NASKAH 2 :
LOMBA MENGETIK CEPAT TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTs
Tingkat : SD/MI
dan SMP/MTs
Durasi : 10
Menit *)
Sifat : PENILAIAN
PERANAN KOMPUTER
BAGI ANAK
Pada awalnya
komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi
yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi
dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer
dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar
baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai media tutorial,
alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing
mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media
tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat
belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi
interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia
dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar
mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan
dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih
belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan
moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai
kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi
membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Yang saat ini perlu
menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara
memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan
program-program aplikasi (software) yang bersifat mendidik yang mempunyai
kemampuan menumbuh kembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih
saraf motorik anak.
|
26
93
164
230
303
370
443
514
529
602
667
738
802
868
928
998
1072
1140
1202
1257
1328
1395
1466
1539
1600
|
Sumber : https://m3gunk.wordpress.com