Sabtu, 28 April 2018

Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 - Buku Kerja 4


1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru [Lihat]
2. Program Tindak Lanjut Kerja Pak Guru [Lihat]

Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 - Buku Kerja 3


1. Daftar Hadir [Lihat]

2. Daftar Nilai [Lihat]

3. Penilaian Akhlak/Kepribadian siswa [Lihat]

4. Analisis Hasil Ulangan [Lihat]

5. Program pel Perb & Pengayaan [Lihat]

6. Daftar buku Pegawai Guru/Siswa [Lihat]

7. Jadwal Mengajar [Lihat]

8. Daya Serap Siswa [Lihat]

9. Kumpulan Kisi soal [Lihat]

10. Kumpulan Soal [Lihat]

11. Analisis Butir Soal [Lihat]

12. Perbaikan Soal [Lihat]

Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 - Buku Kerja 2


1. Kode Etik Guru [Lihat]

2. Ikrar Guru [Lihat]

3. Tata Tertib Guru [Lihat]

4. Pembiasaan Guru [Lihat]

5. Kalender Pendidikan [Lihat]

6. Alokasi Waktu [Lihat]

7. Program Tahunan [Dibawah]

8. Program Semester [Dibawah]

9. Jurnal Agenda Guru [Lihat]



  • Program Semester Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]
  • Program Semester Kurikulum 2013 SMP/MTS Kelas 7, 8, 9 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]
  • Program Semester Kurikulum 2013 SMA/MA Kelas 10, 11, 12 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]

  • Program Tahunan Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]
  • Program Tahunan Kurikulum 2013 SMP/MTS Kelas 7, 8, 9 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]
  • Program Tahunan Kurikulum 2013 SMA/MA Kelas 10, 11, 12 Revisi 2017 Format Excel [Lihat]

Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 - Buku Kerja 1


1. SKL, KI, dan KD [Dibawah]

2. Silabus [Dibawah]

3. RPP [Dibawah]

4. KKM [Dibawah]

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013
SD [Lihat]
MI [Lihat]
SMP [Lihat]
MTS [Lihat]
SMA [Lihat]
MA [Lihat]
SMK [Lihat]
Silabus Kurikulum 2013
SD [Lihat]
MI [Lihat]
SMP [Lihat]
MTS [Lihat]
SMA [Lihat]
MA [Lihat]
SMK [Lihat]
RPP Kurikulum 2013 SD/MI
Kelas 1 [Lihat]
Kelas 2 [Lihat]
Kelas 3 [Lihat]
Kelas 4 [Lihat]
Kelas 5 [Lihat]
Kelas 6 [Lihat]
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti [Lihat]
Bahasa Arab [Lihat]
Fiqih [Lihat]
Qur'an Hadits [Lihat]
Aqidah Akhlak [Lihat]
SKI [Lihat]
RPP Kurikulum 2013 SMP/MTS Kelas 7,8,9
Bahasa Indonesia [Lihat]
Bahasa Inggris [Lihat]
Matematika [Lihat]
IPA [Lihat]
IPS [Lihat]
PKN [Lihat]
Prakarya [Lihat]
Seni Budaya [Lihat]
PJOK [Lihat]
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti [Lihat]
Bahasa Arab [Lihat]
Fiqih [Lihat]
Qur'an Hadits [Lihat]
Aqidah Akhlak [Lihat]
SKI [Lihat]
RPP Kurikulum 2013 SMA/MA/SMK Kelas X,XI,XII
Bahasa Indonesia [Lihat]
Bahasa Inggris [Lihat]
Matematika [Lihat]
IPA Biologi [Lihat]
IPA Kimia [Lihat]
IPA Fisika [Lihat]
IPA Matematika [Lihat]
IPS Ekonomi [Lihat]
IPS Geografi [Lihat]
IPS Sosiologi [Lihat]
IPS Sejarah [Lihat]
PKN [Lihat]
Sejarah Indonesia [Lihat]
Prakarya dan Kewirausahaan [Lihat]
Seni Budaya [Lihat]
PJOK [Lihat]
Antropologi [Lihat]
Bahasa dan Sastra Indonesia [Lihat]
Bahasa dan Sastra Inggris [Lihat]
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti [Lihat]
Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti [Lihat]
Bahasa Arab [Lihat]
Fiqih [Lihat]
Qur'an Hadits [Lihat]
Aqidah Akhlak [Lihat]
SKI [Lihat]
 

Selasa, 10 April 2018

Makalah Guru Teladan dan Pendidikan Karakter



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan Karakter Siswa anak didik dimana setiap manusia yang terlahir ke dunia merupakan anugrah dan setiap manusia menyandang potensinya masing-masing. Ia akan menjadi manfaat atau tidak untuk dirinya sendiri dan lingkungannya tergantung perlakuan yang diterima dirinya. Kualitas kemanusiaan sangat bergantung dari pendidikan yang diberikan. Semakin berkualitas pendidikan yang diberikan, akan semakin berkualitas pula kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan.
Disini peran guru bukan sekadar mentransfer pelajaran kepada peserta didik. Tapi lebih dari itu guru bertanggung jawab membentuk karakter peserta didik sehingga menjadi generasi yang cerdas, saleh, dan terampil dalam menjalani kehidupannya. Inilah tugas guru yang amat strategis dan mulia.
Apalagi dewasa ini kehadiran guru sebagai pendidik semakin nyata menggantikan sebagian besar peran orang tua yang notabene adalah pengemban utama amanah Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berbagai sebab dan alasan, orang tua telah menyerahkan bulat-bulat tugas dan tanggungjawabnya kepada guru di sekolah dengan berbagai keterbatasannya.
Menyadari hal itu, dalam makalah ini penulis mengambil judul “Keteladanan Guru dan Pendidikan Berkarakter“. Karenanya, di pundak guru terletak salah satu beban untuk merestorasi karakter dan kepribadian mulia bangsa Indonesia yang telah berada pada titik nadir. Guru diharapkan bisa mengembalikan peradaban bangsa yang tinggi, yang selama ini telah tergantikan dengan julukan bangsa yang korup, tidak memiliki kepribadian, bangsa yang kacau, bodoh, anarkis dan banyak atribut jelek lainnya yang kini melekat pada bangsa tercinta ini.

B.     Tujuan Makalah
1.      Menjelaskan  pengertian karakter siswa.
2.      Memaparkan tujuan dari pendidikan karakter.
3.      Menjelaskan tentang keteladanan guru dalam pendidikan berkarakter.

C.    Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter siswa?
2.      Apakah tujuan dari pendidikan berkarakter?
3.      Bagaimana hubungan keteladanan guru dan pendidikan berkarakter?
4.      Mengapa pembelajaran modeling dibutuhkan pada pembelajaran berkarakter?
5.      Bagaimana menjadi guru yang teladan dalam pendidikan berkarakter?

D.    Batasan Makalah
Dalam makalah ini akan mengurai upaya Keteladanan Guru dalam pendidikan berkarakter. Kupasan selengkapnya mencakup pengertian pendidikan karakter siswa, tujuan pendidikan berkarakter, hubungan keteladanan guru dan pendidikan berkarakter, pembelajaran modeling dan cara menjadi guru teladan dalam pendidikan berkarakter.



 BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pendidikan Karakter Siswa
Menurut Ratna Megawangi (2007), pendidikan karakter siswa adalah untuk mengukir akhlak melalui proses knowing the good, loving the good, dan acting the good. Yakni, suatu proses pendidikan yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga akhlak mulia bisa terukir menjadi habit of the mind, heart, and hands. Dengan demikian, kurang tepat jika menganggap pendidikan karakter hanya urusan mata pelajaran agama atau PKN. Pendidikan karakter melekat pada mata pelajaran apapun. Bahkan, rasanya tidak adil jika pendidikan karakter hanya dibebankan dan menjadi tanggung jawab institusi sekolah.
Pendidikan karakter siswa harus bermula dan ditanamkan dari lingkungan keluarga, sebab keluarga adalah fondasi utama pendidikan. Betapa pun baiknya pendidikan formal di sekolah, betapa pun sudah didukung oleh perangkat teknologi canggih, jika tidak didukung oleh lingkungan keluarga yang baik, hasilnya tidak akan memuaskan. Keluarga adalah basis terkecil dari kehidupan bermasyarakat. Pendidikan dalam keluarga harus ditopang juga oleh lingkungan dan masyarakat yang sehat, serta didukung oleh pemerintahan yang bersih. Meski terkadang pemerintahan yang bersih masih menjadi utopia. Jika tidak begitu, pendidikan karakter akan sulit untuk direalisasikan dan hanya akan menjadi wacana saja, maka dari itu mari kita mulai sedini mungkin tentang pendidikan karakter siswa.
Pendidikan Karakter Siswa  yang baik, menurut John Luther, lebih patut dipuji daripada bakat yang luar biasa. Hampir semua bakat adalah anugerah. Karakter yang baik tidak dianugerahkan kepada kita. Kita harus membangunnya sedikit demi sedikit dengan pikiran, pilihan, keberanian, dan usaha keras. Karakter memang laksana “otot” yang memerlukan latihan demi latihan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan dan kekuatannya. Oleh karena itu, pendidikan karakter memerlukan proses pemahaman, penanaman nilai, dan pembiasaan, sehingga seorang anak didik dapat mencintai perbuatan baik berdasarkan kesadaran yang timbul dari dirinya. Dalam kaitan inilah kita melihat banyaknya kekeliruan dan kegagalan dalam konsep dan kebijakan pendidikan nasional yang terlalu mengarahkan anak didik untuk semata-mata terampil menjawab soal. Anak dihargai tinggi jika mampu menjawab soal-soal ujian. Mata pelajaran diarahkan untuk latihan kognitif semata dengan menjejalkan informasi sebanyak mungkin kepada para siswa.
Pendidikan karakter siswa bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan dan harus berangkat dari kesadaran masing-masing individu. Sebab, segala sesuatu yang berangkat dari kesadaran akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan motivasi yang berasal dari luar dirinya.
B.     Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan karakter siswa itu sendiri pada hakikatnya tidak hanya menambah pengetahuan, tapi juga secara seimbang harus menanamkan karakter positif terhadap sikap, perilaku, dan tindakan seseorang. Tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan orang yang baik. Siapakah manusia yang baik itu? Yaitu manusia yang mengenal dirinya, lalu ia mengenal Tuhannya. Ia mengenal potensi yang ada pada dirinya dan mampu mengembangkannya. Pendidikan akan menghasilkan manusia paripurna yang dapat memaknai hakikat dirinya sebagai hamba Tuhan dan makhluk sosial. Hal ini dimaksudkan agar manusia yang berpendidikan itu cerdas otaknya sekaligus waras perilakunya.
Pendidikan harus kembali kepada fungsi asalnya, yaitu menanamkan karakter positif warga negara sesuai dengan fungsi pendidikan yang tersurat dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menjelaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Intinya, karakter warga negara harus ditopang oleh nilai-nilai moral, sehingga akan tercipta kesalehan sosial.

C.    Hubungan Keteladanan Guru dan Pendidikan Berkarakter
Guru sejatinya bukan sembarang pekerjaan, melainkan profesi yang pelakunya memerlukan berbagai kelebihan, baik terkait dengan kepribadian, akhlak, spiritual, pengetahuan dan keterampilan. Peran guru bukan sekadar mentransfer pelajaran kepada peserta didik. Tapi lebih dari itu guru bertanggungjawab membentuk karakter peserta didik sehingga menjadi generasi yang cerdas, saleh, dan terampil dalam menjalani kehidupannya. Inilah tugas guru yang amat strategis dan mulia.
Apalagi dewasa ini kehadiran guru sebagai pendidik semakin nyata menggantikan sebagian besar peran orang tua yang notabene adalah pengemban utama amanah Tuhan Yang Maha Esa yang dikaruniakan kepadanya. Dengan berbagai sebab dan alasan, orang tua telah menyerahkan bulat-bulat tugas dan tanggung jawabnya kepada guru di sekolah dengan berbagai keterbatasannya. Demikian pula masyarakat yang kontrol sosialnya semakin melemah dan pemerintah yang selama ini lebih menitikberatkan pembangunan di sektor fisik, semuanya ikut mengambil andil terhadap kegagalan pembentukan karakter bangsa.
Menyadari hal ini, pemerintah mulai tahun ajaran 2011/2012 menjadikan pendidikan berbasis karakter sebagai gerakan nasional mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi termasuk pendidikan nonformal dan informal. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyatakan, ”Pembentukan karakter siswa tidak bisa lepas dari peran guru. Bagaimana manusia Indonesia pada tahun 2045 mendatang (100 tahun Indonesia merdeka), ditentukan bagaimana guru membentuk siswa saat ini” (www.kemdiknas.go.id). Karenanya, di pundak guru terletak salah satu beban untuk merestorasi karakter dan kepribadian mulia bangsa Indonesia yang telah berada pada titik nadir. Guru diharapkan bisa mengembalikan peradaban bangsa yang tinggi, yang selama ini telah tergantikan dengan julukan bangsa yang korup, tidak memiliki kepribadian, bangsa yang kacau, jorok, bodoh, anarkis dan banyak atribut jelek lainnya yang kini melekat pada bangsa tercinta ini.
Kegagalan membentuk karakter bangsa merupakan kesalahan kolektif yang harus dibenahi bersama. Oleh karena itu solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara kolektif pula. Masing-masing kita harus instrospeksi diri dan berusaha keras untuk mencari solusi guna memperbaiki dan mengembalikan serta meningkatkan karakter positif bangsa. Lakukan yang terbaik yang kita bisa, jangan sibuk mencari kesalahan orang lain. Tapi mari kita mulai dari diri kita, orang terdekat kita dan tugas di bawah tanggung jawab kita. Dan guru adalah salah satu pilar penentu keberhasilan pendidikan karakter.
Dari berbagai asal dan dengan berbagai alasan banyak orang memilih profesi guru. Apapun latar belakangnya, apapun motivasinya, dan apapun alasannya, profesi guru menuntut kompetensi sebagai guru. Guru berkompeten yang diharapkan tentu saja guru yang tidak hanya mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, tapi juga harus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin.
Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pedagogis, personal, dan sosial. Dari keempat kompetensi tersebut, aspek yang paling mendasar untuk menjadi seorang guru yang berkarakter dan layak diteladani adalah aspek kepribadian (personalitas). Karena aspek kepribadian inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya komitmen diri, dedikasi, kepedulian, dan kemauan kuat untuk terus berbuat yang terbaik dalam kiprahnya di dunia pendidikan. Seorang guru harus memiliki kematangan, baik intelektual maupun emosional. Kematangan ini terlihat dari kemampuan bernalar dan bertutur, memberi contoh dan sikap yang baik, mengerti perkembangan anak dengan segala persoalannya, kreatif, inovatif, menguasai materi dan banyak metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan, situasi dan intelegensi peserta didik.

D.    Pembelajaran Modelling
Menurut Rani Pardini yang dikutip oleh Adhi, R (2010), ada tiga model guru berdasarkan tingkatan kualitasnya, yaitu guru okupasional, guru profesional, dan guru vokasional.
Guru okupasional adalah sosok guru yang menjalani profesi guru sekadarnya, tanpa kepedulian lebih memerhatikan anak didiknya. Guru professional adalah guru yang memiliki tanggung jawab lebih memenuhi kualifikasi undang-undang dan syarat kompetensi guru sesuai dengan regulasi yang berlaku. Sementara Guru vokasional adalah guru yang menjalani profesinya sebagai sebuah panggilan sehingga menjalani tugasnya dengan penuh antusias, sabar, komitmen, dan terus mengembangkan diri serta profesinya.
Dalam mendidik karakter sangat dibutuhkan sosok yang menjadi model. Model yang dapat ditemukan oleh peserta didik di lingkungan sekitarnya. Semakin dekat model pada peserta didik akan semakin mudah dan efektiflah pendidikan karakter tersebut. Peserta didik butuh contoh nyata, bukan hanya contoh yang tertulis dalam buku apalagi contoh khayalan. Hal ini sejalan dengan pernyataan Berk yang dikutip oleh Sit, M (2010), prilaku moral diperoleh dengan cara yang sama dengan respon-respon lainnya, yaitu melalui modeling dan penguatan.
Lewat pembelajaran modeling akan terjadi internalisasi berbagai prilaku moral, pro sosial dan aturan-aturan lainnya untuk tindakan yang baik. Demikian pula menurut Social Learning Theory dalam Bandura yang dikutip oleh Hadiwinarto, perilaku manusia diperoleh melalui cara pengamatan model, dari mengamati orang lain, membentuk ide dan perilaku-perilaku baru, dan akhirnya digunakan sebagai arahan untuk beraksi. Sebab seseorang dapat belajar dari contoh apa yang dikerjakan orang lain, sekurang-kurangnya mendekati bentuk perilaku orang lain, dan terhindar dari kesalahan yang dilakukan orang lain.

E.     Cara menjadi Guru Teladan dalam Pendidikan Berkarakter
Guru sebagai uswah atau teladan harus memiliki modal dan sifat-sifat tertentu, diantaranya:
Pertama, Guru harus meneladani Rasulullah Saw sebagai teladan seluruh alam.
Kedua, guru harus benar-benar memahami prinsip-prinsip keteladanan. Mulailah dari diri sendiri. Dengan demikian guru tidak hanya pandai bicara dan mengkritik tanpa pernah menilai dirinya sendiri. Bercermin pada filosofi ”gayung mandi”, dalam mendidik karakter guru jangan seperti gayung mandi. Gayung digunakan untuk mandi bertujuan membersihkan, tapi ia sendiri tidak pernah mandi atau membersihkan dirinya sendiri. Artinya guru harus mempraktikkannya terlebih dahulu sebelum mengajarkan karakter kepada peserta didiknya.
Ketiga, guru harus mengetahui tahapan mendidik karakter. Sekurang-kurangnya melalui tiga tahapan pembelajaran yang penulis istilahkan dengan 3P yaitu: pemikiran, perasaan dan perbuatan.
1.      Tahapan pertama pemikiran; merupakan tahap memberikan pengetahuan tentang karakter. Pada tahapan ini guru berusaha mengisi akal, rasio dan logika siswa sehingga siswa mampu membedakan karakter positif (baik) dengan karakter negatif (tidak baik). Siswa mampu memahami secara logis dan rasional pentingnya karakter positif dan bahaya yang ditimbulkan karakter negatif.
2.      Tahap kedua dalam mendidik karakter ini diistilahkan dengan perasaan; merupakan tahap mencintai dan membutuhkan karakter positif. Pada tahapan ini guru berusaha menyentuh hati dan jiwa siswa bukan lagi akal, rasio dan logika. Diharapkan pada tahapan ini akan muncul kesadaran dari hati yang paling dalam akan pentingnya karakter positif, yang pada akhirnya akan melahirkan dorongan/keinginan yang kuat dari dalam diri untuk mempraktikkan karakter tersebut dalam kesehariannya.
3.      Tahap ketiga perbuatan berperan; pada tahapan ini dorongan/keinginan yang kuat pada diri siswa untuk mempraktikkan karakter positif diwujudkan dalam kehidupannya sehari-hari. Siswa menjadi lebih santun, ramah, penyayang, rajin, jujur, dan semakin menyenangkan, menyejukkan pandangan serta hati siapapun yang melihat dan berinteraksi dengannya.

Keempat, Guru harus mengetahui bagaimana mengimplementasikan pendidikan karakter kepada siswa. Tanamkan pengertian betapa pentingnya "cinta" dalam melakukan sesuatu, tidak semata-mata karena prinsip timbal balik. Ciptakan hubungan yang mesra, agar siswa peduli terhadap keinginan dan harapan-harapan kita serta tumbuhkan rasa sayang terhadap sesama.
Kelima, guru harus menyadari arti kehadirannya di tengah siswa, mengajar dengan ikhlas, memiliki kesadaran dan tanggungjawab sebagai pendidik untuk menanamkan nilai-nilai kebenaran. Mengajar bukan untuk sekadar melepaskan tugas, mengajar karena panggilan jiwa, mengajar dengan cinta, merasa bertanggung jawab terhadap keberhasilan siswa dunia akhirat, dan mampu mengarahkan siswa tentang arti hidup.

Dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita mulia ini. Guru harus mampu menjadi modelnya. Kita tidak akan mampu membuat siswa rajin, tepat waktu, bertanggung jawab dan lain sebagainya, jika kita tidak duluan mempraktikkannya.
Negeri ini tidak hanya membutuhkan pendidikan karakter, tapi negeri ini sangat membutuhkan teladan dari pendidik karakter dan teladan dari semua komponen bangsa. Dengan demikian keinginan untuk membentuk generasi Indonesia yang santun, sadar sebagai makhluk ciptaan Tuhan, dan memiliki kepenasaranan intelektual sebagai modal dalam membangun kreatifitas dan daya inovasi dapat terwujud sesuai harapan.




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan landasan teori dan pembahasan yang terurai ditas maka dapat  disimpulkan sebagai berikut : 
1.      Pendidikan karakter siswa bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan dan harus berangkat dari kesadaran masing-masing individu. Sebab, segala sesuatu yang berangkat dari kesadaran akan lebih bertahan lama dibandingkan dengan motivasi yang berasal dari luar dirinya.
2.      Tujuan pendidikan karakter siswa itu sendiri pada hakikatnya tidak hanya menambah pengetahuan, tapi juga secara seimbang harus menanamkan karakter positif terhadap sikap, perilaku, dan tindakan seseorang.
3.      Negeri ini tidak hanya membutuhkan pendidikan karakter, tapi negeri ini sangat membutuhkan teladan dari pendidik karakter dan teladan dari semua komponen bangsa. Dengan demikian keinginan untuk membentuk generasi Indonesia yang santun, sadar sebagai makhluk ciptaan Tuhan, dan memiliki kepenasaranan intelektual sebagai modal dalam membangun kreatifitas dan daya inovasi dapat terwujud sesuai harapan.

B.      Saran
1.         Pendidikan karakter diharapkan menjadi kegiatan-kegiatan diskusi, simulasi, dan penampilan berbagai kegiatan sekolah, untuk itu guru diharapkan lebih aktif dalam pembelajarannya.
2.         Lingkungan sekolah yang positif membantu membangun karakter. Untuk itu benahi lingkungan sekolah agar menjadi lingkungan yang positif.
3.         Guru diharapkan, disiplin terlebih dulu,pasti siswa akan mengikuti disiplin juga.

DAFTAR PUSTAKA
Degeng, S Nyoman,1989,Taksonomi Variabel , Jakarta, Depdikbud.
Joni, T. Raka. 1996. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Dirjen Dikti Bagian Proyek PPGSD.
Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Genad Senduk, 2004, Pendekatan Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang,Universitas negeri Malang.
Trianto, 2009, Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta, Prestasi Pustaka Publisher.
http://eka93.student.umm.ac.id/2011/07/30/keteladanan-guru-dan-pendidikan-berkarakter/