Rabu, 17 Februari 2016

Panduan Pembuatan RPP Kurikulum Nasional

Juknis atau petunjuk tekhnis pembuatan RPP Kurikulum Nasional atau Kurikulum 2013 sebagaiman kami lampirkan dibawah ini link unduhan nya merupakan panduan yang bisa dijadikan referensi Bapak/Ibu dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, sebagaiman telah kita ketahui bersama Panduan Pembuatan RPP pada tiap Kurikulum selalu ada baik itu KTSP 2006 maupun yang saat ini Kurikulum 2013, tak berbeda jauh unsur materi dalam pembuatan RPP

Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu hari.
Panduan Pembuatan RPP Kurikulum Nasional

Komponen RPP
  • Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
  • Kelas/Semester
  • Tema
  • Subtema
  • Pembelajaran ke-
  • Alokasi waktu
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar dan Indikator
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media, alat, dan sumber  pembelajaran
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Penutup
  • Penilaian
Proses Penyusunan RPP
Mengkaji Silabus Tematik, Pada kurikulum 2013, silabus telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan ke dalam bentuk proses pembelajaran
Mengkaji Buku Guru
Pada buku guru terdapat diantaranya: Kompetensi Inti (KI) Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), Pemetaan Indikator, Tujuan Pembelajaran Media dan alat pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Refleksi, Pengayaan dan Remedial
Pendampingan bersama orangtua
Mengkaji Buku Siswa
Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang memudahkan siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran
Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Disusun untuk memberikan bantuan kepada para guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional Memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru Merupakan langkah-langkah guru dalam membuat peserta didik aktif belajar.
Selengkapnya silahkan unduh pada link dibawah ini......

Download Permendikbud No 53 Tahun 2015 Penilaian Kurikulum 2013 Baru

Kurikulum 2013 baru yang sedang dalam tahap berlaku secara nasional kini memiliki acuan kebijakan baru, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  nomor 53 tahun 2015 tentang  penilaian hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan  pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini semua ketentuan tentang penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik dan Satuan Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang sudah ada sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri ini.

Dengan berlakunya Peraturan Menteri ini, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 10
(1) Hasil belajar yang diperoleh dari penilaian oleh pendidik digunakan untuk menentukan kenaikan kelas peserta didik.
(2) Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
(3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku bagi peserta didik SDLB/SMPLB/SMALB/SMKLB.
Download Permendikbud No 53 Tahun 2015 Penilaian Kurikulum 2013 Baru

Mekanisme Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan meliputi:
a. menyusun perencanaan penilaian tingkat Satuan Pendidikan;
b. KKM yang harus dicapai oleh peserta didik ditetapkan oleh Satuan Pendidikan;
c. penilaian dilakukan dalam bentuk Penilaian Akhir dan Ujian Sekolah/Madrasah;
d. Penilaian Akhir meliputi Penilaian Akhir semester dan Penilaian Akhir tahun;
e. hasil penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi;
f. hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran;
g. laporan hasil penilaian pendidikan pada akhir semester, dan akhir tahun ditetapkan dalam rapat dewan guru berdasar hasil penilaian oleh pendidik dan hasil penilaian oleh Satuan Pendidikan; dan
h. kenaikan kelas dan/atau kelulusan peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan guru.

Guru Harus Tahu Inilah Hasil Revisi Final Kurikulum 2013

Hasil Revisi Kurikulum 2013 edisi final 2016, Revisi K13 ini diyakini sudah final.
Sistem Penilaian dalam Kurikulum 2013 akan mengalami perubahan kembali, dari sistem satuan (1 - 4) dikembalikan menjadi puluhan (0 - 100) seperti pada sistem sebelumnya. Ini disebabkan karena banyaknya aduan dari Orang Tua Wali murid yang sulit mengerti dengan sistem Penilaian yang dilakukan seperti di Perguruan Tinggi.

Beberapa Perubahan Penilaian dalam K13 yang akan diterapkan dalam tahun ini antara lain :
  1. Penilaian Sikap
  2. Ketuntasan Belajar
  3. Mekanisme dan Prosedur
  4. Pengolahan
  5. Laporan Hasil Belajar
Konsep Penilaian 
Tujuan penilaian:
Formatif(membentuk karakter dan perilaku, menjadikan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat); diagnostik(melihat perkembangan peserta didik dan feedback-koreksi pembelajaran), dan mengukur achievement/capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran
Ranah yang dinilai:
  • Pengetahuan
  • Keterampilan dan
  • Sikap dan perilaku (attitude and behavior pembiasaan dan pembudayaan)
Hasil Revisi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran,Penilaian Dan Kriteria Ketuntasan

Proses penilaian: lebih sederhana, terjangkau untuk dilakukan, tidak menjadi beban bagi guru/siswa, tetapi tetap mengutamakan prinsip dan kaidah penilaian

Penilaian yang dilakukan tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessmet for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).

Penilaian Untuk, Sebagai dan Atas Pembelajaran
Pengertian Penilaian Autentik
Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya

Tujuan Penilaian Authentic
  1. Menjadikan siswa pembelajar yang berhasil menguasai pengetahuan
  2. Melatih ketrampilan siswa menggunakan pengetahuannya dalam konteks kehidupannya
  3. Memberi kesempatan siswa menyelesaikan masalah nyata
  4. Prinsip Penilaian
  5. Mendorong siswa berpikir krirtis dan menerapkan pengetahuan
  6. Mengukur capaian kompetensi siswa
  7. Penilaian berdasar kriteria (criterion-referenced)
  8. Berkelanjutan, untuk perbaikan dan peningkatan
  9. Analisa untuk tindak lanjut pembelajaran
  10. Sesuai pengalaman belajar siswa
  11. Prinsip Khusus Penilaian Authentic
  12. Materi penilaian dikembangkan dari kurikulum.
  13. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
  14. Berkaitan dengan kemampuan peserta didik.
  15. Berbasis kinerja peserta didik.
  16. Memotivasi belajar peserta didik.
  17. Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
  18. Memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya.
  19. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  20. Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
  21. Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
  22. Menghendaki balikan yang segera dan terus menerus.
  23. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
  24. Terkait dengan dunia kerja.
  25. Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata.
  26. Menggunakan berbagai cara dan instrumen.
  27. Tujuan Penilaian 
  28. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik bertujuan untuk:
Formatif (membentuk karakter dan perilaku, menjadikan pembelajar sepanjang hayat – to drive learning, terampil),
Diagnostik (melihat perkembangan siswa dan feedback-koreksi pembelajaran), serta
Achievement (mengukur capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran

Prinsip-prinsip Penilaian

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai capaian pembelajaran. Jadi bukan KOMPETISI
Penilaian kompetensi merupakan penilaian DISKRIT bukan KONTINU
Penilaian DISKRIT pada skala 0 – 100
Penilaian dalam bentuk deskripsi dengan klasisfikasi: tidak/atau kurang kompeten, cukup kompeten, kompeten, sangat kompeten

Kriteria Ketuntasan
Penilaian berdasarkan Acuan Kriteria: penilaian kemajuan peserta didik dibandingkan dengan kriteria capaian kompetensi yang ditetapkan.
Ketuntasan kompetensi sikap dalam bentuk deskripsi minimal Baik.
Skor rerata untuk ketuntasan kompetensi pengetahuan ditetapkan minimal 60.
Capaian optimum untuk ketuntasan kompetensi keterampilan ditetapkan minimal 60.
Sekolah dapat menentukan batas ketuntasan diatas standar dengan mempertimbangkan aspek-aspek tertentu sesuai dengan karakteristik dan potensi sekolah
Nilai pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0 - 100. (tanpa dilengkapi dengan predikat D-A )
Penyempurnaan pada Penilaian Kelas

Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan observasi yang dituangkan dalam catatan guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas yang berupa catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental record), dan informasi lain yang valid dan relevan.

Dalam pelaksanaan penilaian sikap diasumsikan setiap peserta didik memiliki perilaku yang baik, sehingga jika tidak dijumpai perilaku yang sangat baik atau kurang baik maka nilai sikap peserta didik tersebut dianggap sesuai dengan indikator yang diharapkan.

Penilaian diri dan penilaian antar teman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

Penilaian Sikap

Penilaian Sikap adalah penilaian terhadap perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran, di dalam kelas, dan di luar kelas untuk menumbuhkembangkan sikap, perilaku dan karakter setiap peserta didik.
Penilaian sikap Spiritual dilakukan dalam rangka membentuk sikap siswa agar mampu menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Penilaian sikap Sosial dilakukan utk membentuk sikap sosial siswa yang mampu menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan lingkungan alam dimana mereka berada

ALUR PENILAIAN SIKAP
Langkah-langkah membuat rekapitulasi penilaian kompetensi sikap selama satu semester:
  • Guru MP, wali kls, dan BK melakukan penilaian sikap selama pembelajaran melalui pengamatan dengan mencatat setiap kejadian yang menonjol
  • Catatan hasil pengamatan sikap yang dilakukan oleh guru MP , wali kls, dan BK serta hasil catatan penilaian diri dan antar teman dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap spiritual dan kompetensi 
  • sikap sosial.
  • Buat deskripsi pada kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial yang sesuai dengan pencapaian peserta didik berdasarkan catatan observasi.
  • Deskripsi pada kompetensi sikap ditulis dengan kalimat positif berdasarkan kumpulan hasil observasi (catatan) aspek yang menonjol.
  • Deskripsi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial yang belum mencapai kriteria (indikator) dideskripsikan sebagai aspek yang perlu pembimbingan.
  • Deskripsi sikap setiap siswa oleh guru MP diserahkan ke wali kelas
  • Wali kelas mengolah deskripsi setiap siswa asuhnya untuk menjadi deskripsi sikap akhir
  • Wali kelas menulis deskripsi sikap setiap siswa pada rapor
sumber info Kurikulum 2013 Net

Cara membagi bandwidth client Komputer tanpa software



Daya signal frekwensi internet, dimana Setiap Komputer dalam menggunakan atau terhubung dengan internet oleh provider akan diberikan kapasitas Bandwith contohnya : 64 kb/s atau 512 Kb/s dst.
Untuk pemakaian bisnis seperti Perkantoran dan Warnet, perlu dibuat pembagian Bandwith, agar setiap komputer yang terhubung dengan internet dalam satu jaringan memilik bagian yang sama besar. Bila tidak ada pengaturan Bandwith maka dalam sebuah jaringan siapa yang lebih dahulu memakai komputer dan melakukan download software yang kapasitas besar, maka sebahagian besar Bandwith akan ter arah ke kumputer tersebut, sementara komputer lain speed internetnya akan melambat bahkan mungkin tidak dapat browsing internet.
Ada dua Cara untuk mengontrol Bandwith antara lain :
1. Setting pada OS
2. Dengan Menggunakan Software Kontrol Bandwith
Yang akan di bahas di sini adalah membagi Bandwith untuk Client Komputer tanpa menggunakan Software
Cara nya adalah sebagai berikut:
  1. Klik start ==> run
  2. Lalu ketik gpedit.msc, Kemudian setelah itu keluar kotak “Group Policy”
  3. Di “ Computer Configuration “, Pilih “Administrative Templates“
  4. Lalu pilih “ Network “
  5. Klik pada “QoS Packet Scheduler “
  6. Setelah itu Pilih Pada “ Limit reservable Bandwidth “
  7. Pilih dari “ Not Configured “ menjadi “ Enable “
  8. Setelah itu Pada tabel bawah pada tulisan “ Bandwidth Limit % “ Ubah Dari “20” Menjadi “80 atau 20”, Lalu “Apply” , “ OK “. setting ini tergantung dari jumlah komputer, jika kita mau setting setiap komputer dapet bandwith 10% maka kita tinggal masukan angka 90%, bila setiap komputer ingin kita set dapat 20% maka tinggal kita masukan angka 80%.
Semoga Bermanfaat

Software Pendidikan

Softwere pendidikan dikhususkan untuk dunia pendidikan termasuk didalamnya software mate-matika, kimia, elektronika, elektrik, juga bahasa program dan lain-lainnya yang berkaitan dengan pendidikan
  1. Simulator Mikroprosesor assembler
  2. Membuat Skema Rangkaian Elektronik dan PCB Layout
  3. Mengelola Koleksi E-Book dengan Calibre
  4. ABC Kid Genius 3.0
  5. MathType.6.7a
  6. ClassRoom GradeBook
  7. MartView
  8. Microsoft Biology Foundation 2.0 Beta 1
  9. Create Game with Scratch 1.4
  10. Beberapa software programer gratis
  11. Penulisan Kanji Hiragana and Katakana
  12. Kamus Bahasa Jepang
  13. Simulasi Untuk Belajar Fisika
  14. Software Simulasi Kereta Api
  15. Software Membuat Kuis
  16. Microsoft Mathematics 4.0
  17. Software Simulasi logic Sircuit, software untuk membuat rangkaian logic
  18. Quad-Lock Unit Converter 5.4
  19. Tools Untuk Optimasi Script PHP
  20. tinySpell 1.9.31
  21. WorldWide Telescope 2.2
  22. ELCAD 7.2
  23. Rekentest – Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika
  24. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite v4.5
  25. Animals for Kids 2.1
  26. ELearning Software
  27. Chinese Toolbox FREE 9.1.2
  28. TS School 2010.0.0
  29. Gogle Translate Desktop
  30. Chem DigiT; Kalkulator Kimia
  31. Electronics dan Mechanics 10
  32. Portable Balabolka 1.32.0.463 (Text to Speech)
  33. Electrical Calculations Software (Software Perhitungan Listrik)
  34. TinyPiano v0.8e
  35. ChemToolBox 1.0.1; Software Kimia
  36. 3D Graphing Calculator – An Amazing Kalkulator Gratis untuk Windows
  37. WordWeb – Program Kamus Gratis untuk Anak atau Dewasa
  38. Memulai dengan C / C + +
  39. Convert Center 1.1 Software untuk mengkonversi ukuran
  40. Paradox : Bahasa program untuk database
  41. Belajar Refleksi Melalui Komputer
  42. PCB Artist Layout Software 1.2.4 : Sebuah software untuk mendisain PCB Elektronik
  43. Celestia Portable : Software mempelajari tentang tatasurya
  44. Holy Quran Software 1.0
  45. Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia
  46. Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
  47. Beberapa Software Mate-matika
  48. BoneLab 1.0.3.4 : Software mempelajari tentang rangka manusia
  49. PCB Disain Software : Software untuk membuat disain PCB
  50. Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik
  51. Menghitung Besar Resistor
  52. Software Mate-matika
  53. TransTool versi 6 + Crack Transtool
  54. Belajar Linux
  55. Bermain Piano Di komputer
  56. Kamus Inggris Indonesia
  57. Software Matematika Untuk Anak SD
  58. Software Penghitung Satuan
  59. Kamus Jawa Indonesia
  60. Aksara Jawa
  61. Software Melatih Mengetik Cepat
  62. Cara Menginstall Windows Xp
  63. Aksara Batak
  64. Alkitab Elektronik
  65. Pengingat Waktu Sholat
  66. Software Mengetik dengan 1o Jari     

Selasa, 16 Februari 2016

Kumpulan Laporan OJL Lengkap untuk calon Kepala Sekolah 2015/2016

On The Job Learning (OJL) merupakan sebuat syarat atau prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang guru yang hendak akan mencalonkan menjadi seorang kepala sekolah. OJL juga merupakan kegiatan kegiatan yang harus dilakukan seorang guru secara rinci dan sukses dilaksanakan dalam dunia pendidikan. Membuat berkas OJL memanglah tidak mudah bagi seorang guru yang akan mencalonkan menjadi seorang kepala sekolah, harus banyak persiapan persiapn berkas yang dapat dijadikan acuan dasar dalam pembuatan OJL. 
Disini saya mempostingkan Kumpulan Laporan OJL Lengkap untuk calon Kepala Sekolah 2015/2016 yang bisa dijadikan dasar acuan dalam pembuatan OJL bagi para guru yang akan mencalonkan menjadi kepala sekolah. Kumpulan berkas OJL ini saya dapatkan dari beberapa sumber serta sudah di uji kebenarannya dan sebagian besar lolos menjadi seorang kepala sekolah. Membuat laporan OJL selambat lambatnya hrus selesai dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Berkas berkas dibawah ini dapat bapak/ibu guru unduh dengan mudah sebagai perancangan OJL mendatang. Untuk lebih jelasnya bapak/ibu guru tinggal mengklik link dibawah ini :

Kumpulan Laporan OJL Lengkap untuk calon Kepala Sekolah
Berkas berkas OJL ( On the Job Learning )
Demikian postingan saya tentang Kumpulan Laporan OJL Lengkap untuk calon Kepala Sekolah yang bisa bapak/ibu guru unduh sebagai acuan dasar dalam pembuatan segala sesuatu yang berhubungan dengan kumpulan berkas OJL bagi guru yang akan dibuat serta akan  mencalonkan menjadi kepala sekolah di sekolahnya masing masng , semoga bermanfaat . dan mohon dibagikan ke seluruh guru indonesia yang membutuhkan. Terima Kasih
 

Aplikasi Pembuatan Soal dan Kisi Kisi UTS dan UAS Semester 2 terbaru 2016

Pembuatan soal soal piliahan ganda , essay dan kisi kisi ulangan atau ujian merupakan salah satu kewajiban seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Membuat soal soal pilihan ganda,essay dan kisi kisi tidak lah mudah harus sesuai dengan materi yang di ajarkan atau diberikan kepada peserta didik. Seharusnya membuat soal soal haruslah sangat praktis dan mudah dalam pembuatannya tapi masalahnya banyak guru guru yang terburu buru atau tergesa gesa dalam pembuatan soal soal terutama saat ini harus mempersiapkan soal soal atau kisi kisi untuk menjelang UTS semester 2 dan UAS semester 2 tahun 2016. 
Bagi para guru yang mempunyai aktifitas yang sangat padat disini saya mempostingkan Aplikasi Pembuatan Soal dan Kisi Kisi UTS  dan UAS Semester 2 terbaru 2016 format excell yang bisa di download secara gratis untuk jenjang SD,MI,SMP,MTs,SMA,MA,SKM,SLB. Untuk lebih jelasnya dapat Di download di link dibawah ini.
Aplikasi Pembuatan Soal dan Kisi Kisi UTS Semester 2 terbaru 2016
Demikian postingan saya kali ini tentang Aplikasi Pembuatan Soal dan Kisi Kisi UTS Semester 2 terbaru 2016 semoga dapat membantu dan mempermudah bapak ibu dalam pembuatan soal soal pilihan ganda, uraian/essay, kartu ujian  dan kisi kisi seputar yang akan di ujiankan kepada peserta didik , Semoga Bermanfaat dan mohon dibagikan kembali keseluruh guru yang membutuhkan.