Senin, 31 Juli 2017

GRATIS DOWNLOAD RPP SILABUS PROTA PROSEM KKM TINGKAT SMP LENGKAP 2017 - 2018

RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA KELAS VII


  • SILABUS BHS INDONESIA KLS VII.2.doc
  • SILABUS BHS INDONESIA KLS VII.1.doc
  • RPP B. INDONESIA VII.2-4.doc
  • RPP B. INDONESIA VII.2-3.docx
  • RPP B. INDONESIA VII.2-2.doc
  • RPP B. INDONESIA VII.2-1.docx
  • RPP B. INDONESIA VII.1-9..doc
  • RPP B. INDONESIA VII.1-8..doc
  • RPP B. INDONESIA VII.1-7..doc
  • RPP B. INDONESIA VII.1-6..docx
  • RPP B. INDONESIA VII.1-5..docx
  • RPP B. INDONESIA VII.1-4..docx
  • RPP B. INDONESIA VII.1-3..doc
  • RPP B. INDONESIA VII.1-2..doc
  • RPP B. INDONESIA VII.1-1..doc
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS VII.rtf
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VII.5.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VII.4.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VII.3.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VII.2.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VII.1.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA KELAS VIII


  • SILABUS BHS INDONESIA KELAS VIII.2.doc
  • SILABUS BHS INDONESIA KELAS VIII.1.doc
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.9.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.8.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.7.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.6.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.5.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.4.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.3.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.20.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.2.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.19.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.18.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.17.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.16.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.15.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.14.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.13.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.12.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.11.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.10.docx
  • RPP BAHASA INDONESIA VIII.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KI dan KD BAHASA INDONESIA KELAS VIII.rtf
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VIII.5.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VIII.4.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VIII.3.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VIII.2.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD Bhs INDONESIA VIII.1.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PRAKARYA KELAS VIII


  • Silabus Prakarya Rekayasa VIII.doc
  • Silabus Prakarya Pengolahan VIII.doc
  • Silabus Prakarya Kerajinan VIII.doc
  • Silabus Prakarya Budidaya VIII.doc
  • RPP PRAKARYA REKAYASA VIII.4.docx
  • RPP PRAKARYA REKAYASA VIII.3.docx
  • RPP PRAKARYA REKAYASA VIII.2.docx
  • RPP PRAKARYA REKAYASA VIII.1.docx
  • RPP PRAKARYA PENGOLAHAN VIII.4.docx
  • RPP PRAKARYA PENGOLAHAN VIII.3.docx
  • RPP PRAKARYA PENGOLAHAN VIII.2.docx
  • RPP PRAKARYA PENGOLAHAN VIII.1.docx
  • RPP PRAKARYA KERAJINAN VIII.4.docx
  • RPP PRAKARYA KERAJINAN VIII.3.docx
  • RPP PRAKARYA KERAJINAN VIII.2.docx
  • RPP PRAKARYA KERAJINAN VIII.1.docx
  • RPP PRAKARYA BUDIDAYA VIII.4.docx
  • RPP PRAKARYA BUDIDAYA VIII.3.docx
  • RPP PRAKARYA BUDIDAYA VIII.2.docx
  • RPP PRAKARYA BUDIDAYA VIII.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KD PRAKARYA KELAS VIII.rtf
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PRAKARYA VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PRAKARYA KELAS VII


  • Silabus Prakarya Rekayasa VII.doc
  • Silabus Prakarya Pengolahan VII.doc
  • Silabus Prakarya Kerajinan VII.doc
  • Silabus Prakarya Budidaya VII.doc
  • RPP REKAYASA 4.docx
  • RPP REKAYASA 3.DOC
  • RPP REKAYASA 2.docx
  • RPP REKAYASA 1.docx
  • RPP PENGOLAHAN 4.docx
  • RPP PENGOLAHAN 3.docx
  • RPP PENGOLAHAN 2.docx
  • RPP PENGOLAHAN 1.rtf
  • RPP KERAJINAN 4.docx
  • RPP KERAJINAN 3.docx
  • RPP KERAJINAN 2.docx
  • RPP KERAJINAN 1.docx
  • RPP BUDIDAYA 4.docx
  • RPP BUDIDAYA 3.doc
  • RPP BUDIDAYA 2.docx
  • RPP BUDIDAYA 1.doc
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KD PRAKARYA KELAS VII.rtf
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PRAKARYA VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 B. INGGRIS KELAS VII


  • Silabus Bhs Inggris Kls VII.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.9.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.8.doc
  • RPP Bahasa Inggris VII.7.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.6.doc
  • RPP Bahasa Inggris VII.5.doc
  • RPP Bahasa Inggris VII.4.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.3.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.2.docx
  • RPP Bahasa Inggris VII.11.doc
  • RPP Bahasa Inggris VII.10.doc
  • RPP Bahasa Inggris VII.1.docx
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM BAHASA INGGRIS KELAS VII.docx
  • KI-KD Bhs Inggris Kls VII.doc
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD B.INGGRIS VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 B. INGGRIS KELAS VIII




  • SILABUS BHS INGGRIS VIII.doc
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.9.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.8.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.7.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.6.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.5.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.4.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.3.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.2.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.15.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.14.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.13.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.12.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.11.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.10.docx
  • RPP BAHASA INGGRIS VIII.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KI-KD KLS VIII.doc
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD B.INGGRIS VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 IPA KELAS VII


  • SILABUS SMP IPA KLS VII.doc
  • RPP IPA 2.6.doc
  • RPP IPA 2.5.docx
  • RPP IPA 2.4.doc
  • RPP IPA 2.3.docx
  • RPP IPA 2.2.doc
  • RPP IPA 2.1.doc
  • RPP IPA 1.9.docx
  • RPP IPA 1.8.docx
  • RPP IPA 1.7.docx
  • RPP IPA 1.6.docx
  • RPP IPA 1.5.docx
  • RPP IPA 1.4.doc
  • RPP IPA 1.3.docx
  • RPP IPA 1.2.docx
  • RPP IPA 1.15.docx
  • RPP IPA 1.14.docx
  • RPP IPA 1.13.docx
  • RPP IPA 1.12.doc
  • RPP IPA 1.11.docx
  • RPP IPA 1.10.docx
  • RPP IPA 1.1.doc
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KI & KD SMP IPA.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD IPA VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 IPA KELAS VIII


  • SILABUS SMP IPA Kls VIII.doc
  • RPP IPA 1.9.docx
  • RPP IPA 1.8.doc
  • RPP IPA 1.7.docx
  • RPP IPA 1.6.docx
  • RPP IPA 1.5.doc
  • RPP IPA 1.4.docx
  • RPP IPA 1.3.docx
  • RPP IPA 1.2.doc
  • RPP IPA 1.14.doc
  • RPP IPA 1.13.docx
  • RPP IPA 1.12.docx
  • RPP IPA 1.11.doc
  • RPP IPA 1.10.docx
  • RPP IPA 1.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KI & KD SMP IPA VIII.docx
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD IPA VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA KELAS VII


  • SILABUS MATEMATIKAN KLS VII.docx
  • RPP Mat VII.9.docx
  • RPP Mat VII.8.doc
  • RPP Mat VII.7.docx
  • RPP Mat VII.6.doc
  • RPP Mat VII.5.doc
  • RPP Mat VII.4.docx
  • RPP Mat VII.3.doc
  • RPP Mat VII.22.docx
  • RPP Mat VII.21.doc
  • RPP Mat VII.20.DOC
  • RPP Mat VII.2.docx
  • RPP Mat VII.19.doc
  • RPP Mat VII.18.docx
  • RPP Mat VII.17.doc
  • RPP Mat VII.16.doc
  • RPP Mat VII.15.doc
  • RPP Mat VII.14.doc
  • RPP Mat VII.13.doc
  • RPP Mat VII.12.doc
  • RPP Mat VII.11.docx
  • RPP Mat VII.10.doc
  • RPP Mat VII.1.doc
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KI dan KD MATEMATIKA KELAS VII.rtf
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD MATEMATIKA VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA KELAS VIII




  • SILABUS MATEMATIKA KLS VIII.docx
  • RPP Mat VIII.9.docx
  • RPP Mat VIII.8.rtf
  • RPP Mat VIII.7.docx
  • RPP Mat VIII.6.docx
  • RPP Mat VIII.5.docx
  • RPP Mat VIII.4.docx
  • RPP Mat VIII.3.docx
  • RPP Mat VIII.2.docx
  • RPP Mat VIII.11.docx
  • RPP Mat VIII.10.docx
  • RPP Mat VIII.1.doc
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KI dan KD MATEMATIKA KELAS VIII.rtf
  • KAPER KELAS VII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD MATEMATIKA VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 IPS KELAS VII


  • SILABUS IPS KELAS VII.docx
  • RPP IPS VII.2-8.docx
  • RPP IPS VII.2-7.docx
  • RPP IPS VII.2-6.docx
  • RPP IPS VII.2-5.docx
  • RPP IPS VII.2-4.docx
  • RPP IPS VII.2-3.doc
  • RPP IPS VII.2-2.doc
  • RPP IPS VII.2-1.docx
  • RPP IPS VII.1-9.docx
  • RPP IPS VII.1-8.docx
  • RPP IPS VII.1-7.docx
  • RPP IPS VII.1-6.docx
  • RPP IPS VII.1-5.docx
  • RPP IPS VII.1-4.docx
  • RPP IPS VII.1-3.docx
  • RPP IPS VII.1-2.docx
  • RPP IPS VII.1-10.docx
  • RPP IPS VII.1-1.docx
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • PEMETAAN KELAS VII.xlsx
  • KI & KD KELAS VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 IPS KELAS VIII


  • SILABUS IPS KELAS VIII.docx
  • RPP IPS 8.9..docx
  • RPP IPS 8.8..docx
  • RPP IPS 8.7..docx
  • RPP IPS 8.6..docx
  • RPP IPS 8.5..docx
  • RPP IPS 8.4..docx
  • RPP IPS 8.3..docx
  • RPP IPS 8.23..docx
  • RPP IPS 8.22..docx
  • RPP IPS 8.21..docx
  • RPP IPS 8.20..docx
  • RPP IPS 8.2..docx
  • RPP IPS 8.19..docx
  • RPP IPS 8.18..docx
  • RPP IPS 8.17..docx
  • RPP IPS 8.16..docx
  • RPP IPS 8.15..docx
  • RPP IPS 8.14..docx
  • RPP IPS 8.13..docx
  • RPP IPS 8.12..docx
  • RPP IPS 8.11..docx
  • RPP IPS 8.10..docx
  • RPP IPS 8.1..docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • PEMETAAN KELAS VIII.xlsx
  • KI & KD IPS KELAS VIII.docx
  • KAPER KELAS VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PKN KELAS VII


  • SILABUS PPKn SMP KELAS VII.rtf
  • RPP PPKn VII.9.docx
  • RPP PPKn VII.8.docx
  • RPP PPKn VII.7.docx
  • RPP PPKn VII.6.docx
  • RPP PPKn VII.5.docx
  • RPP PPKn VII.4.docx
  • RPP PPKn VII.3.docx
  • RPP PPKn VII.2.docx
  • RPP PPKn VII.14.docx
  • RPP PPKn VII.13.doc
  • RPP PPKn VII.12.docx
  • RPP PPKn VII.11.docx
  • RPP PPKn VII.10.docx
  • RPP PPKn VII.1.docx
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KD PPKn KELAS VII.rtf
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PPKn VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PKN KELAS VIII




  • SILABUS PPKn SMP VIII.rtf
  • RPP PPKn VIII.9.docx
  • RPP PPKn VIII.8.docx
  • RPP PPKn VIII.7.docx
  • RPP PPKn VIII.6.docx
  • RPP PPKn VIII.5.docx
  • RPP PPKn VIII.4.docx
  • RPP PPKn VIII.3.docx
  • RPP PPKn VIII.2.docx
  • RPP PPKn VIII.17.docx
  • RPP PPKn VIII.16.docx
  • RPP PPKn VIII.15.docx
  • RPP PPKn VIII.14.docx
  • RPP PPKn VIII.13.docx
  • RPP PPKn VIII.12.docx
  • RPP PPKn VIII.11.docx
  • RPP PPKn VIII.10.docx
  • RPP PPKn VIII.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KD PPKn KELAS VIII.rtf
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PPKn VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PAI KELAS VII


  • Silabus PAI Kls 07.doc
  • rpp-bab-9.docx
  • rpp-bab-8.docx
  • rpp-bab-7.docx
  • rpp-bab-6.docx
  • rpp-bab-5.docx
  • rpp-bab-4.docx
  • rpp-bab-3.docx
  • rpp-bab-2.docx
  • rpp-bab-13.docx
  • rpp-bab-12.docx
  • rpp-bab-11.docx
  • rpp-bab-10.docx
  • rpp-bab-1.docx
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KD PAI Kelas 7.doc

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PAI KELAS VIII


  • Silabus PAI Kls 8.docx
  • RPP PAI 8.9.docx
  • RPP PAI 8.8.docx
  • RPP PAI 8.7.docx
  • RPP PAI 8.6.docx
  • RPP PAI 8.5.docx
  • RPP PAI 8.4.docx
  • RPP PAI 8.3.docx
  • RPP PAI 8.2.docx
  • RPP PAI 8.10.docx
  • RPP PAI 8.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KD PAI Kelas 8.doc
  • KAPER KELAS VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PENJAS KELAS VII


  • Silabus SMP Kelas VII.docx
  • RPP PENJAS VII.9.docx
  • RPP PENJAS VII.8.docx
  • RPP PENJAS VII.7.docx
  • RPP PENJAS VII.6.docx
  • RPP PENJAS VII.5.docx
  • RPP PENJAS VII.4.docx
  • RPP PENJAS VII.3.doc
  • RPP PENJAS VII.20.docx
  • RPP PENJAS VII.2.doc
  • RPP PENJAS VII.19.docx
  • RPP PENJAS VII.18.docx
  • RPP PENJAS VII.17.docx
  • RPP PENJAS VII.16.docx
  • RPP PENJAS VII.15.docx
  • RPP PENJAS VII.14.docx
  • RPP PENJAS VII.13.doc
  • RPP PENJAS VII.12.docx
  • RPP PENJAS VII.11.docx
  • RPP PENJAS VII.10.docx
  • RPP PENJAS VII.1.doc
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KD PENJAS KELAS VII.rtf
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PENJAS VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 PENJAS KELAS VIII




  • Silabus SMP Kls. VIII.doc
  • RPP PENJAS VIII.9.docx
  • RPP PENJAS VIII.8.docx
  • RPP PENJAS VIII.7.docx
  • RPP PENJAS VIII.6.docx
  • RPP PENJAS VIII.5.docx
  • RPP PENJAS VIII.4.docx
  • RPP PENJAS VIII.3.docx
  • RPP PENJAS VIII.20.docx
  • RPP PENJAS VIII.2.docx
  • RPP PENJAS VIII.19.docx
  • RPP PENJAS VIII.18.docx
  • RPP PENJAS VIII.17.docx
  • RPP PENJAS VIII.16.docx
  • RPP PENJAS VIII.15.docx
  • RPP PENJAS VIII.14.docx
  • RPP PENJAS VIII.13.docx
  • RPP PENJAS VIII.12.docx
  • RPP PENJAS VIII.11.docx
  • RPP PENJAS VIII.10.docx
  • RPP PENJAS VIII.1.docx
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KD PENJAS KELAS VIII.rtf
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD PENJAS VIII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 SENBUD KELAS VII


  • Silabus Seni Tari VII.doc
  • Silabus Seni Musik VII.doc
  • RPP Tari VII.2.4.docx
  • RPP Tari VII.2.3.docx
  • RPP Tari VII.2.2.docx
  • RPP Tari VII.2.1.docx
  • RPP Tari VII.1.4.docx
  • RPP Tari VII.1.3.docx
  • RPP Tari VII.1.2.docx
  • RPP Tari VII.1.1.docx
  • RPP Musik VII.2.4.doc
  • RPP Musik VII.2.3.docx
  • RPP Musik VII.2.2.docx
  • RPP Musik VII.2.1.docx
  • RPP Musik VII.1.4.docx
  • RPP Musik VII.1.3.docx
  • RPP Musik VII.1.2.docx
  • RPP Musik VII.1.1.docx
  • PROTA KELAS VII.docx
  • PROSEM KELAS VII.docx
  • KI dan KD Seni Budaya VII.doc
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD SENI BUDAYA VII.docx

  • RPP, SILABUS, PROTA, PROSEM, KKM, SMP KURIKULUM 2013 SENBUD KELAS VIII


  • Silabus Seni Rupa VIII.doc
  • Silabus Seni Musik VIII.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.2.3.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.2.2.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.2.1.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.1.4.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.1.3.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.1.2.doc
  • RPP Seni Rupa VIII.1.1.docx
  • RPP Seni Musik VIII.2.3.docx
  • RPP Seni Musik VIII.2.2.docx
  • RPP Seni Musik VIII.2.1.docx
  • RPP Seni Musik VIII.1.4.docx
  • RPP Seni Musik VIII.1.3.docx
  • RPP Seni Musik VIII.1.2.docx
  • RPP Seni Musik VIII.1.1.doc
  • PROTA KELAS VIII.docx
  • PROSEM KELAS VIII.docx
  • KI dan KD Seni Budaya VIII.doc
  • KAPER KELAS VIII.docx
  • Analisis Keterkaitan SKL KI KD SENI BUDAYA VIII.docx
  • Rabu, 12 Juli 2017

    Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 Terbaru Tahun Pelajaran 2017-2018 (Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS)

    A.      Pendahuluan
    Tahap pertama dalam pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).  Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD/MI dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Untuk menyusun RPP yang benar Anda dapat mempelajari hakikat, prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP seperti yang salah satunya tertera pada Permendiknas tentang Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah - Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran nomor 103 Tahun 2014. Namun peraturan ini diperbaharui dengan keluarnya Permendikbud No 23 tentang standar penilaian dan panduan penilaian terbaru.
    Perbaikan selanjutnya adalah dalam mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selain PPK pada pembelajaran perlu juga diintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
    Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat; perdalaman dan perluasan dapat berupa penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
    Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
     Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita. Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
     Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi meruapakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
    Sehingga di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita buat agar muncul empat macam hal tersebut (PPK, Literasi, 4C, dan HOTS) maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.
    Pada tulisan ini dilengkapi uraian tentang komponen RPP serta contoh RPP untuk beberapa mata pelajaran yang telah mengalami perbaikan dengan mengintegrasikan  PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Namun contoh RPP ini hanya untuk contoh didalam menjelaskan komponen pengeintegrasiannya, dengan kata lain keterangan dalam bentuk caption (balon) tersebut hanya untuk menjelaskannya di dalam RPP sebenarnya tidak ada. Selanjutnya pada akhir tulisan ini terdapat tautan untuk mengunduh bahan yang diperlukan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

    B.       Format RPP
    Secara lebih jelas komponen-komponen RPP secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  
    (RPP)
    Sekolah                      :   SMA Negeri 21 Batam
    Mata pelajaran           :   Kimia
    Materi Pokok              :   Reaksi Redoks
    Kelas/Semester          :    X/1
     Alokasi Waktu           :   2 x 45 Menit (2 JP)
    A.     Kompetensi Inti (KI)

               Kompetensi sikap:
      (untuk mata pelajaran agama dan PKN dituliskan KI 1 dan KI 2)

    KI-3 :……………….
    KI-4 :………………                                                     
          Contoh:
    B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
     (untuk mata pelajaran agama dan PKN dituliskan KD 1 dan KD2 dituliskan KD beserta indikatornya)
    3.1………………
    Indikator Pencapaian Kompetensi
    3.1.1………..
    3.1.2…………, dst
    4.1………………
    Indikator Pencapaian Kompetensi
    4.1.1………….
    4.1.2…………., dst
    Contoh:
    C.  Tujuan Pembelajaran
      (Tujuan pembelajaran merupakan tujuan pembelajaran dari KD yang didalamnya ada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditulis dalam satu deskripsi serta memenuhi kriteria ABCD)
          Contoh:




     
    D.Materi Pembelajaran 
         (disajikan dari materi yang terdapat pada indikator pencapaian kompetensi.   Rincian materi setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran)
         Contoh:




    E.Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
           Model yang disarankan adalah model yang didalam langkah-langkah sesuai dengan proses berpikir saintifik. Model tersebut adalah discovery learning, inquri, problem base learning, dan project base learning.
         Contoh:
     



    F. Media Pembelajaran
     Contoh: 
    Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD, alat Lab
    G.  Sumber Pembelajaran
     Contoh:
         1.       Buku Kimia Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2013.
         2.    Internet
         3.       Buku/ sumber lain yang relevan.
    H.   Kegiatan Pembelajaran
          (pada kegiatan pembelajaran sebaiknya tergambar PPK, literasi, 4C, dan HOTS)
    Indikator: …
    (indikator yang dirujuk untuk pembelajaran pertemuan pertama)












    1.    Pertemuan Pertama: (2 JP)
    a.      Kegiatan Pendahuluan
    Contoh:







         

      (Contoh di atas PPK-nya adalah religius dengan cara berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran)
    b.      Kegiatan Inti 
         [Kegiatan inti pada pembelajaran ini merupakan langkah-langkah dari model discovery learning, karena diharapkan peserta didik menemukan konsep reaksi oksidasi dan reduksi secara mandiri dan/atau berkelompok. Model ini terdiri dari 6 langkah/sintak, yakni: 1)Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), 2)Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah), 3) Data collection (pengumpulan data), 4)Data processing (pengolahan data), 5)Verification (pembuktian), 6)Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)].
    Contoh: 
          Langkah 1:
        (Contoh di atas PPK-nya adalah rasa ingin tahu dan gemar membaca, 4C-nya berupa critical thinking, ada literasi serta HOTS-nya


     Langkah 2:










      

    (Contoh di atas terdapat 4C-nya berupa collaboration dan critical thinking)
     Langkah 3:

    (Contoh di atas PPK-nya adalah rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, demokratis, komunikatif, dan tanggungjawab; 4C-nya berupa colaboration, critical thinking, creativity, dan communication; ada literasi serta HOTS-nya)
     Langkah 4:









     (Contoh di atas terdapat 4C-nya berupa communication)
     Langkah 5:



















    (Contoh di atas 4C-nya berupa critical thinking, communication; ada literasi serta HOTS-nya)
     Langkah 6:








      
     (Contoh di atas 4C-nya berupa critical thinking dan communication)
    c.       Kegiatan Penutup
    Contoh:
    2.    Pertemuan Kedua: (...JP)
    Indikator: …
    (indikator yang dirujuk untuk pembelajaran pertemuan kedua)
    a.  Kegiatan Pendahuluan
    b.  Kegiatan Inti
    c.  Kegiatan Penutup
    3.      Pertemuan seterusnya.
    I.      Penilaian
    1.      Penilaian Pengetahuan
    a.      Aspek yang di nilai
    b.      Teknik penilaian
    c.       Instrumen (terlampir)
    d.      Rubrik Penilaian (terlampir)
    2.      Penilaian Keterampilan
    a.      Aspek yang di nilai
    b.      Teknik penilaian
    c.       Instrumen (terlampir)
    d.      Rubrik Penilaian (terlampir)

    Contoh:





















    Lampiran:
             1.         Materi Pembelajaran Pertemuan 1
                     (materi ini dapat berupa ringkasan materi atau hand out sehingga nanti kalau 
                     dikumpulkan bisa menjadi modul)
             2.         Instrumen Penilaian Pertemuan 1
                     (instrumen penilaian ini terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan      yang dilengkapi dengan bentuk/teknik penilaian dan instrumennya serta kisi-kisi dan pedoman 
                      penskorannya)
             3.         Materi Pembelajaran Pertemuan 2
             4.         Instrumen Penilaian Pertemuan 2
    dan seterusnya tergantung banyak pertemuan.
    Catatan : Format RPP di atas tidak baku, guru dapat mengembangkan format RPP sesuai dengan kebutuhan dengan tidak mengurangi  esensi dari RPP dan caption atau balon dalam RPP sebenarnya tidak ada.

    Demikianlah ringkasan panduan cara membuat RPP kurikulum 2013 dengan perbaikan beberapa komponen. Jadi ini hanya lah suatu panduan untuk membuat RPP dan semuanya tergantung juga dengan karakteristik satuan pendidikan bapak/ibu guru semua. Namun yang terpenting adalah RPP yang baik adalah RPP yang bisa kita laksanakan dalam pembelajaran dan memberikan perubahan kepada anak didik kita.
    Link Download : 
    1. Contoh RPP Kimia 1
    2. Contoh RPP Kimia 2
    3. Contoh RPP PKn
    4. Contoh RPP Bahasa Indonesia
    5. Contoh RPP Matematika Wajib
    6. Contoh RPP Sejarah Indonesia
    7. Panduan Penilaian Terbaru
    8. Dinamika Perkembangan Kurikulum

    Bahan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK):
    1. Penguatan Pendidikan Karakter
    2. Konsep dan Pedoman PPK
    3. Modul PPK bagi Komite Sekolah
    4. Modul PPK bagi Kepala Sekolah
    5. Modul PPK bagi Guru
    6. Modul PPK bagi Pengawas
    7. Panduan Penilaian PPK

    Bahan Literasi:
    1. Literasi dalam Pembelajaran
    2. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah 
    3. Panduan Gerakan Literasi Sekolah 
    4. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah

    Bahan HOTS:
    1. Naskah Pengembangan Butir Soal HOTS
    2. Kisi-Kisi Soal HOTS

    Sumber :  http://www.oasepembelajaran.com

    Penyusunan RPP K13 Edisi Revisi 2017 Terbaru, Point Yang Wajib Muncul Dalam RPP

     
    Kurikulum 2013 sekarang sudah direvisi lagi untuk tahun 2017. Revisi K13 Tahun 2017 tidak terlalu signifikan, namun perubahan di fokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD)
    Sedangkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

    Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
    Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

    Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill)
    Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.

    Pengintegrasian dapat berupa :
    Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
    Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
    Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

    Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
    Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
    Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

    Penjelasan Singkat tentang Gerakan Literasi Sekolah
    Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
    Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

    Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. 
    Literasi dapat dijabarkan menjadi ;
    Literasi Dini (Early Literacy),
    Literasi Dasar (Basic Literacy),
    Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
    Literasi Media (Media Literacy),
    Literasi Teknologi (Technology Literacy),
    Literasi Visual (Visual Literacy).

    Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
    Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi.
    Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

    Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
    Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.
    Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan 

    kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
    Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). 
    Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

    sumber: http://www.zainalinfopendidikan.com