Sabtu, 29 Agustus 2015

Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan


Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan merupakan dambaan bagi seorang guru atau tenaga pendidik, dengan menciptakan suasana  belajar yang menyenangkan maka akan melahirkan semangat belajar dari para siswa dan pastinya akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik, kata menyenangkan biasanya timbul disaat anak-anak (peserta didik) bermain, bermain merupakan kegiatan mengasyikkan dan menyenangkan bagi siswa, jadi guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses belajar lebih menyenangkan seperti bermain sehingga sekolah tidak dianggap sebagai tempat yang membosankan namun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa.

Seperti yang telah dijelaskan pula dari Quantum Learning sendiri bahwa belajar itu haruslah mengasyikkan dan berlangsung dalam suasana gembira  sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan baik. Rasa senang dalam belajar adalah masalah suasana hati. Ini diperoleh melalui perlakuan guru dan orang tua melalui dorongan dan motivasi mereka. Sebenarnya yang diperlukan oleh siswa dalam belajar adalah rasa percaya diri.

Jangan lupa baca : Membuat suasana belajar yang menyenangkan

Oleh karena itu, tugas orang tua dan guru  tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Dari pengalaman hidup, kita menemukan begitu banyak anak yang ragu-ragu atas apa yang mereka pelajari sehingga mereka perlu didorong dan diberi semangat lewat bahasa cinta dan perlakuan adil bagi mereka. Langkah inovatif yang dapat dilakukan adalah bagaimana eksistensi dinding-dinding kelas yang pada dasarnya benda mati tersebut menjadi bermakna dan berbicara terhadap siswa pada khusunya dan bagi seluruh warga sekolah pada umumnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah

“Bagaimana menciptakan dinding-dinding sekolah dan ruang-ruang kelas yang mati ini menjadi lebih hidup, menjadi bermakna, dan pada akhirnya dapat menggairahkan nafsu belajar siswa”.

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah tidak lain adalah diperlukan suatu langkah kreatif seorang guru. Hal ini tentunya merupakan suatu langkah inovatif yang pada kenyataannya akan berbeda dengan kondisi realita dan mayoritas yang ada dilapangan saat ini. Pada kebanyakan orang dan pada kebanyakan guru bisa saja kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang mengada-ada. Namun justru disinilah letak nilai inovatif itu sendiri muncul, sebab kegiatan yang bersifat inovatifakan dirasakan hal yang asing oleh orang lain, sebab hal semacam itu sebelumnya jarang atau bahkan mungkin belum ada.

Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar orang dewasa dan anak-anak pada hakikatnya sama, yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun). Seorang guru idealnya kreatif mendesain lingkungan belajar agar tercipta suasana yang menyenangkan atau dalam istilah Gordon Dryden disebut orkestra lingkungan belajar.


Lalu apa yang perlu disiapkan?

  1. Desain ruang kelas, desainlah ruang kelas dengan hal-hal yang bisa membuat suasana hati ceria, agar siswa merasa lebih senang untuk belajar.
  2. Bila perlu ciptakan suasana kelas yang mirip pesta, ada balon, lampion, dan hiasan-hiasan dinding.
  3. Siapkan musik pengiring ketika presentasi atau ketika siswa mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya yang telah diremcanakan. Akan lebih baik jika memakai musik klasik yang direkomendasikan oleh Dr Lazanov (Mozart, Vivaldi, Bethoven).
  4. Seluruh atmosfer kelas harus benar-benar bersahabat, tidak ada tekanan, apalagi ancaman.
Stocwell (seorang pelatih pendidikan terkemuka di Eropa) menjelaskana bahwa poster berwarna di dinding yang didesain dengan baik sangatlah penting karena merangsang  periferal otak. Kehadirannya yang konstan diruang kelas menyampaikan isinya di memori otak walaupun tidak didasari oleh anak. Stocwell juga menjelaskan tentang psikologi warna. Merah adalah warna peringatan, biru melambangkan kesejukan, kuning warna kecerdasan, hijau dan coklat mempunyai efek menentramkan, hangat dan ramah. Poster yang baik dapat membuat kesan di memori jangka panjang, menciptakan gambaran memori yang dapat dipanggil kembali jika dibutuhkan, walaupun tidak pernah dipelajari secara sadar.

Penerapan Joyfull Learning

Joyfull Learning dapat dilakukan dengan memotivasi tumbuhnya harga diri yang positif kepada anak dan meberikan lingkungan dan kondisi yang tepat untuk semua anak. Dengan kata lain, semua anak merasakan bahwa :
1.    Kondisi mereka sekecil apapun dihargai
2.    Mereka merasa aman (fisik dan psikis) dalam lingkungan belajar
3.    Gagasan mereka dihargai (Stufflebeam, 1965)

Dengan kata lain anak harus dihargai apa danya. Mereka harus merasa aman, bisa mengekspresikan pendapatnya, dan sukses dalam belajarnya.

Kerangka inilah yang membantu anak-anak menikmati belajar dan guru bisa memperkuat rasa senang ini melalui penciptaan kelas yang lebih “menyenangkan”.

Oleh karena itu, guru diharapkan  untuk tidak membatasi argumen siswa, karena dengan mendengarkan argumen siswa, mereka merasa lebih diperharikan dan merasa nyaman berada dikelas. Selain itu penataan kelas juga membuat siswa merasa nyaman dan senang berasa dikelas.
Dave Meier menyatakan bahwa belajar menyenangkan  (joyfull learning) adalah sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman , nilai yang membahagiakan pada diri siswa, membuat siswa tertarik untuk belajar merupakan sebuah tantangan bagi guru, karena membuat siswa tertarik untuk belajar tidak semudah menjelaskan teori yang ada dibuku.

Jangan lupa baca : Bagaimana membuat siswa tertarik untuk belajar ?

Sebelum dikenakan pada tujuan pembelajaran joyfull learning lebih dulu mengetahui tujuan pendidikan  nasional sesuai undang-undang no.02 untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif menegembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Siswa akan terdoromg untuk terus belajar jika pembelajaran diselenggarakan secara nyaman dan menyenangkan , sehingga siswa terlibat secara fisik dan psikis. Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan keceerdasan siswa. Guru juga perlu memberikan penghargaan bagi sisiwa yang berpartipasi. Penghargaan dapat bersifat material dan penghargaan, nilai, penghargaan applaus.

Sedangkan tujuan dari pembelajaran yang menyenangkan sendiri adalah menggugah sepenuhnya kemampuan belajar dari pelajar, membuat belajar menyenangkan dan memuaskan bagi mereka, dan memberikan sumbangan sepenuhnya pada kebahagian, kecerdasan, kompetensi, dan keberhasilan mereka sebagai manusia.

Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan


Konsep PAIKEM dalam Pemebelajaran - Apa itu PAIKEM? PAIKEM adalah singkatan dariPembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jadi kelima  konsep ini yang harus ada dalam sebuah metode pembelajaran, agar pembelajaran yang dihasilkan  oleh guru memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat kompeten, jika seorang guru mampu menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran maka dapat dipastikan hasil yang akan didapatkan dari proses pembelajaran akan maksimal dan sesuai dengan yang sudah direncanakan, kelima konsep ini bersinergi menjadi satu kesatuan yang utuh yang saling membutuhkan sehingga menghasilkan sebuah metode pembelajaran yang sangat komplit dan tentunya menghasilkan pembelajaran yang maksimal dan optimal dari segi target dan waktu.




Berikut penjelasan tentang kelima konsep tersebut :

1. Pembelajaran Aktif

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, kegiatan aktif ini seharusnya tidaklah hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama adalah keterlibatan mental/intelektual, khususnya keterlibatan intelektual-emosional.

Contoh dari keterlibatan mental adalah mendengarkan ceramah, berdiskusi, melakukan pengamatan, memecahkan masalah, dan sebagainya. Keterlibatan emosional dapat beebentuk penghayatan terhadap perasaan, nilai, sikap, menguatnya motivasi, dan sebagainya dalam pembangunan ranah afektif. Demikian pula halnya keterlibatan fisik dalam berbagai perbuatan langsung dengan balikannya yang spesifik dan segera dalam upaya pembentukkan/pengembangan ranah psikomotorik.

Terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam upaya mengoptimalkan keaktifan murid dalam belajar, baik dipandang dari pihak pembelajar, maupun dari pihak pengelola proses pembelajaran. Prinsip-prinsip itulah yang harus diperhatikan dalam menerapkan CBSA, yaitu: (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 9-10):
1.     Penumbuhan motivasi, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik;
2.     Pemantapan latar dari materi yang akan dipelajari, khususnya pemberian apersepsi/kaitan;
3.     Megupayakan keterarahan kepada suatu fokus;
4.     Belajar sambil bekerja, sambil bermain, ataupun kegiatan lainnya;
5.     Penyesuaian dengan perbedaan individual;
6.     Peluang untuk bekerjasama dengan berbagai pola interaksi;
7.     Peluang untuk menemukan sendiri informasi/konsep;
8.     Penumbuhan kepekaan mencari masalah dan memcahkannya;
9.     Mengupayakan keterpaduan, baik asimilasi maupun akomodasi kognitif.
Unutk mewujudkan prinsip-prinsip belajar diatas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, antara lain (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 10):
  1. Mengupayakan variasi kegiatan dan suasana belajar dengan penggunaan berbagai strategi pembelajaran;
  2. Menumbuhkan prakarsa siswa untuk aktif dan kreatif dalm kegiatan pembelajaran;
  3. Mengembangkan berbagai pola interaksi dalam pembelajaran, baik antara guru dan siswa maupun antar siswa;
  4. Menggunakan berbagai sumber belajar, baik yang dirancang/by design (buku pelajaran, media pembelajaran, model kerangka manusia, dll) maupun yang dimanfaatkan/by utilization (tumbuhan, hewan. Lingkungan, pasar, dll);
  5. Pemantauan yang intensif dan diikuti dengan pemberian balikan yang spesifik juga segera.

2. Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran inovatif dapat dilakukan dengan cara mengadaptasi model-model pembelajaran menyenangkan yang bisa membuat siswa terbebas dari kejenuhan-kejenuhan pemnbelajaran. Guru mencoba untuk menanamkan pemikiran “Learning is fun” kepada para peserta didiknya.

3. Pembelajaran Kreatif

Pembelajaran kreatif menekankan pada pengembangan kreatifitas, baik pengembangan kemampuan imajinasi dan daya cipta (mengarang, membuat keerajinan tangan, mempraktekkan kesenian, dll) maupun pengembangan kemampuan berpikir kreatif.
Kreativitas merupakan tahap paling tinggi dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif pada diri siswa. Guru sebagai fasilitator pun,

4. Pembelajaran Efektif

Aspek efektifitas pembelajaran merupakan kriteria penting dalam setiap pembelajaran. Pembelajaran yang efktif adalah pembelajaran yang mendidik, yang secara
serentak dapat memenuhi dua sisi penting dari tujuan pendidikan di sekolah, yakni:
  1. Memiliki/menguasai ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni (IPTEKS), dan
  2. Membangun diri pribadi sebagai pemanggung eksistensi manusia.
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bagsa, betujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif mensiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

5. Pembelajaran Menyenangkan

Pembelajaran menyenagkan merupakan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga memberikan suasana penuh keceriaan, menyenagkan, san yang paling utama, tidak membosankan, kepada peserta didik. Pembelajaran yang menyenangkan, harus didukung oleh keamanan lingkungan, relevansi bahan ajar, serta jaminan bahwa secara emosional akan memberikan dampak positif.

Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan per n selingan yang menyenangkan bagi murid, yang dapat disertai dengan pemberian hadiah bagi murid yang tidak pernah membuat kesalahan.

Berikut adalah beberapa cotoh pembelajaran menyenangkan (Dadan Djuanda, 2006, dalam Konsorsium……., 2006: 161-171):
  1. Bisik Berantai,
  2. Lihat dan Katakan,
  3. Operasi Hitungan dengan Kartu,
  4. Permainan Monopoli Pembelajaran.

Menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran tidak semudah menjelaskan sebuah teori, butuh usaha dan kerja keras jika kita ingin menerapkan konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran. Semoga artikel ini bisa memberikan kita pandangan tentang konsep PAIKEM dan mampu menyuguhkan pembelajaran yang berkualitas dan kompeten kepada peserta didik kita dan tentunya dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa-siswi di sekolah dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya.

Rabu, 26 Agustus 2015

2016, KEMDIKBUD GELAR 3 UJIAN NASIONAL


JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyelenggarakan tiga ujian nasional (UN) pada 2016 mendatang. UN pertama merupakan ujian perbaikan bagi peserta periode 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran.

UN kedua merupakan ujian utama 2016 dengan kisi-kisi baru. Sementara itu UN ketiga merupakan perbaikan bagi peserta 2016.
 "Tahun depan, peserta UN 2015 yang ingin melakukan perbaikan disilakan ikut. Jadi UN tahun depan bukan hanya untuk peserta UN 2016," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno, Selasa (14/7)m
Nantinya, UN pertama akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016. Untuk UN utama 2016 akan dilaksanakan mulai 4 April. Sementara, UN perbaikan 2016 akan dilaksanakan awal Juni atau September.

Materi ujian disesuaikan dengan jenis UN. Materi UN perbaikan 2015 sesuai dengan kisi-kisi 2015. UN utama 2016 materi ujiannya ada tiga. Yaitu irisan kurikulum KTSP dan K13, Kisi-kisi UN yang dikeluarkan BSNP (bersifat makro), dan sesuai dengan ketuntasan kurikulum. Sementara, materi untuk UN perbaikan 2016 sama dengan UN utama 2016.
"UN perbaikan 2015 akan dilakukan dengan berbasis komputer. Ujian akan dilaksanakan di SMA/SMK di domisili siswa saat ini dan siswa dapat mendaftar secara online ke dinas provinsi,” tambah Totok.

Untuk UN utama di 2016 akan dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan berbasis kertas dan komputer. Sedangkan untuk UN perbaikan 2016, mekanismenya sama dengan UN perbaikan 2015, yaitu berbasis komputer dan pendaftaran dilakukan secara online di dinas provinsi," tegas Totok. (esy/jpnn)

Selasa, 25 Agustus 2015

APLIKASI UJIAN ONLINE CBT GRATIS 2015


Beberapa tahun terakhir ini sempat tersebar isu bahwa tahun 2015 ini ujian nasional anak dilaksanakan secara online. Walaupun tidak diberlakukan bagis seluruh siswa. Mulai tahun 2016 mualai diberlakukan CBT tingkat SMP walaupun masih bersifat piloting.

Pelaksanaan ujian nasional online 2015 untuk jenjang SMA dan SMK

Pelaksanaan ujian nasional online ini memang sudah direncanakan oleh Kemendikbud sejak beberapa tahun terakhir ini. Menurut Kepala Pusat Penilaian (Kapuspendik) Kemendikbud Nizam, ujian nasional online ini akan diberi nama computer based test (CBT). Bahkan istilah Ujian Nasional (UN/Unas) akan berganti nama menjadi Evaluasi Nasional (Enas).

“Pelaksaan ujian nasional online pada 2015 masih bersifat piloting (percontohan-red)” Kata Kapuspendik di Jakarta (26/12/2014). (www.jawapos.com

Pelaksanaan ujian nasional online 2015 ini rencananya hanya diperuntukkan ujuk jenjang SMA dan SMK pada beberapa sekolah yang sudah memenuhi syarat, sifatnya pun sekedar percontohan adapun untuk jenjang SMP menyusul tahun 2016.

Beragam tanggapan tentang pelaksanaan ujian nasional online yang nantinya rencana akan dilaksanakan untuk semua jenjang, baik SD, SMP maupun SMA. Beberapa wilayah ada keberatan dengan alasan belum ada koneksi internet, sarana yang belum mencukupi, koneksi internet yang lelet dan beberapa alasan lainnya.

Dengan adanya pelaksanaan ujian nasional online ini sebenarnya banyak keuntungannya, diantara lebih efektif dan efisien, hasil ujian nasional bisa segera langsung dilihat, pengumunan ujian nasional pun tidak perlu lama menunggu.

Aplikasi latihan ujian nasional online Gratis 2015

Untuk mempersiapkan diri terhadap perkembangan isu yang ada, telah banyak aplikasi latihan ujian nasional online yang dibuat baik oleh instansi resmi maupun perorangan.

Tapi setidaknya bagi kita para pelajar, aplikasi ujian nasional online tetap akan memberikan manfaat minimal untuk melatih membiasakan penggunaan aplikasi ujian nasional online dan untuk mengasah soal-soal dalam menghadapi ujian nasional.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa situs yang menyediakan aplikasi ujian nasional secara online;

1.      Latihan ujian - Paseban (http://latihanujian.paseban.com/web/)

Situs ini sebenarnya tidak hanya menyediakan aplikasi ujian nasional saja, berikut beberapa aplikasi yang disediakan oleh paseban;

-          Aplikasi Gratis SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Aplikasi ini berisi soal – soal latihan online untuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

-          Apliasi Gratis UN SMA

Aplikasi ini berisi soal – soal latihan ujian nasional SMA (Sekolah Menengah Atas) yang mencakup semua pelajaran yang di ujian-nasionalkan. Aplikasi ini berisi semua pelajaran pada jurusan IPA dan IPS untuk SMA yaitu: bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, biologi, kimia, fisika, ekonomi, sosiologi dan geografi.

-          Aplikasi Gratis UN SMP

Selain untuk jenjang SMA, aplikasi ini juga dilengkap soal-soal latihan ujian nasional untuk jenjang SMP pada semua mata pelajaran yang di ujian-nasionalkan.

-          Aplikasi Gratis UK (Uji Kompetensi) Guru

Selain berisi aplikasi ujian nasional online untuk SMP dan SMA, aplikasi ini juga dilengkapi dengan soal – soal latihan uji kompetensi untuk guru.

Selain dilengkapi dengan soal-soal latihan ujian nasional, aplikasi ini juga dilengkapi penghitungan nilai secara otomatis, sehingga setelah selesai mengerjakan soal, kita dapat langsung melihat hasilnya. 

Untuk dapat menggunakan semua aplikasi tersebut di atas, kita harus mendaftarkan akun terlebih dahulu untuk login (masuk).

2.      Try Out - Kemendikub (http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/)

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari kemendikbud yang berisi soal – soal latihan (Try Out) untuk ujian nasional. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kita juga diharuskan untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu untuk login (masuk).

3.      Tryout Unas – Naso semile (http://unas.nanosmile.net/)

Situs ini menyediakan beberpa soal – soal latihan (Tryout) ujian nasional secara online, diantaranya:

-          Soal Latihan Ujian Nasional - Unas SMP

Berisi pelajaran bahasa Inggris (jumlah soal: 60 soal), bahasa Indonesia (30 soal), matematika (40 soal) dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam ) 40 soal.

-          Soal Latihan Ujian Nasional - Unas SMA

Berisi pelajaran bahasa Indonesia (47 soal), bahasa Inggris (43 soal), IPS-Sosiologi (40 soal), IPS-Geografi, IPS-Ekonomi, IPS-Matematika dan SMA UMUM – Bahasa Indonesia (40 soal)

-          Soal Latihan Ujian Nasional - Unas SMK

Berisi pelajaran SMK-bahasa Indonesia (50 soal), SMK Teknik – Bahasa Inggris (15 soal)


Demikian aplikasi ujian nasional online gratis 2015, semoga bermanfaat. Baca juga Aplikasi Android Gratis untukUjian Nasional Online.


BUKU GURU DAN SISWA KURNAS 2015

Pelatihan Kurikulum 2013 di Tahun 2015 untuk Instruktur Nasional masih sednagn berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2015. Sedang pelatihan kurikulum 2013 untuk Guru sasaran disebagian daerah akan dimulai tanggal 26 atau 27 Juni 2015 hingga tanggal 30 Juni 2015. Sedangkan untuk Guru sasaran disebagian besar daerah akan dimulai tanggal 5 hingga 8 Agustus 2015.
Untuk lampiran Buku Kurikulum 2013 Edisi 2015 yang lainnya, silakan tunggu saja pada kesempatan yang lainnya. Semoga dengan adanya file buku pegangan guru dan siswa ini semoga para guru dan siswa atau pun para pendidik lainnya akan terbantukan untuk memajukan kualitas pendidikan di negara indonesia yang kita cintai ini, amien Allahumma amien…
“…Semoga Bermanfaat, amien…”

Berikut ini Link Lampirannya, Silakan di-klik saja.
# Buku SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi 2015

# Buku SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi 2015

# Buku SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi 2015

# Buku SMA/SMK/MAN Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi 2015

SUMBER :

https://matematohir.wordpress.com/2015/06/19/buku-pegangan-guru-dan-siswa-kurikulum-2013-edisi-2015/


KUMPULAN SOAL UN 2014 20 PAKET

Alhamdulillah hirobbil alamin, akhirnya penulis ada kesempatan untuk melampirkan Soal-soal Ujian Nasional Tingkat SMP Tahun 2014 yang telah dilaksankan pada Tahun 2014 ini. Un tuk membantu adik-adik yang sedang kelas 9 SMP dalam menghadapai Ujian Nasional pada tahun 2015, maka dari itu berikut ini Penulis Lampirkan Kumpulan Soal-soal Ujian Nasional untuk tingkat SMP Tahun 2014.
Sedangkan file-file yang dimaksud diantaranya adalah Soal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. untuk lebih jelasnya silahkan unduh soal-soalnya pada lampiran berikut ini. Khusus untuk Pembahasan Soal UN Matematika SMP, silakan kunjungi Mathematics Sport  ==> Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun 2014

Semoga dengan tersharkannya Kumpulan Soal UN SMP Tahun 2014 ini dapat membantu para pesrta didik untuk belajar terlebih dulu untuk mempersiapkan UN Tahun 2015 dengan baik dan mendapatkan Nilai sesuai degan yang diinginkan, amien.

“…Semoga Bermanfaat, amien…”

Berikut ini Link Lampirannya, Silakan diklik saja.
 # Soal UN Matematika SMP Tahun 2014
  1. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 1
  2. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 2
  3. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 3
  4. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 4
  5. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 5
  6. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 6
  7. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 7
  8. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 8
  9. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 9
  10. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 10
  11. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 11
  12. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 12
  13. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 13
  14. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 14
  15. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 15
  16. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 16
  17. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 17
  18. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 18
  19. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 19
  20. Soal UN Matematika SMP Tahun 2014 Paket 20

 # Soal UN IPA SMP Tahun 2014
  1. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 1
  2. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 2
  3. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 3
  4. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 4
  5. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 5
  6. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 6
  7. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 7
  8. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 8
  9. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 9
  10. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 10
  11. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 11
  12. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 12
  13. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 13
  14. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 14
  15. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 15
  16. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 16
  17. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 17
  18. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 18
  19. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 19
  20. Soal UN IPA SMP Tahun 2014 Paket 20

 # Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014
  1. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 1
  2. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 2
  3. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 3
  4. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 4
  5. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 5
  6. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 6
  7. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 7
  8. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 8
  9. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 9
  10. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 10
  11. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 11
  12. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 12
  13. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 13
  14. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 14
  15. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 15
  16. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 16
  17. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 17
  18. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 18
  19. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 19
  20. Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2014 Paket 20

 # Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014
  1. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 1
  2. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 2
  3. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 3
  4. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 4
  5. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 5
  6. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 6
  7. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 7
  8. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 8
  9. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 9
  10. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 10
  11. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 11
  12. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 12
  13. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 13
  14. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 14
  15. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 15
  16. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 16
  17. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 17
  18. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 18
  19. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 19
  20. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2014 Paket 20

# Download juga Kisi-kisi UN Sekolah Dasar dan Menengah Tahun 2015
 Sumber :

https://matematohir.wordpress.com/2014/11/10/kumpulan-soal-un-smp-tahun-2014/#more-1313

Senin, 17 Agustus 2015