Kamis, 15 September 2016

CARA CETAK UNDANGAN GURU PEMBELAJAR MODA DARING

Bagi yang telah mendapat undangan menjadi peserta kelas moda daring admin ucapkan selamat, karena anda nantinya tinggal menunggu jadwal kegiatan saja dan mulai belajar melalui perangkat anda dan untuk sementara bisa melupakan sejenak info info yang beredar mengenai guru pembelajar. Nah bagi yang belum mungkin perlu mengetahu secara detil mengenai alur Alur yang harus dilakukan para guru pembelajar setelah registrasi akun untuk masuk LMS elearning, yakni cetak undangan. Bagi yang belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah Guru Pembelajar Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring) dalam situs LMS elearning.id.
Untuk mencetak undangan online guru pembelajar moda daring anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah
gambar Cara Cetak Undangan Guru Pembelajar Daring di Situs LMS Elearning Id
Berdasarkan alur penampakkan cetak undangan online diatas, maka pertama kali bapak ibu silahkan menuju browser internet lalu pada tab browser ketik link http://lms.elearning.id/ . pada laman selanjutnya gunakan akun guru pembelajar yang telah terdaftar. KLik "lihat Undangan", lalu terima undangan, lalu cetak undangan :). Semoga dipahami
Info Terbaru Situs LMS.Elearning.ID
Bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu sesi dan materi profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup.
1. Pengantar
Pada bagian pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
a. Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan berita dari pengampu/mentor untuk peserta
b. Forum Umum, merupakan forum umum yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan forum ini adalah untuk mewadahi aktivitas diskusi, berbagi pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala selama kegiatan berlangsung. Forum ini adalah forum milik peserta, bagi dan untuk peserta.
c. Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang digunakan dalam modul daring
d. Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring
e. Tips dan Trik Pengampu, berisi Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu meliputi penggunaan fasilitas Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio, dan Umpan balik (smiley face)
f. Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk memberikan kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar pengampu dengan peserta.
g. Frequently Asked Questions (FAQs).
h. Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini dapat digunakan untuk mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta harapan yang ingin dicapai melalui pembelajaran ini.
 
i. E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi. E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan, jawaban atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat peserta.
2. Sesi Pendahuluan
Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring diawali dengan sesi pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai ruang lingkup modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara penggunaan modul, penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar Daring dan alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring pada modul Selama proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta. Berikut ini adalah aktivitas yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi Pendahuluan:
a. Pengampu bersama-sama peserta melalui forum umum akan menyepakati jadwal pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil kesepakatan jadwal akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.
b. Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melakukan perkenalan dengan peserta dan menyampaikan informasi-informasi penting terkait dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.
c. Pengampu mengarahkan peserta untuk mengerjakan instrumen kemampuan awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul meliputi Target Kompetensi, Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.
d. Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan peserta mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan motivasi kepada peserta yang masih belum melakukan aktivitas yang terdapat pada Sesi Pendahuluan.
e. Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan peserta akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.
3. Sesi Inti
Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti adalah sesi 2 materi pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa materi profesional sesuai dengan kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.
Pada setiap sesi, akan disediakan forum dan blog untuk mempresentasikan berbagai temuan, hikmah dan kendala yang dihadapi oleh peserta, serta solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga dapat memperoleh pelajaran melalui berbagi pengalaman dengan peserta lainnya. Selama mempelajari modul ini, peserta harus menyelesaikan seluruh tugas (baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil akhir kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, seperti foto-foto kegiatan.
4. Sesi Penutup
Sesi penutup merupakan akhir dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan melaluiweb conference, pemberian umpan balik, kesimpulan dari materi Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian diri peserta terhadap pencapaian kompetensi dan evaluasi peserta terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.
 
 Sumber : guru-id
 

Kamis, 08 September 2016

MODUL GURU PEMBELAJAR SENI BUDAYA SMP

Sebagaimana di ketahui kegiatan diklat guru pembelajar sebagai tindak lanjut UKG 2015 sudah dimulai dengan kegiatan pelatihan bagi instruktur nasional di beberapa wilayah regional. Selanjutnya Instruktur Nasional ini akan menjadi mentor bagi peserta guru sasaran baik itu moda daring, tatap muka maupun daring kombinasi.


Bagi peserta guru sasaran ada baiknya menyiapkan diri dengan cara mempelajari lebih dulu modul-Modul Materi Diklat Guru Pembelajar Seni Budaya SMP yang telah kami uploadkan. Guru sasaran peserta diklat GP ini adalah mereka yang sudah pernah ikut UKG 2015 lalu.


Untuk membantu rekan guru dalam pelaksanaan DilatGuru Pembelajar bersama ini disajikan link download Modul Materi Diklat Guru Pembelajar khusus Mata pelajaran Seni Budaya SMP untuk semua mata pelajaran dan semua tingkatan kelas.


Modul Guru Pembelajar Seni Budaya SMP 2016
1. Kelompok Kompetensi A
    Profesional: Dasar-dasar Seni Rupa. Download
    Pedagogik: Karakteristik Peserta Didik. Download
2. Kelompok Kompetensi B
    Profesional: Perkembangan Seni Rupa. Download
    Pedagogik: Teori dan Prinsip Pembelajaran. Download
3. Kelompok Kompetensi C
    Profesional: Menggambar Benda Alam Geometris dan Organis. Download
    Pedagogik: Pengembangan Kurikulum. Download
4. Kelompok Kompetensi D
    Profesional: Menggambar Flora dan Fauna. Download
    Pedagogik: Pembelajaran yang Mendidik. Download
5. Kelompok Kompetensi E
    Profesional: Menggambar Bentuk Ragam Hias. Download
    Pedagogik: Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Download
6. Kelompok Kompetensi F
    Profesional: Ilustrasi dan Seni Grafis. Download
    Pedagogik: Pengembangan Potensi Peserta Didik. Download
7. Kelompok Kompetensi G
    Profesional: Pengertian Gambar Model. Download
    Pedagogik: Berkomunikasi secara Efektif, Empatik dan Santun dengan Peserta Didik. Download
8. Kelompok Kompetensi H
    Profesional: Dasar-dasar Seni Rupa. Download
    Pedagogik: Penilaian dan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Download
9. Kelompok Kompetensi I
    Profesional: Seni Lukis Realis dan Dekoratif. Download
    Pedagogik: Pemanfaatan Informasi Hasil Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran. Download
10. Kelompok Kompetensi J
      Profesional: Pameran Karya Seni Rupa. Download
      Pedagogik: Penelitian Tindakan Kelas. Download

Rabu, 07 September 2016

Info Awal Pelaksanaan Guru Pembelajar

Selamat Datang Di Website Info Guru dan Pendidikan Terbaru [informasi program guru pembelajar]

AWAL PELAKSANAAN GURU PEMBELAJAR oleh P4TK masing-masing:

1. BOE / VEDC,  4 September 2016
2. IPA,  8 September 2016
3. TKPLB,  8 September 2016.
4. BMTI,  14 September 2016
5. Pertanian,  14 September 2016
6. BBL,  update 8 September 2016
7. LP3TK-KPTK.  7 September 2016
8. MTK update jadi tgl 21 September 2016
9. Seni Budaya 14 September 2016
10. Bahasa 26 September 2016
11. IPS 19 September 2016
12. Bisnis dan pariwisata (Bispar) ???
13. PenjasBK 10 September 2016

Persiapkan akun Bapak/Ibu Guru sekalian untuk memastikan bisa login ke https://sim.gurupembelajar.id sehingga pada waktu pelaksanaannya tersebut semua akan bejalan sesuai dengan yang diharapkan. Jika mengalami gagal login/kesulitan login segera minta reset ke dinas atau hubungi call center di 1500476. 

Terimakasih

Sabtu, 03 September 2016

Aplikasi Guru Pembelajar Daring Kemdikbud

Aplikasi Guru Pembelajar Daring. Portal halaman aplikasi website Guru Pembelajar Daring GP daring adalah http://gurupembelajar.kemdikbud.go.id/ . GP daring ini merupakan milik atau dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemdikbud), tentu saja.. karena berdomain kemdikbud.go.id. Pada halaman utama aplikasi GP daring ini dapat diperoleh beberapa informasi diantaranya:

link website aplikasi guru pembelajar daring
tampilan website guru pembelajar

1. Aplikasi Guru Pembelajar Daring ditujukan untuk Guru dan Kepala Sekolah. Disini belum ada keterangan tentang Tenaga Kependidikan Tenaga Administrasi Sekolah, harapan saya si juga biar ada dong.. hehe.

2. Guru Pemberlajar sepanjang hayat yang terus menerus berkonstribusi pada masyarakat dan lingkungannya

3. Aplikasi GPDaring maksudnya atau merupakan singkatan dari Guru Pembelajat moda Dalam Jaringan. Daring merupakan akronimnya  dalam Jaringan.

4. Aplikasi ini terkait dengan Uji Kompetansi Guru (UKG) tahun 2015. Dengan website ini diharapkan untuk meningkatkan kompetensi guru.

5. Aplikasi Guru Pembelajar Daring dibuat oleh seorang guru berprestasi, dan juga dibuat dalam bentuk aplikasi android .apk yang bisa didownload secara geratis di Google Play.
tampilan aplikasi guru pembelajar apk

6. Dengan GP daring ini guru-guru dibawah naungan Kemdikbud bisa saling bertukar ilmu pengetahuan, informasi, maupun pengalaman.

7. GP daring juga mempunyai komitmen anti korupsi
gambar ilustrasi tentang komitmen anti korupsi

8. GP daring untuk mendayagunakan TIK.  Untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, Mendikbud berharap banyak muncul solusi-solusi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

 Selanjutnya bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan fasilitas ini. Buku petunjuk atau manual penggunaan aplikasi guru pembelajar juga sudah lengkap tentang manual admin, manual pengampu dan mentor, manual peserta, aplikasi android guru pembelajar, modul dasar TIK dan V-cube Seminar Audience 2016. VCUBE adalah perusahaan telokomunikasi asal jepang yang fokus tentang layanan konfrensi web. Panduan vcube seminar, menjelaskan tentang alat-alat dan fungsinya untuk mengadakan konferensi website, seperti webcam dan lainnya. Semua panduan ini dapat anda download pada halaman http://konten.elearning.id/mod/forum/discuss.php?d=1707
panduan lengkap aplikasi guru pembelajar daring

Username dan Password Guru Pembelajar Daring

Untuk bisa mengkases aplikasi guru pembelajar daring tentunya kita harus login terlebih dahulu, namun disini tidak terdapat menu pendaftaran atau registrasi. Kemungkitan username dan password sudah disediakan dengan database yang telah dimiliki Kemdikbud, saat tulisan ini ditulis belum ada yang mengshare tentang username dan password. Berikut ini tampilan login guru aplikasi website guru pembelajar moda daring.
form login aplikasi guru pembelajar daring
Namun disana terdapat menu login as guest atau login sebagai tamu atau pengunjung. Dengan ini kita bisa login dan membuka aplikasi tersebut, namun tentu saja fiturnya tidak selengkap apabila kita telah mempunyai username.

buku modul aplikasi gp daring ukg
update 11/7/2016


Modul Guru Pembelajar Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Sebagai bahan materi pembelajaran dalam Aplikasi Guru Pembelajar Daring maupun tatap muka, memuat materi UKG kelas Tinggi


Demikianlah postingan di blog ini tentang Aplikasi Guru Pembelajar Moda Dalam Jaringan (Daring). Semoga aplikasi ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sekian, terima kasih

UPDATE Postingan tentang aplikasi, yang kebetulan viral di jejaring sosial
update postingan 28-8-2016

Beberapa hal (awal) yangg perlu dipahami terkait dengan "Program Guru Pembelajar"

1. Istilah Guru Pembelajar (GP) adalah sebutan utk kita sbg guru yg kemudian disebut sbg peserta.
Mengapa kita disebut sbg Guru Pembelajar? Karena pd prinsipnya pengembangan keprofesian harus berawal dr guru sendiri bukan dr luar guru/dinas.

2. Istilah Daring, kepanjangan dr Dalam Jaringan, sbg pengganti istilah online, jadi Daring = Online.

3. Istilah lain yaitu Luring= Luar Jaringan, sebagai pengganti istilah offline, jdi Luring = Off line.
Istilah lain adalah Surel, yaitu Surat Elektronik, sbg pengganti email. Jdi Surel = Email
Mhn utk mensosialisasikan istilah Daring, Luring, dan Surel sbg pengganti Online, Offline dan Email.


4. Setiap GP harus menyelesaikan modul yg setara dg 60 JP, 1 JP = 1 x 60 menit, yg dpt diselasaikn sekitar 1,5 bulan. 60 JP setara dg nilai 1 dlm Angka Kredit.


5. Ada 10 kompetensi yang harus dikuasai guru. Kompetensi yg "warna merah" yg hrs diselesaikan oleh guru utk "diklik" maka akan muncul modul yg hrs dikerjakan...
 

 6. Ketentuan 10 kompetensi yg "warna merah" adalah :
8-10 : mengikuti full Tatap Muka
6-7 : mengikuti Kombinasi, Daring dn Tatap Muka
3-5 : mengikuti Daring
0-2 : sbg pendamping
 

7. Star awal pelaksanaan Program GP dimulai, ketika P4TK sdh "selesai" dlm menyiapkan Guru Pengampu/IN/Mentor, (sekitar awal/akhir Agustus 2016).
Demikian info awal utk dipahami bersama. Trima kasih.


INFO PENTING......
Jumlah Modul di bawah KCM (Kriteria Capaian Minimal) 8 s.d 10 (Tatap Muka), 6 s.d 7 (Daring Kombinasi), 3 s.d 5 (Daring), 0 s.d 2 (Calon Instruktur)
Ket :  berdasarkan kuota tiap wilayah
KETERANGAN ISI MODUL:
1. KK-A : tentang Karakteristik Peserta Didik
2. ĶK-B : tentang Dasar Pembelajaran yang Mendidik
3. KK-C : tentang Pengembangan Kurikulum
4. KK-D : tentang Pembelajaran yang Mendidik
5. KK-E : tentang TIK Dalam Pembelajaran
6. KK-F : tentang Potensi Peserta Didik
7. KK-G : tentang Komunikasi yang Efektif
8. KK-H : tentang Penilaian Pembelajaran
9. KK-I : tentang Manfaat Penilaian: Dalam Pembelajaran
10. KK-J : tentang Refleksi Pembelajaran
 

PASSWORD DAN USERNAME GURU PEMBELAJAR
Bagi Guru-Guru buruan Registrasi Guru Pembelajar sebagai kelanjutan hasil UKG 2015...gunakan Nomor Peserta UKG 2015 sebagai User Saat Registrasi dan Paswordnya Tanggal lahir...setelah itu dibuatkan Akun Resmi GP dengan User 2015......@guruku.id dan paswor khusus setelah Registrasi..

Link Registrasi Peserta Guru Pembelajar http://sim.gurupembelajar.id/akun/registrasi


UPDATE
LINK DOWNLOAD MATERI @SINGGASANA HOTEL MAKASAR.
https://drive.google.com/drive/folders/0B4eZK1XIrjQibjIxS2Q5TUJmcGs



Sumber Source:
http://www.gurusd.net/2016/07/modul-guru-pembelajar-kelas-tinggi.html
http://konten.elearning.id/ 
www.facebokk.com 
https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=10205191705350693&id=1787358126&refid=8&_ft_=qid.6325514254150613219%3Amf_story_key.-3777132857865815215

Jumat, 02 September 2016

Panduan Pengelolaan Kelas Guru Pembelajar Online

Panduan pengelolaan Kelas Guru Pembelajar (GPO) ini biasanya dilakukan Pengampu, namun dalam hal ini ada baik nya kita melihat bagaimana proses pengelolaan kelas hingga akhirnya muncul nya peserta-peserta pusat belajar, maupun daring penuh yang ada pada GPO.

DOWNLOAD VIDEO GP DARING
1. GP DARING REGISTRASI
2. GP DARING MENDOWNLOAD NILAI
3. GP DARING LOGIN DARING
4. GP DARING LOGIN MULAI BELAJAR
5. GP DARING MULAI PEMBELAJARAN
6. GP DARING MEMBUAT LAPORAN MINGGUAN
7. GP DARING MEMBUAT FORUM
8. GP DARING UPLOAD TUGAS

 

Kamis, 01 September 2016

DOWNLOAD KUMPULAN MODUL GURU PEMBELAJAR SEMUA BIDANG STUDI TINGKAT TK,SD,SMP DAN SMA/SMK

Program guru pembelajar sudah dimulai diantaranya pelatihan bagi instruktur nasional di beberapa wilayah regional. Nantinya mereka yang ikut pelatihan guru pembelajar Instruktur Nasional ini akan menjadi mentor bagi peserta guru sasaran baik itu moda daring, tatap muka maupun daring kombinasi.
Bagi peserta guru sasaran ada baiknya menyiapkan diri dengan cara mempelajari lebih dulu modul-modul guru pembelajar yang telah kami uploadkan. Guru sasaran peserta diklat GP ini adalah mereka yang sudah pernah ikut UKG 2015 lalu. Sengaja admin kumpulkan  modul GP ini agar rekan rekan guru tidak kesulitan saat mencari modul guru pembelajar di situs jetjetsemut ini.
Kumpulan Modul Guru Pembelajar Semua Bidang Studi
Kumpulan Modul Guru Pembelajar Semua Bidang Studi
Untuk itu silakan menuju link-link di bawah ini sesuaikan dengan mata pelajaran yang Anda ajarkan di sekolah. Jika belum ada, akan kami usahakan menyediakannya untuk pemirsa blog info guru yang tercinta (lebay dikit).
Tingkat PAUD/TK
  1. Modul GP tingkat TK lengkap

Tingkat SD
  1. Modul GP Kelas Atas (kelas 4, 5, 6) 
ModulKode ModulNama Modul Profesional / Pedagodik
A028KD000AGuru Kelas SD (Kelas Atas): Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Kajian Materi Bahasa dan Sastra Indonesia SD
B028KD000BGuru Kelas SD (Kelas Atas): Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran dan Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
C028KD000CGuru Kelas SD (Kelas Atas): Pengembangan Kurikulum dan Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
D028KD000DGuru Kelas SD (Kelas Atas): Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar dan Mahluk Hidup dan Lingkungan Sekitar
E028KD000EGuru Kelas SD (Kelas Atas): Penilaian Proses dan Hasil Belajar dan Materi dan Energi
F028KD000FGuru Kelas SD (Kelas Atas): Komunikasi Efektif dan Kajian Materi IPS SD Kelas Tinggi
G028KD000GGuru Kelas SD (Kelas Atas): Perancangan Pembelajaran yang Mendidik dan Penerapan Nilai, Norma, Moral Pancasila
H028KD000HGuru Kelas SD (Kelas Atas): Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran dan Perlindungan HAM dan Penegakan Hukum
I028KD000IGuru Kelas SD (Kelas Atas): Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Pengembangan Materi Ajar di Sekolah Dasar
J028KD000JGuru Kelas SD (Kelas Atas): Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya Melalui PTK dan TIK dan Tindakan Reflektif Untuk Pengembangan Keprofesian
  1. Modul GP Kelas bawah (1, 2, 3)
Modul Guru PembelajarKode ModulNama/Judul Modul Pedagogik dan Pofesional
A026KD000AGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
B026KD000BGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran dan Genre dan Apresiasi Sastra
C026KD000CGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Pengembangan Kurikulum dan Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
D026KD000DGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar dan Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
E026KD000EGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Penilaian Proses dan Hasil Belajar dan Kajian Materi IPA Sekolah Dasar
F026KD000FGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Komunikasi Efektif dan Kajian Materi IPS dan Sekolah Dasar Kelas Awal
G026KD000GGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Perancangan Pembelajaran yang Mendidik dan Hakikat Pembelajaran PPKn
H
text-decoration: none; transition: all 0.2s ease-in;" target="_blank">026KD000HGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran dan Pengembangan Materi Ajar di Sekolah Dasar I026KD000IGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar dan TIK untuk Pengembangan Materi Guru J026KD000JGuru Kelas SD (Kelas Bawah): Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya Melalui PTK dan Pengembangan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif
  1. Modul PJOK SD

Tingkat SMP
  1. Modul Guru Pembelajar Modul PJOK SMP
  2. Modul Guru Pembelajar Bimbingan Konseling (BK) SMP
  3. Modul Guru Pembelajar IPS SMP
  4. Modul Guru Pembelajar Bahasa Inggris SMP
  5. Modul GP Matematika SMP
  6. Modul GP PKN SMP

Tingkat SMA/SMK
  1. Modul Guru Pembelajar Fisika SMA
  2. Modul Guru Pembelajar BK SMA/SMK
  3. Modul Guru Pembelajar Biologi SMA
  4. Modul Bahasa Indonesia SMA/SMK
  5. Modul Matematika SMA Guru Pembelajar
  6. Modul PJOK SMA/SMK
  7. Modul GP Sosiologi SMA
  8. KIMIA SMA
Silakan klik di tautan ini untuk mendapatkannya
Modul GP Bahasa Sunda SD dilink ini
Modul GP Bahasa Sunda SMP di link ini 
Modul GP Bahasa Sunda SMA/SMK di tautan ini
  1. Modul Guru Pembelajar TIK SMP, SMA

Sumber : infogtk

Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi


GP Moda Daring Kombinasi. ADALAH Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan secara daring dan tatap muka dengan didampingi oleh mentor serta difasilitasi oleh pengampu

Pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka. Interaksi belajar daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor.  Interaksi pada daring kombinasi dapat dilihat pada Gambar DI BAWAH

Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi
GP Moda Daring Kombinasi

  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara daring.
Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor.

Peserta Guru Pembelajar Daring Kombinasi


GP moda ini diperuntukan bagi guru dengan peta kompetensi hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh)  kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada UKG 2015 lalu. (baca penjelasannya dalam raport UKG 2015)

Pada GP moda daring kombinasi, peserta akan dibimbing oleh mentor secara daring dan luring (LUAR JARINGAN) di Pusat Belajar (PB).

Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GP moda daring kombinasi dilakukan di Pusat Belajar sesuai kesepakatan antara mentor dan peserta. Pusat Belajar dapat menggunakan:
  1. Kelompok Kerja Guru (KKG) / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) / Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, atau
  2. Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau
  3. Sekolah tempat peserta bertugas mengajar.

Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan GP Moda Daring Kombinasi

Moda daring kombinasi adalah gabungan antara daring dan tatap muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP (4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI) untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir dan berita acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.

Aktivitas pembelajaran peserta pada GP moda daring kombinasi dijelaskan pada Tabel 1 berikut.

Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi Aktivitas pembelajaran peserta pada GP moda daring kombinasi

Pada saat tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur program pada setiap tatap muka seperti pada Tabel 2

Aktivitas pembelajaran peserta pada GP moda daring kombinasi

a.    Kegiatan Awal
Kegiatan pada moda ini diawali dengan pengenalan konsep dan sistem GP moda daring yang dipandu oleh mentor di pusat belajar yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login) ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna (username) dan kata kunci (password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai dengan struktur program TM-1 yang tertuang pada Tabel 2 diatas. Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat rencana belajar selama 6 minggu.

b.    Kegiatan pada Sesi Pembelajaran
Kegiatan pada sesi pembelajaran adalah kegiatan inti dimana peserta melaksanakan pembelajaran daring dan luring, baik secara mandiri maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai target kompetensi dan hasil belajar yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan tugas dan tagihan. Untuk GP moda daring kombinasi ini, peserta dan mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran. Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur materi seperti tertuang pada Tabel 2. Pada setiap akhir sesi, peserta akan mengerjakan tes sumatif sesi.

c.    Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir dilaksanakan secara daring dan tatap muka di pusat belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa semua tugas maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran GP moda daring telah terunggah seluruhnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta akan melaporkan hasil pembelajaran GP moda daring mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh bukti yang dapat dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh mentor.

catatan;
*Jika terdapat satu dan lain hal yang menjadi pertimbangan sehingga peserta harus beralih moda ke tatap muka, maka wewenang dan tanggungjawab untuk mengalihkan peserta tersebut diberikan kepada Dinas.
Peserta yang ditetapkan mengikuti GP moda daring kombinasi, namun memiliki kriteria sesuai dengan GP moda daring – model 2 dan akan dialihkan, maka wewenang dan tanggungjawab pengalihannya diserahkan kepada UPT.