Selasa, 12 April 2016

Lomba Project Based Learning (PBL) – Olimpiade TIK Nasional 2016



Lomba Project Based Learning (PBL) – Olimpiade TIK Nasional 2016


A.      Tema OTN                           : ICT for All
Tema PBL                            : STEM with ICT

B.      Tujuan
Lomba Project Based Learning ini bertujuan agar peserta didik mampu mengimplementasikan ilmu yang sudah mereka pelajari di sekolah ke dalam sebuah project. Sesuai dengan tema  yang diusung, diharapkan peserta mampu menerapkan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Math) ke dalam project yang mereka buat.

C.      Petunjuk Pelaksanaan Seminar Computer Science
Hari                        : Jumat
Tanggal                 : 6 Mei 2016
Pukul                     : 08.00 – 11.00
Tempat                : Aula KEMDIKBUD, Jakarta.

D.      Petunjuk Pelaksanaan Lomba PBL
Hari                        : Sabtu
Tanggal                 : 7 Mei 2016
Pukul                     : 08.00 – 11.30
Tempat                : KEMDIKBUD, Jakarta.

E.       Ketentuan Peserta dan Pendamping
·         Team lomba terdiri dari 2 orang siswa/i.
·         1 team lomba akan didampingi oleh 1 orang pendamping.
·         Pendamping dari sekolah merupakan perwakilan (Guru, Wakil, KepSek) dari Sekolah team lomba.
·         Peserta PBL adalah jenjang SD/MI (kelas IV dan V), SMP/MTS(kelas VII,VIII) dan SMA/MA/SMK (kelas X,XI) atau sederajat.
·         Pendamping  team Sekolah  wajib  mengikuti  Seminar  Computer Science yang diadakan oleh panitia ( 6 Mei 2016 )
·         Team akan mengaplikasikan/membuktikan ilmu yang sudah dipelajari di sekolah dan dikombinasikan dengan beragam peralatan dalam suatu project berbasis STEM.
Contoh :
1.       Project gelombang dapat merambat selain di udara dengan smartphone (contoh ini sudah pernah dipublikasikan sebelumnya- Sains).
2.       Project energi terbarukan dengan merubah cahaya matahari menjadi energi dengan alat sederhana dan murah (contoh ini sudah pernah dipublikasikan dan dilombakan sebelumnya-Engineering)
3.       Project alat untuk mengurai air sabun sisa pencucian motor (cuci steam) menjadi air bersih sehingga dapat digunakan kembali (contoh ini sudah pernah dipublikasikan sebelumnya-Sains).
4.       Project alat untuk mengetahui kapasitas serta sisa ruang  flashdisk/memory card tanpa melalui komputer atau smartphone (contoh ini sudah pernah dilombakan sebelumnya-Teknologi).


·         Setiap team yang mengikuti PBL sudah mempersiapkan dengan baik karya yang dibuatnya untuk didemokan kepada juri saat lomba dan penilaian.
·         PBL ini adalah implementasi dari pelajaran yang sudah peserta dapatkan di sekolah, baik dari segi Sains (Fisika/Kimia/Biologi), Teknologi atau Matematika.

A.      Juknis
1.       Calon peserta WAJIB mengirimkan proposal Project Based Learning peserta ke email yose.rizal@eduspecindonesia.com untuk seleksi awal. Batas akhir pengiriman proposal   PBL peserta(team) adalah 18 April 2016.
2.       Sekolah yang lolos seleksi akan mengirimkan 1 team lomba PBL mereka.
3.       Sekolah yang lolos seleksi lomba PBL akan diumumkan pada 22 April 2016 di website resmi KOGTIK (www.kogtik.or.id )
4.       Peserta yang lolos seleksi awal sudah tiba di Jakarta 1 hari (H-1) sebelum pembukaan Olimpiade TIK 2016 (5 Mei 2016).
5.       Peserta diharapkan sudah datang ke lokasi acara 1 jam sebelum lomba dimulai (7 Mei 2016)
6.       Peserta agar selalu menjaga kebersihan baik dalam maupun sekitar lingkungan KEMDIKBUD.
7.       Project yang ditampilkan merupakan karya orisinil peserta, bukan yang sudah pernah dipublikasikan di media apapun, atau dilombakan sebelumnya dimanapun.
8.       Pendaftaran dibuka  hingga 18  April 2016.
9.       Panitia dan juri berhak men-diskualifikasi peserta, sebelum-selama-sesudah penjurian dilakukan apabila ditemukan penyimpangan dari aturan serta ketentuan yang diberikan sebelumnya.
10.   Dengan mendaftarkan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan  yang ditetapkan.
11.   Panitia dan Juri diperbolehkan menambahkan aturan serta ketentuan lain diluar yang sudah ditetapkan bilamana diperlukan.
12.   Keputusan panitia dan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

B.      Peraturan Lomba
1.       Project sudah disiapkan sebelumnya (tidak dikerjakan di lokasi)
2.       Peserta yang belum siap saat juri akan melakukan penilaian akan dianggap gugur.
3.       Saat waktu lomba dimulai, setiap team sudah harus siap untuk diberikan penilaian akan project yang telah dibuatnya.
4.       Pendamping  team  dilarang membantu  peserta dalam bentuk apapun pada waktu penilaian oleh juri saat acara berlangsung.

C.      Presentasi
Tiap team akan diberikan waktu maksimal 10 menit untuk mempresentasikan project  yang telah mereka siapkan.


A.      Penilaian
Aspek Penilaian
Penilaian (poin)
Presentase %
a. Originalitas
15 %
b. Hubungan antara tema dan project
20 %
c. Kecepatan, akurasi, dan kebersihan.
10 %
d. Pemahaman teori dalam implementasi project
25 %
e. Kreatifitas  Ide project
30 %
TOTAL
100 %

LANJUTAN LOMBA BLOG



4.       Tulisan bersifat baru, orisinal (karya sendiri) dan belum pernah dipublikasikan dimedia apapun sebelumnya atau diikut sertakan dalam lomba sejenis
5.       Gaya penulisan bebas dan tidak harus baku, disesuaikan dengan karakter khas peserta
6.       Peserta diberi kebebasan untuk mengembangkan tema lomba tanpa keluar dari yang ditentukan
7.       Peserta menulisakan sebanyak mungkin postingan/artikel blog sesuai dengan tema yang ditetapkan
8.       Tidak mengandung diskriminasi SARA
9.       Tidak melanggar hak cipta atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
10.       Peserta diwajibkan memasang badge/banner perlombaan sebelum tanggal 19 April 2016, banner dapat diunduh (http://goo.gl/sm8i65)
11.       Min. 3 postingan/artikel antara 3-18 April 2016
12.       Pendamping peserta dilarang membantu peserta dalam bentuk apapun pada waktu penilaian oleh juri saat acara berlangsung
13.   Artikel sudah disiapkan sebelumnya (tidak dikerjakan dilokasi)
14.   Peserta belum siap saat juri akan melakukan penilaian akan diangggap gugur
15.   Saat lomba dimulai, setiap peserta sudah harus siap untuk diberikan penilaian artikel yang telah dibuat
16.   Setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan kehadapan juri mengenai:
a.       Tema/Ide blog yang diangkat, beserta alasanya
b.       Feature content (artikel yang ada didalamnya)
  
A.      Presentasi
Tiap peserta akan diberikan waktu maksimal 10 menit untuk mempresentasikan Artikel yang telah disiapkan.

B.      Penilaian
No.
Aspek Penilaian
Penilaian(Poin)
Presentase
1
Kesesuaian tema
15%
2
Kualitas Artikel
15%
3
Orisinalitas
20%
4
Jumlah artikel/post (Min. 3)
5%
5
Kreatifitas*
15%
6
SEO
10%
7
Menarik*
5%
8
Kerapian*
10%
9
Penguasaan materi
5%
Total
100%


Keterangan
·         Kualitas artikel   : Informatif, Edukatif
·         Kreatifitas           : Keunikan dalam mengolah sumber daya yang ada (gaya penulisan)
·         Menarik               : Harmonisasi warna, memiliki estetika dan artistic
·         Kerapihan           : Tata letak, tidak memiliki artibut yang mengganggu penyajian konten