inn Express, Kemayoran, Jakarta yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2016 maka Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO) telah selesai melakukan Kajian Akademis Mata Pelajaran TIK sebagai tahap awal untuk dapat menjadi landasan sekaligus masukan bagi Balitbang dan Puskurbuk dalam mengembangkan Mata Pelajaran TIK Terbarukan.
Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan telah mentahbiskan bahwa mata pelajaran TIK/KKPI telah dihapuskan dari struktur kurikulum nasional. Untuk mengantisipasi gejolak dan meredamkan serta menyalurkan guru TIK/KKPI yang telah ada maka dikeluarkanlah Permendikbud 68 Tahun 2014 dan Permendikbud 45 Tahun 2015 tentang Peran Guru TIK/KKPI dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Dalam PP 74 tentang Guru hanya mengenal nomengklatur Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran dan Guru Bimbingan Konseling maka permendikbud 68 dan permendikbud 45 bisa dikatakan hanya sementara karena tidak dikenal nomenklatur Guru Bimbingan TIK. Permendikbud tersebut tidak bisa berjalan di hampir semua daerah karena tidak memiliki struktur kurikulum sebab bukan mata pelajaran dan sifatnya yang optional/pilihan kebijakan masing-masing sekolah.
Disisi lain, di banyak negara di dunia, computer science telah menjadi trend dan bahkan telah menjadi basic skill atau salah satu kemampuan dasar dalam persaingan di abad 21. Computer science tidak untuk menciptakan ahli-ahli programer akan tetapi untuk melatih peserta didik dalam berfikir komputasi.
Sudah saatnya TIK dimasukkan kembali sebagai mata pelajaran wajib dari jenjang SD/MI hingga SMA/MA/SMK sebagai salah satu kemampuan dasar bagi peserta didik untuk Indonesia yang lebih baik. Kemandirian di bidang ekonomi, teknologi dan informasi serta demi ketahanan dan keamanan nasional merupakan pertimbangan utamanya.
Salah satu langkah nyata maka dilakukanlah kajian akademis dan menghasilkan Naskah Akademik Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran TIK Terbarukan. Hasil kajian ini memberikan gambaran tentang muatan naskah standar isi dan kurikulum sebagai masukan bagi perumus kebijakan pendidikan lebih lanjut.
AGTIFINDO menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para pimpinan di DPP AGTIFINDO serta anggota dan para simpatisan,  pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Direktorat di lingkungan Kemdikbud, guru TIK, praktisi pendidikan, serta Partner kami KOGTIK, GEG Leader Community serta Intel Educator Visionaries. Berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari semua pihak, naskah akademik ini dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.
Naskah Akademik Mata Pelajaran TIK yang terlampir berikut ini, sekaligus sebagai bentuk Uji Publik terhadap Naskah Akademik tersebut. Kami membuka peluang masukan baik tertulis maupun diskusi lebih dalam mengenai Naskah Akademik tersebut termasuk Kompetensi Dasar mata pelajaran TIK Terbarukan.
Demikian Naskah Akademik ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kearah peningkatan mutu pendidikan dan kemandirian serta ketahanan nasional dibidang ekonomi, teknologi dan informasi kami ucapkan terima kasih.

http://bit.ly/UJIPUBLIK_KE2_NASKAHTIK
DPP AGTIFINDO

Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring

Sebuah akun latihan guru pembelajar daring yang pernah digunakan oleh para Instruktur Nasional saat diklat IN beberapa waktu yang lalu. Akun guru pembelajar ini bisa dipakai oleh rekan rekan guru yang ingin melihat atau tahu bagaimana sih proses pembelajaran Moda Daring ataupun kombinasi itu.

Latihan / Simulasi Guru Pembelajar Moda Daring

Guru Pembelajar Moda Daring
Akun ini sebelumnya sudah pernah dibagikan di grup Guru Pembelajar GP oleh beberapa alumnus IN GP Daring yang sudah selesai melaksanakan diklat IN.

Oke berikut akun akun GP yang bisa diakses untuk sekedar mengintip atau melihat lihat.

1. username = cpeserta016pertanian  password =  kelasc

Bapak ibu bisa login, dengan mengubah 016 menjadi 001 sampai 040 dengan password yang sama.

2. username = a.peserta4  password = tkplb  (angka bisa diubah 1 s/d 40)
User nomor 2 di atas untuk guru TK pas banget.

3. username = dpeserta10 password = kelasd

Loginnya di alamat konten.elearning.id  yaa bukan di sim guru pembelejar atau lms guru pembelajar

Ingat akun ini dibagi buat lihat lihat saja. Jangan di ganggu atau diutak atik.

Download 10 Modul Kepala Sekolah Pembelajar

Kepala Sekolah Pembelajar juga akan menjalani pelatihan layaknya guru pembelajar yang bisa dilakukan secara tatap muka, daring, kombinasi dan mandiri.

Modul Kepala Sekolah Pembelajar
Modul Kepala Sekolah Pembelajar dikembangkan berdasarkan standar kompetensi kepala sekolah, yang menggambarkan level kompetensi, sebagai berikut:


Silakan unduh sesuai link di bawah ini

  1. Pengelolaan Peserta Didik         https://goo.gl/mD1ZZh
  2. Pengelolaan Administrasi Sekolah      https://goo.gl/dJNAIw
  3. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan    https://goo.gl/qy7ypN
  4. Rencana Kerja Sekolah       https://goo.gl/Fc2gMD
  5. Pengembangan Sekolah      https://goo.gl/5kvryJ
  6. Pengelolaan Kurikulum      https://goo.gl/ASCwnb
  7. Peningkatan Kualitas Pembelajaran     https://goo.gl/9GRdFV
  8. Pengelolaan Sarana Prasarana      https://goo.gl/j1FqdV
  9. Kewirausahaan       https://goo.gl/CNYOTE
  10. Supervisi Akademik   https://goo.gl/fYcRIz

Senin, 19 September 2016

Cara Koreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) Dengan Kamera Smartphone


Video ini menggunakan aplikasi Android yang bernama ZipGrade. Dengan menggukan aplikasi ini maka Kamera smartphone Anda bisa mengoreksi Lembar jawban Komputer (LJK) yang sudah disediakan formatnya. Aplikasi ini sangat membantu rekan guru dalam hal mengoreksi jawaban siswa. Tentunya mengurangi Human Error (Salah koreksi). Jadi cukup ZipGrade + Kamera = Hasil Koreksi. Simple dan mudah.

Guru sering membuat tes kepada siswa dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui keterberhasilan belajar siswa. Guru sebagai seorang manusia, sering salah mengoreksi hasil tes siswa. Sehingga siswa sering protes kepada Guru karena nilainya kurang atau lebih. Proses koreksi juga memakan waktu yang lama dan butuh konsentrasi tinggi. Sehingga muncul dalam benak "Ada gak yah, software yang bisa koreksi hasil tes siswa dengan cepat dan tepat ?"

Beberapa Saya temukan software yang bagus, namun software tersebut membutuhkan alat Scanner yang harganya luar biasa mahal. Tanpa sengaja saya menemukan aplikasi ZipGrade ini. Ternyata hanya menggunakan Kamera Smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak beli lagi) dapat mengoreksi layaknya scanner yang mahal tersebut, yang penting kamera Anda bagus.
Anda bisa mendownloadnya di Play Store Android ataupun di Apps Store Iphone.


ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu :
1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta)
2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta)
3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta)

Ketiga tipe ini dipilih sesuai dengan kondisi yang dipakai disekolah. LJK ini bisa didownload di laman https://www.zipgrade.com/forms/. Ada disediakan yang bertentuk file PDF. Ada juga yang berbentuk gambar PNG. Gambar PNG ini bisa Anda Edit. Saya mengedit yang 20 soal agar dalam 1 lembar kertas muat 4 LJK. Jadi bisa hemat kertas. Yang 50 dan 100 soal sudah pas 1 lembar kertas, tidak bisa di edit lagi. Silahan Cetak sendiri. Untuk memperbanyak boleh difotokopi. Jadi lebih hemat jika dibandingkan pakai LJK yang biasanya, karena LJK itu biaya cetaknya mahal.

Setelah LJK dijawab siswa, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja. Cukup arahkan kamera smartphone Anda ke lembar jawabannya. Nanti hasilnya akan di tampilkan di layar Smartphone Anda. Setelah selesai mengoreksi, hasil koreksi dapat di eksport menjadi PDF atau CSV File. Jika ingin melihat hasilnya cukup eksport ke PDF saja. Tapi jika ingin melakukan analisis tes, Anda bisa mengeksportnya ke CSV file, nanti file tersebut bisa di buka di aplikasi pengolah Angka Komputer seperti Microsoft Office Excel.
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video berikut ini.

Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan Guru yang Saya muliakan. Sekian dan terima kasih.

Sumber:  http://www.plimbi.com


Jumat, 16 September 2016

IKON-IKON GURU PEMBELAJAR MODA DARING YANG WAJIB DIKETAHUI

Pada moda dalam jaringan (daring) guru pembelajar ada beberapa ikon yang penting untuk diketahui oleh para peserta agar mempermudah proses dalam kegiatan pembelajaran daring. Oleh karena itu pada posting kali ini akan admin bagikan tampilan, nama, serta penjelasan masing-masing fungsi ikon yang akan ditemui oleh para peserta guru pembelajar di web lms learning id. Selai itu admin juga membagikan Tabel Ikon-ikon status dan media. Selengkapnya Berikut adalah Ikon-Ikon Guru Pembelajar Moda Daring Yang Perlu Diketahui yang perlu diketahui oleh para peserta guru pembelajar. Semoga bermanfaat.

gambar Ikon-Ikon Guru Pembelajar Moda Daring
  • Lesson: Kegiatan Pembelajaran
  • Page: Halaman pengantar/ petunjuk sebelum memulai sesi
  • book: Membaca bahan bacaan penguatan pemahaman dan Instruksi
  • Quiz: mengerjakan soal soal yang telah disediakan
  • Web Conference: Melakukan komunikasi langsung baik secara audio maupun secara video (memungkinkan untuk presentasi) secara tatap muka melalui internet
  • Chatting: Melakukan komunikasi dua arah
  • Forum: melakukan diskusi untuk setiap sesi dan kursus
  • Blog: Melakukan refleksi dari sesi yang telah diikuti
  • folder: Berisi dokumen yang dapat diunduh
  • File: file dokumen yang dapat diunduh
  • smiley face: mengisi kuesioner
  • feedback: memberikan pertanyaan kepada peserta terkait dengan survey atau berfikir reflektif
  • keterlaksanaan otomatis: akan tercentang bila telah melakukan kegiatan didalamnya
  • Centang: mengisi kuesioner
  • message: mengirim dan menerima pesan antar user GP daring
  • portfolio: tempat mengunggah file lk yang sudah dikerjakan
gambar Ikon-Ikon Guru Pembelajar Moda Daring Yang Perlu Diketahui



Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari guru-id

MENDIKBUD RESMI UMUMKAN MATA PELAJARAN BARU YANG DITAMBAHKAN DALAM PELAJARAN FORMAL


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya sedang menggodok rencana memasukan Gerakan Pramuka ke dalam jam pelajaran formal. Semula Pramuka hadir sebagai kegiatan tambahan di luar jam sekolah.
"Kami godok mulai dari naskah akademik, kurikulumnya, termasuk bagaimana nanti percontohan dari Pramuka masuk kokurikuler (jam pelajaran formal)," kata Muhadjir usai melantik Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti di Jakarta, Kamis (15/9).
Menurut dia, Gerakan Pramuka memiliki kedudukan strategis untuk memperkuat pendidikan karakter bagi anak bangsa. Pramuka mengajarkan kecakapan kepanduan dan kecakapan hidup. Kecakapan kepanduan, kata dia, membuat anak mampu untuk percaya diri, mandiri, fleksibel dan tahan banting dengan berbagai tantangan.
Sementara kecakapan hidup dari Pramuka dapat menjadi modal ketrampilan generasi untuk mengembangkan diri di tengah masyarakat. Masuknya pendidikan berbasis karakter sesuai Pramuka, lanjut dia, melengkapi materi pendidikan saat ini yang banyak berorientasi pada pengetahuan.
"Satu hal yang terpenting dalam pendidikan adalah menjadikan anak didik
memiliki sikap atau karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa," kata dia.
Di era globalisasi, kata dia, terdapat banyak tantangan bagi bangsa seperti gempuran budaya Barat dan kemajuan teknologi yang pesat. Dua hal ini memiliki kelebihan tapi sekaligus ada unsur negatifnya bagi anak. Untuk menekan dampak negatif tersebut diperlukan bentang pertahanan anak yaitu karakter baik yang kuat.
Kegiatan dari Gerakan Pramuka tersebut ditanamkan dari pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. "Kegiatan Pramuka dapat membentuk kepribadian dan watak berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta Tanah Air dan memiliki kecakapan hidup, serta memiliki budi pekerti luhur dan berkepribadian bangsa Indonesia," kata dia.
Dengan masuknya Pramuka ke jam ajar formal, kata dia, maka kegiatan kepanduan tersebut akan wajib diikuti oleh peserta didik. Sejauh ini, Gerakan Pramuka sekadar menjadi kegiatan ekstrakurikuler sehingga peserta didik boleh memilih atau tidak kegiatan kepanduan.
Demikian informasi yang kami sampaikan seperti yang kami lansir dari republika