Rabu, 24 Oktober 2012

PROGRAM KERJA BACA TULIS QUR’AN ( BTQ ) METODE FUN TAMYIZ



PROGRAM KERJA
BACA TULIS QUR’AN ( BTQ )
METODE FUN TAMYIZ






SMP NEGERI 1 KEDOKANBUNDER
Tahun Pelajaran 2012 / 2013

KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan bimbingan-Nya sehingga Program Kerja Baca Tulis Qur’an ( BTQ ) dengan metode Fun Tamyiz di Sekolah Mengah Pertama Negeri 1 Kedokanbunder ini dapat terwujud. Kami menyadari sepenuhnya bahwa tanpa taufik, hidayah, serta bimbingan-Nya tugas mulia ini tidak dapat terselesaikan dengan baik.
           
Program Kerja BTQ bagi siswa SMP ini disusun dengan tujuan agar dapat dijadikan pedoman bagi para Pembina Keagamaan dalam mengembangkan Program Tahunan maupun semesteran di sekolahnya masing-masing. Oleh karean itu, Program Kerja ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan banyak diberikan contoh agar mudah dipahami oleh para pembimbing.
           
Oleh karena itu, dengan mempelajri Program Kerja ini diharapkan guru Pembimbing PAI dapat mengembangkannya dengan berbagai variasi yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di sekolah masing-masing.

Pada kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi besar demi terwujudnya Program Kerja ini. Semoga Program Kerja ini bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan nasional di Indonesia.

Mengetahui
Kepala Sekolah,


H.MOHAMAD HATTA, M.Pd
NIP. 19680315 199003 1 005
Kedokanbunder, Oktober 2012
Penyusun,


H.MUSLIKHIN, S.Ag
NIP. 19670807 200701 1 017



DAFTAR ISI


Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi...................................................................................................................... ii
BAB  I  : PENDAHULUAN........................................................................................ 1
               a. Pengertian dan Latar Belakang........................................................... 1
               b. Landasan / dasar Hukum..................................................................... 1
               c. Tujuan...................................................................................................... 1
               d. Sistematika.............................................................................................. 2
BAB II  : ORGANIGRAM........................................................................................... 3
BAB III : DESKRIPSI PROGRAM KEGIATAN...................................................... 4
BAB IV : PENUTUP................................................................................................... 6
               a. Kesimpulan............................................................................................. 6
               b. Saran –saran.......................................................................................... 6



BAB  I
PENDAHULUAN
·         Pengertian dan Latar Belakang
a.    Pengertian
TAMYIZ adalah buku lembar kerja (worksheet) tentang formulasi teori dasar kuantum nahwu-shorof yang masuk dalam katagori Arabic for Special Purpose (ASP) dengan target sangat sederhana yaitu pintar tarjamah Qur’an. METODE TAMYIZ sudah launching di panggung utama PESTA BUKU JAKARTA, Istora Senayan Jakarta  pada tanggal 4 juli 2009.
Sebagai sebuah hasil riset panjang dan akan disebarluaskan untuk masyarakat, baik untuk muslim di Indonesia maupun muslim di seluruh dunia, maka TAMYIZ telah tercatat sebagai produk intelektual dengan HAK CIPTA No. 016445 Tanggal 05 Mei 2010.
b.    Latar Belakang
Yang melatar belakangi Program Kerja ini adalah :
Doktor Akhsin menjelaskan:“Kendala yang dihadapi santri selama ini adalah sulitnya memformulasikan teori nahwu- shorof dengan cara pembelajaran yang mudah, karena nahwu-shorof terlanjur dipersepsikan sebagai pelajaran yang sulit.Kendala tersebut adalah :

- harus belajar membaca kitab nahwu dan shorof,
- harus belajar menterjemahkan kitab tersebut,
- harus belajar memahami teori kitab tersebut,
- harus belajar mengaplikasikan teori kitab tersebut pada kitab kuning lain.
bahkan,
- pada kitab tertentu harus menghapal matan dan nadzom
Dengan metode Tamyiz, kendala itu bisa teratasi. Pasalnya, Tamyiz memberikan kunci-kunci yang strategis untuk kedua teori tersebut, dan santri bisa langsung membaca, menguraikan struktur kata sekaligus menterjemahkan Qur'an dan kitab kuning. Yang menarik perhatian saya adalah ternyata metode Tamyiz ini dapat menghasilkan santri sejak usia SD / MI pintar tarjamah qur’an dan Kitab Kuning, dan menurut hemat saya ini adalah yang pertama di Indonesia. Karenanya saya berharap metode Tamyiz ini segera disosialisasikan khususnya di kalangan pesantren, juga di sekolah SD / MI, SMP / MTs, SMU / MA dan Perguruan Tinggi. Saya yakin dengan metode ini, masyarakat kita sebagai muslim yang terbesar di dunia, dapat dengan mudah memahami tarjamah Qur’an dan Kitab Kuning”. Papar Doktor Akhsin
METODOLOGI BELAJAR

Berbeda dengan metode  bahasa arab lain yang targetnya adalah mempelajari segala hal tentang bahasa arab,  TAMYIZ hanya memformulasikan teori dasar kuantum nahwu-shorof sesuai keperluan Arabic for Special Purpose (ASP) dengan target sangat sederhana yaitu pintar membaca, mentarjamah dan menulis (imla) Qur’an dan Kitab Kuning saja.


Cara mengajarkan TAMYIZ  menganut prinsip  :

1. Cara (mengajar) lebih penting dari materi (yang diajarkan)
الطريقة أهم من المادة
2. Mengajar dengan hati, (mengajar bisa dengan mulut bisa dengan hati, dan Allah menurunkan Qur’an ke hati manusia)

Cara belajar  TAMYIZ  mempunyai ciri khusus :

(1) LADUNI (ilate kudu muni-bersuara LANTANG); santri harus mengeraskan suaranya (sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan penggunaan potensi otak kiri, otak kanan dan otak bawah sadar (shudur) secara seimbang, sehingga hasil belajar akan lebih optimal).
(2). SENTOT (santri TOT); model belajar santri adalah model ustadz yang sedang mengajar / menjelaskan kepada santri : insya Allah, santri otomatis bisa mengajarkan TAMYIZ kepada orang lain (konsep START FROM THE END).

Cara evaluasi belajar mengajar :

MUDAH; proses pembelajarannya harus dirasakan mudah oleh santri, kalau ada santri yang kesulitan maka ada cara mengajar yang kurang efektif

KEUNGGULAN METODE TAMYIZ

Mampu melahirkan anak-anak usia SD (umur 7-12 thn) bisa tarjamah Qur’an dan Kitab Kuning. Pengajarannya mudah, riang gembira, menggunakan titian ingatan berupa lagu-lagu yang populer sehingga tidak terasa belajar. Yang sudah belajar akan mampu mengajarkannya kepada yang lain.
Di pesantren BAYT TAMYIZ Indramayu, anak SD/MI & pemula, telah teruji dalam kurun waktu SEHARI (1 x 24 jam belajar) Pintar Tarjamah Qur’an (TAMYIZ 1), dan dalam 100 jam belajar Pintar Kitab Kuning (TAMYIZ 2) dengan benar sesuai kaidah bahasa arab sebagaimana santri yang belajar kitab kuning sekian tahun di pesantren.
PENERAPAN TAMYIZ

Penerapan Metode TAMYIZ   dapat dilakukan dengan beberapa cara :

(1). TAMYIZ Intensive;  TAMYIZ diajarkan kepada santri secara intensif –sehari 3 – 4  jam-  dalam sistem pesantren yang mukim, sehingga santri sudah bisa Kitab Kuning dalam waktu kurang lebih 100 jam pelajaran.

(2). TAMYIZ Inside; TAMYIZ disisipkan pada kurikulum sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Pesantren dan Perguruan Tinggi



c.   Landasan / Dasar Hukum

·           Belajar QUR’AN itu MUDAH
Allah menjamin Qur’an itu mudah! sebagaimana disebutkan dalam surah al Qomar 17, 22, 32, 40.
(
ولقد يسرنا القرآن للذكر فهل من مدكر )
dan sungguh-sungguh telah kami mudahkan alquran sebagai peringatan bagimu, maka adakah yang MAU mengambil pelajaran.
·           Di dalam surah ar Rahmaan ayat 1-2, Allah berjanji akan mengajarkan sendiri Qur’an kepada yang mau mempelajarinya.
(
الرحمن علم القرآن ) Yang Maha Rahmaan, Dialah yang mengajarkan Al Quran.
·           Bahasa arab memiliki lebih dari 30.000 mufrodat, Qur’an memiliki 2.619 mufrodat yang musytaq (memiliki mujarrod) dan beberapa yang jamid.

·         Tujuan
v  Sedari kecil pintar tarjamah Qur’an dan Kitab Kuning Digital
v  Menjadi media belajar (literatur) yang mudah bagi keluarga muslim untuk memahami dan pintar tarjamah Qur’an. Membangun generasi Qur’ani dimulai dari pintar tarjamah Qur’an sedari kecil Semua muslim di Indonesia dan dunia, mampu memahami Qur’an, menuliskan dan mengajarkannya
v  Terbentuknya peserta didik yang memiliki akhlak yang mulia ( budi pekerti yang luhur ).



·         Sistematika
BAB I      : Pendahuluan
a.    Pengertian dan Latar Belakang
b.    Landasan / dasar Hukum
c.    Tujuan
d.    Sistematika
      BAB II    : Organigram
BAB III   : Deskripsi Program Kerja
BAB IV   : Penutup






BAB II
ORGANIGRAM BTQ SMPN 1 KEDOKANBUNDER




 




BAB III

DESKRIPSI PROGRAM

Program Kerja Baca Tulis Qur’an metode Fun Tamyiz SMPN 1 Kedokanbunder Tahun pelajaran 2012 / 2013 bersifat berkelanjutan dan mengambil skala prioritas. Adapun Program Kerja untuk tahun ini adalah sebagai berikut :
PENERAPAN TAMYIZ
Penerapan Metode TAMYIZ   dapat dilakukan dengan beberapa cara :
1. TAMYIZ Intensive;  TAMYIZ diajarkan kepada santri secara intensif –sehari 3 – 4  jam-  dalam sistem pesantren yang mukim, sehingga santri sudah bisa Kitab Kuning dalam waktu kurang lebih 100 jam pelajaran.
2. TAMYIZ Inside; TAMYIZ disisipkan pada kurikulum sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Pesantren dan Perguruan Tinggi
Adapun untuk SMPN 1 Kedokanbunder, menggunakan metode TAMYIZ INSIDE, artinya disisipkan pada kurikulum dengan waktu sepulang sekolah selama 30 menit.
Siswa kami sebanyak kurang lebih 1000 siswa dibagi dalam 2 kelompok, yaitu :
1.      Kelompok yang belum bisa baca, tulis Al Qur’an
2.      Kelompok yang sudah bisa BTQ
Guru pengajar BTQ Fun Tamyiz adalah :
1.      H. Muslikhin, S.Ag
2.      Asrorudin, M.Pd.I
3.      Sandika, S.Pd.I
Sedangkan guru pengajar Baca, Tulis, Qur’an adalah :
1.      Yusuf Abdullah, S.Pd.I
2.      Anshori, S.Pd.I
3.      Juju Munawwaroh, S.Pd
JADWAL KEGIATAN FUN TAMYIZ

NO
JENIS KEGIATAN
PELAKSANAAN
Pengajar
1





2



Tamyiz

Kls. VII
Kls. VIII
Kls.IX

BTQ
Kls. VII
Kls.VIII
Kls. IX




Selasa
Rabu
Kamis


Selasa
Rabu
Kamis



H.MUSLIKHIN, S.Ag
ASRORUDIN, M.Pd.I
SANDIKA, S.Pd.I


YUSUF ABDULLAH, S.Pd.I
ANSHORI, S.Pd.I
JUJU MUNAWWAROH, S.Pd




BIAYA
Segala biaya akibat kegiatan ini dibebankan pada:
  1. Kenclengan tiap hari Jum’at per siswa rp 500,-
  2. Dari Sekolah
  3. Menunggu dari Pemda Kab. Indramayu















BAB IV
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Dari uraian yang telah dipaparkan tiap bab, maka kami dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
-       Program ini sangat penting, karena sebagai bahan acuan dalam mendidik siswa khususnya bidang keagamaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
-       Membuat siswa dapat meneladani akhlaqul Karimah yang berbudi pekerti luhur yang telah dicontohkan oleh Rosulullah Muhammad SAW

B.   Saran – saran
-       Kami mohon kepada semua rekan-rekan guru agar membantu pelaksanaan program ini, karena pendidikan agama bukanlah tugas guru agama semata, melainkan tugas kita bersama yang merasa beragama Islam.
-       Tanpa rekan-rekan apalah artinya seorang guru agama, tidak berdya apa-apa menghadapi seribu siswa lebih yang mesti mendapatkan pendidikan khususnya penggemblengan akhlak.


Senin, 22 Oktober 2012

Alex Ferguson: Kamu Anak Indonesia? Waw Sungguh Menarik


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ibunda Jack Brown (11), Indah Brown, mengaku terharu ketika anaknya berhasil menjadi terbaik dengan meraih "The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School" yang diberikan kepada siswa terbaik sekolah bola MU. Penghargaan diberikan pada setiap akhir semester di Old Trafford, Manchester, Inggris, akhir pekan.
Indah semakin terharu ketika Jack dengan bangga memperkenalkan bahwa dirinya adalah anak Indonesia. Saat diwawancarai, Jack mengatakan "I am Indonesian" sehingga semua orang tepuk tangan.
Bahkan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, pun terkagum-kagum ketika bersalaman dengan anak pasangan Indah dan Lance Brown itu.
''Sewaktu bersalaman dengan Jack, Sir Alex Ferguson berkata "Are You Indonesian? Wow, that's interesting",'' tutur Indah, kepada Antara London, Senin.

Minggu, 21 Oktober 2012

6 Aktivitas Pembuat Cerdas Anak (2)

REPUBLIKA.CO.ID, Mengembangkan kecerdasan anak bisa dilakukan melalui aktivitas sederhana dan menyenangkan. 

Berikut adalah lanjutan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak Anda yang direkomendasikan oleh Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers, pengarang buku Raising Your Child, seperti dikutip dari Parents Indonesia

Ajarkan Bagian tubuh
Ajarkan juga anak Anda nama-nama bagian tubuhnya. SAabil mengenalkan bagian tubuhnya tunjuklah bagian tubuh yang dimaksud misalnya hidung, mata, kuping, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya.

Gunakan instruksi
Saat bermain berikanlah instruksi. Dengan begitu si anak akan mampu mengikuti instruksi dari orang tua dan akan merasa senang jika mampu melakukan apa yang di suruh. Salah satu instruki sederhana adalah memintanya menutup pintu atau mengambilkan bola.

Minta memilih mainan kesukaannya
Pergilah ke toko mainan. Gunakan buku katalog kemudian minta si anak menunjuk mainan yang ia suka di catalog tersebut. Setelah itu ajak anak Anda mencari mainan tersebut di rak mainan.

6 Aktivitas Pembuat Cerdas Anak


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengembangkan kecerdasan anak bisa dilakukan melalui aktivitas sederhana dan menyenangkan. 
Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak Anda yang direkomendasikan oleh Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers, pengarang buku Raising Your Child, seperti dikutip dari Parents Indonesia
1. Membaca 20 menit setiap hari
Ajak Anak anda membaca. Di usia 12 sampai 18 bulan anak banyak sekali menyerap informasi dari lingkungan sekitarnya. Jadi sangat mungkin bagi anak Anda mendengarkan apa yang anda baca. Setidaknya ajak membaca selama 20 menit sehari. Sambil membaca buku, tanyakan kepadanya gambar-gambar yang ada di buku.

2. Mendengarkan Musik
Bernyanyilah bersama anak Anda. Biasakan mendengarkan music saat di rumah atau di mobil. Pilihlah musik yang tidak membosankan walaupun diputar terus menerus. Jika Anda bernyanyi otomatis anak akan ikut bernyanyi. Lama-lama Anak Anda akan bernyanyi sendiri walaupun tidak ada music yang mengiringi.

3. Ajarkan tentang bentuk benda dan angka
Ajarkan si kecil tentang bentuk benda, warna dan angka seharian penuh. Jika di tumpukan mainannya ada bola bilang “ini bola bulat berwana merah. Jika sedang makan pisang bilang “ ini pisang kita tinggal satu” atau jika sedang memakai kaus berwarna biru bilang “kaus kamu warnanya biru.”
Lanjut ke 

Perpanjangan Jam Sekolah Sedang diKaji

Perpanjangan Jam Sekolah Sedang diKaji
SuaraEdukasi – Kemdikbud sedang mengkaji perpanjangan jam sekolah, lamanya siswa- siswi tinggal sekolah menjadi perhatian pemerintah dalam pembentukan kegiatan-kegiatan karakter dan produktif, hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh (09/10). Mendikbud yakin dengan adanya tambahan jam sekolah akan jauh lebih baik dibandingkan siswa-siswi dilepas usai jam pulang sekolah misal pada jam 12 siang. Mendikbud beralasan demikian karena adanya pengaruh lingkungan atau budaya luar seiring mengalami perubahan yang kurang produktif.
Play
Sementara itu kegiatan lamanya jam sekolah juga menjadi perhatian pemerintah saat ini, mendikbud melanjutkan, lamanya jam sekolah nantinya akan diisi kegiatan social, keagamaan atau ekstrakulikuler lainya, mendikbud menyampaikan hal tersebut akan jauh lebih baik dibandingkan siswa siswi yang dilepas tanpa ada tanggung jawab dari siapapun. (chr)
Play

2013, PENERAPAN PMU DISERTAI DANA BOS

2013, PENERAPAN PMU DISERTAI DANA BOS
Suara Edukasi – Kebijakan Perluasan jenjang pendidikan 12 tahun mulai diterapkan tahun 2013, Mendikbud, Muhammad Nuh mengatakan wajib belajar 12 tahun atau Pendidikan Mengengah Universal (PMU)   tahun depan akan disertai komponen  dana BOS. Salah satu penggunaan dana BOS untuk PMU adalah mendukung riset atau penelitian. Mendikbud menyampaikan kepada sekolah-sekolah menengah supaya tidak perlu khawatir mengenai dana penelitian, karena sudah didukung melalui dana BOS yang dikucurkan. Sementara itu, Penggunaan dana BOS untuk penelitian bagi sekolah-sekolah atas tidak akan dipaksakan karena akan disesuaikan dengan pertumbuhan penelitian di setiap sekolah.
Play
Sementara itu, Pemerintah terus merumuskan penataan dan penyempurnaan Kurikulum yang sedang dimatangkan, Kurikulum yang sedang dirumuskan guna mendapatkan hasil  maksimal yang diterima siswa didik, Sejalan dengan mematangkan kurikulum, mendikbud menghimbau tetap akan menerapkan tiga prinsip yaitu attitude, skill dan knowledge, ketiga prinsip tersebut akan ditanamkan mulai dari Pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. (chr)
Play

http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/listings/2013-penerapan-pmu-disertai-dana-bos/

Selasa, 16 Oktober 2012

Materi e-Learning

Materi Kelas 8 PKN SMP

PKN Kelas 8 SMP / MTs
  1. BAB 1 PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA
  2. BAB 2 KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA
  3. BAB 3 KETAATAN TERHADAP PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
  4. BAB 4 PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN
  5. BAB 5 KEDAULATAN RAKYAT DALAM SISTEM PEMERINTAH INDONESIA

Materi Matematika Kelas 8 SMP/MTs

Mapel Matematika 8 SMP :
  1. BAB 1 Faktorisasi Suku Aljabar
  2. BAB 2 Relasi dan Fungsi
  3. BAB 3 Persamaan Garis Lurus
  4. BAB 4 Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
  5. BAB 5 Teorema Pythagoras
  6. BAB 6 Lingkaran
  7. BAB 7 Bangun Ruang Sisi Datar
  8. Petunjuk Penyelesaian / Kunci Evaluasi 

Materi IPA Kelas 8 SMP/MTs

Mapel Ilmu Pengetahuan Alam SMP / MTs :
  1. Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
  2. Bab 2 Sistem Gerak pada Manusia
  3. Bab 3 Sistem Pencernaan Manusia
  4. Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia
  5. Bab 5 Sistem Kehidupan Tumbuhan
  6. Bab 6 Partikel-partikel Materi
  7. Bab 7 Bahan Kimia dalam Kehidupan
  8. Bab 8 Gaya dan Tekanan 
  9. Bab 9 Energi dan Usaha
  10. Bab 10 Gelombang dan Bunyi
  11. Bab 11 Cahaya dan Alat Optik
  12. Kunci jawaban evaluasi 

Materi Pelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs

Materi IPS Kelas 8 Terdiri dari :
  1. BAB I KONDISI FISIK WILAYAH GEOGRAFIS DENGAN AKTIVITAS PENDUDUK
  2. BAB II PERMASALAHAN PENDUDUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN
  3. BAB III LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
  4. BAB IV PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT
  5. BAB V PROSES TERBENTUKNYA KESADARAN NASIONAL DAN PERKEMBANGAN PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA
  6. BAB VI PENYAKIT SOSIAL DAN PENYIMPANGAN SOSIAL
  7. BAB VII PELAKU KEGIATAN EKONOMI
  8. BAB VIII BENTUK-BENTUK PASAR
  9. BAB IX PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DAN TERBENTUKNYA NKRI
  10. BAB X PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA
  11. BAB XI BENTUK-BENTUK HUBUNGAN SOSIAL DAN PRANATA SOSIAL
  12. BAB XII PENGENDALIAN PENYIMPANGAN SOSIAL
  13. BAB XIII KETENAGAKERJAAN
  14. BAB XIV SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA
  15. BAB XV PERPAJAKAN
  16. BAB XVI PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN HARGA PASAR 

Materi Bahasa Indonesia SMP kelas 8

Bahasa Indonesia Kelas 8
SEMESTER I
  1. UNIT 1 Realitas di Kotaku
  2. UNIT 2 Nikmat Belum Tentu Sehat
  3. UNIT 3 Wajah Pendidikan Kita
  4. UNIT 4 Orang-orang di Sekitar Kita
  5. UNIT 5 Kegiatan di Sekolah
SEMESTER II
  1. UNIT 6 Peristiwa di Sekitar Kita
  2. UNIT 7 Remaja dan Masalahnya
  3. UNIT 8 Masalah Kependudukan Kita
  4. UNIT 9 Menghargai Budaya Bangsa
  5. UNIT 10 Pemanfaatan Potensi Laut 

Materi Bahasa Inggris Kelas 8

Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8
  1. Unit 1: Congratulations!
  2. Unit 2: Tell me your experience! (Recount)
  3. Unit 3: What do you do for fun?
  4. Unit 4: Let’s go somewhere (Descriptive)
  5. Unit 5: What do you think?
  6. Unit 6: Once Upon a Time (Narrative)
  7. Unit 7: Making Telephone Calls
  8. Unit 8: It Happened Like This (Recount) 

Materi Kelas 9 PKN

Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) Kelas 9 :
  1. BAB 1 PARTISIPASI DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA
  2. BAB 2 PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH
  3. BAB 3 DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA
  4. BAB 4 PRESTASI DIRI

Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 9

Materi Pelajaran Matematika Kelas 9
  1. BAB 1 Kesebangunan dan Kekongruenan
  2. BAB 2 Bangun Ruang Sisi Lengkung
  3. BAB 3 Statistika
  4. BAB 4 Peluang
  5. BAB 5 Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
  6. BAB 6 Barisan dan Deret
  7. Petunjuk Penyelesaian (Hint) Evaluasi Mandiri 

Materi IPA Kelas 9 SMP/MTs

Ilmu Pengetahuan Alam KELAS 9
  1. BAB 1 Sistem Ekskresi
  2. BAB 2 Sistem Reproduksi Manusia
  3. BAB 3 Sistem Koordinasi, Regulasi, dan Indera Manusia
  4. BAB 4 Kelangsungan Hidup Organisme
  5. BAB 5 Bioteknologi
  6. BAB 6 Kelistrikan
  7. BAB 7 Kemagnetan
  8. BAB 8 Tata Surya
  9. Jawaban Soal Terpilih

Materi IPS Kelas 9 SMP

Materi Mapel IPS Kelas 9 :
  1. BAB I : Negara Berkembang dan Negara Maju
  2. BAB II : Perang Dunia II Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia
  3. BAB III : Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
  4. BAB IV : Peristiwa-peristiwa Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
  5. BAB V : Perubahan Sosial Budaya
  6. BAB VI : Uang dan Lembaga Keuangan
  7. BAB VII : Perdagangan Internasional
  8. BAB VIII : Pola dan Bentuk Permukaan Bumi
  9. BAB IX : Geografi Asia Tenggara
  10. BAB X : Benua dan Samudera
  11. BAB XI : Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat
  12. BAB XII : Peristiwa Tragedi Nasional Peristiwa Madiun/PKI/DI/TII, G 30 S/PKI
  13. BAB XIII : Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya Reformasi
  14. BAB XIV : Lembaga-Lembaga Internasional dan Peran Indonesia
  15. BAB XV : Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya Di Era Global
  16. BAB XVI : Kerjasama Ekonomi Internasional 

Materi Mapel Bahasa Indonesia kelas 9

BAHASA INDONESIA KELAS 9

SEMESTER 1
  1. UNIT 1 Jaga Kesehatan, Lestarikan Lingkungan
  2. UNIT 2 Manusia dan Etika
  3. UNIT 3 Berkorban untuk Orang Lain
  4. UNIT 4 Indahnya Sebuah Nasihat
  5. UNIT 5 Bersedia Menghargai Karya Orang Lain

SEMESTER 2
  1. UNIT 6 Manfaat Mendengarkan Pidato/khotbah
  2. UNIT 7 Nilai Moral
  3. UNIT 8 Kesan dan Keindahan
  4. UNIT 9 Aktivitas Manusia
  5. UNIT 10 Remaja dan Masalahnya

Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 9

BAHASA INGGRIS KELAS 9
  1. Unit 1: Are you sure about ...?
  2. Unit 2: How do you do it?
  3. Unit 3: What a pity!
  4. Unit 4: What are they?
  5. Unit 5: Really?
  6. Unit 6: What is it like?
  7. Unit 7: Could you ...?
  8. Unit 8: Long, long time ago, there was ...
  9. Listening Transcript

Sabtu, 13 Oktober 2012

Rumus Cepat Matematika

Rumus Cepat Matematika - Trigonometri. File berikut ini berisi kumpulan Rumus Cepat Matematika dalam materi Barisan dan Deret yang diajarkan pada siswa di tingkat SMA. Rumus-rumus cepat ini saya dapatkan dari seseorang yang mengaku bernama Mr. Gain.


Ayo bagikan artikel “Rumus Cepat Matematika - Trigonometri” ke teman-teman!


Dapatkan akses ke ribuan file menarik lainnya di blog ini. Gratis! Gak ribet!
Saya yakin Anda akan menyesal jika tidak mendownload sekarang!
Buruan klik pada halaman DoWnLoaD, dan nikmati indahnya berbagi!

Baca juga Artikel Menarik terkait “Rumus Cepat Matematika - Trigonometri”

Materi Ajar PAI

SILAHKAN DOWNLOAD
MATERI PELAJARAN DALAM BENTUK PDF

KELAS 7
01. Hukum Bacaan Alif Lam dan Ra'
02. Iman Kepada Allah
03. Asmaul Husna
04. Tawadhuk, Taat, Qonaah, dan Sabar
05. Thoharoh
06. Sholat Wajib
07. Sholat Berjamaah dan Munfarid
08. Sejarah Nabi Muhammad SAW 1
09. Hukum Bacaan Nun Mati, Tanwin, dan Mim Mati
10. Iman Kepada Malaikat
11. Kerja Keras, Tekun, Ulet, dan Teliti
12. Sholat Jumat
13. Sholat Jamak dan Qoshor
14. Sejarah Nabi Muhammad 2

KELAS 8
01. Hukum Bacaan Qalqalah
02. Iman kepada Kitab-kitab Allah
03. Zuhud dan Tawakal
04. Ananiah, Ghadzab, Hasad, Ghibah, dan Naminah05. Sholat Sunah Rawatib
06. Macam-macam Sujud
07. Puasa Wajib08. Zakat Fitrah dan Zakat Mal
09. Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah10. Hukum Bacaan Mad dan Waqaf
11. Iman Kepada Rasul
12. Adab Makan dan Minum13. Dendam dan Munafik14. Binatang yang Halal dan Haram15. Perkembangan Ilmu Pengetahuan (Abbasiyah) 

KELAS 9
01. Surat At-Tin
02. Hadits tentang Menuntut Ilmu
03. Iman kepada Hari Akhir
 04. Qonaah dan Toleransi
05. Aqiqah dan Qurban
06. Haji dan Umrah
07. Islam di Nusantara
08. Hadits tentang Kebersihan
 09. Iman kepada Qada dan Qadar
 10. Sifat Takabur
11. Sholat Sunah
12. Tradisi Islam

Materi Ajar


Sekolah Menengah Pertama
Kelas VII
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Pendidikan Agama Islam
Kelas VIII
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Pendidikan Agama Islam
Kelas IX
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Pendidikan Agama Islam

Sekolah Menengah Atas
Kelas X
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Sosiologi | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Wirausaha | Pendidikan Agama Islam
Kelas XI
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Sosiologi | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Wirausaha | Pendidikan Agama Islam
Kelas XII
Fisika | Kimia | Biologi | Matematika | Sosiologi | Ekonomi | Geografi | PPKn | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Elektronika | Teknologi Informasi & Komputer | Wirausaha | Pendidikan Agama Islam  
Sekolah Menengah Kejuruan
Kelas X
Ekonomi | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Otomotif | Elektronika | Bisnis | Sekretaris | Teknologi Informasi & Komputer | Tata Busana
Kelas XI
Ekonomi | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Otomotif | Elektronika | Bisnis | Sekretaris | Teknologi Informasi & Komputer | Tata Busana
Kelas XII
Ekonomi | Bahasa Indonesia | Bahasa Inggris | Sejarah | Akuntansi | Otomotif | Elektronika | Bisnis | Sekretaris | Teknologi Informasi & Komputer | Tata Busana

http://smpn1-idm.sch-id.net/informasi-226.html

Silabus dan RPP EEK

Bagi rekan-rekan guru silahkan bisa download gratis.