Sabtu, 02 Agustus 2014

PROGRAM LAYANAN BK TIK IMPELEMTASI KUR 2013





PROGRAM LAYANAN TIK
PESERTA DIDIK, PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015










OLEH:

SANDIKA, S.Pd.I
NIP 19650901 200003 1 003












SMP NEGERI 1 KEDOKANBUNDER
Jl. Nyi MRA Kawunganten No. 09 Kedokanbunder
2014

LEMBAR PENGESAHAN








PROGRAM LAYANAN TIK
PESERTA DIDIK, PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015






OLEH:

SANDIKA, S.Pd.I
NIP 19650901 200003 1 003







Pengawas,



.....................................
                   NIP    
Kedokanbunder,   Juli 2014
Kepala Sekolah,



NURISMO, M.Pd
NIP 19630323 198703 1 009




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....................................................................................................................
DAFTAR ISI................................................................................................................................

BAB  I PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang.......................................................................................................
b.      Tujuan.....................................................................................................................
c.       Jenis Kegiatan Layanan TIK....................................................................................
d.      Sasaran Bimbingan.................................................................................................

BAB II KEGIATAN LAYANAN TIK
a.      Tahap Perencanaan.................................................................................................
b.      Tahap Pelaksanaan..................................................................................................
c.       Tahap Evaluasi.........................................................................................................
d.      Tahap analisis hasil evaluasi...................................................................................
e.      Tahap Tindak Lanjut................................................................................................

BAB III PENUTUP
a.      Kesimpulan.............................................................................................................
b.      Saran.......................................................................................................................
  

KATA PENGANTAR


Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 068 Tahun 2014 tentang Peran Guru TIK dan KKPI dalam Implemtasi Kurikulum 2013 berperan sangat penting. Agar tugas guru TIK dan KKPI dapat direalisasikan dengan baik, maka perlu disusun sebuah program atau pedoman yang dapat menjadi acuan bagi guru TIK dan KKPI untuk melaksanakan tugasnya.
Program ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan pemenuhan beban tugas dan kewajiban guru TIK dan KKPI. Program ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan layanan bimbingan TIK yang ada di SMPN 1 Kedokanbunder yang meliputi layanan TIK bagi peserta didik, fasilitasi TIK bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan program ini.

Kedokanbunder,   Agustus 2014
Guru TIK,



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara penuh mulai tahun ajaran 2014/2015 memenuhi kedua dimensi tersebut.  Implikasi dari  pernyataan  tersebut  adalah  bahwa  penyusunan  dan  pelaksanaan  Kurikulum 2013 oleh  satuan pendidkan  harus  memperhatikan  kebutuhan,  karakteristik  dan  potensi  satuan  pendidikan (internal)  serta  lingkungan  di  daerah  setempat.  Sebagai  pedoman  dalam  penyelenggaraan pembelajaran, Kurikulum 2013 memuat komponen-komponen yang berkaitan dengan pembelajaran. Salah satu dari komponen tersebut adalah struktur dan muatan Kurikulum. Muatan  Kurikulum 2013 meliputi  sejumlah  mata  pelajaran  yang  keluasan  dan  kedalamannya merupakan  beban  belajar  bagi  peserta  didik,  muatan  lokal  dan kegiatan  pengembangan diri pada satuan pendidikan.

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:
1  1). pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama;
2  2).pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/ media lainnya); 
3  3).pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);  
4  4). pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);
5  5). pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim);
6  6). pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia;
7 7). pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;
8 8). pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
9  9). pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.


B.   Tujuan
Pedoman ini disusun dengan tujuan untuk memberikan acuan bagi  guru TIK atau KKPI dan satuan pendidikan dalam merancang program layanan teknologi informasi bagi peserta didik, sesama guru mata dan tenaga kependidikan di sekolah untuk memanfatkan TIK sebagai sumber dan/atau sarana belajar di sekolah

C.   Jenis Kegiatan Layanan TIK
a.      Layanan Klasikal
b.      Layanan Kelompok
c.       Layanan Individu

D.   Sasaran Bimbingan
a.        Membimbing peserta didik ( 150 siswa )
b.        Memfasilitasi sesama guru ( 48 guru )
c.         Memfasilitasi  tenaga kependidikan ( 18 orang )



BAB II
KEGIATAN LAYANAN TIK

Program guru  TIK atau KKPI merupakan kegiatan bimbingan dan fasilitasi yang akan dilaksanakan secara terjadwal bagi peserta didik, sesama guru dam tenaga kependidikan di sekolah.
Program layanan pembimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI untuk setiap periode disusun dengan memperhatikan unsur-unsur :
a.    Kebutuhan peserta didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang diketahui melalui pengungkapan individu dalam kepeminatan peningkatan kemampuan TIK atau KKPI  dan/atau  berdasarkan  uji kemampuan  TIK atau KKPI.
b.    Jumlah peserta didik yang wajib dibimbing oleh guru pembimbing sebanyak minimal 150 orang;
c.    Bidang-bidang bimbingan meliputi hal-hal terkait dengan peningkatan kompetensi TIK atau KKPI
d.    Jenis-jenis layanan             : layanan klasikal, kelompok, dan individu.
e.    Kegiatan pendukung           : video pembelajaran TIK atau KKPI.
f.     Frekuensi layanan              : setiap peserta didik mendapatkan berbagai layanan minimal lima kali dalam setiap semester, baik layanan dalam format perorangan, kelompok maupun klasikal.
g.    Lama kegiatan                     : setiap kegiatan (kegiatan layanan dan pendukung) berlangsung           sekitar 2 jam.
h.    Waktu kegiatan                   : kegiatan layanan dan pendukung dilaksanakan pada jam  pelajaran sekolah dan/atau diluar jam pelajaran sekolah.
i.      Kegiatan khusus                           : pada semester pertama setiap tahun ajaran baru diselenggarakan layanan orientasi kelas/sekolah bagi peserta didik baru terkait dengan kemampuan TIK
         
          Pelaksanaan program satuan kegiatan yaitu kegiatan layanan dan kegiatan pendukung merupakan ujung tombak kegiatan bimbingan dan fasilitasi TIK  atau KKPI secara keseluruhan.
Tahap-tahap yang perlu di tempuh adalah :
a.      Tahap perencanaan, program satuan layanan dan kegiatan pendukung direncanakan secara tertulis dengan memuat sasaran, tujuan, materi, metode, waktu, tempat dan rencana penilaian.
b.      Tahap pelaksanaan, program tertulis satuan kegiatan (layanan atau pendukung) dilaksanakan sesuai dengan perencanaannya.
c.       Tahap penilaian, hasil kegiatan diukur dengan nilai.
d.      Tahap analisis hasil, hasil penilaian dianalisis untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.
e.      Tahap tindak lanjut, hasil kegiatan ditindaklanjuti berdasarkan hasil analisis yang dilakukan sebelumnya, melalui layanan dan atau kegiatan pendukung yang relevan.

URAIAN TUGAS GURU BK TIK
No
Uraian tugas
Hasil 
1
menyusun rancangan pelaksanaan layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Rencana Pelaksanaan layanan TIK *
2
melaksanakan layanan teknologi informasi dan bimbingan TIK  per semester untuk :
a.    peserta didik
b.    guru
c.    tenaga kependidikan
Laporan  Layanan TIKuntuk
a.  peserta didik *
b.  guru dan tenaga kependidikan **
3
Instrumen evaluasi Layanan TIK*
4
Data hasil evaluasi Layanan TIK *
5
Data hasil analisis *
6
Program tindak lanjut *
7
Laporan pengawasan **
8
Program pengembangan **
9
Laporan kegiatan bimbingan ekstrakurikuler *
10



Sertifikat dan Laporan kegiatan pengembangan diri **

BAB III
PENUTUP
a.    Kesimpulan
Peran guru TIK dan guru KKPI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat penting. Pemenuhan tugas guru TIK dan Guru KKPI sebagai beban kerja yang dapat diekuivalenkan dengan kewajiban mengajar paling sedikit 24 jam tatap muka dalam 1 (satu)minggu merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guruTIK dan KKPI sesuai ketentuan.
Keberhasilan pemenuhan beban kerja guru TIK dan KKPI sesuai dengan ketentuan sangat bergantung pada pemahaman, kesadaran, keterlibatan dan upaya sungguh-sungguh dari segenap unsur yang terkait

b.   Saran
Agar semua komponen sekolah dapat bekerja sama dengan baik agar program kerja ini bisa berjalan secara efektif. Segala saran dan kritik diperlukan guna perbaikan untuk masa yang akan datang


Untuk program Tahunan dan Program Semester BK TIK klik di http://www.slideshare.net/riskipriandika/program-tahunan-bk-tik




Minggu, 15 Juni 2014

Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2013


Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan, pemahaman masing-masing instruktur nasional, guru inti,kepala sekolah dan guru sasaran tidak semuanya sama. Beberapa persepsi yang berbeda mengalir di sekolah masing-masing. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan beberapa pertanyaan yang tidak bertepi dan dapat menjadi resistansi berkelanjutan terhadap implementasi Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat resume atas beberapa pertanyaan yang berkembang selama ini, dimana saya mulai dengan memberikan gambaran konsep inti Kurikulum 2013 diantaranya :
  • Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
  • Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”.
  • Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
  • Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
  • Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang benar-benar murni menggunakan Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3 Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP menggunakan KTSP namun dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3 Ranah..
Jadi yang perlu serius digarap oleh sekolah sekarang ini baik yang menjadi sekolah sasaran atau tidak, adalah mengubah paradigm guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.
Khusus untuk SMK, salah satu acuan baku yang bisa dipakai pegangan dalam Implementasi Kurikulum 2013 adalah Permendikbud 70/2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MA Kejuruan. Pada Permen ini tertuang mata pelajaran dari Kelompok A, B dan C (C1). Masalah mulai timbul, karena beberapa sekolah sudah harus menyusul Jadwal Pelajaran 1 Tahun, sedangkan Kelomok C2 dan C3 belum ada tertulis matapelajaran apa yang harus diajarkan. Untuk diketahui Kelompok C (Peminatan) berisi C1 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian), C2 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian) dan C3 (Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian). Khusus Kelompok C2 dan C3 akan ditetapkan oleh Direjn Pendidikan Menengah.
Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk menjadi solusi dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa inovasi diberikan oleh narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan maka sekolah dapat mengisinya dengan menggunakan matapelajaran produktif dari KTSP, dan yang kedua adalah memberikan draft struktur yang memang belum ditetapkan untuk dapat digunakan sebagai acuan penyusunan. Kedua solusi itu bagus untuk mempercepat penyusunan jadwal namun mubasir dan melelahkan (terutama perdebatan yang timbul saat penyusunan di tingkat sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul dari penentuan C2, sekarang ini telah ada penambahan mata pelajaran Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga tidak bisa digunakan secara pasti sebelum ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Menengah.
Alternatif yang terbaik adalah menuggu ketetapan yang akan dikeluarkan, karena proses penyusunan sampai dengan silabus telah dilaksanakan di P4TK dan sekarang ini tinggal finalisasi di Direktorat PSMK. Sedangkan untuk menyiasati penyusunan jadwal, maka C3 tidak perlu dibuat dulu, karena matapelajaran ini akan diajarkan Kelas XI, sedangkan C2 dari 48 Jam yang diamanatkan, 30 jam telah ada ditetapkan mapelnya sesuai dengan Pemendikbud 70/2013, tinggal 18 jam yang belum, dimana dengan menggunakan sistem blok 18 jam ini mungkin bisa diletakan di semester genap (semester 2). Untuk materi selain 3 mapel (bahasa indonesia, sejarah indonesia dan metematika), materinya belum disusun dan ditetapkan oleh kemendikbud, maka materi masih menggunakan KTSP dengan perubahan paradigma pada model pembelajarannya yaitu Integrasi 3 ranah dan Scientific Approach.
Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013
No. Kelompok Mata Pelajaran Materi Unduh
1. Umum Umum Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) Unduh
2. Umum Umum Perubahan Minset Unduh
3. Umum Umum Rasional Kurikulum 2013 Unduh
4. Umum Umum  Elemen Perubahan Kurikulum 2013 Unduh
5. Umum Umum SKL KI-KD Unduh
6. Umum Umum Strategi Implementasi Kurikulum Unduh
7. Umum Umum Konsep Pendekatan Scientific Unduh
8. Umum Umum Project Base Learning Unduh
9. Umum Umum Problem Base Learning Unduh
10. Umum Umum Discovery Learning Unduh
11. Umum Umum Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi Unduh
12. Umum Umum Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel Unduh
13. Umum Umum Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
14. Umum Umum Rambu Rambu Penyusunan RPP Unduh
15. Umum Umum Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
16. Umum Umum Panduan Tugas Telah RPP Unduh
17. Umum Umum Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian Unduh
18. Umum Umum Strategi Pengamatan Tayangan Video Unduh
19. Umum Umum Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching Unduh
20. SD Tematik Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu Unduh
21. SD Tematik Implementasi Tematik Terpadu Unduh
22. SD Tematik Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific Unduh
23. SD Tematik Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
24. SD Tematik Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
25. SMP Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia Unduh
26. SMP Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Unduh
27. SMP Bahasa Indonesia Konsep Pendekatan Scientific Unduh
28. SMP Bahasa Inggris Konsep Pendekatan Scientific Unduh
29. SMP Bahasa Inggris Konsep Penerapan Scientific Unduh
30. SMP Bahasa Inggris Konsep Penilaian Autentik Unduh
31. SMP Bahasa Inggris Contoh Penerapan Unduh
32. SMP IPA Konsep Pembelajaran IPA Terpadu Unduh
33. SMP IPA Peneapan Pendekatan Scientific Unduh
34. SMP IPA Conoth Penerapan Penilaian Autentik Unduh
35. SMP IPS Konsep IPS Terpadu Unduh
36. SMP IPS Contoh Pendekatan Scientific Unduh
37. SMP IPS Contoh Penilaian Autentik Unduh
38. SMP Penjasorkes Contoh Pendekatan Scientific Unduh
39. SMP Penjasorkes Contoh Penilaian Terpadu Unduh
40. SMP PPKN Contoh Penilaian Autentik Unduh
41. SMP PPKN Contoh Pendekatan Scientific Unduh
42. SMP Prakarya Contoh Penilaian Autentik Unduh
43. SMP Prakarya Contoh Pendekatan Scientific Unduh
44. SMP Seni Budaya Contoh Penilaian Autentik Unduh
45. SMP Seni Budaya Contoh Pendekatan Scientific Unduh
46. SMA Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik Unduh
47. SMA Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific Unduh
48. SMA Matematika Contoh Penilaian Autentik Unduh
49. SMA Matematika Contoh Pendekatan Scientific Unduh
50. SMA Sejarah Contoh Penilaian Autentik Unduh
51. SMA Sejarah Contoh Pendekatan Scientific Unduh
Sumber : I Gusti Made Ardana (PPPPTK BMTI Bandung – http://widyaprima.psmk.net/)   dari  http://ibnufajar75.wordpress.com
Sumber : http://simpelpas.wordpress.com

MATERI PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 GURU MAPEL PRAKARYA SMP


Menjelang implementasi Kurikulum 2013, penyiapan tenaga guru sebagai pelaksana kurikulum di satuan pendidikan pada tahun 2014 dilakukan melalui pelatihan bagi pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru kelas I, II, IV dan V SD, guru kelas VII dan VIII SMP serta guru Kelas X dan XI. Sehubungan dengan hal itu, Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) telah menyiapkan modul pelatihan untuk digunakan para instruktur pelatihan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran di SMP . Berikut ini Modul dan bahan tayang pada kegiatan  tersebut dapat diunduh melalui link berikut:
1. Materi pelatihan 1 :  Modul Konsep Kurikulum 2013;
    Bahan Tayang       :  1.1_Rasional_Kurikulum_2013.pptx    
                                         1.2_Elemen_Perubahan_Kurikulum.pptx
                                         1.3_SKL_KI_KD .pptx
                                         1.4_Strategi_Implementasi_Kurikulum .pptx
                                         1.5_Konsep_Pendekatan_Scientific .pptx
                                         1.6_Konsep_Penilaian_Autentik_pada_Proses_dan_Hasil.pptx
atau dapat di unduh pada link ini : Bahan_Tayang_materi_konsep_Kurikulum_2013  
 
2. Materi pelatihan 2 : Modul Analisis Buku,
    Bahan Tayang        : Analisis_Buku_Guru_dan_Siswa
 
3. Materi Pelatihan 3 : Modul Perancangan Pembelajaran dan Penilaian
     Bahan Tayang       :  3.1  Konsep_Pendekatan_Scientific.
                                          3.2  Discovery_Learning.pptx
                                          3.3  Problem_Based_Learning.pptx
                                          3.4  Project_Based_Learning.pptx
                                          3.5  Penilaian_Umum.pptx
                                          3.6  Penilaian dan Model Rapor.pptx
 
4. Materi Pelatihan 4 : Modul Praktik Pembelajaran Terbimbing
     Bahan Tayang       : 4.1 Strategi_Pengamatan_tayangan_Video.pptx
                                         4.2 Rambu-Rambu_Penyusunan__RPP.pptx
                                         4.3 Panduan_Tugas_Telaah_RPP.pptx 
                                         4.4  Panduan_Tugas_Analisis_Rancangan_Penilaian.pptx
                                         4.5  Panduan_pelaksanaan_Peer_Teaching.pptx  
5. Materi Pendukumg : Pedoman Penilaian Kurikulum 2013
                                         5.1  PENILAIAN_KOMPETENSI_PENGETAHUAN
                                         5.2  PENILAIAN_KOMPETENSI_KETRAMPILAN
                                         5.3  PENILAIAN_KOMPETENSI_SIKAP
 
Sumber : http://yusufwi5.wordpress.comhttp://yusufwi5.wordpress.com

Kamis, 12 Juni 2014

KURIKULUM 2013 SMK


Contoh RPP Kurikulum 2013: (Sumber Awan Sundiawan)
  1. Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. PAI dan Budipekerti
  4. PPKn
  5. Matematika Sejarah
  6. Penjasorkes
  7. Seni Budaya
  8. Kimia
  9. Fisika
  10. Biologi
  11. Ekonomi
  12. Sosiologi
  13. Geografi
  14. Bahasa Jepang
  15. Antropologi
  16. Prakarya
Aplikasi Analisa Butir Soal :
Video Pembelajaran Kurikulum 2013 ( Sumber : Video Kemdikbud )
PAUD

  1. Video Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Siswa
  2. Video Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Orang Tua
SD
  1. Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
  2. Video Pembelajaran IPA Kurikulum 2013
  3. Video Pembelajaran IPS Kurikulum 2013
  4. Video Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013
SMP
  1. Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
  2. Video Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013
  3. Video Pembelajaran Biologi Kurikulum 2013
  4. Video Pembelajaran Ekonomi Kurikulum 2013
  5. Video Pembelajaran Fisika Kurikulum 2013
  6. Video Pembelajaran Geografi Kurikulum 2013
  7. Video Pembelajaran IPA Kurikulum 2013
  8. Video Pembelajaran Kimia Kurikulum 2013
  9. Video Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013
  10. Video Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013
SMA
  1. Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
  2. Video Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013
  3. Video Pembelajaran Bologi Kurikulum 2013
  4. Video Pembelajaran Ekonomi Kurikulum 2013
  5. Video Pembelajaran Fisika Kurikulum 2013
  6. Video Pembelajaran Geografi Kurikulum 2013
  7. Video Pembelajaran Kimia Kurikulum 2013
  8. Video Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013
  9. Video Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013
SMK
  1. Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
  2. Video Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013
  3. Video Pembelajaran Broadcasting Kurikulum 2013
  4. Video Pembelajaran Teknologi Informasi Kurikulum 2013
  5. Video Pembelajaran Kewirausahaan Kurikulum 2013
  6. Video Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013
  7. Video Pembelajaran Otomotif Kurikulum 2013
  8. Video Pembelajaran Penerbangan Kurikulum 2013
  9. Video Pembelajaran Pertanian Kurikulum 2013
  10. Video Pembelajaran Peternakan Kurikulum 2013
  11. Video Pembelajaran Tata Boga Kurikulum 2013 
sumber: http://nenyjos.blogspot.com

Jumat, 06 Juni 2014

PP Nomor 34 Tahun 2014 Tentang Kenaikan Gaji Pokok PNS 2014



WartaSolo.com - Untuk meningkatkan daya guna serta meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negri Sipil (PNS). Di tahun 2014 ini Pemerintah telah menaikkan gaji pokok PNS. Kenaikan gaji pokok PNS ini telah diatur dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 34 tahun 2014 yang mengatur tentang gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2014.
Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 34 tahun 2014 ini gaji pokok PNS golongan terndah yakni Ia menerima gaji pokok sebesar Rp. 1.402.400. Untuk golongan IIa mendapat gaji poko minimal Rp. 1.816.900. Golongan IIIa dengan masa kerja terendah mendapatkan gaji pokok sbeesar Rp. 2.317.600. Sedangkan untuk golongan IVa dengan masa kerja terendah naik menjadi Rp. 2.735.300.
Dengan diterbitkannya peraturan pemerintah yang baru diharapkan para Pegawai Negeri Sipil dapat lebih meningkatkan kinerjanya serta meningkatkan kompetensi serta profesionalismenya. Peraturan Pemerintah (PP) No. 34 tahun 2014 yang mengatur perubahan gaji pokok PNS kini sudah ada tabel daftar gaji pokok baru PNS tahun 2014 berdasarkan golongan dan juga masa kerjanya. Nah dibawah ini merupakan tabel gajinya yang bisa anda lihat.
PP nomor 34 tahun 2014
Kenaikan gaji pokok pns 2014

http://www.wartasolo.com