Sabtu, 14 November 2015

Makanan yang Berfungsi Meningkatkan Daya Ingat

APAKAH daya ingat anda mulai menurun? Ternyata Untuk meningkatkan daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bisa berfungsi untuk meningkatkan daya kerja otak.

Dalam laman care2.com, ada buah-buahan, sayur-sayuran, sampai yogurt, dan susu yang disebut bisa meningkatkan memori anda. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa meningkatkan memori, seperti dilansir laman Care2, Minggu (8/11).

1) Blueberry dan stroberi 

Sebuah penelitian di Brigham and Women’s Hospital in Boston menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang makan dua porsi atau lebih stroberi dan blueberry sehari mampu mencegah penurunan memori.

2) Kale dan bayam 

Studi ditempat yang sama juga menemukan korelasi antara kekuatan memori dan sayuran hijau gelap seperti kale dan bayam. 

3) Salmon Salmon, mackerel, sarden dan ikan tinggi lainnya yang kaya akan asam lemak Omega-3 telah lama disebut-sebut sebagai vitamin memori. Pemakan ikan diketahui memiliki penurunan memori 12 persen lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak makan ikan. Pemakan ikan juga melihat penurunan 60 persen dalam risiko penyakit Alzheimer.

4) Curcuma atau temu lawak

Rempah-rempah memperlambat penumpukan plak yang telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. 

5) Anggur dan jus anggur Concord 

Jus Concord mengandung senyawa polifenol, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkait dengan penurunan risiko demensia.

6) Kopi 

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Institut National Perancis menemukan bahwa wanita yang berusia lebih dari 65 tahun yang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari lebih baik mengingat kata-kata daripada wanita yang mengonsumsi sedikit kopi. 

7) Hot Chocolate

Para peneliti menemukan bahwa orang tua yang mengonsumsi dua cangkir cokelat panas setiap hari selama 30 hari melakukan lebih baik pada tes memori.

8) Minyak Zaitun Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa membalikkan kehilangan memori.(fny/jpnn)

<

Makanan Yang Membantu Membakar Kalori

Obesitas disebabkan oleh terlalu banyak asupan kalori dalam tubuh. Selain olahraga teratur, menjaga pola makan dan asupan makanan yang baik juga turut berperan dalam mempercepat proses pembakaran lemak. Jadi bila Anda sedang dalam proyek menurunkan berat badan, ada baiknya untuk mencermati apa saja jenis-jenis makanan yang bisa membantu membakar lemak.

Berikut ini beberapa makanan yang membantu membakar kalori, seperti dilansir laman India Times, Kamis (12/11).

1. Oatmeal

Oatmeal memberikan perpaduan sempurna dari karbohidrat, serat, protein, mineral dan vitamin.

2. Kismis

Kismis mengandung magnesium yang mengubah gula menjadi energi.

3. Pisang

Pisang mengandung tiga jenis gula yakni fruktosa, sukrosa dan glukosa. Pisang bebas lemak dan kolesterol, sangat portabel dan padat gizi.

4. Jahe

Untuk mencegah mual dan nyeri otot, sebaiknya Anda mengunyah jahe julian atau minum jus jahe.

5. Ceri
Mereka memungkinkan pemulihan lebih cepat karena mereka menetralisir radikal bebas.

6. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-bakteri dan kurkumin, mengurangi nyeri sendi dan mengurangi peradangan.

7. Telur

Setiap telur mengandung protein dari 6 sampai 8 gram. Telur juga kaya akan vitamin, seng, zat besi dan kalsium.

8. Whey protein

Whey protein cepat menyerap protein.

9. Salmon

Salmon mengandung dosis asam lemak omega-3. Makan salmon juga meningkatkan metabolisme.

10. Pistachio

Pistachio mengandung 45 gram lemak tak jenuh ganda. Selain itu, pistachio tinggi vitamin B, kalium dan magnesium. Kacang kering ini juga mengandung vitamin A, E dan C dan kalsium.(fny/jpnn)

Sabtu, 07 November 2015

RANGKUMAN MATERI PEDAGOGIK UKG





1. Persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang guru:

a. Kompetensi Kepribadian:
1.       Mantap dan stabil
2.       Dewasa
3.       Arif
4.       Berwibawa
5.       Teladan

b. Kompetensi Pedagogik
1.       Memahani peserta didik
2.       Merancang pembelajaran
3.       Melaksanakan pembelajaran
4.       Merancang dan mengevaluasi pembelajaran
5.       Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

c. Kompetensi profesional
1.       Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi.
2.       Menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi.

d. Kompetensi sosial
1.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik.
2.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan
3.       Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

2. Pengertian pembelajaran dan komponennya

Pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.

Komponen-komponennya meliputi:
– Siswa
– Guru
– Tujuan
– Isi pelajaran
– Metode
– Media
– Evaluasi

3. Teori- Teori Pembelajaran

a.       Behavioristik
Pembelajaran selalu memberi stimulus kepada siswa agar menimbulkan respon yang tepat seperti yang kita inginkan. Hubunagn stimulus dan respons ini bila diulang kan menjadi sebuah kebiasaan.selanjutnya, bila siswa menemukan kesulitan atau masalah, guru menyuruhnya untuk mencoba dan mencoba lagi (trial and error) sehingga akhirnya diperoleh hasil.

b.      Kognitivisme
Pembelajaran adalah dengan mengaktifkan indera siswa agar memeperoleh pemahaman sedangkan pengaktifan indera dapat dilaksanakan dengan jalan menggunakan media/alat bantu. Disamping itu penyampaian pengajaran dengan berbagai variasi artinya menggunakan banyak metode.

c.       Humanistik
Dalam pembelajaran ini guru sebagai pembimbing memberi pengarahan agar siswa dapat mengaktualisasikan dirinya sendiri sebagai manusia yang unik untuk mewujudkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Dan siswa perlu melakukan sendiri berdasarkan inisisatif sendiri yang melibatkan pribadinya secara utuh (perasaan maupun intelektual) dalam proses belajar, agar dapat memperoleh hasil.

d.       Sosial/Pemerhatian/permodelan
Proses pembelajaran melalui proses pemerhatian dan pemodelan Bandura (1986) mengenal pasti empat unsur utama dalam proses pembelajaran melalui pemerhatian atau pemodelan, yaitu pemerhatian (attention), mengingat (retention), reproduksi (reproduction), dan penangguhan (reinforcement), motivasi (motivation). Implikasi daripada kaedah ini berpendapat pembelajaran dan pengajaran dapat dicapai melalui beberapa cara yang berikut:
        Penyampaian harus interaktif dan menarik
        Demonstasi guru hendaklah jelas, menarik, mudah dan tepat
        Hasilan guru atau contoh-contoh seperti ditunjukkan hendaklah mempunyai mutu yang tinggi.

4. Ciri-ciri pembelajaran

Ciri-ciri pembelajaran yang menganut unsur-unsur dinamis dalam proses belajar siswa sebagai berikut :

a. Motivasi belajar
b. Bahan belajar
c. Alat bantu belajar
d. Suasana belajar:
1.        komunikasi dua arah

2.        gairah dan gembira
e. Kondisi siswa yang belajar:
1.        setiap siswa unik
2.       kesamaan siswa

5. Pendekatan dan  metode dalam pembelajaran

A.       PENDEKATAN
1.       Pendekatan Konsep (penguasaan konsep dan subkonsep, guru terlalu dominan)
2.       Pendekatan Lingkungan(mengaitkan lingkungan dalam proses belajar
3.       Pendekatan Inkuiri (mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik)
4.       Pendekatan Proses (melakukan pengamatan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil pengamatan)
5.       Pendekatan Interaktif (pendekatan pertanyaan anak, memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan)
6.       Pendekatan Pemecahan Masalah (masalah yang dipecahkan melalui praktikum/pengamatan)
7.       Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM)
8.       Pendekatan Terpadu (Integrated Approach) – memadukan dua unsur atau lebih dalam suatu kegiatan pembelajaran.

B. METODE

1.       Metode Ceramah (penyampaian bahan pelajaran secara lisan)
2.       Metode Tanya Jawab (pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan sudah direncanakan sebelumnya)
3.       Metode Diskusi Metode diskusi adalah cara pembelajaran dengan memunculkan masalah.
4.       Metode Kooperatif (siswa berada dalam kelompok kecil dengan anggota sebanyak 4-5 orang)
5.       Metode Demonstrasi (memeragakan suatu proses kejadian)
6.       Metode Karyawisata/Widyawisata (membawa siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas)
7.       Metode Penugasan (memberi tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar)
8.       Metode Eksperimen (menggunakan percobaan)
9.       Metode Bermain Peran (pembelajaran dengan cara seolah-olah berada dalam suatu situasi untuk memperoleh suatu pemahaman tentang suatu konsep)

6. Prinsip pengembangan kurikulum

Asep Herry Hernawan dkk. (dalam Sudrajat, 2007) mengemukakan lima prinsip dalam pengembangan kurikulum, yaitu:

a.       Prinsip relevansi - kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sebaliknya, secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebut memiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis)

b.      Prinsip fleksibilitas - mengusahakan agar yang dihasilkan memiliki sifat luwes, lentur, dan fleksibel dalam pelaksanaannya, memungkinkan terjadinya penyesuaian-penyesuaian berdasarkan situasi dan kondisi tempat dan waktu yang selalu berkembang, serta kemampuan dan latar bekang peserta didik.

c.       Prinsip kontinyuitas - adanya kesinambungan dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara horizontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus memperhatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar- jenjang pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan.

d.      Prinsip efisiensi - mengusahakan agar dalam pengembangan kurikulum dapat mendayagunakan waktu, biaya, dan sumber-sumber lain yang ada secara optimal, cermat dan tepat sehingga hasilnya memadai.

e.      Prinsip efektivitas yakni mengusahakan agar kegiatan pengembangan kurikulum mencapai tujuan tanpa kegiatan yang mubazir, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Terkait dengan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat sejumlah prinsip-prinsip yang harus dipenuhi, yaitu :

1.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.       Beragam dan terpadu
3.       Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
4.       Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.       Menyeluruh dan berkesinambungan
6.       Belajar sepanjang hayat
7.       Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

7. Evaluasi Pengalaman Belajar

a.       Evaluasi merupakan proses untuk memperoleh seberapa jauh pengalaman belajar berkembang dan terorganisasi yang benar-benar menghasilkan hasil yang diinginkan,

b.      Evaluasi merupakan proses yang sistematis artinya dalam pengajaran kegiatan ini tentu direncanakan, berkesinambungan dari awal hingga akhir pelaksanaan program.

c.       Dalam evaluasi diperlukan berbagai informasi atau data yang nantinya akan diolah dan hasilnya akan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

d.      Hasil evaluasi digunakan untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa.

Dengan demikian evaluasi dapat berfungsi:

1.       Mengetahui kemajuan, perkembangan, dan keberhasilan siswa setelah mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Hasil evaluasi yang diperoleh itu dapat digunakan untuk memperbaiki cara belajar siswa.
2.       Mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran.
3.       Sumber informasi atau data bagi pelayanan BK kepada siswa.
4.       Untuk pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan.

8. Teknik dan Instrumen Penilaian

a.       Penilaian hasil belajar oleh pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.

b.      Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.

c.       Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.

d.      Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah dan/atau proyek.

e.      Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhi persyaratan (a) substansi, adalah merepresentasikan kompetensi yang dinilai, (b) konstruksi, adalah memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan, dan (c) bahasa, adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik.

f.        Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa, serta memiliki bukti validitas empirik.

g.       Instrumen penilaian yang digunakan oleh pemerintah dalam bentuk UN memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, bahasa, dan memiliki bukti validitas empirik serta menghasilkan skor yang dapat diperbandingkan antar sekolah, antar daerah, dan antar tahun

9. Ciri-ciri tes yang baik

Sebuah tes yang dapat  dikatakan baik sebagai alat pengukur harus memenuhi persyaratan tes, yaitu memiliki:

1)      Validitas: validitas atau daya ketepatan mengukur, sebuah tes disebut valid apabila tes itu dapat mengukur apa yang hendak di ukur

2)      Reliabilitas: jika memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali, sebuah tes dikatakan raliabel apabila hasil-hasil tes tersebut menunjukan ketetapan. Dengan kata lain, jika kepada para siswa diberikan tes yang sama pada waktu yang berlainan, maka setiap siswa akan tetap berada dalam urutan (ranking) yang sama dalam kelompoknya.

3)      Obyektivitas: apabila tes tersebut disusun dan dilaksanakan : menurut apa adanya

4)      Praktikabilitas:  mudah dilaksanakan, mudah pemeriksaannya, dilengkapi dengan petunjuk yang jelas.

5)      Ekonomis: tidak membutuhkan ongkos/biaya yang mahal, tenaga yang banyak dan waktu yang lama.

10. Langkah-langkah pengembangan teori pembelajaran

1)      Analisis tujuan dan karakteristik bidang studi.

2)      Analisis sumber belajar.

3)      Analisis karakteristik si belajar (siswa).

4)      Menetapkan tujuan belajar dan isi pembelajaran.

5)      Menetapkan strategi pengorganisasian isi pembelajaran.

6)      Menetapkan strategi penyampaian isi pembelajaran.

7)      Menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran.

8)      Pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.

11. Karakteristik peserta didik

Sumber informasi yang dapat digunakan dalam rangka asesmen perilaku keterampilan awal siswa, antara lain:

- dokumen yang tersedia
- khususnya hasil belajar yang diperoleh sebelumnya
- siswa itu sendiri
- orang-orang yang mengetahui kemampuan siswa tesebut.

Teknik yang dapat digunakan dalam mengasesmen kemampuan awal tersebut, antara lain:
- dokumentasi,
- kuesioner,
- observasi,
- wawancara,
- melakukan tes diagostik secara khusus.

Di samping mengidentifikasi perilaku keterampilan awal siswa, guru juga perlu mengenali karakteristik siswa lainnya yang berhubungan dengan perilaku belajar mereka. Beberapa di antara karakterstik ini, misalnya:

- motivasi belajar,
- kemampuan dan tingkat kecerdasan,
- minat,
- kebiasaan belajar,
- harapan dan aspirasi siswa,
- maupun daya dukung lingkungan masing-masing siswa.

Informasi-informasi seperti ini dapat menjadi acuan dalam menetapkan jenis perilaku sebagai target belajar, cakupan kegiatan belajar, maupun bentuk-bentuk pengalaman belajar yang dapat diberikan kepada siswa. 




Selasa, 27 Oktober 2015

SOLUSI CEK TEMPAT UKG TERBARU

Cek tempat ujian UKG dan tanggal pelaksanaan kini di GTK tidak bisa dibuka lagi, oleh karena itu solusinya adalah dengan cara datang ke dinas pendidikan setempat untuk mencetak kartu peserta UKG seperti info berikut ini :


Selasa, 20 Oktober 2015

CARA CEK PESERTA DAN TEMPAT UJIAN UKG 2015

Cek nomor peserta UKG Bapak/Ibu dengan klik link : http://223.27.144.195:8082/ isi seluruhnya sampai muncul info gtk lalu pilih info UKG maka hasilnya seperti berikut ini :


alamat resminya :http://info.gtk.kemdikbud.go.id

Update : Pencarian melalui NUPTK atau nomor peserta UKG dilakukan dengan cara mengisi NUPTK atau nomor peserta ke kolom yang disediakan kemudian klik tombol Cari disebelahnya. Pencarian melalui nama dilakukan dengan mengisi nama yang dicari dan kabupaten tempat tugasnya kemudian klik tombol Cari disebelah kanan isian kabupaten/kota

Mohon maaf fasilitas ini tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.
Sedang dalam proses finalisasi jadwal UKG sampai dengan tanggal 24 Oktober 2015.

Minggu, 18 Oktober 2015